Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah Naga merupakan buah asli dari Amerika Selatan dan Tengah yang sekarang ini banyak di temukan di berbagai negara asia termasuk indonesia, ada 2 varian Buah Naga yakni Merah dan Putih. berbeda dengan mayoritas buah lain, bentuk Buah Naga ini sangat unik dengan kulit buah yang bersisik dan daging buahnya yang terdapat titik hitam kecil. Selaim bentuknya, Buah Naga juga disukai oleh banyak orang karena rasanya yang sangat enak dan segar dan bisa dikonsumsi langsung ataupun dibuat minuman segar seperti jus dan lain lain. bahkan Buah Naga dipercaya sebagai salah satu buah yang paling bermanfaat terutama untuk kesehatan tubuh.

Kepopuleran buah naga ini bukan hanya karena rasanya yang enak ataupun manfaatnya yang besar saja, melainkan karena buah naga mudah untuk dibudidayakan di berbagai iklim, namun meskipun begitu, Jumlah Buah Naga memang masih cukup terbatas jadi tak heran jika harga buah naga sendiri cukup mahal dibanding buah yang lainnya. penasaran dengan apa saja manfaat buah naga merah dan putih untuk kesehatan dan kecantikan? simak penjelasannya berikut ini:

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Mencegah Penyakit Kanker

Buah naga yang dalam bahasa ilmiahnya adalah Hylocereus polyrhizus ini memiliki manfaat untuk mencegah dan mengobati penyakit kanker, Kandungan antioksidan phytoalbuminlah yang dapat meningkatkan pembentukan radikal bebas yang dapat mencegah berkembangnya sel sel kanke.

Menurunkan Berat Badan

Buah naga terbukti ampuh menurunkan berat badan dan bagus untuk program diet anda, buah yang satu ini sangat rendah lemak maupun karbohidrat namun cukup tinggi akan protein, sehingga sangat bagus untuk anda yang ingin melakukan diet untuk menurunkan berat badan atau kolesterol dalam tubuh.

Menguatkan Tulang

Selain tinggi protein, buah naga juga mengandung mineral seperti kalsium, fosfor maupun zat besi yang cukup tinggi dimana kandungan ini sangatlah penting untuk meningkatkan untuk keperluan nutrisi bagi kesehatan dan kekuatan tulang tubuh.

Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti penyakt jantung, untuk mencegah dan mengontrol tekanan darah, anda bisa memanfaatkan buah naga yang kaya akan kandungan serat dan dapat mencegah inflamasi, sehingga tekanan darah dalam tubuh akan tetap terjaga dengan baik.

Menambah Energi

Buah bukan hanya untuk pencuci mulut saja, buah juga besar pengaruhnya terhadap kesehatan tubuh salah satunya adalah energi dalam tubuh, khasiat buah naga salah satunya adalah untuk menambah energi dikarenakan mengandung vitamin B1 dan thiamine yang tentu dapat meningkatkan energi tubuh anda.

Sebagai Sumber Antioksidan

Selain nutrisi yang cukup, Tubuh juga sangat butuh pasokan antioksidan guna menjaga kesehatannya dari berbagai penyakit, anda harus mengonsumsi antioksidan yang cukup agar tubuh selalu sehat dan terhindar dari penyakit karena fungsi antioksidan sendiri adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dengan manfaat buah naga yang satu ini, tentu buah ini sangat rekomended di konsumsi setiap hari sekalipun.

Menjaga Kesehatan Gigi

Seperti yang sudah saya katakan diatas, bahwasanya buah naga itu mengandung zat besi dan kalsium yang tinggi, selain bagus untuk meningkatkan kekuatan dan kesehatan tulang, buah naga juga sangat efektif untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi.

Mengobati Radang dan Sakit Tenggorokan

Bagi anda yang sedang mengalami penyakit radang maupun tenggorokan, anda bisa mengobatinya menggunakan buah naga dikarenakan buah ini mengandung vitamin C, serat dan mineral yang tentu bagus untuk kesehatan tenggorokan anda.

