Apa Itu Nitrat: Kegunaan Dan Perbedaannya Dengan Nitrit

InfoKekinian.com – Sobat Kekinian, apakah kamu tahu apa itu nitrat? Nitrat merupakan senyawa yang terdiri dari unsur oksigen serrta nitrogen, yang merupakan sumber nitrogen penting bagi kehidupan tumbuhan dan hewan.

Tetapi kelebihan nitrat dalam air minum dapat berbahaya bagi kesehatan manusia, karena tanaman dan hewan, kotoran manusia dan hewan, sistem septik, dan pupuk sering menjadi sumber NO3 NO3 dalam air.

Karena mereka mudah larut dalam air, NO3 dari sumber-sumber ini biasanya ada dalam persediaan air minum, terlepas dari sumber air, setidaknya dalam jumlah yang sedikit.

Apa Itu Nitrat
Perusahaan utilitas yang menyediakan pasokan air publik melakukan pengujian kandungan nitrat pada air. Tes ini secara signifikan kurang umum untuk pasokan air swasta.

Telah ditemukan bahwa kelebihan NO3 dalam air minum dapat menyebabkan methemoglobinemia, atau Sindrom Bayi Biru, pada bayi baru lahir yang berusia kurang dari enam bulan.

Karena masalah kesehatan, Badan Perlindungan Lingkungan telah menetapkan batas kontaminasi maksimum (MCL) untuk NO3 dalam air minum umum.

Tingkat kontaminan maksimum untuk nitrogen dapat dinyatakan dalam satuan nitrat (NO3-) atau nitrogen (N), disebut sebagai nitrat-nitrogen (nitrat-N atau NO3-N).

MCL untuk NO3 yang dinyatakan dalam miligram per liter (mg/L) adalah 45. MCL adalah 10 mg/L jika dinyatakan sebagai unit nitrat-nitrogen.

Beberapa laboratorium menggunakan frasa “parts per million” (ppm), yang dalam air tawar kira-kira sebanding dengan mg/L.

Karena sebagian besar laboratorium melaporkan NO3 dalam satuan nitrat-nitrogen, ini adalah satuan pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini.

Untuk mengenal apa itu nitrat lebih jauh, simak artikel ini hingga selesai.

Pengertian Nitrat

Ester asam nitrat anorganik atau organik atau garam yang mengandung ion (NO3-). Nitrat adalah garam dengan kelarutan air tertinggi, dan memainkan peran penting dalam siklus nitrogen dan polusi nitrat.

Bakteri menghasilkan nitrat anorganik, yang merupakan komponen penting dari tanah pertanian.

Nitrat organik adalah senyawa yang diproduksi yang digunakan dalam bahan peledak seperti nitroselulosa dan nitrogliserin karena, ketika dipanaskan, mereka melepaskan oksigen.

Nitrat adalah molekul kimia yang menentukan sifat termasuk ion NO3 poliatomik, yang terdiri dari satu atom nitrogen dan tiga atom oksigen dengan muatan negatif bersih.

Nitrat sering ditemui dalam studi kimia anorganik dan organik. Nitrat telah digunakan dalam pengobatan selama lebih dari satu abad untuk mengobati masalah jantung seperti angina.

Terlalu banyak nitrat dapat berbahaya bagi kesehatan seseorang, meskipun NO3 lain mungkin memiliki efek netral atau bahkan menguntungkan. Beberapa digunakan untuk memperpanjang hidup pada saat darurat medis.

Jika tingkat nitrat dalam darah tumbuh terlalu tinggi, dapat menghambat kemampuan tubuh untuk menyerap oksigen.

Ion NO3 mengandung oksigen, dan ketika mengikat hemoglobin dalam sel darah, ia memegang unsur oksigen, sehingga menurunkan kapasitas darah untuk mengangkut oksigen.

Sindrom ini kadang-kadang diamati pada bayi di bawah enam bulan. Sumber lingkungan NO3 ini termasuk limpasan pertanian termasuk pupuk dan limbah industri.

Kegunaan Nitrat

Kegunaan Nitrat
Beberapa jenis nitrat, seperti natrium NO3 , digunakan sebagai pengawet dalam makanan. Paling sering, mereka digunakan dalam produk daging untuk mempertahankan warna dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab botulisme.

