12 Tips Memilih Bank yang Tepat untuk Menabung Yang Aman dan Menguntungkan

InfoKekinian.com – Biasanya kita akan menyisihkan sebagian dari gaji yang diperoleh dengan cara menabung di bank. Tapi pastikan jika kamu sudah tahu tips memilih bank yang tepat untuk menabung, karena ada beberapa bank yang menawarkan keuntungan.

Karena dengan menabung dibank ini bisa kamu jadikan sebagai cara untuk menyiapkan dana masa depan nanti.

Jadi paling tidak kamu akan mealokasikan 10% dari pendapatan atau gaji yang kamu dapatkan untuk ditabung.

Tips Memilih Bank yang Tepat
ICB via Canva

Biasanya bank juga akan menawarkan berbagai jenis tabungan yang mereka miliki untuk nasabahnya.

Jadi kamu bisa membuka rekening baru dengan memilih salah satu jenis tabungan seperi, deposit, giro, dan lain sebagainya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyiapkan dana masa depan adalah dengan menabung di bank.

Kamu bisa menyisihkan sebagian gaji atau pendapatan yang diperoleh setiap bulan untuk menabung. Di Indonesia sendiri terdapat banyak macam bank, baik milih pemerintah maupun swasta.

Agar kamu tidak salah dalam memilih bank, pastikan kamu membaca artikel ini untuk mengetahui beberapa tips memilih bank yang tepat. Jadi simak artikel dibawah ini hingga selesai.

Tips Memilih Bank yang Tepat untuk Menabung

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu perhatikan dan pilih agar bisa memilih bank yang tepat:

1. Identifikasi Kebutuhan

Sebelum melakukan riset mengenai beberap bank, pastikan terlebih dahulu secara matang mengapa kamu melakukannya.

Kemudian kamu perlu perhatikan berapa jumlah transaksi yang sekiranya akan kamu lakukan dan saldo minimal yang ahrus ada didalam rekening.

Karena ada beberapa bank yang menawarkan biaya dengan rendah namun biaya penalti yang begitu tinggi ketika kamu melampaui batas transaksi.

2. Bandingkan Bank yang Dipilih

Setelah mengidentifikasi hal yang kamu butuhkan dari suatu bank, maka mulailah lakukan perbandingan dengan beberapa nama bank.

Car bank yang sekiranya memiliki spesifikasi yang kamu butuhkan, jika dikiranya belum jelas maka kamu bisa menghubungi bank tersebut untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Pastikan jika kamu sudah melakukan pengecekan ulang terhadap informasi yang sudah kamu dapatkan, sehingga kamu sudah mengetahui hal apa saja yang belum kamu ketahui.

3. Teknologi pada Bank

Teknologi pada Bank
Ipopba Cia Canva

Para bisnis kecil akan terbantu dari hasil “merampingkan” proses operasional dasar oleh bank yang paham teknologi.

Kamu harus mengetahui kemampuan fundamental bank untuk memahami faktor ini, seperti apakah bank tersebut memiliki aplikasi seluler yang intuitif atau tidak.

Selain itu, bank perusahaan kamu harus dapat berinteraksi dengan program luar seperti perangkat lunak akuntansi kamu.

Kamu akan menghemat banyak waktu dan tenaga dengan melakukan ini di masa mendatang.

4. Customer Service

Cari tahu layanan apa yang ditawarkan bank dan kenali keterampilan mereka saat melakukan wawancara atau diskusi dengan berbagai bank.

Sebuah bank besar mungkin dapat menyediakan dukungan online dan telepon sepanjang waktu, tetapi sebagian besar dari mereka tidak memiliki manajer yang berdedikasi untuk menangani kesulitan layanan pelanggan.

Dengan demikian, mereka tidak memiliki pemahaman yang komprehensif tentang operasi perusahaan kamu.

Temukan bank yang dapat memberi kamu kesan bahwa kamu adalah satu-satunya klien mereka.

5. Pilihlah Bank dengan Biaya Admin Bulanan yang Rendah

Memilih bank dengan biaya admin bulanan yang rendah adalah pilihan pertama kamu. Biaya admin bulanan harus diperhitungkan karena jika terlalu tinggi tentu akan sangat memberatkan.

Biaya admin bulanan ditentukan berbeda oleh masing-masing bank. Setiap bank memiliki kebijakan yang unik, sehingga terdapat variasi.

Cukup mudah untuk mengetahui biaya admin bulanan untuk masing-masing bank. Kamu dapat menemukan informasi tentang ini di situs web resmi bank atau platform media sosial tanpa harus pergi ke sana di bank.

Pilih bank dengan biaya admin bulanan terendah setelah itu. Sebagai alternatif, kamu dapat memilih salah satu yang tidak membebankan biaya admin.

6. Pilihlah Bank yang Memberikan Banyak Keuntungan

Pilihlah Bank yang Memberikan Banyak Keuntungan
Salah satu keuntungan menyimpan uang di bank adalah kamu dapat melakukannya dengan aman dan mengambil dana kapan pun kamu mau, tergantung pada keadaan kamu.

Bank juga akan memberikan sejumlah penawaran yang menggiurkan kepada nasabahnya.

Bebas biaya transfer ke bank lain, diskon menggiurkan, reward, dan lain sebagainya adalah beberapa contohnya.

7. Pilih Bank yang Nyaman dan Aman

Saat memilih bank untuk tabungan, kenyamanan dan keamanan merupakan pertimbangan penting.

Pasalnya, tidak semua bank memberikan perlindungan dan kenyamanan kepada seluruh nasabahnya.

Misalnya banyak nasabah yang antre saat menunggu, ruang tunggu sempit, ATM sering malfungsi, aplikasi perbankan lambat, dan lain sebagainya.

Hal-hal seperti itu harus diperhatikan karena, jika itu terjadi pada kamu, mereka pasti tidak nyaman. Selain itu, konfirmasikan bahwa bank yang kamu pilih menawarkan fasilitas yang sesuai.

Disarankan untuk memilih bank yang telah mendapat izin dan pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menjamin keamanan.

8. Lokasi Bank dan ATM-nya

Tips selanjutnya dalam memilih bank untuk menabung adalah pastikan ATM dan bank sama-sama dekat dengan rumah kamu sehingga kamu bisa mengakses keduanya dengan mudah.

Saat kamu perlu menggunakan ATM atau mengurus bisnis di bank, bepergian jauh akan menyulitkan kamu.

9. Saldo Awal dan Saldo Minimal

Saldo Awal dan Saldo Minimal
Jumlah minimal setoran pertama akan diungkapkan oleh bank saat kamu akan membuka rekening baru.

Terkait hal tersebut, setiap bank memiliki kebijakan yang berbeda; ada yang membutuhkan deposit awal minimal Rp 100.000, Rp 200.000, bahkan Rp 500.000.

Selain itu, kamu akan diberi tahu berapa saldo minimum yang diperlukan di ATM. Jika saldo minimal Rp50.000, maka pengambilan uang dari ATM yang masih Rp80.000 tidak diperbolehkan.

10. Bank Kecil dan Bank Besar

Bank dengan jaringan nasional yang signifikan dapat memberi kamu berbagai layanan untuk perusahaan kamu dikombinasikan dengan harga murah.

Karena bisnis lokal lebih penting bagi bank kecil, mendapatkan pinjaman dari mereka lebih mudah.

Pembukuan kamu akan sangat membantu pihak bank yang akan menyampaikan laporan kamu.

Bank yang lebih kecil dan regional juga cukup mengetahui keadaan pasar lokal dan kebutuhannya. Menurut Wall Street Journal:

“Bank yang lebih kecil dan lebih berorientasi lokal dapat melakukan yang lebih baik karena mereka terbiasa dengan dinamika pasar regional.

Mereka sering memberi petugas pinjaman akses yang lebih individual dan menekankan pada karakter peminjam daripada hanya menggunakan model skor kredit.

Selain itu, mereka mungkin lebih akomodatif dalam masa-masa sulit dengan tidak mengenakan hukuman hukuman saat mengakhiri akun yang terlalu banyak ditarik.”

11. Sadarilah Struktur Biaya

Di ranah perbankan, ada biaya yang terkait dengan hampir semua hal.

Cari tahu persis berapa banyak bank dalam daftar kamu membebankan biaya untuk berbagai layanan, seperti penarikan ATM, buku cek, dan laporan rekening.

Dengan menghubungi mereka dan berbicara dengan perwakilan. Tanyakan tentang biaya tambahan yang mungkin dibayar perusahaan kamu untuk hal-hal seperti transfer kawat dan kartu kredit.

12. Reputasi Bank Penting

Reputasi Bank Penting
Kamu dapat berbicara dengan pemilik bisnis lain sebelum memilih bank.

Pemilik bisnis dengan persyaratan keuangan yang sebanding mungkin dapat membantu kamu dengan berbagi pengalaman terkait bank dengan kamu.

Kesenangan mereka dengan bank mereka dapat membantu pilihan kamu dan meningkatkan kepercayaan kamu pada layanan perbankan kamu.

Kami menyarankan kamu untuk memilih bank yang merupakan pemberi pinjaman SBA (Small Business Administration) yang disetujui.

Memiliki hubungan kerja yang baik dengan bank kamu sangat penting saat meminta pinjaman SBA karena membuat proses persetujuan menjadi lebih sederhana.

Kamu dapat membantu bank yang dengan mudah memberikan pinjaman SBA dengan menggunakan Program Pemberi Pinjaman Pilihan Administrasi Bisnis Kecil.

Menurut SBA, pemberi pinjaman yang direkomendasikan memiliki “proses dokumen yang disederhanakan”, yang dapat membantu bisnis kecil kamu lebih mudah menerima pinjaman yang diberikan.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai beberapa tips memilih bank yang tepat untuk kamu gunakan sebagai pilihan tempat untuk menabung yang aman dan menguntungkan.

Jadi saat ini kamu sudah tidak perlu bingung lagi jika ingin membuka rekening sebagai tempat kamu menabung.

/* */