Bagian Bagian Mata dan Fungsinya Lengkap!

Mata termasuk organ tubuh yang paling banyak memiliki bagian bagian tersendiri guna menjalankan fungsi dari organ tubuh itu sendiri, misalnya kornea mata, bagian mata ini berfungsi untuk membuat cahaya bisa masuk ke sel penerima cahaya di dalam mata dan juga melindungi mata dari kotoran dan melakukan refraksi di lensa mata. dan masih banyak lagi bagian bagian mata yang tentu ada dengan fungsinya masing masing, untuk informasi selengkapnya simak penjelasan dibawah ini:

 

Kornea

Seperti yang sudah saya katakan diatas, fungsi utama dari kornea atau korneos adalah untuk membuat cahaya bisa masuk  dan diterima oleh sel sel penerima cahaya pada bola mata, melinguni mata dan juga melakukan refraksi pada bagian lensa mata, kornea mata terdapat pada bagian mata yang berada di lapisan paling luar.

Iris

Selain kornea mata ada juga iris. Iris merupakan bagian mata dimana fungsinya untuk mengatur besar kecilnya pupil dan iris juga merupakan bagian mata yang memiliki warna tersendiri, misalnya untuk warna iris mata orang asia akan memiliki warna hitam dan coklat dan orang eropa biru atau hijau dan masih banyak lagi.

Pupil

Bagian bagian mata berikutnya adalah Pupil. pupil sendiri adalah bagian mata berupa lubang kecil yang berfungsi mengatur jumlah cahaya yang masuk ke bola mata, dan untuk besar kecilnya pupil ini tergantung pada iris mata. saat cahaya yang ditangkap mata terlalu terang, maka otomatis pupil akan mengecil dan begitupun sebaliknya, hal ini penting sekali untuk menjaga kesehatan mata agar cahaya yang masuk tidak berlebihan dan tidak kurang.

Retina

Retina merupakan bagian mata yang berupa lapisan tipis sel dan letaknya ada di belakang bola mata, fungsi retina yaitu menangkap bayangan yang dihasilkan dari lensa mata untuk kemudian diubah menjadi sinyal syaraf.

Lensa Mata

Lensa mata memiliki fungsi yang sangat vital dalam keberlangsungan kesehatan mata, lensa mata merupakan bagian dimana fungsinya adalah untuk keperluan membentuk gambar kemudian diteruskan ke retina. sama seperti pupil, lensa mata juga bisa membesar dan mengecil, semakin jauh jarak benda maka lensa mata akan menebal dan sebaliknya.

Akomodasi Otot

Untuk membuat lensa mata dapat membesar dan mengecil, inilah tugas dari akomodasi otot dimana otot ini bekerja mendorong serta menarik lensa mata.

Sklera

Selain bagian mata diatas, bagian mata berikutnya adalah Sklera. Sklera ini adalah bagian dinding putih mata.

Setelah mengetahui mengenai bagian mata dalam, anda juga harus mengetahui bagian mata luar dan fungsinya, simak penjelasan berikut ini:

Bagian mata bukan hanya terdiri dari bagian dalam saja, ada juga bagian luar mata seperti alis, kelopak bulu mata maupun kelenjar lakrima. untuk fungsi fungsinya adalah:

Bulu Mata

Meskipun banyak orang yang mungkin hanya berpikir bahwa bulu mata hanya untuk sekedar keindahan penampilan wajah saja, namun mereka salah besar, bulu mata juga sangat penting dalam hal menjaga kinerja mata karena fungsi utamanya adalah menjaga benda benda dari luar masuk ke mata seperti debu dan kotoran kecil yang sering masuk ke mata.

Alis

Alis merupakan bagian mata paling atas, fungsinya adalah membuat keringat atau air yang berasal dari atas kepala tidak jatuh langsung ke mata, sehingga penglihatan mata anda tidak akan terganggu.

Kelopak

Kelopak Mata merupakan bagian mata yang berfungsi menjaga bola mata agar terhindar dari kotoran dan juga mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata.

Kelenjar Lakrima

Pernah menangis? tahukah anda darimana air mata itu berasal? Ya, kelenjar lakrima, merupakan bagian mata yang menghasilkan air mata, maka dari itu jangan heran apabila anda mengeluarkan air mata, hal tersebut dikarenakan ada peran kelenjar lakrima disana.

Tinggalkan komentar