Aplikasi E-Learning Terbaik Untuk Belajar

InfoKekinian.com – Karena efek pandemi, kini para siswa dan mahasiswa diharuskan untuk belajar dirumah menggunakan metode online. Aplikasi E- Learning siap membantu para siswa dan  mahasiswa untuk belajar secara online atau daring. Apa saja aplikasinya? Yuk simak penjelasannya.

Metode pembelajaran saat ini berbeda dengan metode pembelajaran beberapa tahun yang lalu. Perkembangan komputer dan juga perkembangan jaringan komputer telah memberikan banyak perubahan di berbagai sektor. Salah satu perubahan yang paling mencolok adalah di bidang pendidikan.

Kita dapat melihat bahwa Ujian Nasional Berbasis Komputer yang diselenggarakan beberapa tahun terakhir ini merupakan salah satu contoh peran teknologi dalam dunia pendidikan.

Selain ujian, perkembangan jaringan komputer juga dapat menjadi keuntungan bagi siswa. Salah satunya adalah sudah ada buku ajar yang dibuat dalam bentuk digital oleh pemerintah. Selain itu, peran internet terhadap prestasi siswa adalah penambahan pengetahuan.

Melihat peluang tersebut, kini pengembang aplikasi membuat bimbingan belajar online. Aplikasi ini juga dapat diakses baik melalui komputer, laptop, tablet, bahkan hingga smartphone berbasis Android.

Agar guru dapat memberikan materi secara efektif, maka diperlukan metode pembelajaran online khusus yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Pada artikel kali ini saya akan membagikan beberapa Aplikasi E-Learning Gratis Terbaik, mulai dari yang 100% gratis hingga yang berbayar.

rekomendasi aplikasi e-learning terbaik untuk belajar

Aplikasi E-Learning Terbaik untuk Belajar

Infokekinian akan memberikan beberapa aplikasi belajar untuk sobat kekinian, yang bisa membantu kalian untuk mudah memahami pembelajaran dirumah.

1. Google Classroom

Jika kamu kesulitan menemukan program bimbingan belajar online gratis, Google Classroom mungkin merupakan tempat yang baik untuk memulai pencarian kamu.

Sebagai platform untuk pembelajaran online, Google Classroom memudahkan untuk mengembangkan sumber daya, bertukar ide, dan menetapkan pembelajaran tanpa memerlukan kertas.

Selain sepenuhnya gratis, platform ini memberikan kemudahan dan keamanan tingkat tinggi karena dibangun oleh raksasa internet itu sendiri. Guru dan siswa sama-sama mendapat manfaat besar dari integrasi ekosistem komprehensif Google dalam program pendidikan.

2. Aplikasi E-Learning Kelas Kita

KelasKita adalah aplikasi kedua dalam daftar. Hampir sama dengan aplikasi Ruang Guru, meski di aplikasi ruang kelas kita ada fungsi yang memungkinkan siswa berinteraksi dalam satu kelompok.

Elemen lain dari KelasKita adalah Fitur Kampus, yang memungkinkan kamu untuk membuat kelompok belajar atau kelompok siswa publik dan swasta.

Setelah itu, ada fasilitas untuk membuat les privat berbayar yang menghasilkan uang ekstra, diikuti dengan sertifikat digital bagi siswa yang menyelesaikan suatu program.

3. Edmodo

Perusahaan seperti Edmodo adalah pelopor pembelajaran online. Sejak awal, platform kami telah tersedia untuk memberikan solusi alat komunikasi, kerjasama dan pembinaan antara instruktur dan siswa.

Mirip dengan Google Classroom, Edmodo memungkinkan kamu berbagi informasi, membuat kuis dan pertanyaan, mendistribusikan tugas, dan mengelola siswa dan orang tua di satu tempat.

4. Aplikasi E-Learning Quipper

Quipper adalah aplikasi E-Learning berikutnya dalam daftar. Salah satu keunggulan aplikasi Quipper adalah dapat digunakan tanpa koneksi internet.

Selain itu, kamu memiliki pilihan untuk menyesuaikan rencana studi kamu, dan setelah kamu melakukannya, kamu akan mendapatkan peringatan ketika saatnya untuk mulai belajar. Namun, aplikasi Quipper ini merupakan aplikasi berbayar.

5. Moodle

Moodle masih merupakan pilihan lain. Moodle adalah program yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran berbasis internet (E-Learning) yang juga mendukung platform web yang menggunakan filosofi yang disebut Pedagogi Konstruksionis Sosial.

Singkatnya, konsep ini menyatakan bahwa kita hanya dapat mencapai pemahaman tentang sudut pkamung satu sama lain melalui pertukaran ide dan informasi satu sama lain melalui berbagai bentuk media.

6. Aplikasi E-Learning Schoology

Schoology adalah platform pembelajaran online bergaya media sosial yang menumbuhkan pengalaman belajar yang positif.

Jika kamu belajar untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa kamu, LMS ini cocok untuk kamu.

7. Sosial Media (Facebook, Instagram dan Youtube)

Dan terakhir, media sosial. Baik itu Facebook, Instagram, atau YouTube, hampir semua orang saat ini memiliki akun media sosial.

Jika tidak ingin ribet dan repot, kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai media pembelajaran online. Dengan Facebook kamu dapat melakukan streaming langsung, membentuk forum grup diskusi, dan bertukar file.

Baik Instagram dan YouTube memungkinkan streaming langsung. Jadi jika kamu menginginkan solusi yang cepat dan sederhana maka media sosial adalah jawabannya.

Kesimpulan

Nah itu adalah beberapa rekomendasi aplikasi E-Learning  yang bagus untuk sobat kekinian belajar, kalian juga bisa memilih mana aplikasi yang terbaik untuk kalian pakai. Semoga bermanfaat!

/* */