Hewan yang Cocok Untuk Dipelihara di Rumah

Infokekinian.com – Kamu mempunyai rencana untuk memelihara hewan tapi bingung memilih jenis hewan apa? maka dari itu kami akan merekomendasikan hewan yang cocok untuk dipelihara di rumah.

Hewan peliharaan adalah hewan yang sengaja dipelihara manusia sebagai teman. Bahkan hewan dapat membantu sebagian orang dengan menjaga rumah, mengusir hama, membajak sawah, bahkan menjadi teman untuk menghilangkan rasa lelah dan stres akibat aktivitas seharian penuh.

Jenis Hewan Peliharaan

Reptil, burung, dan mamalia hanyalah beberapa hewan yang bisa dipelihara. kamu juga dapat memilih satu berdasarkan sejumlah faktor yang menarik bagi kamu. Misalnya bentuknya yang lucu dan perawatannya yang mudah.

Jenis Hewan Peliharaan

Berikut adalah jenis hewan yang bisa kamu pelihara di rumah:

Kucing Persia

Hewan yang cocok untuk dipelihara di rumah, yang pertama adalah kucing persia. Kucing persia merupakan hewan paling populer di kalangan manusia.

Mungkin kamu juga sudah tidak asing lagi dengan jenis kucing yang satu ini. Tubuhnya mungkin ditutupi rambut tebal yang menyerupai seikat bulu.

Kucing Persia memiliki kaki yang pendek, yang membedakannya dengan kucing lainnya. Kucing ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Jadi, jika kamu memutuskan untuk memelihara kucing Persia sebagai hewan peliharaan, kamu dapat yakin bahwa ia akan cocok.

Merawat kucing Persia juga sangat sederhana; kamu hanya perlu merapikan bulunya secara rutin dan memandikannya sesekali agar bulu yang sudah tua dan mati bisa rontok.

Kucing Kampung

Kucing kampung merupakan salah satu kucing yang berasal dari Indonesia. Penampilannya biasa saja, seperti kucing yang mungkin kamu lihat setiap hari.

Namun jika dirawat dengan baik, pola kucing tersebut akan memberikan tampilan yang tidak kalah dengan kucing lainnya.

Perawatan kucing domestik bahkan lebih sederhana dari perawatan kucing pada umumnya. Karena kucing kampung lahir dengan tingkat kemandirian yang tinggi.

Tidak ada salahnya memelihara kucing desa; lagi pula, banyak orang memiliki dan merawatnya saat ini.

Kucing Anggora

Selain kedua kucing yang disebutkan di atas, hewan yang cocok untuk dipelihara di rumah, yang sebagian orang sudah mengenal adalah kucing anggora.

Hal ini dikarenakan kucing ini memiliki bentuk bulu yang sangat diinginkan, terutama pada bagian ekor yang berbulu. Ekornya juga merupakan daya tarik besar bagi pecinta binatang.

Anjing Shiba Inu

Anjing Shiba Inu

Anjing Shiba Inu adalah salah satu jenis anjing yang berasal dari Jepang. Anjing ini memiliki telinga yang cukup jelas kecil dan berdiri tegak ke arah atas. Ciri lain dari tubuhnya yang kekar adalah menyerupai bentuk tubuh serigala.

Anjing Shiba Inu juga memiliki tubuh yang cukup lincah, senang bermain, dan dapat dengan mudah mempelajari hal-hal baru.

Meski berukuran sedang, bulu lembut berwarna coklat di punggung anjing ini dan putih di bagian dada membuatnya terlihat menggemaskan. Anjing Shiba Inu merupakan hewan mandiri yang relatif mudah dalam perawatannya.

Anjing Norwegian Elkhound

Kelima hewan peliharaan tersebut masih berupa anjing, khususnya Anjing Elkhound Norwegia. Anjing yang satu ini memiliki bentuk tubuh yang gagah, telinga tegak lurus ke atas, dan wajah serigala.

Sementara rambutnya halus dan hitam di bagian atas, putih di bagian bawah, khususnya di perut dan kaki.

Anjing senang bermain, dan mereka juga bisa berfungsi sebagai penjaga rumah. Jangan khawatir, karena dia anjing yang patuh pada tuannya, dia pasti bisa menjaga rumah.

Banyak orang telah menyimpannya dan mengklaim bahwa Elkhound Norwegia peka terhadap perasaan pemiliknya.

Saat pemiliknya sedang sedih, anjing ini akan berusaha menghiburnya dengan tidur di pangkuan pemiliknya, misalnya.

Golden Retriever

Golden Retriever merupakan hewan yang sangat ideal untuk dijadikan peliharaan atau teman di rumah karena tidak terlalu besar bahkan bisa dikatakan berukuran sedang.

Bulunya berwarna putih kecoklatan dan tebal. Karakteristiknya menghibur dan sederhana untuk dilatih sebagai hewan peliharaan.

Perawatan anjing Golden Retriever tidak sulit; cukup mandikan secara rutin dengan sampo anjing. Kemudian, karena bulu anjing ini halus dan cenderung panjang, sisirlah dengan lembut.

Anjing Pomeranian

Pomeranian adalah jenis anjing berikutnya yang tidak diragukan lagi ideal untuk kamu miliki, terutama jika kamu seorang pemula. Karena pemiliknya menganggap anjing ini sangat mudah untuk dikelola.

Banyak orang menyukai anjing ini karena tubuhnya yang kecil dan menggemaskan. Tidak hanya itu, anjing ini memiliki kepribadian yang ceria dan suka berlarian. Sangat menggemaskan anjing Pomeranian.

Bulu pomeranian berwarna coklat keputihan dan sangat lembut saat disentuh, oleh karena itu perlu sering disikat untuk menghindari kusut.

Selain itu, dapat dimandikan dengan sampo sesekali, tetapi harus segera dikeringkan agar anjing ini tidak kedinginan.

Landak Mini

Landak Mini

Landak mini adalah jenis hewan peliharaan yang berasal dari spesies landak kecil. Landak mini baru-baru ini menjadi populer di kalangan pecinta binatang.

Karena bentuknya yang mini menyerupai seukuran rumpun tangan, maka tampil sangat imut dan menggemaskan.

Apalagi warnanya cukup variatif, antara lain coklat, hitam, dan putih. kamu juga dapat memilih yang paling kamu sukai.

Landak, meskipun memiliki duri di punggungnya, bukanlah hewan yang berbahaya. Duri landak mini sangat kecil sehingga tidak tajam dan bahkan tampak lunak.

Pemeliharaannya sederhana, cukup memandikannya secara rutin dan rajin membersihkan kandang agar tetap sehat.

Hamster

Hamster adalah hewan pengerat yang tidak diragukan lagi terkait dengan tikus. Ada banyak spesies hamster yang ditemukan di Asia dan Eropa.

Bentuk tubuh hewan yang satu ini mirip dengan bola bulu, bahkan ekornya pun kecil. Alhasil, tak heran jika banyak anak senang membuat hewan peliharaan.

Warna hewan ini bervariasi tergantung pada spesies hamster. Ada berbagai hewan peliharaan untuk dipilih, termasuk putih, coklat, hitam, abu-abu, dan fakta lucu bahwa ada juga warna merah. Perawatannya sangat sederhana; cukup beri makan dan bersihkan kandang secara rutin.

Marmut

Berbicara tentang hamster tidak akan lengkap tanpa menyebutkan babi guinea. Kedua hewan ini sekilas terlihat memiliki bentuk dan ciri yang sama.

Ukuran tubuh marmot yang lebih besar dari hamster menunjukkan perbedaannya dengan cukup jelas.

Marmut memiliki kepribadian berbeda yang memikat orang untuk memeliharanya. Entah itu telah berteman atau sengaja dibiakkan untuk dijual kembali.

Babi Guinea, tidak seperti hamster, lebih ramah kepada pemiliknya. Bahkan bisa diajak bermain tanpa takut diusir.

Ayam Cemani

Ayam cemani adalah hewan peliharaan yang berasal dari jenis ayam lokal; Ayam ini merupakan endemik Indonesia.

Ciri khas ayam cemani adalah seluruh tubuhnya berwarna hitam legam, mulai dari bulu hingga kaki hingga kepala.

Beberapa ayam memiliki daging dan tulang hitam juga. Alhasil, tak heran jika banyak orang yang memeliharanya sebagai hewan langka. Satu Ayam Cemani bisa dibeli dengan harga sekitar 40 juta rupiah.

Bukankah itu nominal yang fantastis hanya untuk satu ekor ayam? Hewan ini hanya dipelihara oleh beberapa orang saja.

Menurut kepercayaan populer, ayam ini memiliki kemampuan unik untuk membawa makanan pemiliknya. Terlepas dari kenyataan bahwa itu adalah mitos, banyak orang mempercayainya.

Ayam Onagadari

Ayam Onagadari

Ayam onagadari adalah jenis ayam asli Jepang. Sejak abad ke-16 M, ayam ini telah dipelihara di Jepang.

Sementara di Indonesia semakin populer. Satu ekor ayam bisa berharga mulai dari satu hingga jutaan rupiah.

