Whatsapp: Pengertian,fitur, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan

Infokekinian.com – Berikut ini adalah informasi mengenai whatsapp: pengertian,fitur, manfaat, kelebihan dan kekurangan yang sedang kamu cari. Simak artikel ini untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Salah satu aplikasi penting bagi pengguna smartphone modern adalah media sosial yang berbasis pesan instan.

Informasi dan komunikasi sangat penting untuk mendukung produktivitas dan interaksi sosial, yang keduanya tidak diragukan lagi akan sangat dibutuhkan.

Salah satu aplikasi pesan instan terpopuler di Indonesia adalah WhatsApp. Di Indonesia, WhatsApp menjadi metode komunikasi yang disukai lebih dari 83 persen pengguna internet.

Apa itu WhatsApp

Selain itu, menurut data terbaru dari Februari 2020, WhatsApp memiliki dua miliar pengguna di seluruh dunia.

Menurut statistik ini, WhatsApp melampaui pengguna pesan instan lainnya seperti Telegram, LINE, dan WeChat dalam hal basis data.

Namun, beberapa pengguna juga menginstal aplikasi pesan instan tambahan, termasuk Telegram, LINE, dan yang serupa.

Di Indonesia, pengguna WhatsApp mendominasi, dan sebagian besar penyebaran informasi dan komunikasi termasuk bisnis, pembelajaran, percakapan pribadi, dan pertemuan komunitas/grup terjadi melalui WhatsApp.

Jika kamu ingin mempelajari lebih lanjut tentang apa itu WhatsApp, baca terus. kamu dapat melihat deskripsi menyeluruh tentang tujuan, latar belakang, dan manfaat WhatsApp.

Apa itu WhatsApp

Teknologi Voice over IP (VoIP) digunakan oleh WhatsApp Messenger, aplikasi pesan instan lintas platform gratis milik Facebook, Inc.

Pengguna dapat membuat satu sama lain melalui pesan teks dan suara, panggilan suara (audio) dan video, dan berbagi gambar, video, dokumen, lokasi, dan format media lainnya.

Platform seluler seperti Android, iOS, Windows Phone, BlackBerry OS, dan lainnya mendukung penggunaan aplikasi WhatsApp.

Jika komputer dan internet sedang online, WhatsApp juga dapat digunakan di komputer desktop melalui browser web.

WhatsApp juga telah merilis WhatsApp Business, versi baru yang diperkenalkan khusus untuk UKM dan bisnis skala kecil lainnya.

Ketersediaan WhatsApp Business akan meningkatkan kemampuan perusahaan atau lini bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan yang menggunakan aplikasi.

Sejarah WhatsApp

Brian Acton dan Jan Koum, dua mantan Yahoo! karyawan, mendirikan WhatsApp pada tahun 2009.

Setelah berlibur di AS, Brian Acton dan Jan Koum keluar dari Yahoo pada September 2007. kamu kemudian mencoba melamar pekerjaan di Facebook tetapi ditolak.

Setelah membeli iPhone dan melihat kemungkinan aplikasi App Store, sebuah konsep baru muncul.

Saat mengunjungi teman Koum, Alex Fishman di West San Jose, California, Koum dan Acton mulai berbicara tentang membuat aplikasi perpesanan.

Kamu akhirnya memutuskan untuk membuat aplikasi perpesanan setelah diskusi ini. Fishman mencari developer di RentACoder.com bernama Igor Solomennikov dari Rusia pada saat kamu membutuhkan developer iOS (iPhone).

Istilah WhatsApp

Koum memberi aplikasi WhatsApp sebuah moniker yang diucapkan “What’s Up.” Di California, Amerika, WhatsApp Inc. didirikan pada 24 Februari 2009.

Koum ingin menyerah karena kemampuan iPhone yang terbatas, tetapi Acton membujuknya untuk menunggu beberapa bulan lagi.

IPhone memperkenalkan pemberitahuan push pada bulan Juni 2009, memungkinkan pengguna untuk dihubungi bahkan ketika kamu tidak menggunakan aplikasi.

Dengan hadirnya kemampuan tersebut, Koum mulai melakukan penyesuaian yang akhirnya membuat WhatsApp mulai menarik minat pengguna iPhone.

Dengan peningkatan pengguna menjadi 250.000, WhatsApp 2.0 dirilis. Versi global WhatsApp akhirnya tersedia di iPhone App Store pada November 2009 setelah menghabiskan beberapa bulan dalam versi beta.

Pada awal 2011, WhatsApp menjadi salah satu aplikasi paling populer di App Store setelah menambahkan kemampuan untuk bertukar foto pada Desember 2009.

Manfaat WhatsApp

Sekitar 200 juta pengguna secara aktif menggunakan WhatsApp pada Februari 2013. WhatsApp dibeli oleh Facebook, Inc. seharga $19 miliar dalam bentuk tunai dan saham pada Februari 2014.

Pengguna awalnya kecewa dengan akuisisi tersebut, dan beberapa dari kamu beralih ke aplikasi alternatif seperti Telegram dan GARIS. WhatsApp memiliki 600 juta pengguna pada Agustus 2014, sehingga waktu hampir habis.

Sebuah fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk membuat cerita serupa dengan yang ada di Snapchat dan Facebook diperkenalkan oleh WhatsApp pada 24 Februari 2017.

WhatsApp memperkenalkan fitur “Dark Mode” untuk smartphone Android dan iPhone dalam beberapa bulan pertama tahun 2020.

Pengguna dapat menggunakan opsi ini untuk membuat obrolan terlihat lebih gelap sehingga mata kamu tidak lelah.

Media pendidikan dan pembelajaran

Fitur dan Manfaat WhatsApp

WhatsApp adalah aplikasi chatting yang berfungsi sebagai alat komunikasi sekaligus untuk bisnis, hiburan, dan pendidikan.

Ada kemungkinan bahwa WhatsApp akan terus menambahkan kemampuan pembayaran di masa mendatang untuk memperluas jangkauan kemampuannya.

Berikut ini ada beberapa fitur dan manfaat whatsapp:

1. Media komunikasi personal dan grup

WhatsApp memainkan peran penting dalam berkomunikasi baik untuk orang dan kelompok sebagai aplikasi pesan instan.

Pengguna dapat melakukan panggilan audio dan video, mengirim pesan teks, gambar, audio, video, dan dokumen menggunakan WhatsApp.

Pengguna WhatsApp juga dapat langsung atau secara berkala berbagi lokasi kamu satu sama lain. Komunikasi grup antar pengguna juga dimungkinkan. Pengguna juga dapat melakukan panggilan video dalam grup kecil dengan fungsi terbaru.

2. Media pendidikan dan pembelajaran

WhatsApp digunakan sebagai alat belajar mengajar karena membuat komunikasi menjadi sederhana.

WhatsApp digunakan oleh banyak organisasi, termasuk sekolah, universitas, dan fasilitas pelatihan, sebagai tempat belajar dan berbagi informasi, baik secara pribadi maupun kelompok.

Anak-anak kini diwajibkan belajar online dari rumah menggunakan aplikasi WhatsApp akibat pandemi COVID-19.

3. Media bisnis

Banyak pelaku bisnis yang juga memanfaatkan WhatsApp untuk memesan barang dan jasa, menyebarkan informasi, dan melakukan pemasaran.

Para pebisnis biasanya menggunakan fitur cerita untuk mempromosikan produk melalui ulasan bisnis.

WhatsApp versi bisnis juga telah tersedia sehingga para profesional di dunia bisnis dapat menanggapi komunikasi dengan lebih efektif.

Pengguna WhatsApp Business dapat memodifikasi fitur balasan otomatis untuk memasukkan jam operasional, sehingga cocok untuk kebutuhan bisnis.

4. Berbagi informasi dan hiburan

WhatsApp dapat dimanfaatkan sebagai sarana berbagi informasi dan hiburan. Dukungan fitur forward akan mempercepat penyebaran informasi dari satu pengguna ke pengguna lain, termasuk grup.

Pengguna dapat memanfaatkan cerita untuk menyampaikan informasi yang mendebarkan atau untuk kesenangan atau penyegaran.

Sejarah WhatsApp

Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp

WhatsApp memiliki banyak kelebihan dan kekurangan. Meskipun fitur-fiturnya sangat mewah bagi pengguna, banyak pengguna masih mengkhawatirkan keamanan dan privasinya.

Kelebihan WhatsApp

Berikut ini ada beberapa kelebihan whatsapp:

  1. Banyak pengguna. Lebih dari 83% pengguna internet di Indonesia menggunakan WhatsApp. Teman-teman kamu mungkin juga menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi sehingga menghubunginya akan jauh lebih mudah.
  2. Sinkronisasi kontak secara otomatis. Ketika pengguna menyimpan kontak baru maka secara otomatis kontak tersebut akan di sinkronkan ke aplikasi WhatsApp. Pengguna tidak perlu lagi menambahkan kontak baru ke WhatsApp satu per satu.
  3. Bisa Backup chat secara otomatis. WhatsApp memiliki fitur backup otomatis dalam sehari pemakaian ke Google Drive. Artinya, pengguna tidak perlu takut ketika menggunakan smartphone baru sedangkan data chat berada di smartphone lama.
  4. Sistem keamanan yang cukup baik. November 2014, WhatsApp menghadirkan fitur enkripsi end-to-end untuk menjamin keamanan sebuah percakapan antar pengguna, baik ketika mengirim pesan, foto, video, hingga panggilan suara dan video.
  5. Pengguna dapat membatalkan pesan. Ketika mengirimkan pesan, pengguna dapat membatalkan atau menarik pesan tersebut dengan catatan masih dalam rentan waktu 7 menit. Lebih dari itu, pengguna tidak dapat melakukannya.

Media bisnis

Kekurangan WhatsApp

Berikut ini ada beberapa kekurangan whatsapp:

  1. Tidak menggunakan sistem cloud. Tidak seperti Telegram yang semua pesan tersimpan di cloud server, sedangkan WhatsApp tidak menyimpan semua data di server. WhatsApp hanya mengizinkan data tersimpan di server selama beberapa waktu, setelah itu data tersebut akan terhapus.
  2. WhatsApp Web tidak bisa digunakan video call. Ketika pengguna membuka WhatsApp lewat browser komputer, pengguna tidak dapat melakukan panggilan audio dan video. Bahkan hadirkan program WhatsApp untuk MacOS dan Windows juga tidak menyediakan panggilan audio dan video.
  3. WhatsApp Web tidak bisa digunakan ketika aplikasi WhatsApp smartphone off. Ketika menggunakan WhatsApp web, pastikan internet dan WhatsApp smartphone dalam keadaan aktif. Jika tidak maka WhatsApp web juga tidak dapat digunakan.
  4. Data pengguna dimanfaatkan Facebook untuk periklanan. WhatsApp memanfaatkan data pengguna seperti nama dan nomor telepon untuk meningkatkan periklanan Facebook agar lebih tertarget. Tidak heran apabila pertemanan Facebook terlihat nama-nama yang ada di kontak WhatsApp.

Fitur Terbaru WhatsApp

Beberapa hari yang lalu, perusahaan induk Meta mengumumkan informasi di situs webnya tentang penambahan fungsi WhatsApp baru ini.

Perusahaan mengklaim bahwa setidaknya lima fitur baru akan ditambahkan ke platform untuk pesan instan di masa depan. Berikut adalah lima fitur terbaru WhatsApp:

1. WhatsApp Communities

Fitur Komunitas WhatsApp ini sebenarnya sudah ada sejak lama; kamu mungkin pernah membacanya di sini.

Tampaknya, bagaimanapun, bahwa implementasi ini akan benar-benar ada segera. kamu dapat dengan mudah menyatukan beberapa grup dalam perusahaan yang sama dengan kemampuan ini.

Sejarah WhatsApp

2. Reactions

Pernahkah kamu merespons di Discord atau Facebook Messenger? Nah, pada dasarnya itulah yang dibuat Meta sebagai salah satu fitur baru untuk WhatsApp. Reaksi dirancang untuk mengurangi spam dalam obrolan, perusahaan berharap.

3. Admin Delete

Saat ini, semakin banyak orang yang memposting pesan acak di grup WhatsApp yang berkonsentrasi pada masalah tertentu.

Alat Hapus Admin memungkinkan admin untuk menghapus pesan dari percakapan secara total untuk mengurangi jumlah informasi yang tidak berguna.

4. File Share

Alat baru ini tampaknya cukup membantu kamu yang ingin bertukar kertas, musik, gambar, atau film. Melalui File Exchange terbarunya, perusahaan ini memungkinkan kamu berbagi file hingga 2GB.

5. Larger Voice Calls

Fitur WhatsApp baru ini memungkinkan kamu untuk memulai panggilan suara dengan hingga 32 peserta, yang sebelumnya tidak diizinkan.

Kesimpulan

Salah satu program yang terus menguasai pasar pesan instan Indonesia adalah WhatsApp. Selain WhatsApp, pengguna mulai mempertimbangkan Telegram, aplikasi yang saat ini menjadi saingan WhatsApp dan diperkirakan akan semakin populer di masa depan.

Demikian artikel mengenai whatsapp: pengertian,fitur, manfaat,kelebihan dan kekurangan. Semoga bermanfaat bagi yang membaca dan dapat menambah informasi yang dicari.