Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan Beserta Tabel

Infokekinian.com – Berikut adalah informasi mengenai perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan beserta tabel, jadi simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasinya lebih lengkap dan jelas.

Dua jenis makhluk hidup yang hampir mirip dengan manusia adalah hewan dan tumbuhan. Mirip dengan sel manusia, kedua kategori makhluk hidup itu ada.

Dari beberapa fungsi dan komponennya dapat dilihat bahwa sel tumbuhan dan sel hewan berbeda satu sama lain.

Tips Cepat Hafal Perbedaan Sel Hewan dan Tumbuhan

Sel hewan dan tumbuhan berbeda secara signifikan satu sama lain. Mulai dari unsur fisik, teknik bertahan hidup, sifat, dan jenisnya.

Berbeda dengan hewan, yang harus mendapatkan makanannya dari sumber luar, tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri melalui proses yang dikenal sebagai fotosintesis.

Sel-sel mengungkapkan perbedaan paling mendalam antara tumbuhan dan hewan. Sel hewan dan tumbuhan berbeda satu sama lain dalam beberapa hal penting.

Semua bagian tumbuhan dan hewan akan terpengaruh oleh perbedaan sel ini. Anggap saja sebagai bentuk tumbuhan dan hewan.

Oleh karena itu, keduanya memiliki pola pertumbuhan dan kehidupan yang sangat berbeda, yang jelas terkait dengan jenis sel yang berbeda pada tumbuhan dan hewan.

Penjelasan lengkap tentang perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan disediakan di bawah ini untuk kamu yang tertarik.

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Perbedaan antara sel hewan dengan sel tumbuhan dapat terlihat jelas dari beberapa komponen serta bagiannya.

Ada beberapa bagian sel yang hanya dimiliki oleh sel hewan, namun ada pula bagian tertentu yang hanya dimiliki oleh sel tumbuhan.

Yang paling utama, perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan ini bisa dilihat pada bagian dinding sel. Sentriol, vakuola, plastid serta lisosom.

Berikut penjelasan lengkap tentang perbedaan-perbedaan tersebut serta fungsinya:

1. Dinding Sel

Bagian yang paling memperlihatkan perbedaan paling jelas yakni pada bagian dinding selnya. Sel tumbuhan mempunyai dinding sel, sedangkan sel hewan tidak mempunyai dinding sel.

Fungsi dari dinding sel tumbuhan ialah untuk mempertahankan bentuk sel serta memberikan perlindungan terhadap sel.

Dinding sel ini terdiri dari beberapa bagian seperti selulosa dan hemiselulosa. Sedangkan pada sel hewan yang tak memiliki dinding sel hanya terdapat membrane plasma yang berfungsi sebagai bagian terluar dari sel.

2. Sentriol

Perbedaan berikutnya adalah pada bagian sentriol, yang mana sentriol hanya bisa dijumpai pada sel hewan saja dan tidak pada sel tumbuhan.

Sentriol adalah sepasang struktur yang berbentuk menyerupai silinder dengan lubang pada bagian tengah yang tersusun dari protein mikrotubulus.

Fungsi dari sentriol pada sel hewan ialah untuk mengatur polaritas pembelahan sel serta pembentukan silia, flagela dan pemisah kromosom ketika proses pembelahan sel.

3. Vakuola

Yang berikutnya ada pada bagian vakuola, dimana bagian ini pasti terdapat pada sel tumbuhan sedangkan pada sel hewan bisa jadi ada dan bisa juga tidak ada.

Umumnya vakuola pada sel tumbuhan mempunyai ukuran yang lebih besar serta bentuk lebih menonjol.

Fungsinya ialah untuk memasukkan air melalui tonoplas serta sebagai gudang sel yang memiliki kandungan air serta zat larut lainnya.

Sementara pada sel hewan yang memiliki vakuola hanya ditemui pada hewan bersel satu dengan ukuran yang relatif kecil.

4. Plastida

Plastida juga merupakan bagian yang menunjukkan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan. Sel hewan umumnya tak memiliki plastida sedangkan sel tumbuhan memiliki plastida.

Pada sel tumbuhan, plastida ini memiliki kloroplas yang mana fungsinya adalah untuk membuat tumbuhan bisa membuat makanan sendiri atau yang lebih dikenal dengan istilah autotroph.

Kloroplas atau zat hijau daun ini bermanfaat sebagai tempat fotosintesis pada tumbuhan. Sedangkan sel hewan yang tidak memiliki plastida menjadikannya tak dapat menghasilkan makanan sendiri.

5. Lisosom

Lisosom juga merupakan bagian yang menunjukkan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan. Bagian ini hanya bisa kamu jumpai pada sel hewan saja, namun tidak pada sel tumbuhan.

Sel hewan memiliki lisosom pada sitoplasma dimana kandungan ini memiliki sejumlah enzim yang fungsinya adalah untuk membantu pada proses pencernaan atau pemecahan zat pada sel hewan.

Sementara pada sel tumbuhan sangat kecil potensinya memiliki lisosom, bahkan bisa dikatakan tidak ada sel tumbuhan yang memiliki bagian ini.

Tabel Perbedaan Sel Hewan dan Tumbuhan

Selain beberapa perbedaan yang sudah dijelaskan di atas, berikut ada tabel perbedaan yang bisa menunjukkan secara lebih detail dan mudah dipahami.

Tabel Perbedaan Sel Hewan dan Tumbuhan

Gambar Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Ternyata begitu banyak perbedaan yang bisa kamu jumpai pada sel hewan dan sel tumbuhan. Perbedaan ini bisa menjadikan fungsi dari sel hewan dan sel tumbuhan berbeda.

Hal ini pula yang menjadikan pola tumbuh hewan serta tumbuhan berbeda jauh. Setelah melihat tabel perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan di atas, berikut adalah gambar dari sel hewan dan sel tumbuhan.

Gambar Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Dari gambar di atas, dapat terlihat jelas bagaimana perbedaan keduanya, mulai dari bentuk susunan, hingga ukuran. Perbedaan bagian dari kedua sel tersebut akan berpengaruh terhadap fungsinya masing-masing.

Tips Cepat Hafal Perbedaan Sel Hewan dan Tumbuhan

Buat Sobat kekinian, sekarang kamu gak perlu bingung lagi. Karena kami memiliki tips untuk cepat hafal perbedaan yang telah dituliskan diatas.

Cara mudahnya adalah dengan menyanyikan lagu, kalian tahu lagu Youvie and Nuno yang berjudul Janji Suci?

Jika tahu, kita akan menyanyikan lagu tersebut tetapi dengan lirik yang diganti dengan lirik seperti dibawah ini:

Nada lagu Youvie and Nuno – Janji Suci

Sel tumbuhan beda dengan sel hewan
Sel tumbuhan punyai dinding sel
Juga punya, vakuola lebih besar
Dibandingkan dengan yang sel hewan

Sel tumbuhan punya kloroplas
Berperan dalam fotosintesis
Namun sel tumbuhan itu tak punya sentriol seperti di sel hewan
Yang berperan dalam pembelahan
Itu semua perbedaannya

Persamaan sel hewan dan tumbuhan
Sama-sama punyai membran sel
Sitoplasma adalah cairan sel
Nukleus jadi pusat kontrol sel

Retikulum endoplasma
Ada yang halus, ada yang kasar
Yang kasar itu karena ribosom
Yang fungsinya sintesis protein
Mitokondria sumber energi
Dan badan golgi tempat ekskresi

Ada organel sel berupa kantong
Yaitu lisosom terikat membran
Yang berisi enzim hidrolitik
Untuk mengontrol pencernaan

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai perbedaan dari sel hewan dan tumbuhan, juga pengaruhnya terhadap perbedaan pola tumbuh hewan dan tumbuhan.

Lalu bagaimana dengan sel manusia, apakah berbeda dengan kedua bentuk serta susunan sel tersebut? Tentu saja, sel manusia sendiri memiliki susunan yang jauh lebih kompleks dan sempurna.

Sehingga meskipun tak bisa menghasilkan makanan sendiri namun manusia bisa melakukan fungsinya secara lebih sempurna dibanding hewan maupun tumbuhan.

Sedangkan untuk pertumbuhannya sendiri sel hewan, sel tumbuhan dan sel manusia juga memiliki perbedaan yang begitu besar.

Demikianlah artikel mengenai Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan Beserta Tabel dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */