Rekomendasi Cpu Cooler Dibawah 1 Juta

Infokekinian.com – Berikut adalah informasi mengenai rekomendasi cpu cooler dibawah 1 juta, yang cocok untuk komputer dan gaming. Simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasinya lebih lengkap dan jelas.

Kehadiran sebuah cooler atau pendingin untuk komputer tampaknya masih dipandang sebelah mata.

Sebagaimana yang kita ketahui, cooler hanya memiliki satu tugas yang menurut kami cukup penting, yaitu menurunkan suhu prosesor.

Rekomendasi Cooler Terbaik

Sebuah pendingin ternyata memiliki bentuk yang menurut kami agak stylish selain memiliki tugas mulia ini.

Untuk menonjolkan bahwa kamu adalah seorang gamer kontemporer, beberapa merek bahkan menawarkan pilihan warna.

Jika sebelumnya kami membahas banyak jenis pendingin komputer, kali ini kami akan mencoba menawarkan beberapa rekomendasi untuk bagian yang satu ini saja.

Saran ini memiliki semua jenis, tentu saja disesuaikan dengan platform dan soket yang sering digunakan saat ini.

Jangan khawatir uang yang kamu butuhkan sedikit, dan kami juga memiliki rekomendasi untuk kamu yang tidak menyukai warna RGB.
Disclaimer:

Di sini kami hanya sekedar memberikan rekomendasi, bukan mengurutkan solusi pendinginan ini berdasarkan performa.

Jadi, urutan di bawah ini bukanlah patokan bahwa cooler A akan lebih baik dari cooler B, begitu seterusnya.

Rekomendasi Cooler Terbaik

Berikut adalah 7 rekomendasi cooler terbaik untuk komputer di bawah 1 Juta:

1. Scythe Big Shuriken 3

Rekomendasi ini kami awali dengan produk dari Negeri Sakura dengan brand Scythe. Usung model top-down cooler, namun dimensi yang ditawarkan sudah lebih dari ideal untuk muat pada motherboard terkecil sekalipun.

Berdasarkan spesifikasi yang ditawarkan, cooler buatan Jepang ini sudah lebih dari cukup untuk meredam panas yang dihasilkan prosesor mid-end sekalipun.

Berbicara nilai pasti, Big Shuriken 3 masih termasuk ideal untuk menahan panas dari prosesor dengan TDP di bawah 150W.

Menariknya, kipas bawaan yang disertakan termasuk low-profile, alias memiliki ketebalan di bawah rata-rata, jadikannya cocok untuk case dengan tempat terbatas.

Selain itu, terdapat dua mode pendinginan yang bisa kamu gunakan, yaitu untuk mendinginkan RAM, maupun VRM pada motherboard.

Sebagai tambahan, penulis gunakan cooler besutan Scythe ini pada komputer Intel Generasi Ke-10 versi refresh, dan cooler ini tunjukkan kehebatannya.

Percaya atau tidak, namun cooler yang dibanderol mulai dari 500 Ribuan Rupiah ini benar-benar tawarkan price-to-performance yang termasuk sangat oke.

2. Jonsbo CR-2000GT

Buat kamu-kamu yang membutuhkan cooler bongsor dengan sentuhan warna-warni khas gamers kekinian, Jonsbo CR-2000GT bisa jadi solusinya.

Bagi orang awam, brand Jonsbo mungkin akan terdengar asing, namun tidak dengan para enthusiast.

Sekedar menambahkan, brand asal Tirai Bambu ini lahirkan case dan fan berbahan premium, namun masih cukup affordable untuk kamu miliki.

Dari tampilannya, tampak bahwa cooler yang usung model dual-tower ini siap untuk meredam amarah panas prosesor mid-high sekalipun.

Bahkan, berdasarkan informasi yang tertera di situs resminya, CR-2000GT ini mampu menahan prosesor dengan maksimal TDP hingga 250W.

Model cooler dari Jonsbo ini tentu akan sangat cocok buat kamu-kamu yang ingin show-off jeroan komputer yang kamu gunakan.

Terlebih Jonsbo bekalinya dengan panel RGB, tentunya menjadi pertimbangan lebih untuk meminangnya dengan taksiran mulai dari 500 Ribuan Rupiah.

3. Deepcool Gammaxx GTE V2

Bila rekomendasi kedua dari kami terlalu bongsor untuk case yang kamu gunakan, jangan khawatir, karena Deepcool Gammaxx GTE V2 bisa jadi pertimbangan.

Meski brand ini perlahan-lahan mulai meredup, namun eksistensinya tak boleh diremehkan karena Deepcool merupakan pemain lama.

Model tower yang ditawarkan dengan heatsink berwarna putih tampaknya akan sangat cocok bila kamu ingin membuat setup yang berkonsep clean.

Berpatokan pada spesifikasi yang ditawarkan, cooler besutan Deepcool ini terlihat mampu menahan TDP sampai dengan 175W. Sayangnya, cooler ini lagi-lagi belum mendukung socket LGA1700 dari Intel.

Meski di situsnya terpampang bahwa sudah mendukung prosesor Intel Generasi Ke-12, namun kami merasa bracket tersebut tak tersedia secara cuma-cuma.

Dibanderol mulai dari 200 Ribuan Rupiah saja, adalah harga yang pantas nan murah untuk cooler satu ini.

4. ID-COOLING SE-214-XT ARGB

Masuk ke rekomendasi keempat, dan mungkin rekomendasi yang dinanti oleh Sobat kekinian yang butuhkan cooler untuk LGA1700 yang telah dimiliki sebelumnya.

Benar sekali, ID-COOLING SE-214-XT ARGB ini benar-benar sudah mendukung socket LGA1700 out-of-the-box alias tanpa perlu membeli aksesoris tambahan.

Tampaknya, model tower adalah jenis cooler yang ideal untuk meredam amarah prosesor kekinian dari Intel tersebut.

Uniknya, embel-embel ARGB yang diberikan dikatakan akan menyala pada motherboard model lawas sekalipun, namun tak bisa di sinkronisasi dengan motherboard.

Artinya, warna-warni yang ditawarkan ialah fixed colors. Berbicara harga, cooler ini termasuk cukup murah ketimbang kompetitor lainnya loh, Sobat kekinian.

Kamu cukup keluarkan uang sekitar 200 Ribuan Rupiah, dan sudah bisa membawa pulang cooler keren ini.

5. Noctua NH-U12-S Redux

Rasanya list takkan lengkap bila tak sertakan brand yang senantiasa tawarkan aftermarket cooler terbaik untuk komputer di bawah 1 Juta.

Tentu saja brand tersebut adalah Noctua, yang kerap direkomendasikan oleh enthusiast di dunia komputer. Salah satunya adalah Noctua NH-U12S Redux.

Sekilas, memang hampir tak terlihat apa yang membedakannya dengan kompetitor lain yang usung model tower juga secara umum.

Namun, buat Sobat kekinian yang pernah melihat bagaimana cooler dari brand Noctua bekerja, tentu akan berdecak kagum, terutama noise yang dihasilkan.

Noctua sebelumnya memang katakan bahwa kamu bisa dapatkan bracket untuk socket LGA1700 secara terpisah.

Namun, per akhir tahun 2021 silam, Noctua lebih memilih untuk langsung sertakan bracket tersebut ke dalam paket penjualan.

Jadi, kamu tak payah dan bingung bahwa cooler ini belum kompatibel dengan Intel Generasi Ke-12 Alder Lake

Penulis rekomendasikan cooler ini terutama bila kamu benar-benar demen dengan setup yang tidak membutuhkan bermacam warna-warni gemerlap duniawi.

Dibanderol mulai dari 700 Ribuan Rupiah, taksiran yang cukup pantas bila kamu mengedepankan kesunyian layaknya penulis.

Scythe Big Shuriken 3

6. Antec Neptune 240 ARGB

Sudah barang tentu rekomendasi ini pun takkan lengkap bila tak sertakan all-in-one cooler dengan ukuran yang universal, 240mm.

Menariknya, AIO ini memiliki harga yang kami rasa sangat kompetitif. Tentunya, kami bolehkan ia masuk dan menduduki rekomendasi cooler terbaik untuk komputer di bawah 1 Juta.

