Cara Melihat Aplikasi yang Terhapus di Android

InfoKekinian.com –  Bagaimana cara melihat aplikasi yang terhapus di android? Terkadang kita berharap dapat kembali dan mengunduh ulang aplikasi yang sebelumnya telah kita uninstall.

Jangan khawatir sobat karena kamu bisa dapat melihat aplikasi yang telah dihapus dari ponsel kamu. Kamu dapat menggunakan alat yang dibangun ke dalam sistem operasi Android untuk melacak aplikasi yang telah dihapus.

Kehadiran fitur ini cukup sederhana untuk pengguna dalam situasi tertentu. Memang terkadang ada yang meng-uninstall aplikasi karena dianggap sudah tidak terpakai, namun tiba-tiba mereka membutuhkan dan harus menginstall ulang.

Cara Melihat Aplikasi yang Terhapus di Android

Cara Melihat Aplikasi yang Terhapus di Android

Berikut adalah cara – cara untuk melihat aplikasi yang pernah terhapus di android.

1. Melihat Aplikasi yang Terhapus di Google Play Store

Langkah pertama untuk melihat aplikasi yang telah dihapus di ponsel Android adalah dengan memanfaatkan bantuan Playstore.

Apapun merek dan model smartphone Android, tidak diragukan lagi diberikan oleh toko aplikasi milik Google ini.

Selain membeli dan menginstal aplikasi Android, di sini kamu juga dapat memeriksa seluruh riwayat aplikasi yang telah dimuat di ponsel cerdas kamu secara keseluruhan.

2. Melihat Aplikasi yang Terhapus Pastikan Kamu Sudah Login Dulu

Saat mengakses Google Playstore, pastikan kamu sudah login terlebih dahulu. Akibatnya, Playstore tidak akan dapat diakses jika kamu tidak melakukan check-in menggunakan akun Google kamu.

Ini adalah salah satu metode Google untuk mengamankan dan mendokumentasikan semua akun dan perangkat yang terhubung dengan Playstore. Jika kamu belum masuk, pastikan kamu masuk dengan Google saya.

3. Klik Tombol Tiga Garis Sejajar di Kiri Atas

Langkah selanjutnya untuk mengakses aplikasi yang telah dihapus adalah dengan tap tombol dengan simbol tiga garis sejajar yang terletak di pojok kiri atas Playstore, ini adalah tombol menu.

Di sini kamu akan menemukan berbagai pilihan menu yang dapat diakses dari peringatan, pengaturan hingga bantuan.

4. Pilih menu “Aplikasi & Game Saya”

Untuk melihat aplikasi yang telah dihapus di ponsel Android berikutnya, setelah mengaktifkan tombol menu seperti yang ditunjukkan pada paragraf di atas, kamu akan melihat beberapa kemungkinan.

Yang harus kamu lakukan adalah memilih “Aplikasi dan game saya”. Saat menu muncul, di sini kamu akan melihat tiga daftar menu di tab paling atas, yaitu Update, Installed dan Collection.

5. Buka Tab “Koleksi” Disebelah Kanan

Sekarang, setelah mengklik opsi “Koleksi” di tab kanan, kamu dapat melihat aplikasi yang telah dihapus atau dihapus secara keseluruhan.

Dari saat kamu membeli ponsel hingga sekarang, kamu akan dapat melihat setiap aplikasi yang pernah dipasang di bagian ini.

Ini semudah menekan tombol instal di sebelah kanan nama aplikasi jika kamu ingin menginstalnya kembali.

6. Menghapus Riwayat Aplikasi Terinstal

Tombol silang atau X di sebelah kanan tombol instal dapat digunakan untuk menghapus satu atau lebih aplikasi yang sebelumnya dihapus dari daftar riwayat ponsel Android selain menginstal ulang aplikasi yang sebelumnya dihapus.

Dengan begitu, aplikasi yang tidak kamu inginkan akan hilang sehingga di kemudian hari kamu tidak dapat melihat aplikasi yang telah dihapus.

Kesimpulan

Itulah cara-cara yang Infokekinian rekomendasikan untuk sobat kekinian yang ingin melihat aplikasi yang terhapus di android. Semoga bermanfaat!