Ciri-Ciri Wanita Hamil 1 Minggu Secara Fisik dan Non Fisik

Siapa sih yang tidak menginginkan buah hati saat sudah menikah ? Tentu semua orang ingin memiliki keturunan bukan? Berbagai cara dilakukan pasangan suami istri demi memperoleh keturunan tanpa menunggu waktu lama.

Ada pula beberapa orang yang tidak sadar bahwa dirinya hamil, karena belum paham ciri-ciri hamil. Ciri kehamilan tak hanya ditandai dengan perubahan fisik perut yang membesar saja, bahkan wanita yang hamil seminggu pun bisa diketahui tanpa perubahan fisik perut.

Ciri-Ciri Wanita Hamil

Ciri-ciri wanita hamil pun tak hanya dilihat dari fisiknya saja, namun dari segi non fisik. Anda pun bisa mengetahuinya dengan cara medis agar lebih percaya dengan informasinya.

Ciri-Ciri Wanita Hamil 1 minggu secara fisik berikut ini.

  1. Sering Buang Air Kecil
    Sering buang air kecil akan dialami oleh ibu hamil, hal ini karena janin membutuhkan ruang lebih luas untuk tumbuh dalam rahim, sehingga kandung kemih ibu hamil tertekan. Penekanan kandung kemih tersebut membuat orang hamil sering buang air kecil.
  2. Sakit Perut
    Ciri-ciri orang hamil 1 minggu secara fisik salah satunya adalah sakit perut atau kram perut. Hal ini karena terjadi proses penempelan janin pada dinding rahim, sehingga sakit perut adalah hal yang wajar pada orang hamil.
  3. Perubahan Payudara
    Perubahan hormon pada orang hamil bisa menyebabkan payudara mengalami perubahan fisik, yakni membesar. Selain itu, puting payudara terasa gatal saat wanita mulai hamil 1 minggu.
  4. Mual dan Muntah
    Mual dan muntah adalah hal yang wajar bagi wanita hamil. Gejala ini mulai muncul sejak masa kehamilan 1 minggu.
  5. Mudah Lelah
    Wanita hamil bisa ditandai dengan perasaan mudah lelah. Mudah lelah ini dirasakan pada minggu pertama kehamilan, terlebih untuk wanita yang memiliki tekanan darah rendah.
  6. Terlambat Datang Bulan
    Ya, terlambat datang bulan tentu merupakan salah satu tanda hamil 1 minggu. Wanita hamil tidak akan mengalami menstruasi karena ovarium sudah dibuahi.

Itu dia beberapa ciri fisik wanita hamil yang dialami saat usia kehamilan kurang dari 1 bulan, yakni 1 minggu. Selain mengetahuinya melalui keadaan fisik, Anda pun bisa mengetahui secara non fisik.

ciri wanita hamil secara non fisik:

  1. Stress dan Gelisah
    Pada minggu pertama kehamilan, biasanya terjadi perubahan emosional pada wanita, yakni sering gelisah dan merasa stress.
  2. Sensitive pada Penciuman
    Wanita yang hamil muda akan lebih sensitif terhadap bau-bau tertentu, seperti bau rokok, minyak wangi, bawang putih, dan sebagainya.
  3. Mengidam
    Mengidam tentu menjadi ciri hamil yang dialami semua orang. Ya, perubahan hormon menyebabkan seseorang menginginkan sesuatu, baik makanan atau lainnya.
  4. Moody
    Ciri wanita hamil selanjutnya adalah moody-an. Perasaan mudah tersinggung dan moody ini terjadi pada usia kehamilan di minggu pertama dan beberapa minggu setelahnya.
  5. Sering Mengantuk
    Perubahan hormon pada wanita hamil menyebabkan timbulnya rasa mudah mengantuk. Tubuh lebih sering membutuhkan istirahat, sehingga selalu ingin tidur.

Itu dia ciri-ciri awal kehamilan baik secara fisik maupun non fisik yang harus diketahui. Apabila mengalami beberapa hal di atas, seperti sering buang air kecil, terlambat datang bulan, mual dan muntah, mudah lelah, sensitif terhadap penciuman dan lainnya, tandanya Anda memasuki masa kehamilan.

Nah, untuk lebih memantapkannya, sebaiknya lakukanlah pemeriksaan kandungan pada dokter. Pemeriksaan bisa dengan cara tes urine atau USG. Pemeriksaan secara medis ini bahkan bisa mengetahui wanita yang baru saja menginjak masa kehamilan 1 hari.

Tinggalkan komentar