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Khusus untuk anda para ibu hamil, buah naga merupakan salah satu buah yang patut anda coba manfaatnya, buah naga sangat bermanfaat untuk ibu hamil, diantara lain:

Mengontrol Gula Darah

Gula dalam darah seorang wanita hamil jauh lebih banyak dari biasanya dikarenakan makanan dan minuman yang dikonsumsi ibu hamil tentu lebih banya dari orang biasa pada umumnya, dengan manfaat buah naga yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah, tentu sangat cocok untuk dikonsumsi anda yang sedang pada masa kehamilan.

Mengobati Beri Beri

Penyakit beri beri juga sering dialmi oleh para waita hamilselain penyakit anemia dan sebagainya, beri beri hampir terjadi pada semua wanita saat proses atau masa kehamilan.

Mengatasi Dehidrasi

Selain beri beri dan anemia, dehidrasi juga salah satu masalah besar pada wanita hamil, dehidrasi merupakan kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan cairn yang memng hampir semua ibu hamil pasti mengalaminya apalagi anda yang sedang beraktivitas atau berada di daerah panas, untuk menyuplai cairan yang cukup, anda bisa mengonsumsi buah naga karena buah naga memiliki kadar cairan yang tinggi, jadi bagus untuk penangkal dehidrasi tubuh anda.

Sebagai Sumber Folat

Folat sangat penting untuk ibu hamil karena kalau tubuh kekurangan folat, kemungkinan besar akan mengalami bayi lahir prematur, untuk itu sangat penting untuk mengonsumsi buah naga yang notabene memiliki manfaat untuk sebagai sumber folat yang dapat menyebabkan bayi

Manfaat Buah Naga Untuk Bayi

Bukan hanya bagus untuk ibu hamil saja, buah naga juga sangat ber khasiat untuk para bayi, buah naga memiliki nutrisi yang cukup serta mudah dikonsumsi oleh anak bayi sekalipun, manfaatnya diantara lain:

Melancarkan Sistem Pencernaan Tubuh

Pencernaan tubuh yang sehat adalah salah satu kunci kesehatan tubuh karena jika penernaan bermasalah, maka akan menimbulkan berbagai penyakit berbahaya mulai dari usus lambung dan berbagai penyakit pencernaan lainnya, untuk menjaga kesehatan pencernaan tubuh, anda bisa memanfaatkan khasiat buah naga .

Menjaga Kekebalan Tubuh

Buah naga juga dapat menjaga kekebalan tubuh bayi dikarenakan buah naga mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga sangat baik sebagai sumber antioksidan karena seperti yang kita tahu bahwa antioksidan memang memiliki peran penting dalam menjaga kekebalan tubuh dari berbagai penyakit terutama pada bayi yang memang masih rawan akan penyakit.

Efek Samping Buah Naga

Selain memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh, buah naga juga memiliki efek samping tersendiri jika dikonsumsi secara berlebihan, namun selama tidak berlebihan maka akan baik baik saja, apa saja efek sampingnya? simak ulasannya dibawah ini:

Perut Kembung

Efek samping buah naga yang pertama adalah menyebabkan perut kembung dikarenakan buah naga memiliki mineral tinggi dan jika berlebihan , tentu saja perut akan kembung

Maag

Buah naga juga tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan karena dapat menyebabkan penyakit maag, hal ini dipengaruhi oleh adanya kandungan asam pada buah ini, maka dari itu sebaiknya anda juga tetap menjaga porsi konsumsi buah naga ini.

Diabetes

Buah naga merupakan salah satu buah yang paling memiliki rasa manis, rasa manis inilah yang dapat menyebabkan penyakit gula seperti diabetes, namun hal ini tidak akan terjadi jika anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Itulah beberapa ulasan mengenai manfaat dan khasiat buah naga untuk kesehatan, dengan banyaknya manfaat yang kita dapatkan dari buah naga ini, tentu mulai sekarang mulailah rutin untuk konsumsi buah naga ya, namun tetap tidak boleh berlebihan, karena sebaik apapun manfaat dari buah dan makanan lain tentu saja akan memiliki efek samping berbahaya jika terlalu banyak dikonsumsi.

Tinggalkan komentar