12 Mei, Hari Perawat Internasional Diperingati

Infokekinian.com – Setiap tahun pada tanggal 12 Mei, Hari Perawat Internasional diperingati. Peringatan tahunan ini menghormati Florence Nightingale, yang lahir pada 12 Mei 1820, dan dikreditkan dengan meletakkan dasar untuk keperawatan modern.

Dewan Perawat Internasional (ICN) menetapkan Hari Perawat Internasional pada tahun 1974. Tujuan dari peringatan ini adalah untuk menyoroti peran penting perawat dalam perawatan kesehatan.

12 Mei, Hari Perawat Internasional Diperingati

Sejarah Hari Perawat Internasional

Perhatian mengenai kesehatan tidak melulu ditujukan demi kesehatan pasien semata, tapi juga memerhatikan kemajuan perawatan kesehatan di tingkat nasional dan internasional.

Tema berbeda dalam setiap peringatannya, berguna dalam meningkatkan kesadaran terhadap isu-isu yang muncul dalam profesi keperawatan.

Isu yang terjadi dalam profesi keperawatan antara lain dampak dari faktor ekonomi, perjuangan berkelanjutan dalam pencapaian gaji yang memadai, hingga hak mendapatkan kondisi kerja yang layak.

Sosok Florence Nightingale

Florence Nightingale lahir pada 12 Mei 1820. Dia menjadi tokoh penting dalam keperawatan selama Perang Krimea yang terjadi di tahun 1850-an.

Florence ditugaskan sebagai perawat di Rumah Sakit Barak di Scutari -sekarang distrik Istanbul. Di sana, Florence menjadi pemimpin sekelompok perawat yang melakukan perawatan pada tentara Inggris.

Dia sempat putus asa lantaran fasilitas tidak memadai. Akhirnya memaksakan standar perawatan ketat dan memastikan bangsal tetap bersih, ditunjang makanan dan persediaan medis.

Berangkat dari pengalamannya bekerja di Scutaro, membuat Florence bertekad mengampanyekan reformasi di bidang perawatan kesehatan dan keperawatan.

Dia juga membuka sekolah bernama Nightingale School of Nursing di St Thomas’ Hospital di London. Setelah sekolah perawat ini sukses, sekolah pelatihan serupa mulai dibuka di tempat lain.

Sekolah rintisan perawat saat itu yang menerapkan pengajaran keperawatan berbasis Nightingale antara lain Sydney Infirmary and Dispensary (sekarang Sydney Hospital) di Australia tahun 1868, dan Bellevue Training School for Nurses di New York tahun 1873. Lalu, muncul pula sekolah perawat di Fuzhou, China, pada tahun 1888.

Kehadiran berbagai sekolah perawat rintisan tersebut menjadi pemicu kemunculan sekolah-sekolah perawat selanjutnya. Selain itu, profesi keperawatan modern mulai diakui secara luas.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai hari perawat Internasional, yang setiap tahunnya di peringati pada tanggal 12 Mei.

Demikianlah artikel mengenai 12 Mei, Hari Perawat Internasional Diperingati dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */