Advertisements

3 Kekurangan Flip Aplikasi Transaksi Antar Bank yang Wajib Diketahui

Advertisements

Meski aplikasi Flip ini memiliki banyak kelebihan dan keuntungan bagi para pengguna, namun ternyata kekurangan Flip masih dapat dirasakan oleh para penggunanya.

Flip merupakan perusahaan yang bergerak di bidang transfer uang antar bank, adalah salah satunya. Banyak bank ternama, antara lain BNI, BNI Syariah, CIMB, CIMB Syariah.

Apa Itu Aplikasi Flip

Mandiri, Mandiri Syariah. BRI, BCA, dan Muamalat. semua bekerja secara langsung dengan Flip.

Advertisements

Pengguna bisa langsung top up terlebih dahulu kemudian meneruskannya ke rekening tujuan.

Fakta bahwa Flip berfungsi sebagai rekening bank virtual berarti dapat digunakan untuk berbagai jenis transaksi keuangan.

Selain itu, pengguna dapat melakukan transaksi selama 24 jam, tetapi Flip akan melanjutkannya selama jam layanan.

Dalam artikel ini, InfoKekinian akan menjelajahi lebih dalam mengenai fitur-fitur, hingga kekurangan Flip yang perlu kamu ketahui.

Apa Itu Aplikasi Flip?

Aplikasi Flip adalah sebuah platform digital yang menyediakan layanan transfer uang secara elektronik.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan transfer dana dari satu rekening ke rekening lainnya, baik dalam negeri maupun lintas negara, melalui perangkat seluler seperti smartphone atau tablet.

Aplikasi Flip membantu memudahkan proses pembayaran, pengiriman uang, dan transaksi keuangan tanpa harus melibatkan uang tunai secara fisik.

Salah satu keunggulan utama dari Aplikasi Flip adalah kemudahan penggunaan dan kecepatan dalam melakukan transfer uang.

Pengguna dapat dengan cepat mengirimkan dana ke anggota keluarga, teman, atau mitra bisnis tanpa harus mengunjungi bank atau menyusun cek fisik.

Selain itu, Aplikasi Flip juga sering dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan seperti pembayaran tagihan, pembelian produk atau layanan, dan pengelolaan dompet digital.

Keamanan juga menjadi fokus penting dalam Aplikasi Flip.

Pengguna sering kali harus melewati proses otentikasi ganda atau kode keamanan untuk memastikan bahwa hanya pemilik akun yang dapat mengakses dan melakukan transaksi.

Ini membantu melindungi informasi pribadi dan dana pengguna dari ancaman kejahatan siber.

Fitur Flip

Fitur Flip

Aplikasi Flip memiliki sejumlah fitur yang dirancang untuk memudahkan pengguna dalam melakukan transfer uang dan transaksi keuangan secara digital.

Berikut adalah beberapa fitur utama yang ditawarkan oleh Aplikasi Flip:

1. Transfer Uang Cepat

Advertisements

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mentransfer dana dari satu rekening ke rekening lainnya dalam hitungan detik.

Proses transfer yang cepat dan instan membantu pengguna untuk mengirimkan uang dengan praktis dan efisien.

2. Pembayaran Tagihan

Aplikasi Flip sering kali dilengkapi dengan fitur pembayaran tagihan, yang memungkinkan pengguna untuk membayar berbagai tagihan seperti listrik, air, telepon, dan lain-lain secara elektronik.

Pengguna dapat menghindari antrian panjang dan melakukan pembayaran dengan mudah melalui aplikasi.

3. Penerimaan Uang

Selain mengirim uang, Aplikasi Flip juga memungkinkan pengguna untuk menerima dana dari orang lain.

Pengguna dapat memberikan informasi rekening atau kode unik kepada pihak yang ingin mengirimkan uang, dan dana tersebut akan langsung masuk ke akun pengguna.

4. Keamanan Tinggi

Keamanan menjadi fokus utama Aplikasi Flip. Fitur otentikasi ganda, kode keamanan, dan teknologi enkripsi digunakan untuk melindungi informasi pribadi dan transaksi pengguna dari ancaman kejahatan siber.

5. Riwayat Transaksi

Aplikasi Flip menyimpan riwayat transaksi pengguna, sehingga pengguna dapat dengan mudah melacak dan mengelola catatan transaksi mereka.

Ini membantu pengguna untuk memantau pengeluaran dan penerimaan uang dengan lebih efektif.

6. Notifikasi dan Pemberitahuan

Pengguna akan menerima notifikasi dan pemberitahuan melalui aplikasi mengenai setiap transaksi yang dilakukan, status pembayaran, atau informasi penting lainnya.

7. Kemudahan Penggunaan

Antarmuka pengguna Aplikasi Flip dirancang untuk mudah digunakan, sehingga pengguna baru sekalipun dapat dengan cepat menguasai cara melakukan transfer uang dan transaksi lainnya.

8. Layanan Pelanggan

Aplikasi Flip sering kali menyediakan layanan pelanggan yang siap membantu pengguna dalam mengatasi masalah atau memberikan informasi yang dibutuhkan terkait penggunaan aplikasi.

Kelebihan Aplikasi Flip

Kelebihan Aplikasi Flip

Berikut adalah beberapa kelebihan dari aplikasi Flip:

1. Bebas Biaya Transfer Antar Bank

Kamu harus mengetahui keuntungannya setelah kamu mempelajarinya. Dengan pertama, uang bisa dikirim ke rekening alias apa saja dengan biaya tidak lebih dari Rp.

Berbeda dengan rekening biasa dimana biaya Rp. 6.500.

2. Akun Penerima Tidak Perlu Memiliki Akun Flip

Kamu juga dapat menerima uang tanpa memiliki akun Flip. Termasuk dalam transaksi keuangan untuk memastikan bahwa uang dikirim ke penerima yang dituju dengan cara yang aman.

3. Bank Terverifikasi di Indonesia

Jika kamu sudah tahu, manfaat yang paling penting adalah terdaftar secara resmi dan memiliki nomor izin 18/196/DKP/68 dari Bank Indonesia.

Akibatnya, keselamatan dan keamanan pengiriman dan data yang dikandungnya terjamin.

4. Kemudahan dan Kecepatan

Salah satu kelebihan utama Aplikasi Flip adalah kemudahan penggunaan dan kecepatan dalam melakukan transfer uang dan transaksi.

Pengguna dapat dengan cepat mentransfer dana hanya dengan beberapa ketukan di layar ponsel, tanpa harus mengunjungi bank atau antri.

5. Pembayaran Tagihan Mudah

Pengguna dapat membayar tagihan seperti listrik, air, telepon, dan lain-lain melalui Aplikasi Flip dengan mudah.

Ini menghindarkan pengguna dari repotnya antrian dan membayar tagihan secara fisik.

6. Top Up dan Pembelian Cepat

Aplikasi Flip memungkinkan pengguna untuk dengan cepat melakukan top up saldo atau membeli pulsa, paket data, dan produk digital lainnya.

Pengguna tidak perlu lagi pergi ke toko fisik untuk melakukan pembelian ini.

7. Keamanan Terjamin

Keamanan menjadi prioritas dalam Aplikasi Flip. Fitur otentikasi ganda, enkripsi data, dan sistem keamanan lainnya memastikan bahwa informasi pribadi dan dana pengguna tetap aman dari ancaman kejahatan siber.

8. Riwayat Transaksi Tersimpan

Aplikasi Flip menyimpan riwayat transaksi pengguna, memudahkan pengguna untuk melacak dan mengelola catatan transaksi mereka.

Pengguna dapat dengan mudah memeriksa dan memantau pengeluaran serta penerimaan uang.

9. Notifikasi Real-time

Pengguna akan menerima notifikasi dan pemberitahuan secara real-time mengenai status transaksi, pembayaran, dan informasi penting lainnya.

Ini membantu pengguna tetap terinformasi tentang aktivitas akun mereka.

10. Fleksibilitas Lintas Negara

Beberapa aplikasi transfer uang, termasuk Aplikasi Flip, memungkinkan pengguna untuk melakukan transfer lintas negara.

Ini menjadi solusi yang nyaman bagi mereka yang memiliki keluarga atau rekan bisnis di luar negeri.

11. Dukungan Pelanggan

Aplikasi Flip sering kali menyediakan layanan pelanggan yang siap membantu pengguna dalam mengatasi masalah atau memberikan panduan terkait penggunaan aplikasi.

Kekurangan Flip

Kekurangan Flip

Berikut adalah beberapa kekurangan flip:

1. Verifikasi Sedikit Sulit

Kekurangan Flip yang pertama adalah prosedur verifikasi pembuatan akun yang cukup rumit. Foto KTP, selfie, dan foto di mana pengguna sedang memegang KTP semuanya diperlukan.

Beberapa pengguna mengatakan bahwa sering gagal karena foto tidak cocok, namun situasi ini cukup kecil.

Meski verifikasinya alot, kini menjadi persyaratan Bank Indonesia agar Flip tetap beroperasi.

2. Transfer Lebih Lambat

Prosedur pengiriman uang akan memakan waktu sekitar 20 menit. Untuk dikirim atau tidak bergantung pada antrian, namun jika terjadi gangguan maka akan memakan waktu lebih lama untuk dikirim.

Jika pelanggan membutuhkan pengiriman uang cepat, kami sarankan untuk memilih opsi Prioritas meskipun mereka harus membayar Rp. 2.500.

3. Transfer Jam Kerja Terbatas

Flip buka dari jam 8 pagi sampai jam 20 malam, waktu Indonesia, Senin sampai Sabtu.

Bahkan di akhir pekan dan hari libur, pelanggan tetap harus menunggu hingga hari kerja berikutnya untuk diproses pesanannya jika menempatkannya di luar jam tersebut.

Setelah belajar, pro dan kontra kamu dapat memutuskan untuk menggunakannya atau tidak. Banyak konsumen yang menggunakan Flip karena tidak adanya biaya administrasi. Namun, perlu juga ditekankan kelebihan dan kekurangan aplikasi ini.

Kesimpulan

Nah itu adalah ulasan yang telah kami ringkas untuk sobat kekinian, kalian bisa melihat beberapa kelebihan dari aplikasi flip diatas juga kekurangannya. Semoga bermanfaat!