Pengertian Demokrasi Indonesia

Infokekinian.com – Berikut ini kami akan jelaskan mengenai pengertian demokrasi indonesia dan jenis – jenis demokrasi, yuk simak bagaimana penjelasan pengertian demokrasi detailnya dibawah ini ya!

Demokrasi berasal dari istilah demokratia yang berasal dari bahasa Yunani. Demokrasi secara inheren berarti kekuasaan rakyat. Secara umum demokrasi dibagi menjadi dua bagian, yang pertama adalah kata Demos yang berarti rakyat. Dan yang kedua adalah kratos yang berarti kekuatan atau kekuasaan.

Demokrasi mencakup konteks ekonomi, sosial dan budaya di mana praktik kebebasan di bidang politik berlangsung, baik secara bebas maupun adil.

Setiap orang memiliki hak yang sama dan seimbang untuk memilih dan memilih suatu pilihan yang nantinya akan berpengaruh pada kehidupan masyarakat atau warga negara, dan inilah definisi demokrasi secara umum.

Pengertian demokrasi itu sendiri juga dapat diartikan sebagai jenis kekuasaan terbesar yang ada di tangan rakyat. Warga negara dapat berpartisipasi dalam demokrasi ini dalam berbagai cara, baik secara langsung atau melalui perwakilan, dalam pembuatan, pengembangan, dan penulisan undang-undang.

Oleh karena itu, untuk membantu Anda lebih memahami demokrasi, informasi berikut ini akan membahas definisi demokrasi serta berbagai aspeknya.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian demokrasi menurut beberapa ahli:

Pengertian demokrasi menurut Abraham Lincoln, demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana keputusan dibuat oleh, dengan, dan untuk rakyat.

Pengertian demokrasi menurut pandangan Charles Costello adalah sistem pemerintahan sosial dan politik di mana kekuasaan pemerintahan diatur oleh hukum dan budaya yang melindungi semua hak individu dari warna negara itu sendiri.

Sedangkan pengertian demokrasi menurut pandangan Hans Kelsen adalah pemerintahan yang diselenggarakan dan ditetapkan dari rakyat dan untuk rakyat itu sendiri.

Wakil rakyat yang dipilih adalah yang benar-benar melaksanakan kehendak rakyat dalam menegakkan peraturan-peraturan yang telah atau akan ditetapkan oleh orang-orang terpilih itu tentang kekuasaan kekuasaan negara.

Macam-Macam Demokrasi – pengertian demokrasi

Demokrasi sendiri terbagi menjadi berbagai macam. Berikut ini adalah beberapa contoh dari berbagai jenis demokrasi.

1. Jenis-Jenis Demokrasi Berdasarkan Fokus Perhatian

Demokrasi terfokus adalah jenis demokrasi perwakilan yang paling dasar. Demokrasi semacam ini dibagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

Demokrasi formal adalah demokrasi yang terbatas pada pemusatan pada arena politik tanpa mengurangi adanya kesenjangan dalam politik itu sendiri.

Demokrasi material yaitu demokrasi yang berpusat di arena ekonomi tanpa mengurangi ketimpangan politik.

Demokrasi gabungan adalah demokrasi yang merupakan perpaduan antara demokrasi formal dan demokrasi material.

2. Jenis-Jenis Demokrasi Berdasarkan Distribusi Kehendak Rakyat

Jenis demokrasi selanjutnya adalah demokrasi berdasarkan kehendak rakyat. Ada dua jenis demokrasi di bawah kategori ini:

Demokrasi langsung adalah apa yang dikenal sebagai demokrasi langsung dalam bahasa Inggris. Demokrasi langsung adalah demokrasi yang mengikutsertakan rakyat tentang penentuan dan pemilihan pilihan-pilihan tertentu bagi suatu negara. Sebagai ilustrasi, perhatikan pemilihan umum.

