Cara Buat Donat Empuk dan Enak, Simak Ulasannya!

Infokekinian.com – Berikut ini kami akan membahas mengenai cara buat donat empuk dan enak. Yuk simak penjelasan detailnya di artikel ini ya!

Saat ini donat merupakan makanan enak yang bisa kita dapatkan dimana saja. Saat ini, beberapa merek donat ditawarkan di mal atau toko kelontong. Tersedia berbagai topping menarik, mulai dari keju hingga tiramisu teh hijau.

Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan cara membuat donat menggunakan bahan-bahan buatan sendiri. Pilihan paling sederhana adalah membuat donat desa, karena rasanya yang enak dan bentuknya yang tidak kalah cantik. Langsung saja kita simak cara membuat donatnya. Simak resep donat di bawah ini dengan seksama!

Bahan Membuat Donat

Bahan Membuat Donat

Bahan yang dibutuhkan :

500 gram tepung terigu protein tinggi
200 gram kentang (kukus terlebih dahulu lalu di tumbuk hingga halus)
75 gram mentega tanpa rasa
11 gram ragi instan
4 butir telur (ambil kuningnya saja)
50 gram susu bubuk
100 gram gula kastor atau gula halus (lebih baik gula kastor)
¼ sdt garam
100 ml air
Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Donat

Berikut langkah-langkah membuat donat!

1. Buat Adonan Donat

Setelah bahan-bahan di atas sedulur dibuat, langkah kritis selanjutnya dalam cara membuat donat adalah membuat adonan donat itu sendiri.

Mudah-mudah-sulit adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat adonan donat. Dikatakan sederhana, karena pada dasarnya Sedulur hanya perlu mencampurkan setiap komponen yang telah disebutkan di atas.

Namun, tidak dapat dikatakan sesederhana itu juga. Sebab, perhatian harus diberikan agar adonan bisa berkembang sesuai bentuk yang diinginkan.

Umumnya, langkah pertama adalah menambahkan 10 sendok makan tepung, ragi, dan gula ke dalam 10 gelas air panas.

Aduk bahan dengan gerakan melingkar sampai tercampur rata. Tambahkan sisa tepung dengan mengetiknya di kotak teks yang disediakan.

Masukkan margarin, susu bubuk dan kuning telur yang sudah disediakan. Uleni kembali adonan hingga kalis dan elastis. Untuk hasil yang maksimal, Sedulur dapat menggunakan tangan untuk membuat adonan dan mengaduknya secara merata.

2. Tutup Adonan dengan Kain Lembab

Setelah adonan disiapkan, dan adonan menjadi cukup halus saat dicampur. Tahap selanjutnya, Sedulur bisa menambahkan minyak pada adonan.

Aduk kembali hingga minyak merata ke seluruh adonan. Setelah itu pindahkan adonan ke wadah lain. Meskipun Sedulur bisa menambahkan tepung untuk membuat adonan kurang lengket jika masih terlalu lengket.

Setelah itu simpan adonan di wadah tersendiri dengan cara pembuatan donat selanjutnya. Prosedur ini sangat penting, agar adonan mengembang yang dibuat oleh komponen ragi di dalamnya.

Waktu yang diperlukan untuk menyimpan adonan agar mengembang dengan benar adalah satu jam.

Sedulur juga boleh disimpan lebih lama untuk manfaat yang optimal, jangan lupa tutup adonan dengan handuk basah. Jaga agar adonan tetap lembab dengan handuk basah ini.

Proses Pencampuran Adonan

3. Bentuk Adonan Menjadi Donat

Setelah adonan dibiarkan awalnya dan tutup adonan dengan serbet basah sampai mengembang, langkah penting cara membuat donat adalah mengolah adonan donat dan membentuknya menjadi bentuk seperti donat. Sedulur dapat menimbang donat untuk memastikan ukuran dan bentuknya sama.

Selain itu, agar bentuknya sama, Sedulur dapat memanfaatkan cetakan donat yang dimiliki Sedulur. Atau, Sedulur juga bisa menggunakan lingkaran kaca, untuk menghasilkan ukuran donat yang sama.

4. Goreng Donat Hingga Matang

Ketika adonan sudah dibentuk menjadi bentuk donat oleh Sedulur dan siap untuk digoreng, maka tahap selanjutnya dalam proses pembuatan donat adalah membuat donat hingga berwarna kuning keemasan.

Untuk mendapatkan donat dengan hasil yang sangat baik, Sedulur dapat menggunakan teknik deep frying.

Teknik menggorengnya menggunakan minyak yang banyak dan sampai benar-benar panas. Sedulur dapat mengangkat dan menyimpan donat jika sudah berubah warna dan kering.

5. Beri Topping Pada Donat

Langkah terakhir cara membuat donat adalah dengan menambahkan topping pada donat yang sudah digoreng. Topping yang paling umum dan disukai adalah meses cokelat dan keju.

Namun, kini ada berbagai topping yang enak dan menarik yang bisa dijadikan referensi untuk sodara-sodara. Kakak tinggal pilih topping sesuai selera Kakak.

Semoga penjelasan tentang cara membuat donat yang dijelaskan di atas dapat membantu Sedulur membuat donat sendiri di rumah. Selain sebagai camilan sore hari, donat juga bisa kamu santap sebagai sarapan pagi agar bisa memulai aktivitas dengan semangat.

Jangan lupa untuk membeli semua bahan-bahan yang dibutuhkan pada resep di atas, Sedulur bisa membeli bahan-bahannya di Super Aplikasi.

Selain cara pembelian dan pelayanan yang mudah membuat Sedulur nyaman, banyak pilihan bahan sembako untuk memasak dengan harga murah dan kualitas terjamin.

Kakak-kakak bisa klik disini bagi yang belum punya Super Application download dulu Super Application. Mulai gunakan Aplikasi Super untuk kebutuhan sehari-hari, agar hidup Sedulur lebih menguntungkan.

Tips Donat Lembut dan Lezat

Berikut ini tips untuk membuat donat menjadi lebih lembut!

Cara Menggoreng Donat – Buat Donat Empuk dan Enak

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah cara menggoreng donat. Ya, proses penggorengan yang mempengaruhi dimakan atau tidaknya donat.

Banyak sekali kejadian di masyarakat saat menggoreng donat menjadi gosong atau tidak matang sempurna sehingga masih terasa sedikit tepung mentah di dalamnya. Cara menggoreng donat yang benar adalah dengan menggorengnya dalam minyak panas hingga warnanya berubah agak coklat keemasan.

Ingat, sedikit cokelat keemasan tidak berarti kamu harus membakarnya. Perhatikan suhu minyak saat menggoreng, yaitu tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Saat menggoreng donat, jangan terlalu sering bolak-balik.

Jika ingin dibolak-balik, pastikan terlebih dahulu berwarna cokelat keemasan lalu balik adonan. Tips agar donat tetap bulat saat menggoreng, kamu bisa menggunakan bantuan sumpit saat menggoreng.

Suhu Adonan Membuat Donat – Buat Donat Empuk dan Enak

Selain cara menggoreng, suhu air yang digunakan saat membuat adonan donat juga berpengaruh. Suhu air terbaik yang digunakan untuk membuat donat adalah air hangat dengan suhu panas sekitar 26-28 derajat Celcius.

Semakin panas air yang digunakan, maka adonan akan semakin lembut dan tidak akan bisa dibentuk lagi. Selain itu, penggunaan suhu panas membuat proses fermentasi lebih cepat sehingga adonan donat mudah gosong saat digoreng.

Penggunaan air panas untuk adonan donat juga membuat ragi tidak bekerja dengan baik yang membuat adonan donat tidak bisa mengembang dan membuat tekstur donat menjadi lebih keras.

Selain menggunakan air hangat, susu cair hangat juga bisa ditambahkan ke dalam adonan. Dengan menambahkan susu cair, rasa yang tercipta akan lebih gurih.

Tips Donat Lembut dan Lezat

Proses Pencampuran Adonan  – Buat Donat Empuk dan Enak

Pada umumnya bahan pertama yang dicampur saat membuat donat kentang adalah tepung dan lain-lain. Nah, agar adonan bisa sempurna, kamu bisa mencampurkan ragi dan air hangat di dalam mangkuk terlebih dahulu.

Aduk perlahan ragi dan biarkan selama sekitar lima menit dan tambahkan sisa bahan. Terus aduk rata atau uleni adonan sampai benar-benar elastis saat disentuh. Tekstur donat yang lembut sangat berkaitan dengan cara kamu menguleni adonan.

Semakin halus adonan, semakin lembut donat kentangnya. Untuk menguleni adonan, kamu hanya perlu menggunakan tangan yang bersih, bukan tangan yang basah.

Tips menguleni adonan donat dengan tangan agar merata seperti mencuci pakaian dengan tangan. Uleni adonan sambil ditekan terus hingga merata.

Proses Fermentasi Donat Kentang – Buat Donat Empuk dan Enak

Tips buat donat empuk dan enak selanjutnya adalah dengan memperhatikan proses fermentasi yang terjadi. Tahap fermentasi merupakan tahap yang penting karena menentukan adonan donat menjadi lembut dan mengembang.

Agar fermentasi menjadi sempurna, sebaiknya lakukan di ruangan yang memiliki tingkat kelembapan yang cukup. Setelah adonan merata dan siap difermentasi, masukkan adonan ke dalam wadah besar dan tutup dengan kain atau plastik.

Saat menggunakan kain, pastikan kain sedikit lembab tetapi tidak ada air yang menetes. Ini akan mencegah adonan mengering dan mengembang sepenuhnya. Diamkan adonan selama 1-1,5 jam tergantung banyaknya adonan yang dibuat.

Pastikan adonan donat sudah naik menjadi 2-3 kali lipat dari ukuran sebelumnya. Tapi jangan biarkan adonan terlalu lama karena bisa menjadi lembek sehingga tidak bisa dibentuk.

Proses Pembuatan Donat – Buat Donat Empuk dan Enak

Tips terakhir untuk cara buat donat empuk dan enak juga matang secara sempurna adalah dengan memperhatikan ukuran donat yang digunakan. Ciri adonan yang baik adalah tidak kembali saat ditekan ke bentuk semula.

Nah, jika adonan ditekan dan kembali ke bentuk semula, berarti adonan belum siap digoreng dan harus dibiarkan begitu saja agar teksturnya lembut.

Itulah sedikit informasi tentang resep membuat donat kentang dan tips membuat donat kentang yang lembut dan enak.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa cara buat donat empuk dan enak, kalian bisa langsung mengikuti beberapa cara yang sudah kami jelaskan diatas. Selamat mencoba ya!