Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Cara Mengolahnya

Banyak orang yang belum tahu Bawang Merah Selain digunakan untuk bumbu masakan juga memiliki khasiat yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh serta untuk keperluan perawatan kulit. Berbeda dengan Bawang putih yang populer untuk pengobatan seperti penyakit ambeien atau wasir, Bawang Merah ini lebih bagus untuk kecantikan terutama pada rambut dan kulit dan bawang merah juga sangat bermanfaat untuk kesehatan pada anak bayi. Bawang merah merupakan salah satu jenis umbi tanah yang berasal dari asia khususnya wilayah asia tenggara, nama lainnya adalah Allium Cepa.

Berdasarkan penelitian para pakar kesehatan, mereka menyatakan bahwa 100 gram bawang merah memiliki berbagai kandungan seperi energi, air, karbohidrat, serat, kalium, magnesium, folat, zat besi dan masih banyak lagi sehingga sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh kita terutama untuk masalah rambut, kulit wajah dan kesehatan bayi. untuk informasi selengkapnya simak penjelasannya berikut ini:

Manfaat Bawang Merah  Bagi Kecantikan

Mencegah Penuaan Dini

Bawang Merah memiliki sifat anti aging dan juga antiokidan tinggi yang dapat menghindarkan kulit dari gangguan kerusakan seperti keriput dan sebagainya, sehingga masalah penuaan dini pun akan dapat teratasi, selain itu juga terdapat vitamin A, vitamin C dan E yang dapat mengencangkan kulit dan tentu saja melembutkan kulit dari pengaruh radikal bebas.

Menghilangkan Jerawat

Hampir semua anak remaja pasti punya jerawat di kulit wajahnya, hal ini tidaklah aneh karena jerawat sendiri memang pada dasarnya muncul saat usia seseorang memasuki remaja dan penyebab jerawat sendiri ada banyak. dengan kandungan alami bawang merah yang mengandung zat anti radang dan anti bakteri, kulit wajah anda akan terhindar dari jerawat, lalu bagaimana untuk mengoleh bawang merah untuk mencegah jerawat? iuti langkah langkahnya berikut ini:

  1. Siapkan 1 atau 2 sendok bawang merah yang sudah di parut secara halus.
  2. Tambahkan minyak zaitun sebanyak 1 sendok makan lalu campur dan aduk rata.
  3. langkah berikutnya adalah dengan mengoleskan campuran tersebut pada area kulit yang ber jerawat.

Namun dengan melakukan cara ini, bukan berarti jerawat tidak akan muncul lagi lho ya, untuk itu anda harus simak tips berikut ini agar terhindar dari jerawat.

  • Hindari Terlalu Sering Membersihkan Kulit Wajah

Untuk menjaga kebersihan wajah memang dianjurkan untuk selalu rutin membersihkan wajah, namun jika terlalu berlebihan atau terlalu sering, hal ini justru berakibat buruk pada kulit wajah karena jika terlalu sering membersihkan wajah, hal ini akan membuat kadar minyak pada wajah semakin meningkat, dengan kadar minyak berlebih tentu akan membuat wajah anda mudah sekali mengalami jerawat.

  • Jangan Gunakan Scrub Saat Sedang Berjerawat

Kebanyakan orang selalu mengandalkan scrub sebagai pembersih wajah sehari hari, penggunaan scrub pada saat wajah sedang berjerawat tidak dianjurkan karena dapat membuat jerawat makin memerah dan membandel.

  • Memencet Jerawat

Saya kira semua orang sudah tahu akan hal ini, namun banyak yang tidak bisa menerapkannya, banyak orang yang justru tetap saja memencet mencet jerawat meski hal ini dapat membuat jerawat makin sulit dihilangkan.

Hindari Makanan Berikut:

Saat sedang jerawat, hindari atau kurangilah beberapa makanan seperti makanan siap saji, junk food, kacang kacangan maupun alkohol dan kopi dan semua makanan yang mengandung banyak minyak.

