Manfaat Kencur Untuk Kesehatan (Obat Batuk, Masuk Angin DLL)

Kencur seringkali dijadikan sebagai bahan alami untuk pembuatan obat herbal tertentu, hal ini tentu bukan tanpa alasan. Kencur, tanaman yang biasanya tumbuh di daerah dataran rendah dan termasuk dalam kategori temu temuan ini kaya akan manfaatnya untuk kesehatan tubuh seperti mengobati sakit radang tenggorokan, maag dan penyakit lain. kencur juga memiliki berragam jenis bariasi seperti kencur dengan warna coklat maupun putih.

Kencur dikenal dengan aroma khas nya dan kandungan alami yang terdapat pada kencur memang sangatlah berragam mulai dari zat besi, mineral, asam cinnamic dan masih banyak lagi, banyaknya nutrisi dalam kencur tentu menjadi penyebab kenapa kencur bagus untuk tubuh. berikut ini ulasan mengenai manfaat kencur untuk berbagai kesehatan tubuh.

Manfaat Kencur Untuk Kesehatan dan Kecantikan (+Efek Sampingnya)

  • Mengobati Penyakit Maag

Maag biasanya merupakan penyakit kambuhan, artinya ada orang yang memang mudah sekali mengalami maag apabila mengalami kelaparan ataupun kesalahan konsumsi. menggunakan obat obatan terus menerus tentu tidaklah baik untuk tubuh, maka dari itu anda bisa mencoba metode alternatifnya yakni metode alami dengan memanfaatkan khasiat kencur yang dapat mengobati maag.

  • Meningkatkan Stamina Tubuh

Kencur juga dapat meningkatkan stamina tubuh agar menjadi lebih fit, hal ini tidaklah heran jika kencur memang sering digunakan sebagai bahan alami dalam minuman jamu beras kencur yang notabene dikonsumsi untuk meningkatkan kekuatan tubuh kita.

  • Menurunkan Kolesterol

Untuk anda yang memiliki kolesterol tinggi, konsumsilah kencur karena memang sangat berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, kolesterol yang terlalu berlebihan jelas sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh karena dapat menyebabkan penyakit berbahay. manfaat kencur untuk hal ini adalah dapat meningkatkan aliran empedu, sehingga pencernaan tubuh akan menjadi lancar dan kadar kolesterol dalam tubuh pun dapat berkurang.

  • Sebagai Penangkal Radikal Bebas

Tubuh kita tidak bisa terlepas dari radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit pada tubuh, untuk mencegah radikal bebas, salah satunya adalah dengan mengonsumsi kencur yang memang memiliki antioksidan yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh anda supaya tidak mudah terkena gangguan penyakit.

  • Meningkatkan Nafsu Makan

Untuk anda yang saat ini sedang mengalami penurunan nafsu makan, tentu saja harus segera menghindarinya karena bagaimanapun, tubuh kita perlu nutrisi dari makanan yang kita konsumsi, kandungan minyak atsiri pada kencur akan dapat meningkatkan nafsu makan anda.

  • Mengatasi Perut Kembung atau Masuk Angin

Kencur memiliki sifat yang menghangatkan tubuh, sehingga sangat efektif untuk mengatasi perut kembung yang notabene diakibatkan angin yang berlebihan dalam tubuh, selain itu bagi anda yang sudah mengalami masuk angin pun dapat menggunakannya juga karena seperti kita tahu, kencur juga sering dijadikan sebagai obat penurun masuk angin. untuk cara membuatnya juga cukup mudah, anda hanya perlu mengambil air perasan dari kencur yang sudah diparut lalu tambah dengan sedikit garam dan air hangat lalu minum secara rutin.

  • Sumber Serat

Tubuh kita juga perlu akan asupan serat yang cukup guna menjaga kesehatan tubuh kita dari berbagai penyakit khusunya penyakit pencernaan tubuh seperti diare, lambung dan sebagainya. manfaat kencur untuk asam urat ini sudah terbukti khasiatnya karena kencur memang mengandung cukup banyak serat sehingga baik untuk pencernaan tubuh.

Manfaat Kencur Untuk Obat Batuk Berdahak

Ini adalah salah satu manfaat kencur yang paling utama, kencur sangat efektif dan sudah dipercaya banyak orang dapat mengobati penyakit batuk berdahak, kencur dapat mengencerkan dahak yang tentu saja akan membuat pernafasan tubuh anda berjalan lancar.

Manfaat Kencur Untuk Bayi

Selain berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit, manfaat kencur juga baik untuk bayi dan anak kecil, kencur baik untuk dikonsumsi bayi dalam bentuk makanan maupun minuman jamu, berikut ini beberapa manfaat kencur untuk bayi.

  • Menghangatkan Tubuh Bayi

Tubuh bayi tidak sekuat orang dewasa, artinya mudah mengalami penyakit tertentu, salah satunya adalah seringnya mengalami penyakit panas, maka dari itu tubuh bayi perlu akan keangatan dan salah satunya adalah dari tanaman kencur ini. minyak atsiri lah yang berperan penting dalam hal ini yang dapat menghangatkan tubuh bayi, untuk penggunanya biasanya dalam bentuk minuman dengan menumbuk kencur sampai halus dan dan peraslah ampas dari hasil tumbukan, nantinya air perasan kencur itulah yang akan dikonsumsi untuk menghangatkan tubuh sang bayi.

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh bayi juga sangatlah lemah, untuk itu perlu ditingkatkan lagi, selain memenuhi nutrisi bayi dari berbagai makanan sehat, kita bisa menambahnya dengan memberikan bayi kencur yang memang dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi. sehingga bayi akan terhindar dari berbagai penyakit, bakteri, virus maupun jamur yang seringkali menyerang anak usia dini.

  • Mengatasi Kelelahan Pada Bayi

Bayi anda rewel? bisa jadi itu bukan karena penyakit, melainkan karena bayi mengalami kelelahan, hal ini memang sering terjadi dimana para orang tua kesulitan menemukan masalah padi bayi yang sering menangis, padahal itu bisa saja karena kelelahan. untuk mengatasi dan mencegah kelelahan pada bayi, anda bisa memberikan bayi asupan nutrisi dari kencur yang bisa anda tambahkan dalam minuman susu bayi.

  • Mengobati Radang Telinga

Perlu anda ketahui, radang telinga merupakan salah satu gangguan pada bayi yang seringkali muncul, hal ini disebabkan akibat adanya infeksi pada telinga bagian luar maupun dalam, biasanya penyebab utamanya karena penyakit flu. selain menghindari konsumsi yang bersifat dingin, anda bisa menambahkan kencur sebagai untuk dikonsumsi bayi dengan cara mencampurkannya ke bahan makanan ataupun minuman. kencur memiliki sifat anti inflamasi dan efek analgetik yang dapat meredakan nyeri karena radang ataupun infeksi.

Manfaat Jamu Beras Kencur Untuk Kecantikan

Kencur seringkali dijadikan sebagai minuman jamu, salah satu manfaat jamu beras kencur adalah untuk keperluan kecantikan atau perawatan. ada berbagai manfaat kencur untuk kulit tubuh, di antara lain:

  • Memutihkan Kulit Tubuh dan Wajah

Kencur juga dapat memutihkan kulit, anda cukup membuat kencur menjadi masker wajah dan oleskan pada area kulit wajah secara menyeluruh, maka akan dapat memutihkan kulit.

  • Mengencangkan Kulit

Selain memiliki kulit wajah dan tubuh yang putih dan bersih, alangkah baiknya kulit kita jga harus kencang, salah satunya adalah dengan menggunakan kencur yang notabene dapat mengencangkan kulit. untuk cara menerapkannya juga tidak teralu sulit, anda hanya perlu merendam beras semalaman, lalu haluskan beras dengan menumbuknya sampai halus dan jemurlah dibawah sinar matahari sampai kering. langkah berikutnya adalah dengan memarut kencur dan campurkan bersama beras yang sudah dijemur kering lalu oleskan ke kulit wajah dan diamkan selama beberapa menit.

banyak sekali Manfaat Kencur Untuk Kesehatan dan Kecantikan bukan? Meskipun begitu, penggunaan kencur yang berlebihan tentu saja tidak baik untuk kesehatan tubuh, kencur memiliki sifat menghangatkan dan jika dikonsumsi secara berlebihan dalam jangka panjang, tidak menutup kemungkinan justru akan menimbulkan penyakit seperti penyakit pencernaan.

Tinggalkan komentar