Aplikasi Game Buatan Indonesia yang Mendunia

Infokekinian.com – Berikut adalah informasi mengenai aplikasi game buatan Indonesia yang mendunia, simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasinya lebih lengkap dan jelas.

Saat kami sedang mengerjakan game yang dibuat oleh pengembang internasional yang terus membuat kami kagum dengan karya mereka.

Banyak pemain Indonesia yang mengabaikan atau tidak menyadari bahwa negara ini juga memiliki pengembang game yang sukses.

Terlepas dari beberapa pemain yang menampik game Indonesia, banyak game hasil karya anak bangsa yang berhasil menghibur industri game internasional.

Daftar Game Buatan Indonesia

Digital Happiness adalah pengembang yang mungkin kamu kenal berkat game DreadOut.

Selain Digital Happiness dan game DreadOut-nya, saya akan menceritakan tentang delapan game Indonesia yang sudah mendunia dan terbukti populer.

Penasaran dengan game besutan anak negeri ini? Yuk simak daftarnya berikut ini.

Daftar Game Buatan Indonesia

Berikut adalah daftar dari aplikasi game buatan Indonesia:

1. DreadOut

Kita mulai daftar game buatan Indonesia ini dari game DreadOut karya Digital Happiness. Kesuksesan game yang satu ini memang sudah terbukti. DreadOut adalah game karya anak bangsa yang paling sukses.

Game ini menceritakan kisah seorang anak SMA bernama Linda yang terjebak dalam dunia mistis yang penuh dengan makhluk tidak kasat mata.

Dengan sebuah handphone yang menjadi senjatanya, Linda berusaha untuk memecahkan misteri yang ada. Kalian akan melihat hantu-hantu asli Indonesia, dan tampilan lingkungan asli kota Bandung.

DreadOut meghadirkan jalan cerita yang menarik serta gameplay yang sangat bagus. Hal inilah yang membuat YouTuber terkenal PewDiePie memainkan game DreadOut.

Kesuksesan game DreadOut juga membuat game ini akhirnya mendapat adaptasi dalam bentuk film dan hadirnya seri lanjutan yaitu DreadOut 2.

2. Battle of Satria Dewa (Early Access)

Walau masih early access, Bang Studio telah berhasil mempersembahkan Battle of Satria Dewa yang merupakan game MOBA asal Indonesia paling baru.

Disini pemain bisa menggunakan pahlawan legendaris Mahabrata sebagai karakter. Dengan kemampuannya sendiri, pemain akan menggunakan beragam skill yang kalian miliki dan mekanik dari tiap hero untuk menjadi pemenang.

Game ini merupakan game 3v3 yang mana kalian bisa mengajak teman kalian untuk berseru-seruan bersama.

3. Salam Dari Binjai Simulator

Dibuat oleh Sticky Lab dengan menggunakan meme yang hadir di Indonesia. Salam dari Binjai sendiri merupakan game simpel dimana pemain hanya perlu memukul pohon pisang.

Namun, aspek kelucuan dari Meme yang ada, disertai dengan beragam update menarik di dalam game membuat game “Salam dari Binjai Simulator” ini cukup populer di play store Indonesia.

>> Ada versi lain game yang dikembangkan oleh developer Indonesia yang memiliki gameplay yang mirip namun berbeda dengan nama “Petarung Salam dari Binjai”

4. Code Atma

Tak banyak orang yang tahu, namun Code Atma merupakan salah satu game yang dikembangkan oleh Agate Games yang merupakan perusahaan pengembang game asal Indonesia.

Game ini menghadirkan gameplay RPG Mobile dimana pemain bermain menjadi seekers yang akan menggunakan teknologi misterius yang bisa digunakan untuk mengkontrol makhluk mistis. Disini pemain akan mengikuti cerita yang akan menguak kebenaran yang tersembunyi.

5. The Sun Shine Over Us

The Sun Shines Over Us sendiri mengambil latar di sebuah sekolah di Jakarta dan berfokus pada seorang siswi bernama Mentari yang mengalami trauma karena pernah dibully.

Setelah pindah ke sekolah yang baru, Mentari akan bertemu dengan berbagai macam siswa yang memiliki masalah yang berbeda-beda pula seperti seorang siswa yang stres karena broken home atau bahkan karena eating disorder (gangguan pola makan).

Game ini merupakan game asal Indonesia yang menyorot aspek penting di lingkungan sekolah.

6. Citampi Stories

Mungkin menjadi salah satu game asal Indonesia yang paling populer, dan paling terkenal untuk para pemain android.

Game ini merupakan simulasi pekerjaan, dimana pemain akan bermain sebagai orang yang ingin sukses di kota.

Disini, pemain diharuskan untuk bekerja, membangun relasi dan sebagainya untuk membayar hutang orang tuamu agar tidak dinikahkan kepada anak si pemilik hutang yang terlihat seperti “setengah”.

Pemain akan bertemu dengan beberapa wanita cantik di dalam game, bekerja dari 0 hingga menjadi pengusaha kaya yang bisa tinggal di apartment mewah bersama calon istrimu.

7. Selera Nusantara

Jika kalian lebih menyukai game kasual dengan cerita yang menarik, mungkin Selera Nusantara dari Gambir Studio bisa menjadi pilihan kalian.

Selera Nusantara menghadirkan sebuah gameplay yang menarik gabungan antara time management dan shop management yang sempat populer sebagai game Gamehouse beberapa saat yang lalu.

Bedanya disini adalah pemain bisa memasak makanan asal Indonesia yang populer dimulai dari Mie Ayam, Sate Ayam, hingga Ayam Geprek.

8. Jurnal Malam

Jurnal malam merupakan game offline yang bisa dimainkan tanpa internet yang menceritakan berbagai kejadian horor yang ada di Indonesia.

Dibalut dengan berbagai tema cerita dan hal-hal mistis yang terjadi, pemain akan menjadi lebih takut pada saat memainkan game ini.

DreadOut

Jurnal malam merupakan game berbayar, namun dengan kualitas yang diberikannya, game ini cukup menarik untuk dimainkan. Developer yang sama juga telah berhasil membuat game yang cukup seram untuk dimainkan oleh para fans game horror.

9. Coffee Talk

Coffee Talk adalah sebuah game novel visual buatan developer Toge Production yang rilis pada 28 Januari 2020 lalu.

Yang hebatnya, game Coffee Talk bisa kalian mainkan pada platform yaitu PlayStation 4, Microsoft Windows, macOS, Nintendo Switch, Sistem operasi Macintosh dan Xbox One.

Akan tetapi sayangnya pada game ini tidak ada nuansa Indonesia-nya, Gaess. Karena game ini berlatar belakang di Kota Seattle, Amerika Serikat.

Coffee Talk memungkinkan kalian untuk menjadi seorang barista yang akan mendengarkan semua curhatan customer kalian mulai dari kisah percintaan dan lainnya.

Yang menarik, customer kalian bukan hanya manusia saja. Akan tetapi ada berbagai makhluk lain seperti Orc, Elf, sampai duyung humanoid.

Kok bisa game ini go internasional, min? Jangan pertanyakan bagaimana kesuksesan game yang satu ini dalam dunia internasional.

Siapa yang tidak menikmati game yang dapat mendengarkan cerita seseorang sambil menikmati musik dan menyuguhkan minuman? Tentunya ini adalah game Indonesia terbaik yang pernah ada.

10. Pamali: Indonesian Folklore Horror

Pamali adalah game buatan Indonesia yang dapat kita kategorikan sebagai game paling mengerikan. Akan ada jump scare dan hantu khas Indonesia yang sudah pasti tidak ingin kalian lihat.

Game ini buatan developer Indie bernama StoryTale Studios asal Kota Bandung, Jawa Barat. Yang bercerita tentang kepercayaan masyarakat Indonesia pada hal-hal tabu atau mistis.

Kalian akan bertemu dengan berbagai makhluk halus Indonesia pada setiap DLC yang ada. Mulai dari pocong, kuntilanak, Leak dan masih banyak lagi.

Meski hantunya Indonesia banget, akan tetapi game ini berhasil dimainkan oleh banyak content creator luar negeri.

Yang menarik, setiap pemain akan mendapatkan ending yang berbeda tergantung dari pilhan yang kalian buat selama bermain game Pamali: Indonesian Folklore Horror ini.

11. Samudra

Samudra adalah game buatan Indonesia yang baru saja rilis pada tanggal 28 September 2021 lalu untuk platform PS2, PC dan Nintendo Switch.

Meski terbilang game baru, akan tetapi game ini sukses dan banyak dimainkan oleh gamer luar negeri.

Developer Khayalan Arts membuat game ini dengan tampilan yang unik mirip seperti game Limbo. Yang mana kalian akan memainkan seorang karakter anak kecil dengan menggunakan helm selam untuk menjelajah dasar laut.

Cerdasnya, developer Khayalan Arts membuat game ini sekaligus mengkampanyekan tentang kebersihan laut yang tercemar oleh sampah manusia.

Kalian akan berusaha untuk keluar dari dasar laut yang tercermar tersebut sembari menghadapi berbagai macam rintangan dan musuh.

11. Coral Island

Coral Island adalah game simulasi kehidupan mirip Harvest Moon yang tidak kalah seru. Gameplaynya pun tidak jauh berbeda.

Kalian akan tinggal pada sebuah pulau bernama Coral Island dengan melakukan banyak aktivitas pertanian dan melakukan interaksi dengan orang-orang yang ada pada pulau tersebut.

Meski baru tahap uji coba, game ini berhasil menarik perhatian pemain luar negeri, Gaess. Game ini juga akan fokus pada coral atau terumbu karang.

Kalian akan diminta untuk merawat dan menjaga terumbu karang dari ancaman kepunahan. Kalian bisa menyelam ke dasar laut dan bertemu dengan ikan-ikan yang cantik.

Bukan hanya sekedar membangun peternakan dan menyelawankan coral, akan tetapi pada game Coral Island kalian juga bisa membangun keluarga.

Ada sebanyak 16 NPC yang bisa menjadi pacar kalian dan kalian bisa menikah serta memiliki sebuah anak.

Menarik bukan? Kalau kalian tertarik, game buatan Indonesia ini direncanakan akan rilis pada tahun 2022 mendatang dan bisa kalian mainkan pada platform PlayStation 4, Microsoft Windows, Linux, Nintendo Switch dan Xbox One.

12. Ultra Space Battle Brawl!

Ultra Space Battle Brawl! adalah game buatan Indonesia kedua karya developer Toge Productions. Sama seperti game Coffee Talk, Ultra Space Battle Brawl! juga memiliki visual pixel art.

Kalau kalian tau game Pong, maka gameplay dari Ultra Space Battle Brawl! juga sebelas dua belas, alias mirip.

Bedanya game ini bertemakan luar angka yang mengharuskan kalian untuk menghancurkan pertahanan musuh dengan bola yang memantul hanya dalam waktu 99 detik saja.

Game Indonesia ini rilis pada tanggal 5 Juli 2018 lalu dan tersedia pada platform Microsoft Windows, Linux, macOS, Nintendo Switch dan Sistem operasi Macintosh.

13. Valthirian Arc: Hero School Story

Game bergenre RPG ini memungkinkan kalian untuk bertarung melawan para monster yang adda. Kalian akan berada pada sebuah akademi ksatria dari Valthiria yang akan belajar dan menjalani banyak pelatihan serta tugas yang tidak akan membosankan.

Valthirian Arc: Hero School Story rilis pada 1 Oktober 2018 lalu, dan kesuksesan game ini sudah tidak perlu kalian ragukan lagi.

Selain berhasil bersaing dalam industri gaming internasional, game ini akan segera merilis seri keduanya yaitu Valthirian Arc: Hero School Story 2.

Kalau kalian tertarik, game ini bisa kalian mainkan pada platform PlayStation 4, Microsoft Windows dan Nintendo Switch. Kalian bisa membeli gamenya di Steam seharga Rp 100.000,-.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai beberapa aplikasi game buatan Indonesia, karena dibuatr oleh developer Indonesia dengan kualitas super yang tidak kalah dengan beberapa game yang dikembangkan oleh developer luar.

Walau tidak semua game diatas gratis, pemain yang tertarik bisa mensupport game mereka dengan memberikan review yang positif dengan kritik yang membangun. Mari sama-sama mendukung developer Indonesia agar bisa lebih berkarya.

Demikianlah artikel mengenai Aplikasi Game Buatan Indonesia yang Mendunia dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.