Aplikasi Membuat Animasi Pembelajaran di Android

InfoKekinian.com – Semenjak pemerintah menetapkan untuk melakukan belajar secara online, banyak guru – guru yang memakai aplikasi membuat animasi pembelajaran, tidak hanya memudahkan guru dalam mengajar, tetapi membuat anak – anak menjadi paham akan materi yang di ajarkan.

Video animasi sering dibuat menggunakan aplikasi berbasis desktop. Namun seiring dengan perkembangan zaman, saat ini kamu dapat membuat film animasi yang keren dan lucu dengan smartphone Android dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga.

daftar aplikasi membuat animasi di android

Aplikasi Membuat Animasi Pembelajaran di Android

Infokekinian akan memberikan beberapa aplikasi membuat video animasi bagi pengguna android.

1. Draw Cartoons 2

Kamu dapat menggunakan berbagai alat dalam aplikasi Draw Cartoons 2 untuk membuat karya seni dasar. Selain dapat membuat semua elemen kartun, kamu juga dapat menggambar berbagai jenis karakter yang kamu inginkan.

Selanjutnya, kamu dapat dengan mudah mengubah karya kamu menjadi video sehingga kamu dapat melihatnya secara offline dan membagikannya di jejaring sosial favorit kamu.

2. FlipaClip – Aplikasi Membuat Animasi Pembelajaran

FlipaClip, aplikasi pembuatan film animasi untuk Android, juga tidak kalah kerennya. Melalui aplikasi dari Visual Blasters LLC, kamu dapat membuat animasi kartun menggunakan tahapan frame-by-frame.

Cara kerjanya dan hasilnya mungkin sangat mirip dengan kreasi animasi di Flip Book. Namun, aplikasi ini menawarkan kemampuan yang lebih lengkap, seperti penghitung waktu animasi, Lapisan Bawang, kontrol bingkai, dan banyak lagi.

Bagi kamu yang memiliki Samsung Galaxy Note dan sejenisnya, aplikasi ini memungkinkan penggunaan Samsung Pen yang biasa terdapat pada handset yang dilengkapi dengan Stylus Pen. Dengan begitu, kamu dapat dengan mudah membuat video animasi di smartphone atau tablet Android kamu.

3. PicsArt Animator: GIF & Video

Sukses dengan aplikasi edit gambar yang dibangunnya, developer yang membuat aplikasi PicsArt kini telah berhasil membangun aplikasi bernama PicsArt Animator yang memungkinkan kamu membuat video animasi dasar dan kartun.

Menggunakan aplikasi ini tidak perlu memiliki pengetahuan animasi sebelumnya, berkat penyertaan fitur seperti duplikasi bingkai dan seperangkat alat lengkap. Mereka yang baru mengenal seni membuat video animasi akan dapat membuat sesuatu yang keren dengan aplikasi ini.

Aplikasi PicsArt ini memungkinkan kamu untuk menyelesaikan berbagai hal, seperti membuat video animasi potret diri, stiker animasi khusus, dan emoji khusus.

4. Stick Fighter – Aplikasi Membuat Animasi Pembelajaran

Menggunakan metode animasi frame-by-frame yang mirip dengan Flip Book, Stick Fighter dapat membuat video animasi yang lucu. Nantinya, kamu akan membuat karakter dengan tampilan seperti stickman sehingga dapat dianimasikan sepuasnya.

Contoh bagusnya adalah membuat film animasi bertema aksi di mana karakter yang kamu buat terlibat dalam pertempuran dengan berbagai persenjataan. Jangan khawatir, aplikasi yang dibangun oleh tweber ini mudah digunakan.

5. StickDraw

Apakah kamu ingin membuat video GIF yang cepat dan mudah? Sangat mudah, dengan menggunakan aplikasi StickDraw kamu dapat membuat film animasi bergerak dengan alat-alat dasar yang ditawarkan, baik itu figur stickman, angka GIF dari 1 hingga 10, dan seterusnya.

Dimulai dengan Freeform dan beralih ke garis, persegi panjang, segitiga, dan sebagainya, ada banyak alat dasar yang kamu inginkan. Untuk jumlah frame itu sendiri, kamu dapat membuatnya sesuai dengan kebutuhan kamu.

Setelah kamu selesai membuat film animasi, kamu dapat menyimpannya ke galeri ponsel kamu sebagai file GIF atau MP4.

6. Animation Desk – Aplikasi Membuat Animasi Pembelajaran

Animation Desk merupakan salah satu software pembuat video animasi top untuk Android yang memiliki fitur yang sangat lengkap. Sebelum itu, kamu harus terlebih dahulu membuat sketsa benda yang ingin kamu animasikan, misalnya orang, binatang, dan lain-lain.

Menariknya dari aplikasi ini, alat yang disediakan hampir sama dengan yang digunakan untuk melukis atau membuat sketsa. Diantaranya adalah pensil, krayon, pulpen, tiga macam kuas dan penghapus.

Setelah gambar item yang kamu hasilkan selesai, kamu tinggal menyesuaikan penempatan objek frame-by-frame sesuai kebutuhan. Dimungkinkan untuk mengubah kecepatan bingkai dari 3fps ke 24fps, tentu saja (bingkai per detik).

7. Animate it!

Jika sebelumnya aplikasi pembuat video animasi hanya menyebut objek 2D, berbeda dengan aplikasi bernama Anime it! yang memungkinkan kamu membuat film animasi keren dalam 3D atau 3D.

Pencipta telah menawarkan berbagai macam karakter yang dapat kamu pilih setelahnya. Nah, kamu hanya perlu memilih karakter dan mencampurnya dengan item lain, seperti topi, mainan, dan lain sebagainya.

Setelah selesai membuat item, kamu dapat menggunakannya untuk membuat film animasi hingga 32 bingkai. Tentu saja, jika kamu tidak puas dengan pekerjaan kamu setelah melihatnya, kamu dapat kembali dan membuat perubahan saat itu juga. aku tahu

8. Stickman Animator

Terlalu rumit untuk membuat film animasi dari aplikasi sebelumnya? Mungkin Stickman Animator adalah pilihan ideal untuk kamu. Karena memiliki desain dan fungsionalitas yang sederhana, aplikasi pembuat video animasi Android ini cocok untuk pemula.

Dimungkinkan untuk membuat video animasi stickmen berjalan serta benda bergerak lainnya, seperti anjing yang berjalan-jalan atau senjata yang menembakkan peluru ke sasaran, di antara kemungkinan lainnya.

9. PicPac Stop Motion & TimeLapse

Siapa yang tidak tahu teknik animasi Stop Motion? Yap, pendekatan animasi di mana kita membuat benda-benda yang secara fisik dipindahkan untuk membuatnya tampak bergerak sendiri.

Kini, dengan menggunakan aplikasi bernama PicPac Stop Motion & TimeLapse, kamu dapat membuat video animasi Stop Motion yang keren menggunakan foto-foto dari galeri atau langsung merekamnya melalui kamera melalui opsi yang tersedia.

Menariknya, kamu dapat menyempurnakan film Stop Motion kamu dengan musik. Hasil video yang kamu hasilkan nantinya dapat dengan mudah disimpan dalam resolusi 360p.

Jika kamu menginginkan kualitas video yang lebih baik seperti video 480p, 720p, atau 1080p, kamu harus memperbarui program ke edisi Pro. Selain bisa mengatur kualitas video sesuai keinginan, versi Pro juga bisa menghilangkan watermark agar tidak mengganggu tampilan.

10. Stick Nodes: Stickman Animator

Dengan Stickman Animator, kamu dapat dengan mudah membuat animasi stickman yang bertarung dengan cara yang keren menggunakan aplikasi pembuat film animasi terbaik Android: Stick Nodes. Saat membuat video animasi, kamu mungkin menyertakan efek suara seperti pukulan atau seseorang yang jatuh.

Karya yang akan kamu buat dapat langsung diputar karena berisi opsi pratinjau. kamu tidak perlu khawatir jika melakukan kesalahan, karena aplikasi yang diproduksi oleh ForTheLoss Games ini juga memiliki opsi redo dan undo.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa aplikasi untuk membuat video animasi pembelajaran, sobat kekinian bisa langsung menggunakan aplikasi diatas yang telah kami rekomendasikan. Semoga bermanfaat!

/* */