Siapa Yang Membuat Aplikasi TikTok China

Infokekinian.com – Siapa yang tidak tahu TikTok? Apakah kamu pernah berfikir siapa yang membuat aplikasi TikTok China dan bagaimana sejarahnya serta bagaimana aplikasi ini sampai bisa mendunia? Baca artikel ini sampai akhir.

Aplikasi TikTok Berasal dari China

Aplikasi TikTok Berasal dari China

Apakah kamu tahu aplikasi TikTok dari negara mana? Seperti diketahui bahwa TikTok merupakan aplikasi yang berasal dari China dengan induk perusahaan bernama ByteDance. TikTok sendiri adalah aplikasi jejaring sosial untuk membagikan video pendek yang kreatif.

Tetapi, video di dalam TikTok bukan hanya sekedar video. TikTok juga memiliki beberapa pilihan musik dan filter guna meningkatkan nilai kreatif sebuah video.

Sehingga tidak heran, meskipun hanya berdurasi 15 detik, video TikTok bisa mengandung banyak hal menarik.

Jadi, siapa yang membuat TikTok? Tidak lain adalah Zhang Yiming. Yiming sendiri adalah lulusan Nankai University dengan jurusan Software Engineer. Awalnya, Yiming hanya mendirikan perusahaan tekno yang bernama Byte Dance.

Nama Awal Adalah Douyin

Dulunya, aplikasi ini bukanlah bernama TikTok. Aplikasi ini juga tidak berada di negara lain kecuali China.

Dulu nama aplikasi ini adalah Douyin dimana penggunanya dapat membagikan video pendek dengan durasi 15 detik ke pada seluruh pengguna.

Namun, tampaknya ini adalah awal dari sejarah global TikTok. Hanya dalam satu tahun, Douyin mengumpulkan basis pengguna 100 juta di China, menghasilkan pendapatan yang signifikan bagi perusahaan.

Oleh karena itu, perusahaan ByteDance memiliki konsep yang sangat signifikan, yaitu membawa aplikasi ini ke dunia.

Lalu karena nama Douyin kurang familiar di telinga masyarakat di luar China, maka dari itu namanya diganti menjadi TikTok.

Agar lebih mudah diingat dan menarik perhatian negara lain. Inilah asal mula sejarah aplikasi TikTok yang mendunia.

Banyak Ditentang

Meski telah diperkenalkan sejak 2016, popularitas TikTok baru mulai melonjak di tahun 2019. Terlihat jumlah unduhan di Google Playstore telah mencapai 500 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

Sayangnya, aplikasi ini banyak ditolak di banyak negara. Misalnya, di India. Pemerintah di sana memblokir aplikasi ini karena memanasnya hubungan diplomatik kedua negara. Akibatnya, perusahaan yang mengeluarkan aplikasi ini merugi 84 triliun.

Tidak hanya di India juga. Menurut sejarah aplikasi TikTok di seluruh dunia, aplikasi ini juga dibatasi di Amerika Serikat.

Menurut laporan terbaru, bahwa mereka hanya akan mengizinkan TikTok jika aplikasi tersebut ingin diakuisisi oleh Microsoft.

Di Indonesia sendiri, banyak pihak yang tidak setuju dengan keberadaan aplikasi TikTok. Alasannya sebenarnya sederhana.

Sampai saat ini, sebagian besar video TikTok adalah video dance, yang oleh masyarakat umum dianggap berkualitas rendah sehingga kurang informatif (Sampai saat ini masih banyak yang seperti ini).

Sehingga meski saat ini banyak individu yang menghasilkan video tutorial, video ilmiah, dan berbagai video kreatif lainnya, sulit bagi konsumen untuk menerimanya. Sebab, stigma TikTok di Indonesia adalah aplikasi untuk anak alay masih melekat.

TikTok Berhasil Akuisisi Musical.ly

TikTok aplikasi buatan China ini memang sudah mendulang kesuksesan besar. Bahkan sudah banyak endorsement yang memanfaatkan aplikasi ini untuk mempromosikan produknya. Oleh itu, tidak heran jika TikTok mulai membuka program bernama TikTok Ads.

Namun sejarah aplikasi TikTok global tidak berakhir di sini. Perusahaan yang menangani TikTok ini kini bahkan telah berhasil membeli Musical.ly pada akhir tahun 2017 ini.

Hal ini membuat TikTok memiliki banyak lagu dan musik yang dapat ditingkatkan oleh penggunanya. Bahkan saat ini para pengguna aplikasi TikTok bisa menggunakan video dari  TikTok menjadi wallpaper HP, itu berarti TikTok selalu mengembangkan fitur fitur lainnya.

TikTok Yang Mendunia

Berawal dari aplikasi Douyin yang didesain untuk konsumsi masyarakat China, saat ini TikTok telah sukses merambah dunia. Keberadaan TikTok tidak dapat disangkal di perbatasan Indonesia.

Ada banyak sekali video kocak orisinal yang tersebar di TikTok dan juga tersebar di Instagram. Syukurlah, meski sempat dibatasi di Indonesia karena dianggap tidak mendidik, hari ini TikTok aktif kembali.

Produsen TikTok Indonesia juga telah menggunakan aplikasi untuk memberikan beberapa fakta menarik dan informasi penting. Beginilah cara aplikasi TikTok berkembang di seluruh dunia. Semoga bermanfaat, ya.

Kesimpulan

Pembuat TikTok adalah Zhang Yiming yang merupakan lulusan Universitas Nankai dengan jurusan Software Engineer.

Zhang Yiming berhasil menciptakan aplikasi pertama ByteDance. Lewat perusahaan ByteDance inilah, Zhang Yiming mengembangkan aplikasi TikTok. Kemudian, aplikasi TikTok secara resmi diluncurkan pada September 2016.

ByteDance mampu mengakuisisi Musical.ly pada akhir 2017 karena kesuksesan TikTok, membuat kekayaan Zhang Yiming mencapai USD 60 miliar.

Demikianlah artikel kali ini dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentu nya bermanfaat dan membantu Sobat kekinian.

/* */