Berapa Denda Telat Membayar Paylater

Infokekinian.com -Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang berapa denda telat membayar Paylater, jadi simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasinya lebih lengkap.

Pengguna dimanjakan tanpa harus mengunjungi toko karena kemudahan berbelanja di dunia digital. Kamu dapat berbelanja apa pun yang kamu butuhkan hanya dengan smartphone dan menunggu di rumah.

Perusahaan E-Commerce menyediakan berbagai layanan untuk membuat hidup pengguna lebih mudah. Shopee salah satunya, dengan fitur yang memudahkan pengguna menemukan apa yang mereka cari.

Apa Itu SPayLater_

Sistem transaksi memberikan kemudahan ini dengan memungkinkan pengguna memperoleh barang tanpa harus membayarnya secara langsung.

Tidak seperti Cash on Delivery, sistem ini dirancang untuk memungkinkan Shopee meminjamkan uang kepada pengguna.

SPayLater, atau Shopee PayLater, adalah nama sistem atau pendekatannya. Fungsinya disebut sebagai Shopee Bayar Nanti seperti yang terlihat dari namanya.

Meski begitu, banyak pengguna yang masih bingung dengan hal tersebut, terutama jika sudah lewat jatuh tempo atau ada syarat pembayaran. Jadi, mari kita selesaikan membaca artikelnya!

Apa Itu SPayLater?

Shopee PayLater atau SPayLater merupakan sebuah sistem bayar nanti yang diterapkan oleh PT. Commerce Finance pada aplikasi Shopee.

Sistem atau metode tersebut memungkinkan pengguna untuk membeli barang yang diinginkan terlebih dahulu tanpa harus membayarnya secara langsung.

Metode tersebut secara resmi diluncurkan oleh perusahaan E-Commerce Shopee pada tahun 2019 lalu. Fitur pembayaran itu diawasi langsung oleh lembaga resmi yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tidak serta merta semua pengguna bisa menggunakan SPayLater dan harus memenuhi persyaratan dan ketentuan terlebih dahulu.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya Shopee dalam meminimalisir penyalahgunaan metode pembayaran “Beli Sekarang Bayar Nanti”.

Fitur “Beli Sekarang Bayar Nanti” ini hanya bisa digunakan selama transaksi membeli barang dan tidak dapat dicairkan ke rekening pengguna.

Adapun pengguna harus mengganti uang yang sudah dipinjam tersebut di bulan berikutnya, atau mengansur selama beberapa bulan.

Rincian Ketentuan dalam SPayLater

Ketika pengguna meminjam tentunya harus mengembalikan, hal itu menjadi hukum yang harus ditaati oleh setiap pengguna SPayLater.

Sebelum menggunakan fitur tersebut, pengguna harus mengetahui ketentuan yang diterapkan oleh Shopee.

Bagi pengguna yang baru saja memakai SPayLater akan diberikan limit dalam peminjaman sebesar Rp. 750.000.

Pembayaran yang akan pengguna lakukan nantinya berdasarkan periode cicilan yang dipilih. Periode cicilan tersebut yaitu 2 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan (bagi pengguna tertentu).

Setiap transaksi yang menggunakan SPayLater akan dikenakan biaya penanganan sebesar 1 persen dan bunga 2,95 persen .

Misal jika transaksi berjumlah Rp. 100.000 maka pengguna harus membayar pada masa jatuh tempo sebesar Rp. 103.950.

Denda Telat Bayar Shopee Paylater 1 Hari

Seperti yang terdapat dalam tabel di atas, jika denda keterlambatan sebesar 5 persen dari jumlah total harga produk yang dibeli.

Sebagai contoh jika jumlah transaksi Rp. 100.000 dan telat 1 bulan, maka akan terkena denda Rp. 5.000 (Rp. 100.000 x 5%). Jadi jumlah yang harus dibayar nantinya adalah Rp. 105.000

Jika lebih dari 1 bulan maka denda pun akan bertambah 5% setiap bulannya. Misalkan pengguna telat selama 2 bulan maka dendanya pun menjadi 10%, begitupun seterusnya.

Bagaimana dengan yang telat 1 hari saja? Itu pun sudah termasuk keterlambatan per bulan. Jadi walaupun hanya 1 hari, pengguna akan dikenakan denda 5% dari jumlah harga barang yang dibeli.

Cara Membayar Denda atau Cicilan SPayLater

Bagi pengguna Shopee PayLater yang masih kebingungan bagaimana cara membayar cicilan atau tagihan.

Infokekinian sudah menyiapkan langkah-langkah yang bisa diikuti, berikut cara membayar denda atau cicilan di SPayLater:

  1. Masuk ke Tab Saya, lalu pilih ShopeePayLater
  2. Klik jumlah yang perlu dibayar
  3. Klik Lunasi Cicilan Sekarang
  4. Setelah muncul tagihan, pilih Lunasi Cicilan Sekarang
  5. Pilih Metode Pembayaran (ShopeePay, Virtual Account atau Indomaret)
  6. Klik Konfirmasi

Cukup mudah bukan untuk membayar cicilan Shopee PayLater? Usahakan untuk tidak telat jatuh tempo satu hari pun, karena 1 hari sama dengan denda 1 bulan.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai biaya keterlambatan membayar Paylater. Sobat kekinian, perlu kalian ingat.

Tetaplah bijak dalam menggunakan Paylater dan jaga kerahasiaanmu seperti pin, agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

Demikianlah artikel mengenai Berapa Denda Telat Membayar Paylater dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */