Kesehatan Mental: Situs untuk Tes Kesehatan Mental Viral di TikTok

Infokekinian.com – Berikut adalah informasi mengenai Kesehatan mental: situs untuk tes kesehatan mental viral di TikTok, simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasinya lebih lengkap dan jelas.

Selain kesehatan fisik, kesehatan mental, atau kesehatan mental dalam bentuknya yang keren, merupakan hal yang penting untuk dijaga.

Kamu harus tetap melakukannya karena mereka saling melengkapi. Jadi, bagaimana keadaan kamu saat ini? Tentu saja, saya berharap kamu terus sehat dalam tubuh dan pikiran.

Apa Itu Mental Health

Stres bisa menyerang kapan saja, dan pikiran rentan terhadap pengaruh negatif di lingkungan kita. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan tekanan mental.

Jika kamu hanya memikul beban gagasan itu tanpa memikirkan jalan keluar, niscaya akan menghantui kamu dan menambah beban mental kamu.

Apalagi di tengah pandemi yang melanda semua sektor perekonomian dan kemungkinan besar akan berdampak dan mengganggu pikiran kita.

Jika dibiarkan tidak terkendali, pasti akan berakibat fatal. Infokekinian akan mendemonstrasikan cara melakukan tes kesehatan mental online kali ini. Lanjutkan ke akhir artikel.

Apa Itu Mental Health?

Melansir dari Alodokter, mental health atau kesehatan mental adalah keadaan dimana seorang individu merasakan hal positif baik secara psikologis, emosional, ataupun secara sosial.

Kesehatan mental sangat berpengaruh pada cara berpikir, bertindak, maupun cara berinteraksi dengan orang lain. Oleh karena itu, kesehatan mental perlu diperhatikan dan dijaga.

Kesehatan mental perlu dijaga karena dapat mempengaruhi produktifitas seseorang, baik itu anak-anak, remaja, dewasa, bahkan lanjut usia sekalipun.

Maka dari itu, sudah sepatutnya kita harus sadar terhadap kesehatan mental dan patut untuk menjaganya dengan menceritakan keluh kesah terhadap orang terdekat atau hal lainnya.

Orang yang mentalnya baik akan akan lebih prima dalam beraktivitas secara produktif dan menggunakan potensinya secara maksimal sehingga menghasilkan hasil yang maksimal.

Selain itu, yang lebih penting ia dapat selalu berpikir positif dan tenang dalam menghadapi berbagai persoalan. Lantas, apa sih yang menjadi penyebab gangguan mental?

Penyebab Ganggunan Mental

Banyak faktor yang bisa menjadi pemicu terjadinya gangguan mental, diantaranya ketika seseorang menderita penyakit tertentu sampai mengalami stres.

Penyebab stres bisa diakibatkan oleg peristiwa traumatis, seperti ditinggalkan seseorang yang meninggal, kehilangan pekerjaan, atau terisolasi dalam waktu yang lama.

Gangguan mental pun juga seringkali dikaitkan dengan pandemi Covid-19 yang didalamnya banyak muncul fenomena-fenoma seperti yang disebutkan diatas.

Untuk itu, tidak mengherankan jika memeriksa mental adalah sesuatu yang penting dilakukan saat pandemic Covid-19. Lalu apa saja contoh-contoh gangguan mental?

Contoh Gangguan Mental

Menurut Alodokter, gangguan mental sangat banyak jenisnya yang dialami oleh pasien. Namun, dari banyak jenis tersebut ada beberapa yang paling sering terjadi, berikut adalah diantaranya:

1. Depresi

Depresi adalah gangguan kesehatan mental yang mengganggu suasana hati, dimana dalam kondisi ini menyebabkan penderitanya terlarut dalam kesedihan mendalam.

Biasanya depresi berlangsung selama berhari-hari, bahkan ada juga yang sampai berbulan-bulan lamanya. Hal ini juga dapat berdampak buruk pada kesehatan.

2. Skizofrenia

Skizofrenia adalah gangguan kesehatan mental yang menyebabkan halusinasi, delusi, dan kacaunya cara berpikir & berperilaku kepada penderitanya.

Menurut keterangan, penderita skizofrenia tak bisa membedakan kenyataan dan halusinasinya. Penderita ini biasanya akan membuat penderitanya terjebak dalam kekacauan pola berfikir.

3. Kecemasan Berlebih

Kecemasan berlebih adalah gangguan mental yang membuat penderitanya selalu merasa takut dan cemas dalam menjalani kehidupan aktivitas di sela-sela hariannya.

Salah satu gejala yang biasa terjadi pada penderita ini ialah kerap mengalami rasa panik yang berlangsung lama dan sulit dikendalikan oleh penderitanya.

4. Gangguan Tidur

Gangguan tidur adalah perubahan pola tidur yang mengganggu kesehatan dan kualitas hidup penderitanya. Ini juga biasa terjadi akibat pengaruh kesehatan mental.

Beberapa contoh gangguan tidur diantaranya insomnia (sulit tidur), parasomnia (sering mimpi buruk), dan narkolepsi (sangat mudah tidur). Apakah kamu merasakan gejalanya?

Cara Tes Kesehatan Mental Health Tiktok Online Gratis

Dari beberapa hal yang Infokekinian sebutkan diatas, apabila kamu merasakan salah satu gejalanya, alangkah baiknya kamu bisa memeriksakan diri kamu ke spesialis atau psikolog.

Namun, sebelum kamu mencoba tes mental health di spesialis atau psikolog, tak ada salahnya apabila kamu mencoba tes mental health online gratis berikut ini.

1. Tes Kesehatan Mental Health Tiktok Online Gratis di Satu Persen

Salah satu situs yang menyediakan layanan tes kesehatan mental yaitu Satu Persen. Situs ini dapat mengetahui kondisi mental kamu setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan sederhana.

Didalamnya, kamu bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah disediakan apakah sesuai dengan kondisi kamu saat ini. Silahkan klik Tes Sehat Mental Satu Persen.

2. Tes Kesehatan Mental Health Tiktok Online Gratis di Lalui Bersama

Situs lainnya yang bisa kamu gunakan untuk tes mental health online yaitu Laluibersama. Situs ini dibuka secara gratis oleh Universitas Airlangga (UNAIR).

Bagi kamu yang ingin mencoba mengetahui kondisi kesehatan mental kamu, kamu bisa mencoba situs ini. Untuk mengaksesnya kamu bisa klik Tes Kesehatan Mental Laluibersama.

3. Tes Kesehatan Mental Health Tiktok Online Gratis di Google Form

Selain melalui kedua situs di atas, kamu juga dapat tes kesehatan mental online secara gratis melalui pertanyaan-pertanyaan yang telah disediakan di Google Form.

Lewat link tersebut, kamu bisa mengisi sejumlah pertanyaan-pertanyaan yang sudah disediakan dalam tampilan Google Form yang sederhana. Caranya cukup klik disini.

4. Tes Kesehatan Mental Health Melalui Aplikasi

Jika kamu ingin mengkonsultasikannya secara langsung dengan dokter psikolog bisa mencoba aplikasi Halodoc, atau Alodokter di Google Play Store atau App Store.

Disana ada fitur layanan yang menyediakan kamu untuk chat langsung dengan dengan dokter spesialis mental. kamu bisa berkonsultasi dengan melakukan pembayaran.

Penyebab Ganggunan Mental

6 Cara Mengatasi Mental Illness Yang Benar

Berikut beberapa penjelasan mengenai cara mengatasi mental illness dalam ulasan di bawah ini.

1. Menjaga Kondisi Kesehatan Penderitanya

Langkah awal yang dapat dilakukan untuk mengatasi mental illness adalah dengan mengusahakan agar kondisi kesehatan yang dimiliki oleh penderita gangguan mental tersebut tetap terjaga dengan baik.

Kesehatan fisik yang terganggu dapat menyebabkan pengaruh yang buruk bagi penderita gangguan mental tersebut. Kesehatan yang terjadi dapat membantu menghindari munculnya gejala gangguan mental pada remaja.

2. Memberikan Ruang untuk Berbagi

Untuk dapat mengatasi seseorang yang mengalami kondisi mental illness tersebut maka perlu adanya orang lain yang dapat memberikan ruang untuk berbagi cerita seluas luasnya pada penderita mental illness.

Dengan aktivitas berbagi cerita tersebut setidaknya akan membantu dalam mengurangi beban pikiran yang dirasakan oleh penderita mental illness tersebut.

3. Menjaga Agar Dapat Selalu Memiliki Sikap yang Gembira

Seseorang yang mengalami mental illness membutuhkan pendamping yang tepat baik itu teman temannya maupun keluarga dekat seperti orang tua dan saudara untuk dapat menjauhkannya dari berbagai hal yang bisa menyebabkan munculnya rasa depresi.

Pendamping harus mampu menjaga agar penderita mental illness tidak mengalami kondisi sedih dan tetap merasakan kegembiraan secara terus menerus.

4. Memahami Gangguan yang Dimiliki oleh Penderita

Cara mengatasi mental illness lainnya adalah dengan memahami gangguan mental tersebut sebagai bagian dari psikis penderitanya.

Dengan begitu, ketika seseorang mengalami gejala gangguan mental illness tersebut maka orang lain yang berada di sekitarnya harus mampu menjaganya agar tidak melakukan hal yang berbahaya bukan malah menjauhinya.

Dengan sikap tersebut maka dapat menjadikan seorang penderita mental illness lebih merasa dihargai.

5. Perlakukan Secara Normal

Selain beberapa hal yang disebutkan diatas, cara lain yang paling penting dalam mengatasi penderita mental illness lainnya adalah dengan memperlakukannya secara normal bukan memberi perlakuan khusus yang keterlaluan dan dapat menyebabkanya merasa tersingkirkan karena sikap berlebihan tersebut.

Kondisi tersebut akan menjadi stimulus untuk karakteristik kesehatan mental yang sehat agar selalu terjaga.

6. Berkonsultasi dengan Psikolog

Melakukan aktivitas konsultasi dengan seorang psikolog merupakan hal yang harusnya dilakukan dalam upaya menangani kondisi mental illness.

Psikolog tentu akan lebih memahami apa yang sedang terjadi pada penderita mental illness tersebut dan hal hal apa saja yang akan dilakukan dalam kaitannya untuk mengatasi kondisi gangguan mental tersebut.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara mengatasi mental illness yang perlu diperhatikan dengan baik sebagai salah satu gangguan mental yang berbahaya ketika dibiarkan saja.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai situs yang bisa kamu gunakan untuk cek kesehatan mental, tetapi perlu di ingat untuk tidak mendiagnosa sendiri. Kamu tetap butuh konsultasi pada ahlinya.

Demikianlah artikel mengenai Kesehatan Mental: Situs untuk Tes Kesehatan Mental Viral di TikTok dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.