Demokrasi tidak langsung yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan indirect democracy yaitu demokrasi yang mengikutsertakan seluruh rakyat dalam suatu negara dalam menentukan pilihan. Contoh demokrasi semacam ini adalah penyelenggaraan oleh wakil-wakil rakyat seperti DPR, DPD, DPRD dan sebagainya.

Ciri-ciri Demokrasi

Ciri-ciri Demokrasi

Demokrasi benar-benar memiliki kualitas tersendiri. Beberapa ciri negara demokrasi antara lain sebagai berikut:

Setiap pilihan yang dibuat atau diputuskan oleh pemerintah adalah sesuai dengan keinginan dan juga tuntutan semua atau setiap rakyat itu sendiri.

Ada juga kualitas konstitusional yang berkaitan dengan kehendak kekuasaan atau kepentingan rakyat yang telah disusun dan juga tercermin dalam undang-undang suatu negara.

Memiliki kualitas perwakilan dimana dalam mengurus kepentingan negara, kedaulatan dan kekuasaan rakyat sendiri telah diwakili oleh rakyat yang dipilih dan diputuskan oleh rakyat itu sendiri.

Segala tindakan atau kegiatan politik dilakukan dalam menentukan partai mana yang akan dipercayakan untuk menjalankan roda pemerintahan. Ciri khas suatu partai adalah bahwa partai sesungguhnya hanyalah saluran atau sarana sebagai unsur sekaligus unsur terapan dari sistem demokrasi itu sendiri.

Prinsip Demokrasi

Demokrasi juga memiliki beberapa cita-cita yang signifikan di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa prinsip rezim demokrasi yang masih ada.

  1. Setiap warga negara telah menyetujui, mengakui, dan menyetujui adanya kebebasan individu.
  2. Keterlibatan setiap corak Negara dalam melaksanakan dan juga memutuskan suatu pilihan karakter politik.
  3. Setiap orang berhak untuk mengharapkan keadilan dan kesetaraan dalam pemerintahan.
  4. Praktik politik dari semua corak negara yang berbeda sebanding dan juga setara.

Pro dan Kontra Demokrasi – Pengertian Demokrasi

Demokrasi tidak hanya memiliki keuntungan dan kerugian, tetapi juga kerugian. Jadi, setiap orang harus memahami apa kelebihan dan kekurangannya ketika sistem demokrasi dianut di suatu negara atau organisasi tertentu.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai manfaat dan kerugian demokrasi yang harus diperhatikan.

  1. Keunggulan atau Kelebihan Sistem Demokrasi
  2. Adanya persamaan hak, sebagai konsekuensinya setiap kelompok diperbolehkan untuk berpartisipasi dalam politik.
  3. Penerimaan suatu kekuasaan ditentukan tergantung pada suara atau kehendak rakyat.
  4. Sistem demokrasi juga dapat mencegah pembentukan monopoli kekuasaan di tangan penguasa.
  5. Kekuarangan atau Kelemahan Sistem Demokrasi
  6. Kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah sangat mudah tergoyahkan karena berbagai pengaruh negatif, seperti media yang tidak memiliki sikap objektif atau bahkan cenderung subjektif terhadap informasi atau berita tertentu.
  7. Mengenai persamaan hak, seringkali akan dianggap tidak adil karena didasarkan pada pandangan para ahli bahwa setiap orang memiliki pemahaman politik yang berbeda atau tidak bisa sama persis.
  8. Karena pemilihan umum yang akan datang, penekanan pemerintah saat ini telah bergeser.

Membangun Demokrasi

Dalam upaya untuk mengembangkan demokrasi, negara ini telah mengalami banyak perubahan dari demokrasi semu pada masa Orde Baru ke konsep demokrasi yang sebenarnya. Dalam beberapa dekade terakhir, negara ini telah mencapai kemajuan yang cukup besar di bidang demokrasi.

Masing-masing pimpinan lembaga negara sepakat bahwa kunci keberhasilan pertumbuhan demokrasi adalah dengan menerapkan empat pilar kebangsaan sebagai berikut:

  1. Pancasila
  2. UUD 1945
  3. Bhinneka Tunggal Ika

Kami jelas merupakan fondasi yang dibangun dengan susah payah oleh para pahlawan untuk negara ini. Memiliki empat pilar yang didirikan oleh nenek moyang kita seharusnya memberikan setiap pemimpin dalam pemerintahan kapasitas dan kemauan untuk mengatasi masalah yang dihadapi negara kita sekarang.

Dan tentunya sebagai manusia kita semua berharap agar tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara dapat diharmonisasikan. Sehebat apa pun pembatasan saat ini, jika semua pihak tidak mau mematuhinya, hasilnya akan kurang ideal.

Di sisi lain, aturan tersebut bersifat mendasar namun dipatuhi oleh semua pihak, sehingga tentunya akan tercipta keuntungan dan manfaat. Negara ini tentunya membutuhkan pemerintahan yang bersih melalui pemahaman yang beragam dan juga penerapan cita-cita luhur bangsa Indonesia yang telah tertuang dalam empat pilar kebangsaan.

Agar hal ini memadai, seluruh masyarakat dan pemerintah harus mau dan mampu mengamalkan keempat pilar tersebut secara tepat dan jujur.

Dengan demikian, niscaya Indonesia di masa depan akan berhasil menjadi negara besar dan menikmati kedaulatan penuh.

Demokrasi perwakilan mengacu pada mayoritas negara kontemporer di mana setiap rakyat negara memiliki satu kekuasaan berdaulat, tetapi kekuatan politik tidak diberikan secara langsung melainkan melalui DPR atau perwakilan.

Pembentukan pengertian demokrasi perwakilan itu sendiri bermula dari lembaga-lembaga berupa gagasan-gagasan yang bermunculan pada zaman renaisans atau pencerahan. Ini terjadi pada saat yang sama dengan revolusi Perancis dan Amerika.

Penyalahgunaan Demokrasi

Penyalahgunaan Demokrasi – Dengertian Demokrasi

Dalam demokrasi, ada pemerintahan. Setiap penghuninya memiliki jaminan bahwa hak dan prospek mereka tidak dapat diganggu gugat.

Tentu saja, dalam demokrasi itu sendiri, sama sekali tidak ada pertimbangan ras, jenis kelamin dan kelas sosial atau kelompok tertentu. Hal ini karena demokrasi diartikan sebagai dari, oleh, dan untuk rakyat.

Mengenai sistem demokrasi itu sendiri, rakyat memiliki bagian yang sangat esensial dalam memiliki kekuasaan untuk menentukan pilihan.

Tidak ada keputusan pemerintah yang harus diambil tanpa terlebih dahulu berkonsultasi dengan orang-orang yang akan terpengaruh olehnya.

Sedangkan maksud dan tujuan dari demokrasi itu sendiri adalah untuk dapat membantu suatu negara yang berdaulat atas rakyat dalam memilih suatu pemerintahan yang sah dan diinginkan oleh mayoritas rakyat.

Dapat dikatakan bahwa Amerika Serikat adalah negara paling demokratis di dunia karena bentuk negara pemerintahannya.

Dalam banyak hal, Amerika Serikat adalah negara paling libertarian di planet ini. Sebagai contoh, perhatikan bagaimana kegiatan sosial dan budaya yang dibebaskan di negara itu.

Dengan memahami pengetahuan demokrasi secara akurat dan tepat, Amerika Serikat kini mulai berbicara pemahaman ini ke seluruh penjuru dunia.

Sistem pemerintahan telah berhasil diterapkan oleh sebagian orang. Namun ada juga yang tidak efektif ketika pengertian demokrasi diterapkan di negara-negara lain tertentu.

Juga diakui secara umum bahwa Negara Indonesia sendiri terkenal memiliki struktur pemerintahan demokratis yang terlihat benar-benar mendewakan rakyat.

Kita harus bertanya pada diri sendiri: Apakah negara kita sudah efektif dalam menerapkan cita-cita demokrasi dalam kehidupan sehari-hari?

Nampaknya, jika dilihat dari perspektif sistem, dapat dikatakan bahwa sistem demokrasi di negeri ini saat ini berjalan efektif. Namun jika dilihat dari fakta di lapangan, masih jauh dari kata demokrasi.

Misalnya, penerapan demokrasi yang lazim terjadi di negara ini adalah pemilihan umum atau pemilihan kepala daerah. Untuk memilih pemimpin ideal yang dapat dijadikan panutan, agenda semacam itu umumnya disebut sebagai pesta demokrasi.

Akan tetapi, pesta demokrasi seringkali menimbulkan banyak penyelewengan yang mengerikan dalam perjalanannya. Berikut beberapa pelanggaran yang biasa dilakukan dan terdeteksi dalam proses demokrasi di Indonesia.

Money Polictic

Money Polictic – Pengertian Demokrasi

Monetarisme adalah jenis penyalahgunaan demokrasi yang paling awal dan paling jelas. Ini adalah tradisi yang cenderung baru tetapi akan bertahan dan diproses lebih lanjut. Pada kebanyakan orang, kejahatan semacam ini dilakukan dengan memangsa mereka yang kekurangan uang.

Mereka yang tertarik pada mereka kemudian akan menjadi fokus perhatian utama. Sebuah ilustrasi yang baik dari hal ini adalah
calon pemimpin yang siap mendistribusikan uang tunai atau kebutuhan lainnya untuk mempengaruhi suara publik.

Intimidasi

Ini adalah strategi yang sangat berbahaya dan menakutkan ketika diterapkan. Misalnya, ada pihak dari pihak calon pemimpin yang melakukan tindakan intimidasi kepada masyarakat atau warga agar siap mencoblos calon pemimpinnya. Hal ini tentu saja menggerogoti premis demokrasi itu sendiri.

Saat Mluncurkan Kampanye – Pengertian Demokrasi

Aturan pemilu seharusnya memperjelas bahwa kampanye tidak boleh dilakukan di luar musim pemilu. Ini telah menyeberang ke ranah jenis pelecehan yang terlalu umum. Ada berbagai cara untuk memanfaatkannya, mulai dari memasang spanduk, baliho di jalan, memanfaatkan meme di media sosial dan masih banyak lagi.

Banyak calon pemimpin telah memulai perjalanannya dengan mengunjungi berbagai tempat.

Kampanye Humas yang Tidak Menguntungkan – Pengertian Demokrasi

Untuk penipuan atau penyalahgunaan demokrasi, selanjutnya adalah adanya kampanye negatif. Dasar dari terciptanya kampanye negatif ini adalah kurangnya sosialisasi calon pemimpin kepada masyarakat, khususnya kepada masyarakat luas.

Hal ini pada akhirnya menyebabkan masyarakat tidak memiliki pengetahuan yang memadai tentang nilai media informasi. Jadi dia hanya patuh pada orang-orang di sekitarnya yang kebetulan menjadi figur mereka.

Maraknya kegiatan kampanye negatif dapat mengakibatkan terciptanya fitnah yang dapat merusak keutuhan wilayah tertentu selain dapat menimbulkan kekhawatiran yang dapat menjatuhkan lawan politik sebagai calon.

Demokrasi di Negara

Demokrasi di Negara – Pengertian Demokrasi

Demokrasi juga digambarkan sebagai bentuk pemerintahan yang bersumber dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Orang tidak dianggap sebagai pendukung sistem pemerintahan ketika sistem itu mempersulit mereka.

Namun kini sejarah telah menyoroti bahwa demokrasi kini telah menjadi sistem politik yang banyak digunakan di banyak tempat di dunia.

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa demokrasi menghadirkan gagasan tentang sistem yang adil dan terbuka. Bahkan dari waktu ke waktu, semakin banyak negara yang mengubah struktur pemerintahannya menjadi struktur pemerintahan yang demokratis.

Sistem demokrasi di Indonesia menduduki peringkat ketiga dunia, begitu pula negara itu sendiri. Ini dihitung berdasarkan jumlah penduduk atau orang yang dimiliki oleh suatu negara. Dan berikut ini akan dipelajari mengenai banyak negara yang menganut sistem demokrasi.

India

India, negara terpadat kedua di dunia, terletak di Asia Selatan. Akibatnya, negara kita telah berkembang menjadi negara demokrasi terbesar di dunia.

Sedangkan sistem yang digunakan di India adalah demokrasi demokrasi liberal. Negara ini mulai mengadakan apa yang disebut sebagai pemilihan umum pada tahun 2014.

Anda dapat memahami situasi keseluruhan dengan melihat hasil pemilu yang diadakan di negara dengan jumlah penduduk terbanyak. Karena mereka menggunakan teknologi yang paling efisien, prosedurnya berjalan tanpa hambatan, aman, dan selalu terlindungi.

Amerika Serikat

Amerika Serikat menyusul sebagai negara berikutnya yang membentuk pemerintahan demokratis. Negeri Paman Sam adalah julukan umum untuk negara ini.

Amerika Serikat adalah negara tertua, sehingga pengetahuan dan keahliannya tidak tertandingi. Jalannya sistem demokrasi yang diterapkan di Amerika Serikat sendiri dari waktu ke waktu berjalan mulus, bahkan hingga saat ini menjadi salah satu negara adidaya.

Selain itu, Amerika Serikat juga masuk dalam daftar negara yang saat ini paling berpengaruh di dunia. Ada sekitar 250 juta orang yang ambil bagian dalam pemilu, menunjukkan semangat yang digunakan orang-orang di negara itu untuk mendekati politik.

Indonesia

Dalam hal penyelenggaraan pemilu, negara Indonesia semakin sukses. Hal ini dibuktikan dengan pemilu yang baru-baru ini dapat dikatakan cukup aman dan tertib serta lancar. Namun, jika dibandingkan dengan sistem Negara India, yang sangat efektif, sulit untuk menyebutnya luar biasa.

Namun, pergerakan politik setiap periode juga semakin baik. Pada tahun 2014, peserta yang mengikuti pemilihan umum telah melampaui 190 juta orang. Menurut proyeksi saat ini, jumlah ini akan terus meningkat di masa depan. Semakin banyak anak muda sekarang diberikan kesempatan untuk memilih.

Brazil

Brazil

Negara terpadat di benua Amerika Selatan, Brasil adalah benua terbesar. Brasil memiliki populasi hampir 200 juta orang. Pemilihan umum dilakukan di Brasil setiap empat tahun. Jika dibandingkan dengan Indonesia yang dilakukan setiap lima tahun sekali, ini merupakan keberangkatan yang signifikan.

Pakistan

Negara berikutnya yang menganut falsafah demokrasi adalah Pakistan. Pakistan merupakan Negara Islam yang menempati urutan kedua dalam hal jumlah penduduk setelah Indonesia. Ini adalah negara terbesar kelima di dunia, yang kebetulan juga menjalankan sistem demokrasi.

Ide yang dianut oleh negara ini pada hakikatnya adalah pemerintahan republik Islam. Namun, di negeri ini, pemilihan umum tetap diselenggarakan dengan prinsip demokrasi.

Nigeria

Nigeria adalah negara yang terletak di benua Afrika, lebih tepatnya di bagian barat Nigeria. Negara ini merupakan bagian dari benua Afrika yang memiliki jumlah penduduk yang cukup besar. Republik Federal Nigeria adalah nama yang diberikan kepada negara di mana gagasan ini diterapkan.

Ilustrasi Demokrasi Beraksi – Pengertian Demokrasi

Gagasan demokrasi penting karena dapat digunakan dalam berbagai konteks. Tidak hanya di tingkat pemerintahan, tetapi juga di lingkup terkecil seperti keluarga dan sebagainya. Berikut adalah beberapa contoh bagaimana demokrasi telah digunakan.

