Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami, Mudah dan Murah

Rambut kepala merupakan mahkota bagi wanita. Maka tidak heran apabila banyak wanita yang menjaga rambutnya agar tetap terlihat hitam dan kuat. Namun banyak wanita yang tidak mengetahui tentang perawatan rambut berdasarkan kebutuhannya, misalnya untuk mengatasi rambut rontok berbeda dengan mengatasi rambut berketombe. Menjaga dan merawat rambut sesuai dengan jenis dan kebutuhannya sangatlah penting. Anda harus memilih formulasi khusus sesuai jenis rambut sehingga rambut tetap sehat dan indah. Karena seperti halnya kulit wajah, jenis rambut juga berbeda-beda dengan masalah yang ada juga pastilah berbeda. Sehingga akan beda juga cara dalam perawatan dan mengatasi rambut rontok.

Salah satu masalah rambut yang paling umum adalah rambut rontok. Masalah rambut rontok bisa dialami oleh wanita maupun pria. Berdasarkan biologis memang setiap orang akan mengalami rambut rontok secara alami setiap hari. namun yang perlu diwaspadai dan diperhatikan adalah jika rambut yang rontok mencapai ratusan, bertambah banyak, atau sangat banyak setiap harinya. Anda harus segera mengatasi rambut rontok tersebut dengan tepat.

Penyebab rambut rontok

Rambut rontok disebabkan oleh banyak faktor. Misalnya faktor luar yaitu akibat perubahan cuaca dan polusi, sedangkan faktor dalam bisa terjadi karena usia, imun lemah, stress, dan penggunaan shampo yang tidak cocok dengan kondisi rambut.

Penyebab rambut rontok memang dapat dikatakan sangatlah bervariasi. Berikut adalah beberapa penyebab rambut rontok dan cara mengatasi rambut rontok antara lain:

  1. Stress

Stress dapat mengganggu siklus hidup rambut yang terdiri dari masa pertumbuhan, istirahat, dan rontok. Stress dapat mempercepat proses siklus tersebut sehingga rambut cepat dan mudah rontok.

  1. Turunan

Rambut rontok yang disebabkan oleh genetik bisa terjadi karena turunan orang terdekat misalnya orang tua. Turunan genetik tersebut juga akan membuat masalah rontok rambut yang lebih parah untuk Anda.

  1. Kelebihan vitamin A

Kelebihan vitamin A ternyata juga dapat memicu terjadinya kerontokan pada rambut. Cara mengatasinya adalah tentu Anda harus mengurangi asupan vitamin A.

  1. Kekurangan vitamin B

Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan rambut menjadi rontok. Namun Anda tidak perlu khawatir karena penyebab yang satu ini sangat mudah untuk diatasi. Anda hanya perlu rutin mengonsumsi vitamin B.

  1. Anemia

Anemia lebih sering dialami oleh wanita terutama pada masa menstruasi. Anemia dapat menyebabkan tubuh menjadi lemah, kulit pucat, sakit kepala, bahkan terjadinya kerontokan pada rambut.

Sebenarnya mengatasi rambut rontok bukanlah hal yang sulit. Anda hanya perlu memberikan nutrisi yang benar dan teratur pada rambut. Misalnya rutin keramas, gunakan shampo atau serum rambut yang sesuai dengan jenis rambut, sampai dengan rutin melakukan rangkaian perawatan rambut lainnya.

Selain menggunakan produk perawatan rambut di pasaran atau pergi ke klinik kecantikan. Mengatasi rambut rontok juga bisa dilakukan dengan cara alami menggunakan bahan-bahan yang alami dan sangat mudah untuk didapatkan.

Cara mengatasi rambut rontok secara alami

  1. Lidah buaya

Lidah buaya memang banyak digunakan berbagai produk kecantikan rambut sebagai bahan dasarnya. Lidah buaya terkenal sangat ampuh untuk mengatasi masalah rambut rontok. Lidah buaya mengandung nutrisi yang dapat membuat rambut menjadi sehat, berkilau, dan kuat langsung dari pertumbuhan rambut di kulit kepala. Cara menggunakan bahan lidah buaya alami untuk rambut adalah Anda harus membasahi rambut terlebih dahulu dan tunggu sampi setengah kering. kemudian usapkan lendir lidah buaya pada rambut dan juga kulit kepala biarkan selama 15 sampai 20 menit. Anda bisa melakukannya 2 kali dalam 1 minggu untuk hasil yang maksimal dan optimal.

  1. Kemiri

Jika Anda kenal kemiri adalah salah satu bahan di dapur untuk memasak. Namun ternyata kemiri juga sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut. Kemiri memiliki kandungan minyak yang dapat membuat rambut menjadi sehat, lebih hitam, dan mengatasi rambut yang rontok. Kandungan minyak tersebut mampu menjadikan akar rambut lebih kuat dan membuat rambut tumbuh di bagian kulit kepala. Untuk menggunakan kemiri sebagai perawatan rambut, Anda harus meyangrai kemiri terlebih dahulu kemudian ditumbuk halus sampai mengeluarkan cairan minyak. Anda tinggal mengusap minyak tersebut pada rambut dan kulit kepala dan diamkan untuk beberapa saat. Lanjutkan dengan bilas menggunakan air bersih dan shampo. Anda harus melakukan perawatan ini secara rutin agar mendapat hasil yang optimal.

  1. Yogurt

Yogurt memang terkenal sangat bersahabat dengan kulit. Namun siapa sangka jika yogurt juga bisa diandalkan untuk mengatasi rambut rontok. Caranya pun sangatlah mudah, Anda harus menyiapkan yogurt dan oleskan pada bagian kulit kepala dan diamkan selama 10 sampai 15 menit. Anda bisa melakukannya dengan rutin 2 kali dalam 1 minggu untuk hasil yang diinginkan.

  1. Alpukat

Alpukat mengandung nutrisi protein yang sangat efektif memberi nutrisi pada rambut dan menguatkan rambut. Selain membuat rambut menjadi lebih kuat, nutrisi dalam buah alpukat juga dapat merangsang terjadinya pertumbuhan rambut. Caranya yakni cukup dengan menghaluskan buah alpukat dan oleskan pada rambut dan kulit kepala. Kemudian diamkan selama sekitar 20 menit dan bilas dengan air bersih dan shampo. Perawatan ini harus dilakukan dengan rutin agar hasilnya maksimal.

  1. Jeruk nipis

Ternyata jeruk nipis juga dapat membantu mengatasi rambut rontok. Caranya adalah siapkan beberapa buah jeruk nipis dan iris menjadi beberapa bagian irisan. Kemudian usapkan irisan jeruk nipis pada kulit kepala sampai merata dan diamkan beberapa saat sekitar 15 menit. Selanjutnya bilas hingga bersih. Selain mengatasi rambut yang rontok, jeruk nipis juga berkhasiat untuk menghilangkan ketombe di kepala.

  1. Minyak esensial

Beberapa contoh minyak esensial yang terbukti ampuh mengatasi rambut rontok misalnya minyak zaitun, minyak wijen, minyak kelapa, dan lain sebagainya. Cara menggunakan minyak esensial adalah dengan mengoleskan minyak pada seluruh rambut dan bagian kulit kepala secara merata. Lakukan pijatan pada kepala secara perlahan dan diamkan selama 10 menit. Selanjutnya bilas menggunakan air dan shampo hingga bersih. Perawatan ini harus rutin dilakukan 2 kali dalam 1 minggu untuk hasil yang maksimal.

  1. Minyak jojoba

Minyak jojoba berkhasiat untuk membuat rambu sehat, kuat, dan melembapkan folikel rambut pada kulit kepala. Rambut yang kering dapat menyebabkan ketombe, dan rontok yang berlebihan. Cara penggunaannya adalah teteskan beberapa minyak jojoba di telapak tangan, kemudian oleskan dan juga pijat secara merata pada seluruh bagian akar rambut dan rambut. Diamkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih.

