Aplikasi SEB PPG 2022, Cara Instal dan Login

Infokekinian.com – Berikut adalah informasi mengenai aplikasi SEB PPG 2022, cara install dan Login. Jadi simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasinya lebih lengkap dan jelas.

Aplikasi Safe Exam Browser atau biasa disebut SEB ini menjadi salah satu yang paling populer di kalangan pengguna internet, khususnya yang berprofesi di bidang akademik.

Memang, aplikasi ini dibuat untuk memudahkan memperoleh sertifikat pendidik bagi mereka yang bergerak di bidang akademik, seperti guru dan dosen.

Di bawah arahan Nadiem Makarim, aplikasi yang berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan itu juga menjadi inisiatif andalan untuk mengupayakan kesejahteraan para pendidik.

Aplikasi SEB PPG 2022, Cara Instal dan Login

Pendidik aplikasi adalah seorang guru, dan tentu saja seorang guru harus diuji sebelum memberikan ilmu kepada murid-muridnya.

Memberi siswa pengetahuan lebih dari sekedar berbicara; diperlukan isi atau pesan yang berbobot agar siswa yang mendengar pesan tersebut menjadi cerdas.

Karena siswa Indonesia adalah pemimpin masa depan negara, maka pendidik harus membekali mereka dengan pendidikan dan pengetahuan yang sesuai.

Oleh karena itu, tujuan dari aplikasi ini adalah untuk menilai kemampuan pendidik dan memberikan bentuk kelayakan mengajar dalam bentuk sertifikasi pendidikan.

Hal ini juga merupakan penerapan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen yang mengamanatkan agar setiap tenaga kependidikan disertifikasi sebagai pendidik.

Yang sedang mencari URL untuk mendownload aplikasi SEB PPG 2022 untuk mendapatkan sertifikat pendidik sebaiknya membaca ulasan selengkapnya di bawah ini.

Tentang Aplikasi SEB PPG 2022

Perlu dikertahui bahwa Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud) sudah memasuki tahap kedua.

Pada hari ini, 23 Mei 2022 sudah masuk kedalam bagian tahapan uji coba aplikasi SEB. Untuk kamu yang ingin mendapatkan sertifikat pendidik, segera download aplikasi SEB PPG 2022 ini.

Pasalnya, pada tanggal 23 Mei 2022 sudah dimulai pembagian jadwal pada kartu peserta dan 24 sampai 27 mei 2022 seleksi akademik sudah mulai digelar.

Adapun tujuan dari adanya Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk mempermudah seorang guru dalam mendapatkan sertifikat pendidik.

Peluncuran aplikasi tersebut juga untuk menjalankan amanat dari Pasal 8 Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen bahwa Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Selain itu, adanya program sertifikat melalui aplikasi SEB PPG 2022 merupakan salah satu inovasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyelesaikan dan menuntaskan sertifikasi guru dalam jabatan.

Bagi kamu yang benar-benar sedang mencari link dan ingin Download aplikasi SEB PPG 2022 untuk mendapatkan sertifikat pendidik maka harus simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Download Aplikasi SEB PPG 2022

Adapun aplikasi yang mewadahi Ujian Profesi Pendidikan Guru ini dapat digunakan melalui perangkat elektronik seperti laptop dan komputer dengan sistem operasi Windows dan MacOS.

Bagi kamu yang ingin Download Aplikasi SEB PPG 2022 maka harus memenuhi beberapa kriteria yang telah dicantumkan. Adapun spesifikasi laptop yang layak untuk menggunakan aplikasi ini yaitu:

  1. Memiliki layar monitor baik Laptop maupun Komputer dengan minimal ukuran 10 inchi.
  2. Bagi kamu pengguna Windows minimal sistem operasinya harus Windows 8, 32 bit, apabila kamu pengguna MacOS maka harus menggunakan MacOS versi 10.
  3. Laptop dan Komputer kamu harus mempunyai minimal 2GB RAM Memilii minimal 10 GB storage
  4. Fitur audio baterai di laptop atau komputer kamu dengan kondisi baik.
  5. Selain itu, laptop atau komputer kamu harus sudah terpasang aplikasi seleksi akademik (SEB), Zoom dan Whatsapp serta koneksi Internet yang baik.

Berikut adalah link Download Aplikasi SEB PPG 2022 yang harus diunduh dan dipasang pada laptop kamu:

Link Instalasi SEB :

Windows

MacOS 

Instal dan Masuk Aplikasi SEB PPG 2022

Cukup mudah bukan untuk Download Aplikasi SEB PPG 2022 di laptop atau komputer kamu? Jika sudah mendownload dan kamu bingung untuk menginstallnya dibawah ini adalah caranya:

  1. Klik link SEB Windows atau MacOS di atas
  2. Klik yes untuk verifikasi
  3. Setelah terinstal, silahkan klik Next
  4. Pilih I Accept th Term in the License Agreement
  5. Klik Next
  6. Klik Instal
  7. Klik Finish.

Nah, bagaimana mudah bukan untuk menginstal Aplikasi PPG 2022 di laptop atau komputer kamu?

Jika sudah mendownload dan menginstal namun kamu bingung untuk Masuk SEB untuk mengikuti ujian PPG 2022, simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

  1. Klik Mulai Seleksi Windows atau MacOS di atas:
  2. Masukkan password, seleksi
  3. Masukkan Nomor Peserta Seleksi dan Kode Validasi yang terdapat pada Formulir Seleksi Akademik
  4. Peserta wajib klik Saya menyetujui pakta integritas ini, lalu klik PROSES
  5. Mengikuti ujian
  6. Saat waktu habis, halaman soal akan tertutup secara otomatis dan muncul halaman Ujian Telah Berakhir
  7. Peserta keluar dari aplikasi ujian dan zoom secara bergantian, sesuai arahan dari pengawas ujian.

Cukup mudah bukan untuk memakai aplikasi SEB PPG di Laptop dan Komputer kamu? Semoga bagi kamu yang akan mengikuti seleksi test pada tanggal 24 sampai 27 mei 2022 diberikan kelancaran dan hasil yang sesuai harapan, ya.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai link download aplikasi PPG tahun 2022, yang belakangan ini sedang banyak dicari.

Demikianlah artikel mengenai Aplikasi SEB PPG 2022, Cara Instal dan Login dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.