Aplikasi Digital Sinar Korlantas Polri

Infokekinian.com – Belakangan ini banyak masyarakat yang mencari aplikasi digital Sinar Korlantas Polri, yang memudahkan kamu dalam mengurus SIM.

Baru-baru ini Polri mengumumkan akan merilis aplikasi yang memudahkan masyarakat untuk membuat atau memperbaharui SIM (SIM) secara online.

SINAR, atau APK SIM Nasional Persisi, adalah nama yang diberikan untuk aplikasi oleh media. Sayangnya, ini adalah fitur daripada aplikasi.

Ya, aplikasi Korlantas Digital APK POLRI memiliki fitur pembuatan SIM online. Jadi, selain pembuatan dan pembaruan SIM, apa gunanya aplikasi ini?

Aplikasi Digital Sinar Korlantas Polri

Informasi APK Aplikasi Digital Korlantas POLRI

Polri baru-baru ini mengumumkan peluncuran aplikasi mobile Sinar. Aplikasi ini dapat membantu pengemudi dalam memperoleh atau memperbarui SIM secara online.

Aplikasi Digital Korlantas POLRI APK ini merupakan sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat maupun memperpanjang SIM (Surat Izin Mengemudi) melalui ponsel pintar.

Dengan menggunakan aplikasi ini, masyarakat yang ingin memiliki atau memperpanjang SIM tidak perlu repot lagi mengantre di Satpas. Melainkan cukup dengan melakukannya di ponsel kamu.

Rencananya, aplikasi ini akan dirilis pada bulan April 2021 ini. Namun, hingga kini, masih belum jelas detail mengenai waktu kapan aplikasi ini akan dirilis ke masyarakat luas di internet.

Menurut Polri sendiri, aplikasi ini masih dalam tahap uji coba. Sebelumnya, aplikasi ini dirilis pada 12 April 2021. Namun, hingga artikel ini diterbitkan aplikasi ini masih belum dirilis.

Download Digital Korlantas POLRI APK Play Store

Saat artikel ini ditulis, aplikasi Sinar sendiri masih belum dapat ditemukan maupun diunduh pada ponsel Android maupun iOS. Kabarnya, aplikasi Digital Korlantas POLRI APK ini masih dalam tahap uji coba.

Walaupun demikian, bukan tidak mungkin kamu menemukan sejumlah orang yang sudah dapat mengunduh aplikasi ini. Kemungkinan, pengguna tersebut memang telah mengikuti program uji coba aplikasi ini.

Setelah dirilis ke publik. Aplikasi Sinar dapat kamu unduh secara gratis melalui platform Google Play Store maupun App Store. Apakah kamu sudah tidak sabar dengan aplikasi Digital Korlantas POLRI APK ini?

Jika telah dirilis, Infokekinian akan membagikannya disini. Jadi, pastikan jika kamu selalu memperbarui halaman artikel ini untuk mengetahui pembaruan atau update mengenai aplikasi Sinar SIM Online ini.

Nah, setelah kamu berhasil mengunduh aplikasinya, kamu bisa langsung membuat SIM atau memperpanjang SIM secara online. Berikut ini adalah tutorial lebih lengkapnya untuk kamu.

Cara Membuat SIM Secara Online

Cara pembuatan SIM baru menggunakan aplikasi Digital Korlantas POLRI APK Play Store ini terbilang cukup mudah. kamu hanya perlu mengikuti panduan berikut ini untuk dapat melakukannya:

  1. Unduh aplikasi Sinar SIM Nasional Presisi APK di Google Play Store atau App Store
  2. Selanjutnya, Registrasi dengan menambahkan NIK
  3. Lakukan Face Recognition untuk memastikan identitas kamu
  4. Pilih Jenis SIM yang ingin kamu buat
  5. Lakukan pembayaran PNBP SIM baru yang akan dibuat
  6. Kemudian kamu akan diminta untuk melakukan ujian teori online yang didahului simulasi contoh soal
  7. Jika lulus, kamu akan mendapat QR Code untuk tes melakukan tes secara offline
  8. Pilih lokasi Satpas untuk melakukan ujian praktik
  9. Pilih jadwal ujian praktik yang diinginkan

Tidak semua dilakukan secara online. Khusus untuk pengguna yang membuat SIM secara online melalui aplikasi ini. Pengguna diharuskan untuk melakukan ujian praktik di Satpas terdekat.

Tentu saja ujian ini menentukan apakah kamu berhak mendapatkan SIM atau tidak. Jadi, pastikan kamu sudah cukup lancar terlebih dahulu mengendarai kendaraanya, kemudian buatlah SIMnya.

Cara Perpanjang SIM di SIM Nasional Presisi APK

Selain dapat digunakan untuk membuat SIM secara online. Aplikasi Digital Korlantas POLRI APK juga dapat digunakan untuk memperpanjang SIM dengan sangat instan lho. Begini caranya:

  1. Downloa aplikasi Digital Korlantas POLRI APK melalui ponsel kamu
  2. Lakukan verifikasi nomor HP dengan memasukkan kode OTP pada nomor yang didaftarkan
  3. Selanjutnya Registrasi dengan memasukkan data diri termasuk NIK, SIM, Foto KTP, SIM dan foto selfie
  4. Lalu verifikasi NIK dan SIM kamu
  5. Setelah itu bisa pilih jenis SIM yang akan diperpanjang dan lokasi Satpas
  6. Kemudian verifikasi juga hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi kamu
  7. Isi juga rekening pengembalian untuk proses pembatalan
  8. Selanjutnya tinggal pilih metode pengiriman SIM yang diinginkan
  9. Kemudian upload pas foto dan tanda tangan kamu untuk persetujuan proses perpanjangan
  10. Setelah itu lakukan pembayaran PNBP dan biaya kirim SIM kamu
  11. Jika sudah sampai proses ini, tunggulah sampai  Kepolisian akan memproses pencetakan SIM
  12. SIM nantinya akan dikirimkan langsung ke alamat pemohon jadi tidak perlu mengambilnya ke kepolisian.

Cukup mudah sekali kan bagaimana cara perpanjang SIM ini? Berbeda dengan pembuatan SIM yang harus datang ke Satpas. Proses perpanjangan SIM di aplikasi Sinar cukup dilakukan dirumah saja.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai aplikasi Korlantas Polri yang dapat membuatmu lebih mudah untuk melakukan pembuatan maupun perpanjangan SIM A dan C dimana saja dan kapan saja dengan sangat fleksibel.

Demikianlah artikel mengenai Aplikasi Digital Sinar Korlantas Polri dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.