Demokrasi dalam Keluarga

Demokrasi dalam Keluarga: Beberapa Kegunaan dan Implementasinya

Penerapan demokrasi sebenarnya cukup luas, sehingga tidak dapat dibatasi hanya pada jajaran negara dan pemerintahan.

Ini juga dapat digunakan di dalam kelompok yang lebih kecil, seperti rumah tangga atau bisnis kecil. Jika budaya demokrasi ingin diterapkan dalam keluarga, maka harus disesuaikan dengan persyaratan, adat istiadat, dan preferensi masing-masing rumah tangga. Contohnya,

  1. Semua anggota keluarga memiliki komitmen untuk menegakkan keadilan tanpa keberpihakan.
  2. Semua anggota keluarga berhak diberi kesempatan untuk menjadi serai oleh media untuk menyampaikan kritik dan gagasan dengan tujuan perdamaian dan juga kesejahteraan keluarga.
  3. Setiap anggota keluarga memiliki kewajiban untuk melaksanakan komitmennya dengan apa yang menjadi tugas individu dalam lingkup keluarga.
  4. Anggota keluarga berutang satu sama lain untuk memperlakukan satu sama lain dengan cinta dan hormat.
  5. Perlu mengadakan pertemuan atau family gathering jika diperlukan.
  6. Sadar akan pekerjaan masing-masing dan juga tugas masing-masing.
  7. Bersedia mengangkat ayah ke peran otoritas di rumah.
  8. Memberikan kedudukan kepada setiap anggota keluarga sesuai dengan perannya masing-masing.
  9. menyelesaikan suatu masalah melalui perdebatan dan kesepakatan.
  10. Setiap orang dalam keluarga harus toleran terhadap sudut pandang orang lain yang berbeda.
  11. Mengutamakan kebutuhan keluarga di atas kebutuhan sendiri.

Demokrasi di Sekolah:  Contoh Implementasi yang Sukses

Selain bisa dilaksanakan dalam lingkup terkecil, artinya di rumah, demokrasi juga perlu diterapkan di sekolah. Berikut ini adalah beberapa strategi untuk memperkenalkan demokrasi di lingkungan pendidikan.

  1. Sengaja menentukan bagaimana sekolah atau ruang kelas akan diatur.
  2. Melaksanakan pembagian tugas piket dengan baik dan adil.
  3. Mengadakan upacara secara bergilir.
  4. Menghadiri berbagai acara yang diadakan oleh sekolah.
  5. Dalam konteks lingkungan sekolah, promosikan sosialisasi sambil juga memupuk ikatan yang kuat antara pendidik dan punggawa mereka.
  6. Mengusulkan rekomendasi dan komentar kepada pejabat sekolah agar mereka dapat tumbuh dan berkembang.
  7. Di sekolah, siswa mungkin membuat jurnal untuk mencatat pemikiran dan ide mereka.
  8. Membayar iuran tertentu atau pembayaran uang sekolah secara tepat waktu.
  9. Datang ke sekolah tepat waktu.
  10. Jadilah mempertimbangkan sudut pandang orang lain.

Contoh Penerapan atau Implementasi Demokrasi di Masyarakat

Demokrasi dapat digunakan dalam berbagai pengaturan, termasuk rumah, ruang kelas, dan masyarakat. Berikut adalah beberapa contoh bagaimana itu dapat digunakan:

  1. Saling menjaga keamanan, bekerja sama, dan menjaga lingkungan tetap tenang pada saat yang bersamaan.
  2. Bergotong royong dalam mengungkapkan suatu konsep demi pembangunan masyarakat.
  3. Saling menghargai satu sama lain.
  4. Mampu menghargai sudut pandang orang lain.
  5. Memiliki kemampuan untuk menyuarakan keprihatinan atau sudut pandang yang menguntungkan masyarakat secara keseluruhan.
  6. Kelola keuangan saat ini dengan tepat dan benar.
  7. Membangun konsensus adalah upaya untuk mengidentifikasi jawaban atas suatu masalah.
  8. Berperan aktif dalam memberikan kembali kepada masyarakat.

Demokrasi Indonesia di Era Digital – Pengertian Demokrasi

Sejak kemerdekaan sampai sekarang, Indonesia merupakan negara yang menganut sistem demokrasi. Hal ini berawal dari hadirnya demokrasi yang dipimpin oleh Soekarno yang kemudian disusul dengan demokrasi Pancasila yang diterapkan pada masa kepemimpinan Suharto.

Ia juga menjadi presiden di Indonesia selama beberapa dekade. Setelah penggulingan kediktatoran Suharto pada tahun 1998, Indonesia mengalami demokrasi demokratis pertama yang sejati.

Dimulai dengan pemilihan kepala daerah atau nasional yang melibatkan masyarakat secara adil dan kolektif. Demokrasi di negara kita sudah berlangsung sangat lama. Dan tentu saja ada banyak masalah di dalamnya.

Namun karena kegigihan bangsa, berbagai kesulitan yang dihadapi demokrasi dapat diatasi. Beberapa kelompok peneliti Amerika, seperti Freedom House, mengatakan bahwa Indonesia adalah salah satu negara berkembang yang paling sukses dalam mengadopsi sistem demokrasi.

Dan di zaman seperti sekarang ini, demokrasi di Indonesia terjadi di ranah baru yang dikenal dengan era digital. Kemajuan teknologi yang luar biasa mengantarkan era baru ini.

Selain itu, dipadu dengan pertumbuhan informasi dan komunikasi yang tidak kalah pesatnya. Dan tentu saja, kelahiran periode ini memiliki pengaruh yang luar biasa pada banyak bidang kehidupan manusia, termasuk sistem demokrasi.

Berdasarkan temuan polling yang dipublikasikan Bloomberg Tv Indonesia bahwa pengguna media sosial dan platform chat di Indonesia, baik yang menggunakan Wa, Line, Path, BBM, Twitter, Facebook maupun platform lainnya mencapai 70 pengguna. Ini benar-benar sesuatu yang luar biasa untuk hidup.

Akibatnya, pengguna Internet memiliki akses ke data yang terus berkembang dengan mudah. Termasuk untuk mengumpulkan informasi terkait kinerja pemerintah saat ini. Akhirnya banyak pengguna internet yang kemudian memberikan masukan, kritik, ide bahkan hujatan tanpa filter yang tepat.

Memang, setiap orang diperbolehkan berbicara, baik itu orang yang ahli atau ahli dalam profesinya atau orang yang benar-benar tidak ahli dan bahkan tidak tahu apa-apa. Ini cukup bisa dimengerti, terutama mengingat kebebasan baru yang diberikan oleh era digital.

Namun, era digital memiliki efek menguntungkan dan merugikan pada kehidupan kita. Dan yang mengejutkan, pengguna media sosial di sini tidak hanya terbatas pada anak muda, tetapi juga banyak lainnya, termasuk pejabat pemerintah.

Kenyataannya, tidak biasa pejabat ini berbicara atas nama pemerintah dan sebagainya. Fakta bahwa lebih banyak anak muda dan perempuan menggunakan hak pilih mereka di era digital juga menarik, dan tren ini meningkat.

Ono meningkatkan kebanggaannya terhadap Indonesia. Mereka memiliki hak yang tidak hanya berlaku di dunia maya karena mereka memiliki suara dalam membentuk kedaulatan negara.

Namun, sangat ideal jika kesederhanaan teknologi komunikasi saat ini dapat dimanfaatkan sebagai media untuk tindakan konstruktif yang beragam. Juga, dengan cara yang baik dan beradab, berikan umpan balik kepada pemerintah tentang kinerjanya.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa informasi yang bisa kami bagikan mengenai pengertian demokrasi kepada sobat kekinian, semoga artikel kami membantu dan bermanfaat ya!

/* */