Tanggal dan Makna Hari Persahabatan Internasional

Infokekinian.com – Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai tanggal dan makna hari persahabatan Internasional, jadi simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasinya lebih lengkap dan jelas.

Setiap tanggal 30 Juli, Hari Persahabatan Sedunia diperingati. Hari itu terutama dihormati sebagai hari solidaritas antara mereka yang diyakini memiliki hubungan baik.

Hari Persahabatan dirayakan pada tahun-tahun sebelumnya dengan berbagai cara, termasuk menghabiskan waktu bersama teman-teman, mengirimkan bantuan kemanusiaan, dan mengirim surat kepada teman-teman yang jauh.

Demikian pula, netizen dari seluruh dunia menggunakan #FriendshipDay sebagai topik trending di Twitter. Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa juga merupakan pendukung kampanye (UNICEF).

Tanggal dan Makna Hari Persahabatan Internasional

UNICEF bahkan bekerja sama dengan BTS, boy band Korea Selatan, untuk mempromosikan kampanye #EndViolence. Pada tahun 2019, tagar tersebut menjadi topik trending di Twitter.

Sudah sepantasnya masyarakat dunia memperingati pandemi Covid-19 saat ini, mengingat betapa sulitnya bertemu dengan sahabat. Hal ini dikarenakan adanya upaya pencegahan penyebaran virus tersebut.

Lantas, bagaimana peringatan Hari Persahabatan Sedunia di tengah pandemi ini? kamu yang bingung harus berkata apa dapat membaca artikel ini sampai selesai.

Sejarah Singkat Hari Persahabatan Sedunia

Pada awalnya tidak ada yang namanya Hari Persahabatan di Negara manapun. Tahun 1930, seorang pengusaha kartu asal Amerika Serikat bernama Joyce Hall menginginkan sebuah hari libur yang bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat.

Waktu itu, Joyce memiliki ide agar merayakannya dengan memberikan kartu ucapan. Perusahaan yang bernama Hallmark Cards itu membuat program pesanan melalui kartu pos bergambar.

Tak disangka apa yang dilakukan oleh perusahaan tersebut ternyata disukai oleh masyarakat Amerika dan dijadikan rutinitas pada hari tertentu. Hal ini membuat masyarakat menginginkan kartu ucapan kepada sahabat, teman, dan kerabatnya.

Akhirnya kegiatan tersebut menjadi cikal bakal Hari Persahabatan Sedunia yang diperingati tanggal 30 Juli.

Tanggal tersebut ditetapkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 27 April 2011. Sebelumnya peringatan hari pertemanan tersebut sudah diajukan oleh UNESCO pada 1997.

Alasan utamanya yaitu Culture of Peace yang didefinisikan sebagai seperangkat nilai-nilai, sikap dan perilaku menolak kekerasan dan mencegah konflik antarsesama. Selain itu jika terjalin persahabatan antarmasyarakat maka akan terbentuk Negara yang aman.

Cara Memperingati Hari Persahabatan Dikala Pandemi

Mewabahnya virus Covid-19 membuat jarak yang renggang antara kita semua. Namun, hal tersebut bukan berarti memutus hubungan dengan teman-teman, atau sahabat kita. Mungkin 4 hal ini bisa kamu lakukan sebagai cara memperingati Hari Persahabatan dikala pandemi:

1. Menulis Ucapan kepada Teman

Mengirimkan sebuah tulisan dalam bentuk surat memang terkesan jadul, tetapi justur akan menciptakan kesan tersendiri.

Mengingat saat ini era digital dan sangat jaranga orang mengirimkan surat kepada teman ataupun kerabatnya.

2. Melakukan Kegiatan Bersama Secara Online

Meskipun jauh dan juga terbatas, teknologi saat ini sangat memungkinkan kita bisa bertemu secara langsung walaupun secara virtual.

Kamu bisa melakukan video call bersama teman-teman kamu dengan memanfaatkan aplikasi yang menyediakan fitur tersebut.

3. Membuat Karya di Media Sosial

Era digital yang serba mudah ini, membuat apapun yang kita buat sangat mudah pula diakses oleh orang lain.

Memberikan teman sebuah karya seperti ucapan digital atau poster adalah hal baik yang bisa kamu lakukan.

4. Mengirim Hadiah Kejutan

Bayangkan jika teman kamu tiba-tiba mendapat kiriman dari dirimu yang tidak mengabarkan sebelumnya. Mungkin saja dia akan membalasnya juga dengan memberimu sesuatu yang kamu sukai.

Sesuatu kecil sekalipun jika itu ditujukan kepada teman dengan tulus maka ia akan merasa senang karena kepedulianmu itu.

Makna Hari Persahabatan Sedunia

Hari Persahabatan Sedunia menjadi sarana bagi masyarakat tiap-tiap negara untuk mengupayakan perdamaian.

Melalui peringatan Hari Persahabatan, PBB mencanangkan terbangunnya jembatan antar komunitas agar dapat saling menghormati keragaman.

Makna Hari Persahabatan ini, juga mendorong pemerintah, organisasi internasional, dan kelompok masyarakat sipil untuk mengadakan acara, kegiatan dan inisiatif lain guna mempromosikan solidaritas, saling pengertian dan rekonsiliasi.

Perayaan Hari Persahabatan di Negara Lain

Jika seluruh dunia, termasuk Indonesia memperingati Hari Persahabatan pada 30 Juli, maka berbeda dengan Negara-negara ini yang justru memperingatinya di tanggal yang berbeda.

Berikut ini adalah Kapan Hari Best Friend Day 2021 di berbagai negara yang harus kalian ketahui.

1. Oberlin Friendship Day (8 April)

Peringatan ini dilakukan di Oberlin, Ohio, Amerika Serikat. Hari tersebut dilatarbelakangi dengan persahabatan sang pendiri Kota yaitu John Jay Shipherd dengan menteri Philo Stewart pada 1832.

Mereka berhasil membuat masyarakat Kota Oberlin menjadi religious dan menjunjung tinggi nilai kebersamaan. Maka dari itu, masyarakat di sana memperingati Oberlin Friendship Day.

2. Hari Pertemanan Argentina (20 Juli)

Di Argentina, hari pertemanan dirayangan dengan cara bertukar ucapan persahabatan kepada semua orang. Melalui cara apapun mereka melakukan hal itu, bahkan penyedia layanan jaringan SMS pernah mengalami overload karena saking banyaknya ucapan.

3. National Best Friend Day Amerika Serikat (8 Juni)

Seluruh masyarakat Amerika Serikat biasa merayakan hari persahabatan pada 8 Juni. Biasanya pada tanggal tersebut media sosial Twitter akan diramaikan dengan #NationalBestFriendDay.

4. Hari Pertemanan di India (6 Agustus)

Society for the Confluence of festival of India (SCFI), organisasi pelestari kebudayaan dan festival India mempercayai jika minggu pertama di bulan Agustus adalah minggu pertemanan.

Harapannya yaitu orang-orang menghidupkan kembali semangat kekeluargaan dan silaturahmi pada minggu tersebut.

5. Hari Persahabatan Nasional Indonesia (28 Mei)

Hari Persahabatan Nasional diusulkan pada 28 Mei oleh kalangan alumni SLTA Indonesia angkatan 1986, atau yang disebut anak-anak “Silverian86.”

Hal ini dilakukan agar masyarakat Indonesia bisa menghargai pertemanan dan juga persahabatan.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai sejarah dan makna hari persahabatan Internasional yang di rayakan setiap tanggal 30 Juli.

Demikianlah artikel mengenai Tanggal dan Makna Hari Persahabatan Internasional dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.