Cara Cek Penerima Dana BPUM

Infokekinian.com – Apakah kalian tahu bahwa BLT untuk UKM akan cair bulan April ini loh, kami akan memberi tahu cara cek penerima dana BPUM atau BLT untuk UKM. Yuk simak penjelasannya berikut ini ya!

Sebagai imbalan atas upaya mereka, pemerintah akan menyalurkan kembali dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) 2022 UMKM senilai Rp1,2 juta kepada usaha kecil dan menengah (UKM). Untuk penarikannya, kamu hanya perlu mengakses halaman e-form BRI UMKM.

Namun, untuk bisa mendapatkan dana BLT UMKM pada tahun 2022, ada tambahan kriteria yang harus dipenuhi. Tidak semua pelaku UMKM akan mendapatkan dana bantuan pemerintah. Salah satu syarat khusus untuk menerima bantuan ini adalah non-ASN, anggota TNI/Polri, dan pegawai BUMN atau BUMD.

Cara Cek Penerima Dana BPUM (2)

Cek Resi Penerimaan Dana BPUM

Untuk pencairan dana bantuan silahkan cek terlebih dahulu daftar penerimaan BPUM melalui eform BRI. Inilah cara melakukannya secara keseluruhan.

  1. Akses situs eform.bri.co.id/bpum di browser.
  2. Isi Nomor KTP dan Kode Verifikasi.
  3. Kemudian klik Proses Permintaan.

Jika sudah berhasil login, kamu akan mendapatkan informasi apakah sudah mendapatkan bantuan atau belum.

Pada tahun 2022, usaha mikro yang telah terdaftar sebagai penerima BLT UMKM dapat mendatangi kantor BRI dan menerima dana bantuan UMKM sebesar Rp1,2 juta, atau dana dapat ditransfer langsung ke penerima manfaat.

Ketentuan Penyaluran BLT UMKM 2022

Untuk menyalurkan dana BLT UMKM 2022 di bank BRI, tentunya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Apa saja syaratnya?

  1. Simpan bukunya.
  2. Kartu ATM.
  3. KTP asli.

Surat pernyataan yang ditandatangani oleh perangkat desa setempat.

Notifikasi (SMS) notifikasi penerimaan Banpres Produktif (BPUM) itu sendiri. Tidak hanya untuk organisasi yang sudah memiliki rekening BRI/BNI.

Pernyataan Resmi dari Pemerintah Desa – Dana BPUM

Notifikasi (SMS) notifikasi penerimaan Banpres Produktif (BPUM) itu sendiri. Tidak hanya untuk organisasi yang sudah memiliki rekening BRI/BNI.

Silahkan mengisi form isian yang tersedia, seperti NIP, Provinsi, Kabupaten Kota, Satuan Kerja dan Jadwal Antrian.

Isi kode verifikasi.

Nomor referensi akan muncul setelah itu (SIMPAN WAJIB).

Pelanggan hanya perlu datang ke UKO pada hari dan waktu yang telah ditentukan.

Jika jadwal terlewat, pelanggan harus melakukan pemesanan ulang seperti yang dijelaskan

Bagaimana jika BLT UMKM belum terdaftar?

Lantas, bagaimana jika kamu seorang pelaku UMKM tetapi belum terdaftar untuk mendapatkan BPUM? Tidak perlu kecewa, karena kamu tetap bisa mendaftar untuk mendapatkan dana BLT UMKM 2022 senilai Rp1,2 juta ke kantor koperasi dan UKM di wilayahnya masing-masing.

Persyaratan dan cara mendaftar secara pribadi untuk mendapatkan bantuan BLT UMKM adalah sebagai berikut.

Warga negara Indonesia membentuk dunia usaha (WNI)

Sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) (KTP) elektronik.

Nasabah memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan surat lamaran dari calon penerima dan pengusul dari BPUM dengan lampiran yang merupakan satu kesatuan.

Bukan golongan ASN, anggota TNI/Polri, pegawai BUMN/BUMD.

Tidak sedang menerima Kredit Usaha Mikro atau KUR dari bank manapun.

Pendaftaran dengan mengunjungi dinas koperasi dan UKM di masing-masing kabupaten/kota.

Demikian informasi cara cek penerima dan pencairan dana BLT UMKM 2022 melalui eform BRI. Untuk mencairkan dana bantuan UMKM, kamu harus memenuhi semua persyaratan dan mengikuti semua prosedur dengan tepat.

Kesimpulan

Bagi yang merasa UKM kalian bisa di cek bagaimana cara cek penerimaan dana BPUM, dan juga bisa di cek apa saja kira – kira syratanya diatas. Semoga bermanfaat ya!

/* */