Cara Memperbaiki HP Yang Mati Terkena Air

Biasanya, hampir semua smartphone atau hp yang sudah terkena air akan langsung mati total, tentu mayoritas orang yang mengalami hal seperti ini akan panik dan tidak tahu bagaimana cara memperbaikinya dan langsung pergi ke service center, padahal anda sendiri sebenarnya bisa mengatasinya sendiri. kasus hp android atau smartphone yang mati karena air memang sering terjadi pada para pengguna smartphone, bagi anda yang sebelumnya sudah pernah mengalaminya tentu tidak panik seperti mereka yang baru pernah mengalami handphone yang mati karena tercebur air.
Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi beberapa tips yang dapat anda lakukan guna memperbaiki hp yang mati terkena air dengan mudah tanpa harus pergi ke service center, apa saja langkah untuk mengatasinya? simak ulasannya berikut ini:

Jangan Menyalakan HP

Jangan Menyalakan Hp Saat Memperbaiki Hp Yang Mati Terkena Air
Ini kesalahan yang paling fatal dan hampir semua orang melakukan kesalahan ini saat handphonenya mati, saat hp anda mati terkena air, usahakan jangan nyalakan hp anda terlebih dahulu, hal ini bertujuan supaya tidak terjadinya konflik karena mesin hp yang menyala dengan air, biarkan smartphone mati untuk sementara.

Letakkan HP DI dengan Posisi Horisontal

Letakkan HP DI dengan Posisi Horisontal
Letakkan smartphone yang mati terkena air pada bidang datar guna membuat air yang masuk ke dalam hp anda tidak menyebar ke semua komponen yang ada, hal ini tentu sangatlah masuk akal, jangan lupa juga untuk langsung membuka tutup smartphone hp anda, hal ini supaya air lebih cepat keluar.

Lepas Baterai, SD Card dan Sim Card

Lepas Baterai, SD Card dan Sim Card
Setelah membuka tutup hp, silakan langsung saja lepaskan baterai beserta komponen di dalamnya seperti kartu memori dan kartu sim dari hanphone anda, hal ini supaya meminimalisir nanti hp android akan makin parah kerusakannya terutama pada baterai. serta ditujukan supaya hp yang basah lebih mudah dan cepat untuk mengering.

Gunakan Tisu atau Kain

Mengeringkan Air Dengan Memakai Tisu dan Kain Halus
Jangan panik jika mengalami hp android mati karena air, anda cukup dengan menghilangkan dan mengeringkan air dengan memakai tisu dan kain halus yang dapat menyerap air, dan usahakan anda membersihkannya secara menyeluruh sampai bagian sela sela komponen di dalam smartphone seperti bagian kartu sim, baterai, kartu memori dan lainnya.

Letakkan di kantung Beras

Beras Memperbaiki Hp yang Mati Total Karena Terkena Air
Selain mengelapnya dengan memakai tisu dan kain, anda bisa juga dengan memanfaatkan beras untuk mengatasi dan memperbaiki hp yang mati total karena terkena air, beras memiliki sifat yang mudah menyerap air, dengan hal ini tentu akan memudahkan anda dalam menyalakan hp android yang mati tercebur air, jika khawatir kotor pada bagian layar, anda bisa menutupniya pada bagian layar nya dengan kain tisu dan bagian lain usahakan menempel pada beras.

Bawa ke Service Center

Service Center Handphone
Ini merupakan langkah terakhir jika semua cara yang sudah anda coba diatas masih gagal untuk memperbaiki hp yang mati total karena terkena air, jangan lakukan sesuatu apalagi sampai mengoprek smartphone anda sendiri, lebih baik bawa saja ke service center.

Tinggalkan komentar