Perkembangan Internet dari Tahun ke Tahun di Indonesia

Penggunaan internet kini semakin marak seiring berkembangnya zaman. Teknologi yang semakin canggih pun mendorong orang-orang untuk menggunakan jaringan internet. Keberadaan internet semakin memudahkan orang-orang untuk mencari informasi, menyebarkan informasi, serta untuk mendapat hiburan.

Nah, sejak kapan internet mulai muncul dan berkembang? Sejarah internet di indonesia dimulai pada tahun 1980-an. Pada awal muncul, internet dikenalkan di beberapa universitas terkenal di indonesia, seperti UI, ITB, UGM, ITS, dan Universitas Terbuka.

Akan tetapi, jaringan internet yang dikenal dengan sebutan UNInet tidak bisa berkembang maksimal pada masa itu. Infrastrukur yang kurang memadai menjadi salah satu faktor mengapa internet tidak berkembang.

Selang beberapa tahun, barulah internet mulai berkembang dan menyebar luas ke seluruh indonesia, bahkan di daerah pelosok pun sudah mengenal jaringan internet. Nah, sejarah perkembangan internet tersebut dibagi menjadi beberapa tahapan. Untuk lebih jelasnya, simaklah tahapan berkembangnya internet di indonesia berikut ini !

Tahun 1986-1987
Pada tahun 1986-1987 internet hanya dikenal oleh beberapa mahasiswa saja, khususnya di ITB. Awalnya beberapa mahasiswa ITB hanya mengotak-atik paket radio pada band 40 m, kemudian mengaitkannya pada jaringan BBS. Nah, jaringan BBS itulah yang membuat jaringan e-mail berjalan lancar.

Tahun 1989-1990
Pada tahapan selanjutnya, internet berawal dari mailing list. Disamping itu, kesadaran masyarakat mengenai pentingnya internet mulai tumbuh, meski pada saat itu masih condong ke anak muda dan mahasiswa.

Seiring berjalannya waktu, mailing list menjadi sarana pembangunan komunitas internet di seluruh Indonesia. Melalui jaringan amatir radio, rekan-rekan amatir radio di Indonesia mencoba berkomunikasi jarak jauh dengan rekan radio amatir di Kanada, dan komunikasi tersebut berjalan lancar.

Tahun 1992-1994
Pada tahap ini mulai diperkenalkan sistem operasi, seperti DOS sebagai gateway packet radio TCP/IP. Teknologi packet radio TCP/IP ini pun menjadi tumpuan PaguyubanNet setelah diadopsi rekan-rekan mahasiswa UI dan ITB, serta BPPT dan LAPAN.

Tahun 1994-1995
Perkembangan internet pada tahun 1994 semakin pesat, beberapa BBS menyediakan akses Telnet ke luar negeri. Pada tahun tersebut juga pengguna internet di Indonesia sudah mulai bisa mengakses HTTP.  Ada pula lembaga APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) yang bertugas memperkirakan jumlah pengguna internet di indonesia.

Itulah beberapa tahapan berkembangnya internet di indonesia, dan di zaman modern ini, internet sudah dikenal oleh seluruh masyarakat. Ya, siapa yang tidak tahu internet ? dari kalangan anak-anak hingga lansia pun mengerti internet.

Berkembangnya internet yang semakin pesat juga dipengaruhi oleh kesadaran masyarakat mengenai fungsi internet tersebut. Secara sederhana, orang-orang menyimpulkan fungsi internet sebagai berikut :

  • Sebagai sumber informasi dan tempat berbagi informasi yang efektif.
  • Sebagai media komunikasi baik jarak dekat ataupun jarak jauh.
  • Media untuk berbagai data atau sumber daya.

Selain banyak fungsi, internet juga memiliki banyak manfaat. Tak heran bila perkembangan internet tidak membutuhkan waktu lama. Nah, di bawah ini beberapa manfaat yang didapat dari keberadaan internet:

  1. Komunikasi jarak jauh lebih cepat, mudah, efektif dan biayanya pun relatif murah.
  2. Banyaknya media sosial membuat internet berperan sebagai media hiburan.
  3. Menambah pengetahuan dan wawasan, karena banyak informasi yang didapat dari internet.
  4. Membuat belanja lebih mudah, karena terdapat banyak toko online.
  5. Sebagai sumber keuntungan, yakni melalui toko online, blog, dan sebagainya.
  6. Informasi lowongan kerja lebih mudah didapat.

Manfaat di atas baru sebagian saja, sementara Anda bisa memperoleh banyak manfaat lagi dari penggunaan internet. Namun, penggunaan internet pun harus secara bijak, agar tidak timbul dampak negatif bagi penggunanya.

Jadi, sejarah internet di indonesia dimulai sejak tahun 1980-an dan diawali oleh mahasiswa-mahasiswa muda. Kemudian perkembangan tersebut terdiri dari beberapa tahapan dari tahun ke tahun, hingga akhirnya di zaman modern internet dikenal oleh seluruh masyarakat indonesia.

Tinggalkan komentar