Ciri khas ayam ini adalah memiliki bentuk dan ekor yang sangat panjang, dengan satu ekor ayam mencapai panjang 15 hingga 20 meter. Hanya saja di Indonesia, ayam ini hanya memiliki ekor 1 hingga 2 meter saja.

Hal ini disebabkan oleh perbedaan lingkungan dan jenis makanan yang tersedia. Namun, jika kamu memelihara Ayam Onagadari sebagai hewan peliharaan, rasanya sangat enak.

Kelinci New Zealand White

Kelinci Putih Selandia Baru dipilih sebagai hewan peliharaan berikutnya. Menurut cerita yang ada, kelinci yang satu ini dibawa oleh Belanda pada masa penjajahan dan sejak itu sudah banyak ditemukan di berbagai wilayah Indonesia.

Kelinci ini bertubuh cukup besar. Bahkan satu ekor bisa mencapai berat hingga 5 kg. Banyak orang Indonesia yang sengaja memelihara hewan ini sebagai hewan makanan olahan.

Namun banyak orang yang menjadikannya sebagai kelinci hias karena bulunya yang berwarna putih bersih dan unik.

Kelinci ini sangat sederhana untuk dirawat dan dikembangbiakkan. Seekor kelinci New Zealand White dapat melahirkan hingga 12 ekor dalam sekali kelahiran. Bukankah itu banyak?

Kelinci Lion Head

Kelinci Kepala Singa, seperti namanya, adalah hewan peliharaan yang populer karena memiliki penampilan yang lucu dan warna oranye singa.

Dengan wajah bulat, telinga tumbuh lurus ke atas. Bulu pada kelinci ini sangat lebat, dengan tekstur yang halus dan lembut saat dipegang.

Selain itu, ukuran tubuhnya yang tidak terlalu besar menjadikan kelinci ini pilihan yang sangat baik untuk hewan peliharaan.

Berat kelinci ini berkisar antara 1 hingga 2 kg. Pemeliharaannya mudah karena tidak memerlukan kandang yang besar dan makanannya mudah didapat, seperti wortel dan sayuran lainnya.

Kelinci Netherland Dwaf

Karena ukurannya yang kecil dan bulunya yang tebal, kelinci Dwaf Belanda ini banyak dibudidayakan dan dipelihara sebagai hewan peliharaan.

Selanjutnya, penampilan tubuh yang diberikan lucu. Kelinci ini berasal dari Negeri Kincir Angin, atau Belanda, dan sejak itu menyebar ke seluruh Eropa dan Asia.

Kelinci ini sudah ada di Indonesia sejak lama karena diperkenalkan oleh Belanda pada masa penjajahan kolonial dari abad ke-18 hingga ke-19.

Sayangnya, jenis kelinci ini semakin langka, tetapi masih cukup umum di Indonesia. Perawatan yang diberikan sama seperti kelinci lainnya.

MusanMusang

Manusia sering menggunakan musang sebagai hewan untuk menyeleksi biji kopi yang berkualitas, khususnya musang pandan, yang sangat ahli membedakan biji kopi yang berkualitas.

Ferrets, di sisi lain, memiliki keunikan tersendiri sebagai hewan peliharaan bagi pecinta binatang. Wajahnya lucu, dan ekornya panjang dan berwarna-warni dengan pola yang menarik.

Selain itu, musang adalah hewan yang cerdas dan ramah bagi manusia, menjadikannya ideal untuk dipelihara.

Jenis musang yaitu Musang Akar, Musang Bulan, Musang Rase, dan Musang Binturung saat ini merupakan beberapa jenis musang yang banyak dipelihara oleh para pecinta hewan Indonesia.

Sugar Glider

Sugar Glider adalah hewan nokturnal asli Indonesia bagian timur, khususnya Maluku dan Papua. Hewan ini berukuran kecil, dan karena ukurannya yang kecil, ia dapat masuk ke dalam saku baju pemiliknya. Hewan ini hadir dalam tiga warna berbeda: hitam, putih, dan coklat.

Sugar Glider saat ini sangat populer, dan ada beberapa komunitas penggemar Sugar Glider dari seluruh nusantara. Hal ini bukan tanpa alasan, karena hewan ini mudah dirawat dan memiliki bentuk yang lucu.

Burung Hantu

Burung hantu adalah salah satu dari sedikit hewan yang bisa memutar kepalanya 180 derajat. Hewan ini juga khas karena bentuk wajahnya yang menakutkan dan bulunya yang halus. Banyak orang menyukainya dalam hal ini.

Banyak orang saat ini menganggap burung beo sebagai hewan peliharaan yang sangat baik. Jinak. Karena jika hantu sudah lama dekat dengan tuannya, meskipun baru dilepas, burung ini tidak akan pernah kabur.

Burung Kakak tua

Hampir semua orang pernah mendengar tentang spesies burung Kakak Tua ini, habitat asli dan alami dari burung kakak tua ini meliputi Indonesia bagian Timur, Australia, serta Papua Nugini.

Menurut data yang ada, burung ini merupakan salah satu burung dengan kecerdasan di atas rata-rata. Beberapa bahkan memiliki kemampuan untuk meniru suara manusia.

Burung kakak tua sengaja dipelihara bukan hanya karena kecerdasannya, tetapi juga karena keragaman jenis, karakteristik, dan spesiesnya.

Bentuk paruh, jenis bulu, dan bentuk jambul yang khas merupakan ciri khas yang menarik perhatian burung dari masyarakat.

Love Bird

Love BirdLove Bird

Love Bird adalah nama jenis burung yang akhir-akhir ini semakin populer, karena banyak para pecinta burung yang menganggapnya sebagai hewan peliharaan.

Love Bird memiliki bulu yang indah dengan berbagai macam warna. Warna merah dan hijau mendominasi bulu yang berwarna-warni. Burung sangat mudah dirawat dan berkembang biak, sehingga ideal untuk kamu pelihara.

Burung Kenari

Kenari merupakan salah satu burung yang sangat tahan terhadap warna dan kicauannya. Banyak penggemar burung memiliki lebih dari satu burung ini.

Karena jenisnya yang begitu banyak, burung ini sangat cocok untuk kamu sebagai hewan peliharaan. Burung ini dapat ditemukan di berbagai habitat alami, termasuk Eropa dan Asia.

Burung Jalak

Jalak adalah hewan ke-27 yang dapat dipelihara sebagai hewan peliharaan; hewan ini memiliki suara yang nyaring dan nyaring. Burung ini hadir dalam berbagai varietas dan spesies, khususnya di Indonesia.

Namun, beberapa jenis burung jalak tidak bisa dipelihara karena dilarang oleh pemerintah dengan alasan keberadaannya sudah terancam punah. Jalak Bali adalah jenis burung jalak langka dengan hanya beberapa jenis burung di habitat aslinya.

Ikan Mas

Ikan mas banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia, baik untuk tujuan hias maupun untuk konsumsi.

Karena saat dimasak, ikan ini memiliki rasa yang sangat enak. Ikan mas telah tersebar luas di berbagai perairan di Indonesia, dan juga ditemukan di negara-negara Asia lainnya.

Warna ikan mas kuning-coklat, yang sangat mirip dengan warna emas. Tidak hanya itu, Ikan Masa memiliki beberapa jenis yang dapat dikonsumsi, serta beberapa jenis lainnya yang dapat dijadikan sebagai ikan hias.

Ikan Cupang

Ikan cupang yang juga dikenal dengan ikan aduan merupakan salah satu ikan yang kecantikannya tidak perlu lagi kamu pertanyakan.

Warna tubuhnya cerah dan indah, serta bentuk sirip ekornya membuat banyak orang ingin memeliharanya sebagai hewan peliharaan. Jangan heran jika ikan cupang populer baik di Indonesia maupun di tempat lain.

Ikan Arwana

Ikan Arwana

Ikan arwana merupakan spesies hewan endemik dari Indonesia dengan bentuk yang indah dan warna kemerahan.

Sayangnya, hewan ini sekarang sudah sangat sulit untuk dipelihara karena jarang ditemukan di habitat aslinya.

Apalagi harga ikan arwana cukup mahal. Salah satu kesulitan dalam memelihara ikan ini sebagai hewan peliharaan di akuarium adalah biayanya.

Ikan Guppy

Hewan yang cocok untuk dipelihara di rumah, yang terakhir adalah ikan guppy. Ikan guppy adalah jenis ikan dengan bentuk yang sangat kecil dan palet warna yang sangat beragam dan indah.

Pola di tubuhnya sangat menarik, dan pecinta ikan tidak bisa menolak untuk memilikinya sebagai hewan peliharaan.

Ikan ini sudah terkenal di seluruh dunia, dan banyak orang di Indonesia yang memeliharanya. Karena dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan hidupnya, ikan ini sangat mudah untuk dirawat dan dikembangbiakkan.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai beberapa hewan yang cocok untuk dipelihara di rumah untuk menemani kamu agar kamu tidak merasa sendirian ketika dirumah. Bagaimana, Sobat kekinian? Hewan mana yang ingin kamu pelihara?

Demikianlah artikel mengenai Hewan yang Cocok Untuk Dipelihara di Rumah dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */