Rahasia Cara Ampuh Mengusir Tikus Dirumah

Infokekinian.com – Tikus merupakan hewan yang kotor dan jorok, kehadirannya didalam rumah tentu sangat menganggu. Maka dari itu kami membagikan sebuah rahasia cara ampuh mengusir tikus dirumah.

Rumah yang indah dan nyaman adalah rumah yang bebas tikus. Ya, kalimat ini mungkin menjadi mimpi buruk bagi sebagian orang yang hidupnya terus menerus diganggu oleh hewan pengerat yang satu ini.

Cara Mengusir Tikus Dengan Bahan Alami

Selain mencuri makanan yang ditinggalkan di meja secara tidak sengaja, tikus juga sering merusak properti rumah, terutama yang terbuat dari kayu.

Bagi kamu yang mengalami masalah ini, ada banyak cara untuk mengusir tikus yang bisa kamu coba.

Tidak perlu menggunakan perangkap atau alat lain karena beberapa bahan alami di dapur kamu dapat digunakan untuk mengusir hewan yang sering tinggal di selokan atau area kotor lainnya.

Cara Mengusir Tikus Dengan Bahan Alami

Berikut adalah beberapa bahan alami yang akan menjauhkan tikus dari rumah kamu:

1. Bubuk Kopi

Bubuk kopi adalah bahan alami pertama yang bisa kamu gunakan. Bubuk yang digunakan untuk minuman ini memiliki aroma yang kuat, dan tikus termasuk hewan dengan penciuman yang tajam.

Tikus, di sisi lain, tidak menyukai aroma harum bubuk kopi ini. Akibatnya, ketika tikus mencium bubuk kopi, mereka akan menghindari atau menghindari sumber aroma tersebut.

Untuk mengusir tikus dengan ampas kopi, ikuti langkah berikut:

  1. Pastikan kamu memiliki bubuk kopi hitam yang cukup
  2. Taburkan bubuk kopi di area di mana tikus mungkin berkumpul.

Bukankah itu sederhana? Agar lebih efektif, taburi ampas kopi pada sore hari agar pada saat tikus beraktivitas di malam hari dapat mencium aroma kopi.

2. Cangkang Telur

Jika kamu biasanya membuang kulit telur setelah dimasak, cobalah untuk menyisihkannya kali ini. Barang-barang yang kamu anggap sampah juga efektif untuk mengusir telur.

Cara ampuh mengusir tikus menggunakan bercangkang telur sangat mudah, sebagai berikut:

  1. Pertama, kumpulkan kulit telur secukupnya
  2. Buat blender atau penghancur
  3. Cangkang telur kemudian harus dikeringkan di bawah sinar matahari atau di oven
  4. Setelah kulit telur benar-benar kering, haluskan sampai menjadi bubuk
  5. Taburkan bubuk kulit telur di sekitar rumah.

Tikus akan meninggalkan rumah kamu dalam hitungan hari, jika tidak berjam-jam. Kulit telur tidak hanya mengusir tikus, tetapi juga mengusir kecoa dan semut!

3. Buah Mengkudu

Buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ini bisa kamu manfaatkan untuk mengusir tikus.

Lantas, bagaimana buah mengkudu bisa dijadikan pengusir tikus di rumah? Lihat cara melakukannya di bawah ini:

  1. Untuk memulai, potong buah mengkudu menjadi potongan-potongan kecil
  2. Selanjutnya, letakkan potongan buah mengkudu di setiap sudut rumah yang diduga sarang tikus dan sering dilewati tikus
  3. Tikus diduga tidak menyukai bau dan rasa buah mengkudu, sehingga jika ditemukan di sarangnya akan langsung pergi. Ganti buah mengkudu kering secara rutin.

4. Bawang Putih

Bawang Putih

Siapa sangka bumbu dapur dengan manfaat tambahan membunuh bakteri ini juga bisa digunakan sebagai pengusir tikus?

Bau bawang putih yang menyengat, seperti bahan lainnya, sangat tidak disukai oleh tikus, dan mereka akan melarikan diri dari area tersebut jika mereka mendeteksi bau bawang putih.

Sangat mudah menggunakan bawang putih sebagai pengusir tikus; cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Siapkan kain kasa untuk membungkus bawang putih
  2. Setelah itu, potong bawang putih menjadi potongan-potongan kecil
  3. Bungkus bawang putih dengan erat di kain yang sudah disiapkan sebelumnya
  4. Tempatkan potongan bawang putih di berbagai area tempat tikus berkumpul. Perhatikan bawang putih selama beberapa hari untuk melihat apa yang terjadi.

5. Daun Sirsak

Daun sourdough adalah yang berikutnya. Meskipun daun sirsak memiliki aroma yang tidak menyengat bagi manusia, tikus mempersepsikannya secara berbeda.

Indera penciuman tikus yang tajam memungkinkan hewan berekor panjang ini mendeteksi daun sirsak, yang tidak disukai tikus.

Karena daun sirsak mengandung zat perangsang yang mengeluarkan bau tidak sedap. Untuk menghilangkan aroma dari daun sirsak, bahan ini harus dihaluskan terlebih dahulu. Berikut cara ampuh mengusir tikus dengan daun sirsak:

  1. Buatlah beberapa lembar daun sirsak
  2. Robek atau haluskan daun sirsak menjadi potongan-potongan kecil
  3. Simpan di tempat yang dipenuhi tikus
  4. Jika akan diblender, bungkus daun sirsak dengan kain kasa terlebih dahulu
  5. Daun sirsak segar harus digunakan sebagai pengganti daun sirsak kering
  6. Tikus tidak akan kembali ke rumah kamu jika kamu konsisten mengganti daun sirsak.

6. Daun Mint

Daun mint digunakan dalam masakan sebagai pemanis untuk meningkatkan penampilan atau rasa masakan.

Tapi, selain perannya yang penting dalam memasak, daun mint memiliki manfaat lain yang sangat signifikan bagi rumah tangga, di antaranya kemampuan mengusir tikus dengan cepat.

Daun mint segar menjijikkan bagi tikus. Selanjutnya, aroma yang dikeluarkan oleh daun dengan sensasi rasa mentos ini sangat kuat. Berikut cara menggunakan daun mint sebagai pengusir tikus:

  1. Dalam blender, hancurkan daun mint. Tambahkan sedikit air
  2. Isi semprotan dengan hasil campuran
  3. Semprotkan area tempat tikus berkumpul dengan campuran daun mint dan air
  4. Lakukan ini sekali atau dua kali sehari.

7. Cuka Putih dan Kapas

Ramuan ampuh untuk menghilangkan bau amis pada ikan atau daging ini juga sangat ampuh membasmi tikus.

Bau cuka dapur yang kuat akan dengan mudah mengusir dan menghalangi tikus untuk kembali. Cara Menghilangkan Tikus Menggunakan cuka dan kapas sedikit lebih sulit dan memakan waktu, sebagai berikut:

  1. Siapkan wadah, serta sarung tangan katun dan karet
  2. Selanjutnya, gunakan kain pel dan air bersih untuk membersihkan area yang sering dilalui tikus
  3. Jika tidak ada kotoran di atasnya, rendam kapas dalam cuka (sebaiknya gunakan sarung tangan kamu)
  4. Biarkan bola kapas mengering di sarang tikus. Ganti bola kapas bekas dengan yang baru.

Ulangi proses ini sampai tikus tidak lagi terlihat di rumah kamu. Ingatlah untuk memakai sarung tangan karena kandungan asam cuka dapat membahayakan kesehatan dan kecantikan kulit tangan kamu.

8. Kantong Teh Bekas

Kantong Teh Bekas

Jika biasanya kamu membuang teh celup bekas seperti cangkang telur, kini kamu bisa memanfaatkan limbah dapur ini sebagai pengusir tikus.

Tapi bukan sembarang kantong teh yang bisa digunakan untuk mengusir tikus, tapi kantong teh yang berisi daun peppermint. Indra tikus akan menjadi kabur akibat aroma peppermint yang menyengat.

Ini sangat mudah digunakan, cukup letakkan kantong teh bekas di sarang tikus atau area yang sering dilalui tikus. Selalu ganti kantong teh bekas yang masih basah dengan kantong teh kering.

9. Merica

Perlu kamu ketahui bahwa rempah-rempah asal Indonesia yang juga dikenal dengan nama lada hitam ternyata ampuh mengusir tikus!

Jadi, selain memiliki rasa yang kuat, lada mengeluarkan aroma kuat yang mengganggu penciuman tikus.

Tikus tidak menyukai aroma pedas dari bumbu dapur ini. Hal ini juga sangat sederhana untuk digunakan. kamu bisa menggunakan merica bubuk atau merica utuh.

Kemudian taburkan merica pada area yang sering dilewati tikus, dan tikus tidak akan melewati area tersebut lagi dalam hitungan hari.

10. Cengkeh

Cengkih mungkin memiliki aroma yang harum bagi manusia, sehingga tidak heran jika rempah ini sering digunakan sebagai bumbu tambahan.

Selain itu, cengkeh sering ditambahkan ke minuman hangat karena memiliki kemampuan untuk merilekskan tubuh. Tapi tikus berbeda; hewan pengerat ini tidak menyukai bau cengkeh.

Kamu tentu saja dapat memanfaatkan ini. Untuk mengusir tikus dengan cepat, gunakan cengkeh. Berikut rahasia cara ampuh mengusir tikus dirumah menggunakan cengkeh:

  1. Pastikan kamu memiliki cukup cengkeh dan kain kasa
  2. Keringkan cengkeh dengan membungkusnya dengan kain kasa
  3. Setelah itu, letakkan cengkeh di sudut ruangan tempat tikus sering berkumpul.

Pastikan untuk menggunakan cengkeh yang benar-benar kering jika kamu ingin aroma cengkeh ini benar-benar tercium. Selanjutnya, kain kasa tidak perlu berlapis-lapis.

11. Kulit Jengkol

Siapa disini yang suka makan jengkol? Meskipun memiliki bau yang tidak sedap, beberapa orang menikmati jengkol dan menganggapnya sebagai perangsang nafsu makan yang kuat.

Tidak perlu khawatir di sini; kamu harus menggunakan makanan favorit kamu, ya! Karena hanya kulit yang digunakan di sini.

Berikut rahasia cara ampuh mengusir tikus dirumah dengan memanfaatkan kulit jengkol:

  1. Siapkan kulit jengkol dengan seksama
  2. air secukupnya
  3. Siapkan juga blender dan wadah semprot
  4. Jika semua bahan dan alat sudah siap, gunakan blender untuk menghaluskan kulit jengkol.
  5. Campurkan dengan air
  6. Kocok semprotan dengan campuran kulit jengkol dan air
  7. Semprotkan larutan air kulit jengkol pada area yang sering didatangi tikus atau sarangnya.

Jangan khawatir, air jengkol ini tidak akan membuat rumah kamu bau! kamu juga dapat menggunakan pengharum ruangan untuk meningkatkan antisipasi.

12. Bedak Bayi

Bedak Bayi

Siapa sangka bedak bayi yang biasa digunakan untuk mempercantik kulit anak ternyata juga bisa digunakan untuk mengusir tikus di rumah?

Tapi ada apa dengan bedak bayi yang membuatnya begitu efektif untuk mengusir tikus? Hewan pengerat khusus ini tidak menyukai aroma bedak bayi yang harum dan segar.

Selain itu, bedak bayi memiliki bau yang menyengat. Ini juga sangat mudah digunakan; cukup taburkan bedak bayi secukupnya pada area yang sering didatangi tikus.

kamu dapat menaburkan lebih banyak jika kamu menginginkan hasil terbaik. Lagi pula, semakin banyak bedak bayi yang kamu gunakan, semakin harum rumah kamu. Tapi ingat jangan gunakan bedak bayi di dekat makanan!

13. Durian

Bukan rahasia lagi kalau durian memiliki aroma yang kuat, apalagi jika sudah matang sempurna. Tikus tidak menyukai aroma tajam buah ini, yang dikenal sebagai raja buah!

Tapi jangan khawatir, bukan dagingnya yang harus digunakan untuk mengusir tikus. Sayang sekali bahwa hewan pengerat ini harus diberi makan daging yang begitu lezat. kamu hanya perlu menggunakan kulit durian; aromanya tetap kuat.

Letakkan kulit durian di tempat yang menyerupai sarang tikus. Buang setelah kulit durian mengering. kamu juga dapat menggunakan biji durian untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

14. Kamper

Jika sebelumnya kamu pernah menggunakan bedak bayi untuk mengusir tikus, kini kamu bisa mencoba item yang lebih wangi, yaitu kapur barus. Kamper ini, juga dikenal sebagai kamper, memiliki bau yang sangat kuat, yang dibenci tikus.

Kamper harus disimpan di sudut ruangan atau di area di mana tikus dapat berkumpul. Biarkan kapur barus menguap dan aromanya akan memenuhi ruangan. Eits, pastikan benda ini jauh dari makanan!

15. Smartphone

Siapa di zaman sekarang ini yang tidak memiliki smartphone? Hampir setiap orang memiliki perangkat elektronik serbaguna ini.

Ya, smartphone bisa dibilang serba guna karena bisa digunakan tidak hanya untuk berkomunikasi tetapi juga untuk melakukan hal-hal yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya, seperti mengusir tikus.

Unduh aplikasi pengusir tikus dari halaman ini untuk menjauhkan hewan pengerat ini dari rumah kamu.

Ya, itu adalah aplikasi pengusir tikus yang menggunakan suara surgawi yang tidak disukai tikus dan membuat mereka merasa tidak nyaman dan bahkan terancam.

Instal aplikasi pengusir tikus sekarang juga dan lihat bagaimana kinerjanya di rumah kamu.

16. Daun Salam

Daun Salam

Kembali ke daun salam, bumbu dapur yang bisa ditemukan hampir di setiap rumah. Ya, bumbu yang biasa digunakan untuk memasak bubur nasi memiliki aroma yang tidak sedap yang tidak disukai tikus.

Ya, meskipun rempah-rempah yang sering dikombinasikan dengan Laos berbau harum bagi manusia, namun tidak harum bagi tikus.

Aroma daun salam akan membuat mereka merasa tidak nyaman dan terganggu. Sayangnya, hanya ada tikus bandel yang memakan daun salam ini. Ini unik karena tidak hanya mengusir tikus tetapi juga membunuh mereka.

Karena daun salam mengandung bahan yang tidak ramah terhadap pencernaan tikus, mereka bisa membunuhnya jika dikonsumsi. Namun, ini tidak instan; biasanya, efeknya terlihat setelah sekitar tiga hari.

Cara Mencegah Peredaran Tikus Masuk Rumah

Bisakah kamu bersantai dan menikmati kenyamanan ini jika masalah tikus kamu di rumah telah teratasi?

Benar-benar tidak! Agar rumah selalu bebas dari tikus, kamu juga harus menjaga agar tikus tidak masuk ke dalam rumah.

Tips pertama yang harus kamu ikuti adalah selalu menjaga kebersihan dan kerapihan rumah. kamu harus menyadari bahwa tikus lebih menyukai lingkungan yang kotor dan terabaikan. Poin penting lainnya yang perlu diingat adalah menjaga agar rumah tetap wangi.

Juga, pastikan tidak ada celah di area kotor rumah kamu, seperti loteng, yang sering menjadi sarang tikus.

Kamu yang menyukai kucing mungkin merasa bahwa memelihara hewan menggemaskan ini adalah cara terbaik untuk mencegah penyebaran tikus di dalam rumah.

Ya, meskipun kucing peliharaan biasanya jinak dan menggemaskan, naluri berburunya tetap ada, dan ini membuat tikus gugup jika melihat kucing.

FAQ

Berikut kami telah merangkum pertanyaan yang biasa dipertanyakan:

Apa Kelemahan Dari Tikus?

Tikus dikenal sebagai hewan yang memiliki kelemahan dengan bubuk cabai, hal itu dikarenakan bubuk cabai mempunyai aroma yang menyengat serta pedas yang dibenci oleh tikus.

Kesimpulan

Itulah informasi mengenai rahasia cara ampuh mengusir tikus dirumah yang bisa langsung kamu coba untuk membantu kamu mengatasi salah satu masalah dirumah.

Karena dengan adanya tikus akan sangat menganggu, baik untuk urusan pemandangan maupun kenyamanan.

Demikianlah artikel mengenai Rahasia Cara Ampuh Mengusir Tikus Dirumah dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */