Pengertian, Sifat Malaikat, Serta Nama 10 Malaikat dan Tugasnya Masing-Masing

Malaikat merupakan makhluk yang mempunyai kekuatan dan patuh terhadap segala perintah Allah SWT dan segala ketentuan-Nya. Adapun arti Malaikat secara etimologi yang berasal dari bahasa Arab yang berarti kekuatan. Sedangkan Malaikat dalam ajaran agama Islam yaitu makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT yang terbuat dari nur atau cahaya.

Dalam Islam sendiri, mempercayai adanya Malaikat dan beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT merupakan bagian dari rukun iman yang ke dua. Nama-nama malaikat Allah SWT sebenarnya sangatlah banyak. Namun yang paling sering di dengar adalah nama dari 10 malaikat saja. Berikut 10 nama Malaikat dan tugasnya serta penjelasannya:

 

1. Malaikat Jibril

Nama malaikat dan tugasnya yang pertama adalah malaikat Jibril. Malaikat Jibril tersebut memiliki tugas untuk menyampaikan wahyu yang diberikan oleh Allah SWT kepada Rasul-rasul Allah. Selain itu, Malaikat Jibril juga bertugas untuk meniupkan ruh pada janin saat masih dalam kandungan.

Sebagaimana firman Allah dalam Qur’an Surat As-Syuara’ Ayat 192-195, yang artinya:

“Dan sesungguhnya Al-Qur’an ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan Semesta Alam. Dia (Al-Qur’an) di bawa turun oleh Ar-Ruh Al-amin (Jribril). Ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang diantara orang-orang yang memberi peringatan. Dengan bahasa Arab yang jelas”

2. Malaikat Mikail

Malaikat Mikail merupakan salah satu nama malaikat dan tugasnya adalah memberikan rizki yang sudah ditentukan oleh Allah SWT kepada semua makhluk yang ada di alam semesta. Selain itu, Malaikat Jibril juga bertugas dalam mengatur angin, hujan, dan tanaman.

3. Malaikat Israfil

Nama-nama malaikat dan tugasnya berikutnya adalah malaikat Israfil yang ditugaskan oleh Allah SWT untuk meniup Sangkakala atau terompet pada hari akhir (kiamat) nanti. Seperti pada firman Allah dalam QS. Al-Kahfi:99 yang artinya berbunyi:

“Kami biarkan sebagian mereka pada hari itu terombang-ambing bersama sebagian yang lain. kemudian ditiuplah Ash-shuur (sangkakala), lalu Kami kumpulkan mereka seluruhnya”

4. Malaikat Izrail

Nama Malaikat lain dari 10 nama Malaikat dan tugasnya yakni Malaikat Izrail. Tugas dari Malaikat Izrail tersebut yaitu untuk mencabut nyawa atau memisahkan ruh dari raga setiap makhluk hidup yang ada di dunia.

5. Malaikat Munkar

Salah satu nama malaikat Allah selanjutnya adalah Malaikat Munkar. Tugas malaikat Munkar tersebut yaitu menanyai manusia dalam kubur mengenai segala perkara yang dilakukan semasa hidupnya.

6. Malaikat Nakir

Malaikat Nakir memiliki tugas yang sama dengan Malaikat Munkar, yaitu memberikan pertanyaan kepada ahli kubur di alam kubur. Jadi setiap manusia yang sudah meninggal atau dikubur, akan didatangi oleh dua malaikat tersebut, yakni Munkar dan Nakir.

7. Malaikat Ridwan

Nama malaikat dan tugasnya selanjutnya adalah Malaikat Ridwan. Malaikat Ridwan tersebut diberi tugas oleh Allah SWT untuk menjaga pintu Surga. Seperti terdapat pada QS. Az-Zumar:73 yang artinya berbunyi:

Orang-orang yang bertakwa kepada Rabb kalian akan dibawa ke dalam surga berombong-rombongan (pula). Hingga apabila mereka mendatangi surga itu dalam keadaan pintu-pintunya telah terbuka, berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya: “Kesejahteraan (dilimpahkan) atas kalian. Kalian telah suci! Masuklah ke dalam surga ini, kalian kekal di dalamnya”

8. Malaikat Malik

Berbeda dengan Malaikat Ridwan, Malaikat Malik bertugas untuk menjaga pintu neraka, seperti firman Allah SWT pada QS. Az-Zukhruf:77 yang berbunyi:

Mereka (penduduk neraka) memanggil: “Wahai Malik, biarkanlah Rabb-mu mematikan kami’. Malik menjawab: “kalian akan tetap tinggal (di neraka)”

9. Malaikat Raqib

Selama hidup manusia, tidak ada perbuatan yang bisa luput dari penjagaan Allah dan Malaikat Raqib, karena Malaikat Raqib bertugas untuk mencatat semua amalan baik manusia.

10. Malaikat Atid

Sedangkan nama Malaikat Atid berbeda dengan Malaikat Raqib, dimana Malaikat Atid tersebut bertugas untuk mencatat segala amalan buruk manusia selama hidup di dunia.

Selain nama mailaikat dan tugasnya masing-masing, Para Malaikat-malaikat Allah SWT tersebut semuanya memiliki sifat yang sama, yaitu selalu patuh kepada perintah Allah dan tidak pernah melanggar larangannya, tidak sombong, senantiasa memohon ampun, serta bisa berubah wujud atas izin Allah SWT.

Tinggalkan komentar