10 Bahan Alami Penumbuh Rambut dengan Cepat, Aman dan Mudah

Bahan alami penumbuh rambut dapat menjadi solusi bagi anda yang mengalami kerontokan rambut akibat terlalu banyak menggunakan bahan kimia untuk perawatan rambut. Rambut rontok memang normal terjadi pada hampir semua orang, namun rambut yang rontok secara berlebihan lebih dari 100 helai per hari dapat mengakibatkan kebotakan. Kebotakan juga tidak pandang umur, dapat menyerang siapa saja tua atau muda, laki-laki dan perempuan.

Penyebab dari terjadinya rambut rontok memang ada banyak faktornya. Kerontokan rambut bisa disebabkan oleh stress, penyakit, menjalani pengobatan atau mengonsumsi obat tertentu, perubahan hormon, usia, hingga karena faktor genetik. Selain hal tersebut, salah dalam memilih produk perawatan rambut juga dapat memperparah kerontokan rambut. Alih-alih menyuburkan rambut bisa jadi malah akan membuat kerontokan rambut yang ada menjadi semakin parah.

Bahan Alami Penumbuh Rambut

Salah satu nutrisi di dalam tubuh yang sangat mempengaruhi kesehatan rambut adalah zat besi dan protein. Rambut rontok dapat dicegah dengan mengonsumsi cukup zat besi dan juga protein.Selain mengonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi dan protein, ada juga beberapa bahan alami penumbuh rambut yang bisa dicoba. Bahan-bahan alami tentunya lebih aman digunakan untuk membantu pertumbuhan rambut dibanding produk-produk alami penumbuh rambut yang mengandung bahan kimia. Berikut ini adalah ulasan 10 bahan alami yang dapat digunakan untuk menumbuhkan rambut.

  1. Lidah Buaya

Bahan alami penumbuh rambut yang pertama adalah lidah buaya. Tanaman lidah buaya selain mudah ditemukan di negara tropis seperti di Indonesia namun juga memang memiliki khasiat yang terkenal sebagai salah satu bahan alami penumbuh rambut. Jadi memilih lidah buaya sebagai salah satu bahan untuk mengatasi rambut yang tipis atau rontok memang menjadi hal yang tepat.

Penggunaan lidah buaya sebagai bahan alami penumbuh rambut juga terbilang cukup mudah. Cara pertama adalah dengan mengambil daun lidah buaya dan kemudian kupas kulitnya. Setelah dikupas, ambil gel yang terdapat pada bagian dalam daun lidah buaya. Oles gel tersebut dari ujung rambut hingga ke seluruh permukaan kulit kepala hingga merata. Diamkan semalaman dengan menutupi rambut menggunakan handuk atau shower cap. Cuci rambut dengan sampo hingga bersih esok paginya, dan lakukan secara teratur selama seminggu. Rambut rontok dan tipis pastilah tidak akan terjadi lagi.

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu minyak yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, minyak zaitun juga bisa menjadi bahan alami penumbuh rambut. Tidak hanya menumbuhkan rambut dan mengatasi kerontokan, minyak zaitun juga membantu mengatasi masalah rambut kering, rambut beruban, dan rambut bercabang.

Untuk mengatasi berbagai macam masalah rambut tersebut, penggunaan minyak zaitun sangatlah mudah. Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengoleskan minyak zaitun secara merata ke seluruh rambut dan juga kulit kepala setelah keramas. Selain cara tersebut, cara kedua yang dapat dilakukan agar rambut sehat terawat dengan minyak zaitun adalah dengan mengoleskannya sebelum tidur pada malam hari. Gunakan bahan alami penumbuh rambut ini pada kulit kepala dan rambut secara merata pada malam hari sebelum tidur dan lindungi dengan menggunakan penutup kepala. Dengan membiarkannya semalaman, minyak zaitun akan meresap sempurna, dan kemudian cuci rambut hingga bersih keesokan harinya.

  1. Minyak Kemiri

Minyak kemiri adalah bahan alami untuk kesehatan dan penumbuh rambut yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Minyak kemiri biasanya banyak digunakan ibu-ibu untuk menghitamkan rambut anak kecilnya. Namun, selain untuk menghitamkan rambut, minyak kemiri juga dapat membantu melebatkan rambut. Karena dapat melebatkan rambut, minyak kemiri sering digunakan untuk mengatasi rambut rontok dan juga kebotakan.

Minyak kemiri juga sangat mudah ditemukan di pasaran dalam bentuk botolan dan cukup praktis untuk digunakan. Namun yang tidak dapat menemukan minyak kemiri botolan jangan khawatir, membuat minyak alami penumbuh rambut ini tidaklah susah. Cukup siapkan 7 buah kemiri dan tumbuk hingga halus kemiri tersebut. Setelah tertumbuk halus, masak kemiri tersebut dengan memasukkan sedikit air dan masak kemiri tersebut hingga mengeluarkan minyak. Oleskan minyak tersebut ke rambut dan kulit kepala hingga rata dan biarkan selama 1 jam, kemudian cuci rambut hingga bersih. Dapat dipastikan bahan alami penumbuh rambut ini akan melebatkan rambut jika digunakan secara teratur.

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis tidak hanya dapat digunakan sebagai obat batuk saja, namun juga bisa digunakan sebagai bahan alami penumbuh rambut. Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam jeruk nipis dapat membantu membantu menumbuhkan rambut yang rontok dan botak. Selain untuk membantu menumbuhkan rambut yang mengalami kerontokan dan kebotakan, kandungan vitamin C di jeruk nipis juga berkhasiat untuk mengatasi ketombe yang mengganggu kulit kepala.

Untuk memanfaatkan khasiat jeruk nipis ini, caranya sangat sederhana dan cukup mudah. Pertama siapkan 1 buah jeruk nipis kemudian cuci hingga bersih. Setelah dicuci, potong menjadi 2 bagian dan peras air jeruk nipis tersebut. Oleskan air perasan jeruk nipis tersebut ke kulit kepala dan juga rambut dengan sedikit pijatan. Gunakan handuk halus atau shower cap untuk menutupi kepala dan diamkan selama beberapa jam. Langkah terakhir menggunakan jeruk nipis sebagai bahan alami penumbuh rambut adalah dengan mencuci rambut sampai bersih, dan lakukan secara teratur.

  1. Bawang Merah

Bumbu dapur satu ini juga memiliki khasiat dalam membantu menumbuhkan rambut secara alami. Kandungan berbagai zat di dalam bawang merah dapat membantu rambut mengatasi kerontokan dan kebotakan yang dialaminya. Cara pemakaiannya pun tergolong cukup mudah. Hanya tingga mengambil beberapa siung bawang merah, bersihkan dan kemudian tumbuk hingga benar-benar halus. Hasil dari tumbukan halus bawang merah tersebut oleskan merta keseluruh bagian rambut dan tunggu hingga meresap untuk kemudian cuci rambut sampai bersih. Meskipun bau yang dikeluarkan bawang merah lumayan menyengat, namu memakai bawang merah sebagai penumbuh rambut jika dilakukan secara teratur 3 kali seminggu akan memberikan hasil yang mengagumkan.

  1. Daun Seledri

Bahan masakan lainnya yang dapat menjadi bahan alami penumbuh rambut adalah daun seledri. Daun seledri dapat membantu mengurangi kerontokan rambut yang terjadi secara terus menerus, dan juga membantu untuk menebalkan rambut. Meramu daun seledri ini agar dapat digunakan sebagai penumbuh rambut juga sangat sederhana.

Siapkan 15 batang seledri segar dan kemudian cuci hingga bersih. Setelah dicuci, potong kecil-kecil daun seledri tersebut dan haluskan potongan daun seledri dengan cara ditumbuk ataupun diblender. Setelah dihaluskan, campurkan daun seledri halus tersebut dengan sebutir telur ayam dan aduk merata. Oleskan campuran daun seledri dan telur tersebut ke seluruh permukaan rambut dan kulit kepala. Pijat perlahan agar ramuan tersebut meresap dengan baik ke dalam rambut dan kulit kepala. Setelah setengah jam, cuci bersih rambut dengan sampo dan gunakan ramuan ini seminggu 2 kali untuk hasil yang sempurna.

  1. Bayam

Bahan alami yang menyelamatkan rambut dari kerontokan selanjutnya adalah bayam. Mengonsumsi bayam memang sudah menjadi hal yang biasa, namun bagaimana jika bayam digunakan sebagai penumbuh rambut? Penggunaan bayam ini sangatlah mudah, bayam hanya perlu dimasak dan dikonsumsi secara teratur agar dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Namun ada cara lain untuk menggunakan bayam sebagai penumbuh rambut agar lebih efektif. Cara tersebut adalah dengan mengambil segenggam bayam dan kemudian cuci bayam tersebut hingga bersih. Setelah bersih haluskan bayam dan campur dengan 1 sendok makan air hangat, dan madu murni, campur hingga rata dan kemudian siapkan saringan. Peras dan saring ramuan tersebut hingga mendapatkan sari ramuan tersebut. Minum hasil saringan bayam tersebut secara teratur untuk merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kebotakan secara lebih efektif.

  1. Ikan Salmon

Bahan alami penumbuh rambut selanjutnya adalah ikan salmon. Ikan salmon adalah salah satu ikan yang terkenal dengan kandungan Omega 3 dan proteinnya yang tinggi. Kandungan Omega 3 dan protein yang tinggi ini tidak usah ditanya lagi manfaatnya bagi tubuh manusia. Banyak orang yang menggunakan kandungan tinggi Omega 3 dan protein ikan salmon sebagai penstimulus perkembangan otak agar lebih sehat. Namun Omega 3 dan protein ikan salmon tidak hanya bisa digunakan untuk penstimulus perkembangan otak, tapi juga dapat digunakan sebagai penumbuh rambut.

Untuk mendapatkan khasiat ikan salmon agar dapat membantu menumbuhkan rambut dengan cepat, sehat, dan alami caranya juga sangat mudah. Yang perlu dilakukan adalah dengan menambahkan ikan salmon dalam menu makanan yang dikonsusi sehari-hari. Tidak perlu repot untuk membuat ramuan, tentu saja menjadi salah satu keunggulan ikan salmon sebagai penumbuh rambut. Selain untuk menumbuhkan rambut dan menguatkan akarnya dari dalam, mengonsumsi ikan salmon juga akan membuat kulit kepala jadi lebih kuat dan sehat.

  1. Almond

Almond adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang mempunyai cita rasa yang gurih. Selain enak untuk dikonsumsi sebagai camilan atau pelengkap kue, ternyata amond juga memiliki khasiat yang besar sebagai penumbuh rambut alami. Kandungan zat biotin yang tinggi dalam almond memang dipercaya menjadi salah satu penyebab rambut menjadi tebal dan cepat tumbuh.

Hanya dengan mengonsumsi almond sebanyak 1 cangkir setiap hari dengan rutin, maka akan terlihat pengaruhnya terhadap rambut. Lakukan selama 1 hingga 2 bulan, maka rambut tebal dan sehat alami akan terlihat. Selain dengan menjadikannya camilan sehari, mengkonsumsi susu almond juga akan membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Jangan khawatir kesusahan untuk menemukan susu almond, karena susu almond sudah sangat banyak dijual di pasaran dan sangat mudah menemukannya. Memilih kacang almond sebagai penumbuh rambut memang sangat tepat, apalagi untuk yang sedang menjalankan diet.

  1. Alpukat

Di Indonesia, alpukat menjadi salah satu buah favorit untuk dibuat menjadi jus dengan ditambahkan susu coklat sebagai pelengkapnya. Selain dibuat sebagai jus, alpukat juga sering dibuat sebagai campuran salad dan juga guacamole. Namun banyak yang belum tahu jikalau alpukat juga sangat berkhasiat untuk membantu menyuburkan rambut. Penumbuh rambut alami satu ini memiliki kandungan asam lemak esensial yang tinggi sehingga dapat membantu menyehatkan kesehatan kulit dan juga rambut.

Untuk hasil yang maksimal, selain dikonsumsi gunakan juga alpukat sebagai masker rambut. Caranya mudah, hanya tinggal haluskan buah penumbuh rambut ini dan aplikasikan secara merata keseluruh bagian rambut dan kulit kepala. Produksi kolagen dan elastin pada kulit kepala akan terangsang dengan masker alpukat ini. Gunakan selama 10 hingga 15 menit kemudian cuci bersih rambut dengan sampo. Gunakan masker penumbuh rambut ini secara teratur minimal 1 minggu sekali dan lihat hasilnya yang menakjubkan.

Tinggalkan komentar