Tidak diketahui apakah zat-zat ini merupakan ancaman pada jumlah di mana mereka biasanya dikonsumsi, meskipun mereka umumnya dianggap tidak berbahaya.

Setidaknya sejak tahun 1870, NO3 telah digunakan untuk meredakan ketidaknyamanan dada yang disebabkan oleh aliran oksigen yang tidak memadai ke jantung.

Penyakit ini, yang dikenal sebagai angina, dapat diobati dengan NO3, yang memiliki efek memperluas arteri darah untuk memungkinkan lebih banyak darah dan oksigen mencapai jaringan.

Mereka juga dapat diberikan untuk tujuan yang sama selama serangan jantung atau sebagai bagian dari prosedur angioplasti.

Nama alternatif nitrogliserin, gliseril trinitrat, adalah salah satu NO3 yang paling lama digunakan untuk pengobatan ketidaknyamanan dada.

Ditemukan pada tahun 1847, dan paparan bahan kimia dalam jangka panjang diketahui menyebabkan sakit kepala parah.

Dalam beberapa dekade terakhir, jumlah kecil telah digunakan untuk mengobati masalah jantung.

Ternyata, sakit kepala adalah akibat dari paparan berlebihan, dan tidak terjadi jika zat ini diberikan dalam dosis medis yang direkomendasikan.

Perbedaan Nitrat dan Nitrit

Perbedaan Nitrat dan Nitrit
Nitrat (NO3) dan Nitrit (NO2) adalah bahan kimia yang mengandung nitrogen yang ada di tanah dan air.

Kehadiran NO3 dan NO2 biasanya menyiratkan kontaminasi dari padang rumput, tumpukan pupuk kandang, vegetasi yang membusuk atau limbah pertanian, atau limbah, namun mungkin merupakan hasil dari erosi deposit alami.

Nitrat diubah menjadi nitrit dalam tubuh, yang menurunkan kemampuan hemoglobin untuk menyerap oksigen dan dapat menyebabkan methaemoglobinemia (sindrom bayi biru), suatu kondisi yang berpotensi fatal pada neonatus.

NO2 dan NO3 adalah dua senyawa yang terdiri dari nitrogen dan oksigen yang berbeda satu sama lain.

Perbedaan kimia antara nitrit dan nitrat adalah jumlah atom oksigen yang ada di setiap molekul.

Nitrit memiliki dua atom oksigen dan satu atom nitrogen, sedangkan NO3 mengandung tiga atom oksigen.

Dapat dibayangkan bahwa nitrat berubah menjadi nitrit melalui hilangnya satu atom oksigen, dan sebaliknya juga dimungkinkan.

NNO3 trat sering ditemukan dalam pupuk, dan nitrit dan NO3 sering digunakan dalam proses pengawetan makanan seperti produksi sosis.

Baik nitrit dan nitrat adalah ion bermuatan negatif, yang menunjukkan bahwa jumlah elektron melebihi jumlah proton dalam senyawa ini.

Ion semacam ini disebut anion karena muatan listriknya negatif. Ion kation bermuatan positif memiliki kecenderungan untuk mengikat molekul nitrit dan nitrat.

Ketika digabungkan dengan kation, dapat memungkinkan molekul nitrit atau nitrat untuk mencapai keseimbangan muatan netral.

Kesamaan lain antara kedua molekul ini adalah bahwa mereka terbuat dari nitrogen dan oksigen.

Meskipun molekul NO2 dan NO3 termasuk nitrogen dan oksigen, jumlah atom oksigen bervariasi. Ini adalah perbedaan paling mendasar antara dua molekul.

Setiap molekul nitrat dan nitrit mengandung satu atom nitrogen, namun NO3 memiliki tiga atom oksigen sedangkan nitrit hanya memiliki dua.

Terlepas dari perbedaan ini, nitrit dan nitrat mampu berubah secara kimiawi menjadi satu sama lain dengan memperoleh atau kehilangan molekul oksigen.

Nitrat sering digunakan sebagai komponen pupuk karena mereka menyediakan jenis nitrogen yang tersedia untuk banyak spesies tanaman.

Penggunaan khas lainnya termasuk produksi kaca dan bahan peledak, yang menjelaskan mengapa pupuk kadang-kadang digunakan dalam bom rakitan.

NO3dibuat di alam oleh mikroorganisme yang menggabungkan atom nitrogen dan oksigen menjadi molekul.

Molekul-molekul ini kemudian dimanfaatkan oleh tumbuhan dan dikonsumsi oleh hewan, yang sintesis proteinnya bergantung pada NO3.

Mikroba lain di lingkungan dapat menurunkan nitrat menjadi nitrit, dan akhirnya menjadi komponen atom nitrogen dan oksigen.

Salah satu kegunaan utama nitrit adalah dalam berbagai prosedur pengawetan makanan.

Sangat baik untuk mengawetkan daging karena menghambat pertumbuhan bakteri dan memiliki efek samping mewarnai daging menjadi merah.

Hal ini disebabkan oleh reaksi antara nitrit dan mioglobin yang terdapat pada daging. Nitrit dapat bereaksi dengan hemoglobin dalam tubuh manusia, mengubahnya menjadi methemoglobin, yang tidak dapat mengikat oksigen.

Untuk alasan ini, jumlah nitrit dalam bahan makanan biasanya dibatasi. Kedua istilah ini, nitrat dan nitrat, digunakan secara bergantian karena kesamaan fonetik dan ejaannya.

Mereka sering bingung karena mereka memiliki banyak kesamaan. Keduanya merupakan zat kimia anorganik yang tersusun dari nitrogen dan oksigen.

Jumlah atom oksigen dalam suatu zat sangat mempengaruhi struktur, bentuk, dan fungsinya.

Nitrit memiliki dua oksigen dan satu atom nitrogen, sedangkan NO3 mengandung tiga oksigen dan satu atom nitrogen.

Karena satu-satunya variasi adalah jumlah atom oksigen,  NO3 dapat menjadi nitrit dan sebaliknya.

NO3 dapat mengalami proses reduksi untuk menghasilkan nitrit, sedangkan nitrit dapat mengalami proses oksidasi untuk menghasilkan NO3.

Ion nitrat menghasilkan asam nitrat, yang merupakan asam kuat, sedangkan ion nitrit menghasilkan asam nitrat, yang lebih ringan.

Efek Samping dan Bahaya Nitrat

Potensi efek samping obat NO3 tergantung pada jenis obat dan bentuk sediaan. Berikut ini adalah beberapa efek samping paling umum yang dapat terjadi:

  1. Vertigo atau merasa pusing
  2. Sakit kepala
  3. Kemerahan dan rasa terbakar di sekitar wajah hingga leher
  4. Mual
  5. Lemah, lelah, dan mengantuk.

Konsultasikan dengan dokter jika gejala yang disebutkan di atas berlanjut atau memburuk. Konsultasikan dengan dokter kamu segera jika kamu mengalami reaksi alergi terhadap obat atau efek samping yang lebih parah, seperti:

  1. Berhenti menggunakan NO3 jika kamu mengalami sakit kepala parah yang tidak membaik bahkan setelah menghentikan penggunaannya
  2. Merasa pusing seperti mau pingsan
  3. Detak jantung terlalu cepat, terlalu lambat atau tidak teratur
  4. Jantung berdebar atau jantung yang bergetar
  5. Gangguan penglihatan
  6. Pucat serta keringat dingin
  7. Napas cepat dan pendek
  8. Nyeri dada yang meningkat
  9. Bibir, tangan, atau jari menjadi biru.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang biasa dipertanyakan:

Apakah Fungsi Nitrat?

NO3 merupakan obat yang berguna untuk meredakan atau meredakan nyeri dada bagi penderita penyakit jantung dan juga bisa digunakan pada pengobatan serangan atau gagal jantung, tetapi tetap pada dosis yang dianjurkan.

Apakah Nitrat Berbahaya Bagi Ikan?

Senyawa NO3 pada sektor perairan ini bukanlah unsur yang beracun bagi udang maupun ikan, karena permukaan air secara umum mengandung nitrat.

Meskipun begitu, kadar NO3 yang tinggi bisa menurunkan kadar oksigen di dalam air sehingga dapat berpengaruh pada pertumbuhan ikan.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi dalam mengenal apa itu nitrat, lengkap dengan kegunaan serta efek samping dan juga perbedaannya dengan nitrit.

Dan bisa kita simpulkan jika, NO3 merupakan bentuk umum dari kombinasi nitrogen yang ada di perairan alam.

Dan NO3 yang dapat berubah menjadi nitrit berkat proses biokimia yang biasanya dibawah kondisi anaerob.

/* */