  1. Teh hijau

Selain untuk kesehatan tubuh dalam, teh hijau juga berkhasiat untuk mengatasi masalah pada rambut. Teh hijau digunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok yang parah. Cara menggunakannya pun terbilang mudah dan praktis. Anda harus menyiapkan teh hijau dan diamkan hingga dingin. Kemudian basuhkan teh hijau pada seluruh rambut dan diamkan selama satu jam. Anda juga bisa mendiamkannya sambil melakukan aktivitas lain misalnya nonton film, atau membaca buku. Selanjutnya bilas menggunakan air bersih dan shampoo. Perawatan ini sebaiknya dilakukan secara ruitn 2 kali dalam 1 minggu agar hasilnya optimal.

  1. Bawang putih

Bawang putih pasti selalu ada di dapur rumah tangga. Bahan yang murah dan sangat mudah ditemukan ini juga bisa mengatasi rambut rontok. Namun dalam penggunaannya Anda harus benar-benar memperhatikan kebersihannya agar tidak meninggalkan aroma yang tidak diinginkan.

Selain menggunakan bahan-bahan alami di atas untuk mengatasi rambut rontok. Anda juga harus memperhatikan beberapa hal-hal kecil yang Anda lakukan untuk ramut Anda.

Tips cara mengatasi rambut rontok dan perawatannya

  1. Jangan mengikat rambut terlalu kencang

Rambut yang panjang memang sering kali harus diikat agar tidak mengganggu aktivitas. Namun terlalu kuat atau kencang mengikat rambut ternyata dapat membuat rambut menjadi tertarik sehingga mudah patah dan berguguran. Maka pastikan Anda mengikat rambut dengan benar dan longgar agar nyaman dan rambut tidak mudah rontok.

  1. Hindari menyisir rambut dalam keadaan basah

Menyisir rambut memang sangat dianjurkan agar rambut terlihat rapih dan sehat. Namun yang perlu Anda perhatikan adalah kondisi rambut saat disisir. Jika rambut masih dalam keadaan yang basah atau setelah keramas, maka sebaiknya tunda dan diamkan sampai sedikit kering untuk menyisir. Rambut yang disisir dalam kondisi basah dapat membuat rambut menjadi rontok.

  1. Hindari alat styling yang terlalu panas

Segala jenis alat styling kebanyakan pasti menggunakan hawa yang panas untuk menata rambut. Namun jika terlalu panas, justru akan membuat kondisi rambut menjadi rusak. Untuk itu Anda harus menggunakan heat protector untuk menjaga suhu alat styling agar tidak terlalu panas.

  1. Jangan keramas dengan air hangat

Mandi air hangat memang sangat mengasyikkan dan membuat rileks atau tenang seluruh badan. Namun Anda tidak boleh membasahi atau membasuh rambut menggunakan air hangat.  Air yang hangat justru tidak baik untuk kesehatan rambut karena akan membuat batang rambut menjadi kering dan rentan sekali rapuh. Air hangat juga akan mengikis minyak alami kulit kepala, sehingga kulit kepala justru akan lebih banyak memproduksi minyak dan membuat rambut menjadi lepek.

  1. Jaga kebersihan

Kebersihan memang kunci dari semua jenis masalah kesehatan, termasuk juga kesehatan rambut. Untuk itu pastikan Anda mencuci rambut atau keramas dengan rutin dan benar, agar rambut bebas kotoran misalnya debu dan lain sebagainya yang menyebabkan rambut menjadi rontok.

  1. Konsisten produk perawatan rambut

Gonta-ganti berbagai perawatan rambut memang wajar untuk mendapatkan produk atau perawatan yang sesuai. Namun hal tersebut tidaklah tepat, karena dengan adanya kebiasaan tersebut justru akan membuat Anda sulit menentukan dan membedakan produk yang tepat dan produk yang dapat merusak rambut.

Itulah beberapa informasi seputar cara mengatasi rambut rontok. Rambut adalah mahkota setiap perempuan, oleh karena itu pastikan Anda telah menjaga dan merawatnya dengan baik. Rambut rontok memang sering kali dianggap hal yang sepele tapi tentu saja Anda tidak akan membiarkannya terus-menerus sampai terlihat botak kan. Maka jaga dan rawatlah rambut agar menjadi rambut yang sehat, indah, berkilau untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Tinggalkan komentar