Mencerahkan Wajah

Manfaat Bawang Merah Untuk Kecantikan Berikutnya adalah untuk mencerahkan wajah, hal ini dipengaruhi tingginya kadar atau kandungan vitamin C yang terdapat pada bawang merah, gunakanlah air perasan bawang merah yang sudah dihaluskan dengan susu, teh serta bubuk pala sampai menjadi berbentuk pasta kental, gunakanlah sebagai masker wajah dengan mengoleskannya ke seluruh bagian kulit wajah secara merata.

Menghilangkan Flek Hitam

Flek Hitam biasanya muncul saat sudah terkena jerawat, untuk mengatasi flek hitam atau noda hitam, anda bisa menggunakan bawang merah, untuk cara menerapkannya juga tidak terlalu sulit, anda hanya perlu mengambil air perasan bawang merah dan campurkan dengan yoghurt secukupnya dengan lalu oleskan ke bagian kulit yang mengalami flek hitam, jangan lupa untuk yoghurtnya harus dalam keadaan dingin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mengatasi Rambut Rontok

Rambut rontok adalah salah satu masalah terbesar pada rambut wanita, rambut yang rontok memang sulit dicegah meski sudah memakai shampo yang bagus sekalipun, tentu saja hal ini membuat banyak orang ingin mencoba metode alami yang tentu lebih baik, dari berbagai bahan alami yang ada, bawang merah adalah salah satu yang paling direkomendasikan untuk mengatasi rambut ronrok, bawang merah mengandung sulfur yang tinggi, sehingga dapat menguatkan kulit kepala dan rambut dan mencegah terjadinya kerontokan, untuk cara menerapkannya anda harus menyiapkan juga minyak zaitun atau minyak kelapa, oleskanlah minyak ini ke rambut kemudian tunggu sampai 30 menitan, setelah itu langsung anda oleskan bawang merah dengan memberikan sedikit pijatan ringan untuk membuat kandungan bawang merah dapat meresap dengan baik.

Kandungan sulfur pada bawang merah bukan hanya untuk mengatasi rambut rontok, melainkan bisa juga untuk mencegah kebotakan, menguatkan rambut dan menghilangkan ketombe yang ada pada rambut.

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Bayi

Penggunaan bawang merah selain untuk keperluan perawatan wajah dan rambut juga sangat populer untuk kesehatan bayi, bawang merah sangat baik untuk kesehatan bayi, diantara lain:

Mencegah Perut Kembung

Seorang bayi biasanya akan lebih mudah mengalami perut kembung ketimbang kita yang sudah dewasa, untuk mengatasinya, anda bisa memarut bawang merah dan mengoleskannya pada area perut bayi karena memang bayi yang mengalami perut kembung ini biasanya akan mudah menangis. bawang merah dapat memberikan efek hangat pada bayi, sehingga dapat membuat bayi mudah dalam membuang angin dan mencegah perut kembung. Selain pada bagian perut, anda juga bisa mengoleskannya pada area tubuh yang lain seperti punggung dan dada guna membuat tubuh sang bayi makin merasa kehangatan dari bawang merah ini.

Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

Hampir tidak ada orang yang tidak pernah mengalami bekas gigitan nyamuk, untuk anda yang memiliki bekas gigitan nyamuk ataupun akibat gatal gatal, anda bisa menggunakan bawang merah sebagai penawarnya.

Sebenarnya tidak hanya bayi, kita pun akan muda sekali mengalami bekas luka dari gigitan nyamuk, Manfaat Bawang Merah memang cukup baik untuk menyembuhkan gigitan nyamuk karena maupun bekas luka gatal karena di dalam bawang merah terdapat kandungan zat antiseptic dan anti bakteri yang dapat menghilangkan bekas gigitan nyamuk serta gatal.

Demikianlah artikel seputar Manfaat Bawang Merah Untuk Kulit, Rambut dan Kesehatan Bayi. Hampir semua cara mengolah bawang merah diatas penggunaannya adalah penggunaan dari luar, jadi jangan khawatir anda akan mengalami efek samping yang berbahaya. Selama anda tidak berlebihan menggunakan bawang merah tentu semuanya akan baik baik saja.

Tinggalkan komentar