Cara Membuat Survey dengan Google Document

Infokekinian.com – Kami akan menjelaskan mengenai bagaimana cara membuat survey dengan Google Document. Yuk simak penjelasan langkah – langkahnya!

Apakah kamu siap untuk berpartisipasi dalam survei? Dengan alat yang tepat, Google Drive membuatnya sederhana – dan gratis. Jika kamu terbiasa dengan Google Documents, menyesuaikan survei dengan cepat dan mengirimkannya untuk mengumpulkan data dengan cepat akan sangat mudah. Ini adalah metode konstruksi yang paling efektif.

Cara Membuat Survey dengan Google Document (2)

Cara Membuat Survey dengan Google Document

Berikut ini akan kami sajikan beberapa langkah – langkah membuat survey dengan Google Doc ataupun cara alternatif.

Langkah Pertama – Cara Membuat Survey dengan Google Document

Buka Google Formulir dan isi formulir. Banyak alat interaktif Google Drive disimpan dalam Formulir, yang memungkinkan kamu membuat berbagai formulir untuk berbagai topik, termasuk survei. Gratis jika kamu memiliki akun Google, sama seperti Documents. Untuk memulai, buka situs web ini dan mulai Buka formulir.

Langkah Kedua

Untuk memulai Formulir baru, pilih opsi Kosong dengan tkamu plus.

Langkah Ketiga – Cara Membuat Survey dengan Google Document

Beri Formulir kamu nama dan deskripsi jenis survei yang kamu lakukan. Jelaskan mengapa kamu menyurvei mereka, jenis tanggapan apa yang kamu ingin mereka berikan, dan lebih banyak lagi dalam deskripsi kamu untuk mereka yang akan melihat Formulir kamu.

Langkah Keempat

Kami merekomendasikan pergi ke bagian Pengaturan di bagian atas Formulir pada saat ini. kamu tidak perlu khawatir untuk membuat kuis ini karena ini adalah survei. Namun, kamu harus memeriksa ulang pengaturan di bagian Tanggapan. kamu dapat memilih apakah akan mengumpulkan alamat email dari responden atau tidak, serta mengizinkan orang untuk mengedit tanggapan mereka atau tidak.

Lalu masuk ke tab Presentasi, di mana kamu dapat mengacak pertanyaan untuk setiap responden, memperlihatkan bilah kemajuan untuk pertanyaan survei (yang merupakan ide bagus), membuat pesan konfirmasi, dan banyak lagi. Ini harus disesuaikan dengan tujuan survei kamu dan cara kerjanya.

Jika kamu berencana untuk membuat beberapa survei secara teratur, bagian Default di bagian bawah akan memungkinkan kamu untuk mengubah beberapa pengaturan secara permanen.

Langkah Kelima – Cara Membuat Survey dengan Google Document

Sekarang, untuk menyesuaikan tema, buka ikon papan Palette di sudut kanan atas. kamu dapat mengubah font, menambahkan gambar header, dan memilih warna di sini. Buat survei kamu terlihat persis seperti yang kamu inginkan. Jika kamu tidak yakin harus mulai dari mana, Google menawarkan berbagai tema, seperti Umpan Balik Acara dan Evaluasi Kursus, yang dapat membuat kamu memulai.

Langkah Keenam

Oke, kamu sudah siap untuk mulai membuat pertanyaan survei! kamu harus memiliki pertanyaan bawaan di Dokumen sehingga kamu dapat menyalin dan menempelkannya dengan cepat. Namun, pastikan untuk melihat menu tarik-turun sebelah kanan untuk pertanyaan kamu, tempat kamu dapat mengubah jenis tanggapan yang dapat diberikan orang, dari pilihan gkamu hingga pengunggahan file. Untuk beberapa pertanyaan terbuka dalam survei, kamu mungkin ingin menggunakan opsi Jawaban Singkat dan Paragraf.

Langkah Ketujuh – Cara Membuat Survey dengan Google Document

Lanjutkan untuk menambahkan pertanyaan ke survei kamu hingga selesai. kamu dapat dengan mudah menghapus pertanyaan, menjadikannya wajib, dan menggunakan fitur bermanfaat lainnya. Saat kamu siap, klik ikon panah di sudut kanan atas untuk mengirim survei ke siapa pun yang kamu inginkan. Metode paling sederhana adalah mengirimkannya langsung melalui email, tetapi kamu juga dapat membuat tautan ke sana yang dapat kamu bagikan di platform lain atau dapatkan kode HTML. Pilih Kirim saat kamu siap, dan survei kamu akan segera dikirim.

Alternatif: Gunakan Google Survei

kamu juga dapat menggunakan Google Survei, yang dapat kamu temukan di sini. Ini adalah alat yang lebih rumit yang lebih cocok untuk survei yang lebih besar di mana variasi statistik dari tanggapan adalah penting. Jika kamu melakukan survei pemasaran untuk sekelompok besar orang, survei karyawan untuk perusahaan dengan ribuan karyawan, atau tugas serupa lainnya, ini mungkin pilihan yang lebih baik.

Kesimpulan

Nah itu beberapa cara untuk membuat survey dengan Google Document, kami juga menjelaskan membuat survey menggunakan cara alternatif. Selamat mencoba ya!