Tips Mencari Mitra Bisnis yang Menguntungkan

InfoKekinian.com – Setelah mengenal apa itu mitra bisnis, saat ini waktunya kamu mencari dan mengetahui apa saja tips mencari mitra bisnis yang benar dan tentunya menguntungkan.

Saat mencoba membuat bisnis, diperlukan mitra bisnis, karena dalam hal bisnis ini biasanya kemitraan dapat menciptakan prospek untuk sukses.

Apa itu Mitra Usaha
Misalnya, tidak adanya modal tidak menghalangi operasi bisnis. Kamu bisa menjadi orang yang menginvestasikan uang dalam pertumbuhan bisnis kamu.

Aspek terpenting dalam memilih mitra bisnis adalah bahwa kedua belah pihak harus setuju untuk bekerja sama secara sukarela.

Ya, kemitraan terbentuk tidak hanya pada saat sebuah bisnis mengalami kesulitan keuangan. Untuk mengenal lebih jauh, simak tips mencari mitra bisnis dibawah ini.

Apa itu Mitra Usaha?

Perbuatan bisnis yang dilakukan oleh seseorang atau lembaga yang usahanya untuk mengkomersialkan atau memperluas usahanya disebut sebagai mitra usaha atau business partner.

Pemilik dan mitra bisnis terpilih berkolaborasi untuk mengoperasikan bisnis, sehingga para pihak diharapkan dapat berkontribusi pada kelangsungan bisnis berdasarkan keadaan yang telah ditentukan setelah berkolaborasi.

Secara khusus, usaha kecil akan mendapatkan keuntungan dari membentuk kemitraan dengan perusahaan besar karena mereka memiliki kemungkinan untuk memperoleh keuntungan yang besar.

Perusahaan kecil atau menengah mungkin mendapat untung dari pasar mitra mereka, manajemen keuangan, dan peningkatan teknis.

Tujuan Mitra Usaha

Dengan memasuki kemitraan, sebuah perusahaan berharap untuk mencapai berbagai tujuan. Tujuan tersebut terdiri dari:

1. Membangun Perusahaan

Terbentuknya kemitraan kemitraan dengan usaha lain dengan berbagai ukuran akan sangat menguntungkan. Apalagi bagi kamu yang bisnisnya baru mulai berkembang atau baru saja berdiri.

Dengan mitra bisnis, diharapkan perusahaan kamu akan berkembang. Tidak terbatas pada perolehan pendapatan, tetapi juga termasuk perluasan bisnis dan perluasan jaringan.

Begitu pula bisnis besar yang bisa meningkatkan pendapatannya. Mengingat bahwa usaha kecil lebih gesit dalam operasi bisnis mereka, usaha besar bisa mendapatkan keuntungan dari membentuk kemitraan dengan usaha kecil.

2. Menumbuhkan Perekonomian

Umumnya, hubungan antara mitra bisnis berkontribusi pada kemakmuran ekonomi suatu perusahaan.

Mengapa demikian? Hal ini tentunya dikarenakan adanya koneksi kooperatif mengoptimalkan pencapaian tujuan.

Akan tetapi, pertumbuhan ekonomi pada dasarnya bergantung pada usaha seseorang untuk mengelola usahanya dan melakukan penilaian serta upaya untuk mengembangkannya lebih lanjut.

Kedua belah pihak dapat menerapkan ide-ide yang didiskusikan bersama untuk kemajuan bersama.

3. Menjalin Hubungan Sosial

Siapa sangka mitra bisnis juga terbentuk atas dasar kebutuhan untuk menjalin hubungan sosial yang positif dengan perusahaan lain?

Selain mempromosikan pertumbuhan ekonomi perusahaan, perusahaan sering terlibat dalam upaya kemanusiaan karena alasan sosial.

Cara Memilih Mitra Bisnis

Cara Memilih Mitra Bisnis

Menemukan orang atau organisasi yang tidak hanya siap dan mampu menjalin kemitraan, tetapi juga memiliki tujuan dan filosofi bisnis yang sama biasanya merupakan kunci untuk memilih mitra bisnis yang ideal.

Sehingga, aspek yang paling sulit dalam memilih mitra bisnis yang ideal adalah memperoleh informasi terkait mengenai riwayat bisnis, gaya manajemen, dan metrik relevan lainnya.

Berikut adalah beberapa pertimbangan yang harus dilakukan sebelum menerima mitra bisnis:

Temukan Mitra Bisnis Yang Dapat Di Percaya

Dalam kebanyakan kasus, jumlah kepercayaan di antara mitra adalah satu-satunya aspek terpenting dari setiap kemitraan.

Oleh karena itu, menentukan tingkat kepercayaan mereka merupakan langkah pertama dalam menemukan mitra bisnis yang cocok.

Dalam hal ini mungkin akan melibatkan kamu untuk mempelajari transaksi bisnis masa lalu mitra potensial, menyelesaikan pemeriksaan latar belakang, atau menghubungi mitra dan klien sebelumnya untuk sebagai referensi.

Atasi Masalah Potensial Apa Pun Sebelumnya

Sebelum memasuki perjanjian kemitraan, perlu untuk memeriksa dan menganalisis potensi masalah yang mungkin terjadi di masa depan untuk bisnis dan kemitraan.

Jika calon pasangan kamu tidak dapat mengeksplorasi kemungkinan skenario terburuk, mereka mungkin bukan pasangan yang tepat untuk kamu.

Memahami Semua Aspek Perjanjian Kemitraan

Sebelum menandatangani perjanjian yang mengikat secara hukum, penting untuk memahami setiap aspek dari kolaborasi bisnis.

Biasanya, jauh lebih mudah untuk secara akurat mengidentifikasi tingkat tanggung jawab dan wewenang masing-masing mitra bisnis di muka daripada bernegosiasi ketika timbul kesulitan.

Mintalah Pasangan Calon Mitra Menandatangani Perjanjian

Jika undang-undang negara kamu menganggap semua aset yang diperoleh selama menjalankan bisnis sebagai milik bersama.

Maka calon mitra harus menyetujui dan menandatangani semua ketentuan kemitraan agar dapat terbukti menguntungkan di masa mendatang.

Situasi tertentu, seperti kebangkrutan, dapat mengalihkan sebagian atau seluruh kepemilikan perusahaan, jadi sangat penting agar perjanjian kemitraan tetap tidak berubah jika hal ini terjadi.

Tips Memilih Orang untuk Diajak Menjadi Mitra Bisnis

Tips Mencari Mitra Bisnis
Memilih mitra bisnis ini tidak semudah mencari karyawan, hal ini dikarenakan mitra bisnis harus berada satu level dengan kita.

Oleh karena itu, kamu dan pasangan mitra harus mencapai keseimbangan dan memiliki saling pengertian. Untuk itu, berikut tips mencari mitra bisnis yang menguntungkan:

Memiliki Visi yang Sama

Tampaknya tidak mungkin atau setidaknya cukup menantang untuk menemukan seseorang yang identik dengan kamu.

Meskipun demikian, bukan tidak mungkin untuk bertemu seseorang yang memiliki visi yang sama dengan kamu dan kamu harus mengundang orang-orang yang seperti itulah yang dijadikan sebagai mitra.

Misalnya, kamu menjalankan bisnis sayuran organik. kamu memiliki visi untuk dunia yang lebih sehat di mana sayuran organik dikonsumsi.

Maka, kamu dapat mencari mitra yang memiliki visi terkait kesehatan yang sama.

Integritas Tinggi

Tidak ada artinya memiliki pasangan hebat tapi tidak memiliki integritas. Integritas ini sangat penting karena berfungsi sebagai mesin yang mendorong kita untuk maju.

Integritas ini juga yang menjadi kekuatan untuk terus mencari solusi atas segala permasalahan yang ada dan mitra harus memiliki integritas karena mereka akan saling membantu dalam pengembangan tugas.

Sehingga ia tidak hanya sekedar menumpang makan saja, tetapi juga mempertimbangkan ekspansi perusahaan untuk terus berkembang.

Saling Melengkapi

Seperti yang sudah dikatakan sebekumnya, mitra merupakan individu yang saling melengkapi setiap kekurangan yang ada pada diri kita.

Tetapi mitra yang dipilih pun harus bisa menyembunyikan kelemahan kamu. Sebagai contoh, kamu bagus dalam bidang marketing atau pemasaran, sehingga kamu bisa saja menjadi CMO.

Tetapi, kamu cukup sulit dalam menjaga kualitas produk, sehingga kam harus bisa mencari partner yang mempunyai kapasitas produksi yang kuat.

Saling Menghargai

Mitra ini berbeda dengan karyawan, sehingga kedudukan antara kamu dan mitra pun sama. Maka dari itu, harus ada suasana saling menghormati.

Ketika ada perbedaan sudut pandang, kamu dan pasangan harus saling menghargai pandangan tersebut.

Jujur

Tujuan utama mencari mitra bisnis adalah untuk mencapai kesuksesan dalam organisasi yang sama, untuk itu diperlukan kejujuran.

Karena kejujuran inilah yang akan membuat kamu dan pasangan akan memenuhi uraian tugas masing-masing dengan penuh tanggung jawab.

Contoh-contoh Mitra Usaha yang Ada

Jika saat ini kamu berada dalam posisi non-pemilik dan ingin menjalin kemitraan bisnis di Indonesia, ada sejumlah kemitraan yang dapat kamu ikuti dan sahkan. Berikut adalah daftar contoh mitra usaha:

Kemitraan Waralaba Minimarket

Kemitraan Waralaba Minimarket
Kerja sama ini sudah lama menjamur di Indonesia, dari kota-kota terbesar hingga desa-desa paling terpencil. Contohnya seperti Alfamart, Indomaret, Family Mart, dll.

Menurut laporan, dibutuhkan minimal sekitar 100 juta rupiah untuk bergabung dalam kerjasama ini untuk pendanaan hak cipta, membuat satu unit waralaba, dan mengirimkan produk selama beberapa bulan.

Di sini kamu dapat menghubungi bagian kemitraan waralaba di Indonesia jika kamu tertarik, berikut adalah kontak informasinya:

  1. Indomaret: (021) 1500 580
  2. Alfamart: (021) 5575 5966

Kemitraan Pom Bensin

Pernahkah kamu menjumpai SPBU Pertamina yang hanya memiliki empat set dispenser bensin? Jika demikian, itu mungkin hasil dari kolaborasi Pertamina.

Dalam hal ini terdapat kode unik yang dimiliki mitra untuk mengidentifikasi siapa pusat dan siapa mitra.

Biaya untuk membangun 1 kemitraan ini akan melebihi 100 juta. Jika kamu tertarik, silakan kunjungi website http://spbu.pertamina.com/

Kemitraan Warung Provider Pulsa

Kamu ingin memiliki usaha tapi terkendala dengan modal yang sediki? Tenang! Kamu masih dapat menjalin kemitraan dengan provider-provider data pulsa atau internet.

Kamu bisa membuka kerjasama ini hanya dengan toko kecil atau bahkan emperan, bahkan kamu bisa menambahkan produk bisnis kamu berupa aksesoris gadget seperti charger, headset, headphone, baterai smartphone, lapisan anti gores, casing handphone, dan lain sebagainya.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang biasa dipertanyakan:

Mitra Bisnis Artinya Apa?

Dikutip dari KBBI, mitra bisnis merupakan partner atau rekan dalam menjalankan bisnis.

Dimana kita akan bekerjasama dalam mengatur SM, mempersiapkan infrastruktur perusahaan, mengelola arus keuangan, dan lain sebagainya.

Bagaimana Cara Menjalin Kerjasama dengan Pihak Lain?

Berikut adalah cara untuk menjalin kerjasama dengan pihak kemitraan:

  1. Tentukan tujuan bersama
  2. Kenali karakter setiap anggota
  3. Rajin komunikasi serta mengobrol dengan rekan satu tim
  4. Melakukan aktivitas di luar kantor bersama
  5. Menentukan aturan dalam tim
  6. Adakan evaluasi setiap satu atau dua minggu sekali.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai tips mencari mitra bisnis yang lengkap dengan contoh beberapa kemitraan yang bisa kamu ajukan yang tentunya dapat menguntungkan.

Dan yang terpenting jika kamu ingin memulai kerjasama dalam berbisnis, kamu harus mencari tahu detail mengenai calon mitra bisnis yang ingin kamu gandeng.

/* */