Fungsi Vitamin Bagi Tubuh dan Sumber Makannya

Selama ini tentu Anda sudah sering kali mendengar mengenai vitamin. Hal ini jelas karena zat yang satu ini tidak bisa dilepaskan dari urusan hidup dan tubuh yang sehat, seperti yang Anda idamkan selama ini. Seperti yang Anda tahu, ada banyak sekali fungsi vitamin bagi tubuh. Namun, sebelum langsung membahas fungsinya, ada baiknya Anda memahami pengertian vitamin itu sendiri.

Pengertian vitamin ialah sekelompok senyawa organik yang mengandung molekul kecil, serta mempunyai fungsi yang sangat vital khususnya dalam metabolisme suatu organisasi. Sebenarnya vitamin berasal dari bahasa Inggris “Vital amine, vitamin”.

Fungsi Vitamin

Salah satu fungsi vitamin yang sangat penting bagi tubuh yakni untuk mengatur sistem metabolisme tubuh serta membantu pertumbuhan manusia. Namun sayangnya, tubuh manusia tak bisa memproduksi vitamin sendiri, sehingga itulah mengapa manusia membutuhkan makanan atau suplemen yang mengandung vitamin.

Disamping hal tersebut, dalam pembentukan vitamin sendiri agar mudah dicerna maka harus awalnya berupa pro vitamin atau vitamin belum aktif, dan nantinya pro vitamin tersebut akan dilarutkan ke dalam air atau lemak agar fungsi vitamin dapat diserap oleh tubuh dengan baik.

Berbicara tentang vitamin dilarutkan dalam air atau lemak, memang diantara berbagai jenis vitamin dibagi menjadi dua, yakni vitamin yang dilarutkan dengan air dan vitamin yang dilarutkan dengan lemak. Bagaimana klasifikasinya?

Fungsi vitamin, sumber makanannya serta klasifikasi nya:

Vitamin yang Larut dalam Air

1. Vitamin B

Vitamin B sendiri terdiri dari beberapa jenis, diantaranya yakni:

  • Vitamin B1

Memiliki nama biokimia Thiamine, fungsi vitamin B1 bagi tubuh adalah untuk menjaga kesehatan saraf, menjaga kesehatan jantung, serta mencegah terjadinya penyakit beri-beri, sehingga jika tubuh kekurangan vitamin B1 akan mengakibatkan terjadinya penyakit tersebut serta terjadi gangguan penyakit seperti susah BAB, gangguan kulit serta penurunan imunitas tubuh.

Sedangkan kelebihan vitamin B1 akan mengakibatkan terjadinya ketidaknormalan sistem keseimbangan tubuh serta refleksi otot akan berkurang.

Sumber makanan yang mengandung vitamin B1 yakni kacang-kacangan, gandum, daging tanpa lemak, susu, serta sumber lainnya.

  • Vitamin B2

Fungsi vitamin B2 atau Riboflavin yakni untuk menjaga kesehatan kulit serta menunjang perkembangan sistem tubuh. Jika tubuh kekurangan vitamin maka akan menyebabkan terjadinya bibir pecah, menurunnya daya imun tubuh serta gangguan pada kulit.

Sedangkan sumber makanan yang mengandung vitamin B2 adalah susu, kacang kedelai, kacang hijau, daging tak berlemak dan pisang.

  • Vitamin B3

Fungsi vitamin B3 atau Niacnamide yakni untuk meningkatkan sistem saraf, meningkatkan nafsu makan, serta sebagai pengubah kalori menjadi energi. Sedangkan sumber makanan yang mengandung vitamin B3 adalah alpukat, brokoli. Ikan, daging, susu, roti, serta sayuran hijau.

  • Vitamin B12

Fungsi vitamin B12 atau Methylocobalamin yakni untuk menjaga kesehatan sistem saraf, serta mencegah terjadinya penyakit anemia, sumber makanan yang mengandung vitamin B12 yakni susu dan sayuran hijau.

2. Vitamin C

Fungsi vitamin C atau asam Askrobat yakni untuk membantu pembentukan sel darah merah, sebagai antioksidan, serta menjaga kesehatan gigi dan gusi. Adapun sumber makanan yang mengandung vitamin C yakni buah-buahan, mentega dan ikan.

Vitamin yang Larut dalam Lemak

1. Vitamin A

Vitamin A atau dengan nama Retinol ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk tubuh manusia. Adapun fungsi vitamin A dalam tubuh yakni untuk menjaga kesehatan mata, kesehatan kulit, sebagai antioksidan, serta sebagai pendukung perkembangan janin ketika masa kehamilan.

Pentingnya fungsi vitamin A bagi tubuh tersebut, maka jika tubuh kekurangan vitamin A akan mengakibatkan terjadinya penyakit katarak, rabun jauh atau dekat, penuaan dini serta daya tahan tubuh lemah. Sedangkan jika tubuh kelebihan vitamin A, maka akan menyebabkan gangguan pada kulit serta haid tidak lancar pada wanita.

Vitamin A sendiri berasal dari sumber makanan seperti, susu, sayuran hijau, wortel, hati, serta sumber lainnya.

2. Vitamin D

Memiliki nama biokimia Kalsiferol, fungsi vitamin D dalam tubuh adalah untuk membantu pembentukan tilang dan gigi. Sehingga jika tubuh kekurangan vitamin D maka akan menyebabkan terjadinya kelainan tulang.

Sedangkan sumber makanan yang mengandung vitamin D yakni susu. Selain itu, vitamin D juga bisa diperoleh dari sinar matahari pagi, mulai jam pagi setelah matahari terbit hingga pukul 10.00.

3. Vitamin E

Vitamin E atau yang memiliki nama biokimia Tocopherols juga memiliki fungsi yang  penting dalam tubuh. Adapun fungsi vitamin E dalam tubuh yakni untuk mengendalikan asam lemak dalam tubuh serta menjaga kesehatan kulit.

Sedangkan sumber makanan yang mengandung vitamin E yakni ikan, gandum, minyak sayur serta bahan makanan lainnya.

4. Vitamin K

Memiliki nama biokimia Menaquinones, fungsi vitamin K bagi tubuh adalah untuk mencegah terjadinya diabetes dan osteoporosis, sehingga jika kekurangan vitamin K maka akan menyebabkan penyakit tersebut. Dan jika kelebihan vitamin K maka akan menyebabkan hemolisis sel darah merah.

Sedangkan sumber makanan yang mengandung vitamin K adalah buah alpukat, sayuran hijau serta sumber makanan lainnya.

Perlu Anda ketahui pula, dengan pentingnya fungsi vitamin bagi tubuh, jika seseorang tak bisa mencukupi kebutuhan vitamin atau kekurangan vitamin, maka akan menimbulkan penyakit atau gangguan kesehatan, dan jika kelebihan vitamin juga bisa menyebabkan penyakit pula. Dengan demikian, penuhi asupan vitamin sesuai dengan kadar atau takaran vitamin yang dianjurkan.

Tinggalkan komentar