Pendaftaran KIP Kuliah Gratis Beserta Syaratnya

InfoKekinian.com – Pendaftaran KIP kuliah ini diperuntukan bagi lulusan SMA/MA/SMK sederajat yang ingin mendaftarkan diri sebagai calon peserta Kuliah KIP. Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini!

Kartu Perguruan Tinggi Indonesia Pintar atau yang sering disebut dengan KIP Kuliah adalah skema pemberian bantuan biaya kuliah bagi calon mahasiswa dari kalangan kurang mampu yang memiliki bakat akademik yang kuat. Bidikmisi diganti dengan KIP Kuliah. Keduanya sama saja menawarkan bantuan biaya kuliah.

Kini, bagi mahasiswa tetap yang sebelumnya menerima Bidikmisi, biaya bantuan akan terus diberikan hingga mereka lulus tepat waktu. Sementara itu, siapa pun yang ingin mendaftar pada program Kuliah KIP tahun ini harus memenuhi semua kriteria yang ditetapkan panitia.

Bagi kamu pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang selama bersekolah mendapat bantuan biaya pendidikan, dapat segera mendaftar dan mendapatkan bantuan biaya pendidikan melalui KIP Perguruan Tinggi dengan syarat melengkapi persyaratan.

Sedangkan bagi kamu yang sebelumnya belum memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP), maka kamu tetap dapat mengajukan permohonan untuk mendapatkan KIP Perguruan Tinggi dengan memenuhi syarat dan mengikuti tata cara pendaftaran.

Pemberian bantuan biaya kuliah bagi pemegang KIP Perkuliahan diyakini dapat meringankan beban biaya kuliah sehingga penerima bantuan dapat menempuh pendidikan tinggi dengan nyaman dan lulus tepat waktu.

Pendaftaran KIP Kuliah Beserta Syaratnya (2)

Persyaratan Pendaftaran KIP Kuliah

Penerima KIP Kuliah adalah Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau bentuk lain yang sejenis yang akan lulus pada tahun berjalan atau telah lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, dan memiliki NISN, NPSN, dan NIK yang masih berlaku.

Memiliki potensi akademik yang kuat tetapi memiliki batasan ekonomi yang dibuktikan dengan bukti faktual yang dapat dikamulkan

Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru di semua jalur masuk universitas dan diterima di PTN atau PTS di program studi resmi. Persyaratan Lanjutan Penerima KIP Yang Memiliki Keterbatasan Ekonomi. Pembatasan fiskal calon penerima KIP Kuliah ditunjukkan oleh salah satu dokumen berikut:

  1. Kepemilikan program penunjang pendidikan nasional berupa Kartu Indonesia Pintar (KIP)
  2. Berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH)
  3. pembawa kartu KKS untuk orang kaya
  4. Pelajar dari panti sosial/panti asuhan
  5. Pelajar dari panti sosial/panti asuhan

Siswa dari rumah tangga dengan desil di bawah atau sama dengan 4 (empat) sebagaimana didefinisikan oleh Data Kesejahteraan Sosial Terpadu (ISWD) (DTKS)

Cara Daftar KIP Kuliah

Pendaftaran Kuliah KIP berlangsung dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Mahasiswa Sistem Kuliah KIP dapat mendaftar sendiri melalui halaman web kip-kuliah. Kemdikbud.go.id, atau melalui aplikasi seluler KIP Kuliah*
  2. Siswa harus memberikan NIK, NISN, NPSN, dan alamat email yang masih berlaku selama proses pendaftaran.
  3. Sistem KIP Kuliah berikut akan memverifikasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan untuk memperoleh KIP Perguruan Tinggi
  4. Sistem Perkuliahan KIP kemudian akan memberikan Nomor Registrasi dan Kode Akses ke alamat email yang terdaftar jika prosedur validasi berhasil
  5. Mahasiswa melengkapi tata cara pendaftaran Perkuliahan KIP dan memilih proses seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SNMPN/SBMPN/Mandiri)

Prosedur pendaftaran masuk perguruan tinggi juga dilakukan oleh mahasiswa melalui portal atau Sistem Informasi Seleksi Nasional (SKN).

Sebelum Sistem Registrasi Perkuliahan KIP tersedia, mahasiswa dapat melakukan registrasi terlebih dahulu pada portal seleksi nasional atau sistem informasi (seperti SNMPTN dan SNMPN) (seperti SNMPTN dan SNMPN). Nantinya, sistem host-to-host akan digunakan untuk melakukan sinkronisasi dengan sistem.

Bagi calon penerima KIP-Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi tambahan oleh Dikti sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP-Kuliah.

Kesimpulan

Itulah cara – cara dan syarat untuk membuat KIP Kuliah, bagi sobat kekinian yang lulusan SMA,SMK dan sederajat bisa langsung mencoba daftar KIP kuliah dengan cara yang sudah kami jelaskan. Semoga membantu ya!

/* */