Tahapan yang di Lakukan Setalah Lulus SNMPTN


InfoKekinian.com – Setelah dinyatakan lulus pada saat pengumuman Ternyata masih ada tahapan yang dilakukan setelah lulus SNMPTN yang harus dipenuhi oleh pendaftar.

Untuk dibawa sebagai mahasiswa baru di kampus baru, kamu harus melalui prosedur pendaftaran ulang untuk menyerahkan dokumen kamu. Berikut tata cara yang harus diikuti setelah dinyatakan lulus.

Tahapan setelah lulus snmptn

Tahapan yang Dilakukan Setelah Lulus SNMPTN

Infokekinian akan memberikan beberapa langkah yang harus kalian lakukansetelah dinyatakan lulus seleksi SNMPTN

Advertisements

1. Verifikasi Data di Universitas Negeri Tujuan

Prosedur verifikasi data harus dilakukan oleh pendaftar yang telah lulus SNMPTN 2022. Saat notifikasi SNMPTN dikeluarkan, akan ada informasi calon harus melakukan verifikasi data akademik.

Pelamar diharapkan menyerahkan rapor dan portofolio asli (untuk jurusan atau program studi yang membutuhkan portofolio) (untuk jurusan atau program studi yang membutuhkan portofolio).

Siapkan juga Kartu Peserta SNMPTN 2022 dan Surat Keterangan Lulus (SKTL) (SKTL). Makalah diserahkan ke PTN dimana pemohon dinyatakan disetujui.

Kebijakan verifikasi dokumen akan diputuskan oleh masing-masing PTN. Secara umum, calon mahasiswa akan diminta untuk memvalidasi data akademik yang telah diberikan saat mendaftar SNMPTN 2022.

Sebagian lainnya diminta untuk diantar langsung ke PTN sasaran, sedangkan sebagian lainnya hanya perlu menunjukkan versi scannya.

Jika diminta untuk mengisi biodata, harap lampirkan dokumen pada saat pengiriman bersama dengan kertas tambahan.

Ada juga pilihan untuk memasukkan nilai KKM yang tidak disebutkan pada rapor sehingga diberikan dalam bentuk lampiran pada rapor siswa.

Pastikan kamu telah menyebutkan tanggal pengiriman dokumen dan batas waktu terakhir agar dokumen tetap dapat diperiksa.

2. Memeriksa Persyaratan PTN Tujuan – Tahapa Setelah Lulus SNMPTN

Advertisements

Ketentuan verifikasi calon yang lulus SNMPTN 2022 dapat berbeda antara satu kampus dengan kampus lainnya. Oleh karena itu, pendaftar dituntut untuk terus dimutakhirkan dengan informasi mengenai proses konfirmasi dokumen yang dibutuhkan untuk SNMPTN 2022.

Pasalnya, ada kampus yang sudah memiliki format tertentu terkait pengisian data verifikasi calon mahasiswa baru yang dianggap lulus SNMPTN 2022. Persiapkan juga dokumentasi yang dibutuhkan oleh LTMPT agar prosedur verifikasi tidak banyak mengalami hambatan, cotohnya seperti:

  1. Sertifikat kelulusan
  2. Portofolio asli (dalam jurusan olahraga dan program terkait seni yang membutuhkan) (dalam jurusan olahraga dan jurusan seni yang membutuhkan)
  3. Asli Surat Keterangan Lulus atau Surat Keterangan Lulus (SKTL) (SKTL)

Standar lain yang diberlakukan oleh masing-masing PTN

Apakah masih ada perkelahian setelah SNMPTN dinyatakan lulus pada saat pengumuman? Ternyata masih ada tahapan yang harus dipenuhi oleh pendaftar.

Untuk dibawa sebagai mahasiswa baru di kampus baru, kamu harus melalui prosedur pendaftaran ulang untuk menyerahkan dokumen kamu. Berikut tata cara yang harus diikuti setelah dinyatakan lulus.

4. Pendaftaran Ulang SNMPTN

Calon mahasiswa baru di PTN tujuan juga harus menyelesaikan langkah daftar ulang. Batas waktu, stkamur, dan keadaan pendaftaran ulang yang ditentukan oleh masing-masing PTN tidak sama. Website resmi dan media sosial akan selalu update dengan informasi terbaru tentang pendaftaran ulang SNMPTN.

Perlu diketahui bahwa pendaftar yang sudah konfirmasi data dan mendaftar akan langsung membatalkan opsi mengikuti SBMPTN 2022. Ketentuan pendaftaran memuat informasi bahwa calon yang telah disetujui melalui jalur SNMPTN 2022 tidak diperkenankan mengikuti UTBK – SBMPTN 2022.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa tahapan yang harus kalian lakukan setelah kalian dinyatakan lulus, sobat kekinian bisa langsung mengikuti arahan yang kami berikan diatas. Semoga bermanfaat!

/* */