Antec Neptune 240 ARGB kami rekomendasikan bila model tower maupun top-down sudah tak bisa hentikan panas yang dihasilkan oleh prosesormu.

Selain berikan penurunan suhu yang lebih oke punya, tak lupa cooler model AIO ini pun terbukti mampu percantik komputer milikmu. Sayangnya, cooler besutan Antec ini masih belum mendukung socket terbaru Intel LGA1700.

Namun, banderol yang mulai dari 700 Ribuan Rupiah tampaknya benar-benar menggiurkan, terlebih Antec merupakan brand kenamaan yang memang cukup dikenal.

7. THERMALRIGHT AXP90-X36

Menutup rekomendasi CPU cooler dibawah 1 Juta adalah dengan brand THERMALRIGHT dengan AXP90-X36 miliknya.

Solusi pendinginan ini lebih diperuntukkan buat kamu yang sedang merakit komputer idaman dengan bentuk mini, atau bahkan manfaatkan tipe barebone.

Nilai jual dari cooler besutan THERMALRIGHT ini sudah barang tentu tingginya yang hanya 2cm. Bila ditotal dengan kipas low-profile, tinggi maksimal dari cooler AXP90-X36 ini hanya sekitar 3,6cm, yang mana termasuk mungil.

Sekilas, apa yang ditawarkan AXP90-X36 ini miliki konsep yang sama dengan salah satu brand yang cukup terkenal.

Namun, banderol yang hanya sekitar 400 Ribuan Rupiah, membuatnya miliki pertimbangan tersendiri untuk milikinya.

5 Rekomendasi CPU Cooler Murah Untuk PC Gaming

Pendingin udara terdiri dari pendingin untuk memindahkan panas dari prosesor dan satu atau lebih kipas untuk menyebarkan panas itu.

Ini adalah prinsip yang sama dengan pendingin stok, tetapi biasanya lebih besar untuk distribusi panas yang lebih baik.

Untuk sebagian besar pengguna yang mencari peningkatan kinerja dengan harga yang terjangkau, pendingin udara sangat ideal.

Berikut adalah rekomendasi CPU Cooler/Fan Processor Murah Terbaik 2022 Untuk PC kamu. Harga mulai dari 2 ratus ribuan – 3 jutaan:

1. Cooler Master Hyper 212 Evo

Hyper 212 Evo terkenal di komunitas pembuat PC karena kinerja yang solid dan harga yang murah. Ia memiliki empat pipa panas untuk membawa panas ke unit pendingin 4,6 x 2,0 x 6,3 inci.

Ini juga kompatibel dengan banyak prosesor Intel dan AMD modern. Harga dari CPU Cooler ini adalah Rp 419.000.

Ukurannya yang masuk akal berarti ia akan dengan mudah masuk ke sebagian besar case, dengan pengecualian case kompak yang sangat kecil yang ukurannya bisa terlalu lebar.

Hyper 12 Evo hadir dengan satu kipas, yang cukup untuk sebagian besar pengguna. Padahal, ada opsi untuk menambahkan kipas 120mm kedua jika kamu membutuhkan lebih banyak pendinginan.

2. Noctua NH-D15

Noctua NH-D15 sangat ideal bagi mereka yang menginginkan kinerja pendinginan yang serius, terutama saat overclocking.

Pendingin berdaging ini memiliki enam pipa panas dan dua kipas, salah satunya diapit di antara dua set sirip.

Kipas berukuran 140mm untuk aliran udara maksimum dan dapat dijalankan pada kecepatan rendah untuk operasi yang lebih tenang. Harga dari CPU Cooler ini adalah Rp 1.253.000.

Fitur rapi pendingin ini adalah sirip rendah yang tersembunyi. Ini menciptakan efek cut-out di sisi bawah pendingin.

Ini berarti bahwa meskipun pendinginnya sangat besar, masih ada cukup ruang untuk memory stick yang lebih tinggi di bawahnya.

Pendingin ini mendukung sebagian besar chip Intel dan AMD dan dilengkapi dengan kit pemasangan yang mudah digunakan.

3. be quiet! Dark Rock 4

Jika operasi diam adalah prioritas kamu, maka kamu akan dilayani dengan baik oleh yang diam! Dark Rock 4.

Cooler ini memiliki ukuran besar tetapi profil suara kecil, dengan penggemar Silent Wings yang hampir tidak terdengar yang dipopulerkan perusahaan.

Kipas 135mm tetap di bawah 22dB bahkan pada kecepatan maksimum. Harga dari CPU Cooler ini adalah Rp 996.000.

Jonsbo CR-2000GT

Untuk memenuhi persyaratan pendinginan dengan kebisingan minimal, pendingin memiliki enam pipa panas tembaga dan sirip pendingin yang berkontur khusus.

Ada juga opsi untuk menambahkan kipas 120mm untuk menjaga prosesor kamu lebih dingin. Seperti yang lain, ini kompatibel dengan sebagian besar prosesor Intel dan AMD.

Ukuran medium The Dark Rock 4 berarti harus sesuai dengan sebagian besar kasus ukuran penuh atau sedang.

Pendingin Air All-in-One

Alternatif untuk pendingin udara bagi mereka yang mencari kinerja tingkat atas adalah pendingin cairan all-in-one.

Tidak seperti pengaturan pendingin air kustom, pendingin all-in-one pada dasarnya adalah plug and play.

Mereka terdiri dari loop tertutup cairan yang bersirkulasi melalui blok yang ditempelkan ke prosesor dan keluar ke radiator. Cairan membawa panas dari prosesor ke radiator, tempat kipas membubarkannya.

Pendingin all-in-one pada dasarnya tidak memerlukan pemeliharaan dan memberi kamu manfaat pendinginan kinerja tinggi tanpa tantangan pengaturan pendingin air kustom.

4. Corsair H150i

Corsair H150i adalah favorit bagi mereka yang menginginkan kinerja yang solid tanpa embel-embel tambahan.

Pendingin hadir dalam ukuran 240mm, 280mm, dan 360mm yang masing-masing dilengkapi dengan satu, dua, atau tiga kipas low-noise.

Para penggemar memberikan aliran udara yang luar biasa dan tidak melampaui 20dB bahkan dengan kecepatan penuh.

Ada opsi untuk mematikan kipas sepenuhnya ketika suhu rendah untuk operasi yang lebih tenang. Kinerja pendingin dapat dikustomisasi melalui perangkat lunak Corsair.

Kamu dapat mengubah kecepatan kipas dan pompa, dan memantau CPU dan suhu cairan pendingin kamu.

Ada juga beberapa opsi pencahayaan RBG untuk blok jika kamu ingin mencocokkan skema warna PC kamu. Harga dari CPU Cooler ini adalah Rp 2.388.000.

Pendingin ini kompatibel dengan sebagian besar prosesor Intel dan AMD modern, dan tabungnya cukup panjang untuk memasangkan pendingin dengan nyaman ke sebagian besar casing menara-tengah dan menara-penuh.

5. NZXT Kraken X62

Jika kamu menginginkan kinerja dan estetika, NZXT Kraken X62 adalah pendingin all-in-one terindah di pasar.

Blok CPU memiliki desain cermin infinity yang menunjukkan pola berputar-putar memukau dalam warna pilihan kamu.

Ada banyak mode pencahayaan yang dapat dikontrol melalui perangkat lunak NZXT’s Cam, dan kamu dapat menyesuaikan warna logo NZXT untuk pencocokan warna yang sempurna.

Kraken X62 bukan tentang penampilan saja. Muncul dalam berbagai ukuran, dengan varian 120mm, 140mm, 240mm, 280mm, dan 360mm tersedia.

Ini memiliki pompa yang tenang namun kuat, dan dengan perangkat lunaknya, kamu dapat mengatur pompa dan kipasnya.

Tubing diperkuat untuk membuatnya bertahan, dan para penggemar berlari dengan tenang juga.

Kompatibel dengan sebagian besar chip Intel dan AMD, ini adalah pilihan ideal bagi pengguna yang menginginkan all-in-one yang menawarkan estetika memukau tanpa mengorbankan pendinginan. Dan yang terakhir adalah jarga dari rekomendasi CPU Cooler dibawah 2 juta, lebih tepatnya adalah Rp 1.756.000.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai beberapa jenis rekomendasi CPU Cooler dibawah 1 Juta, dan cooler cpu terbaik untuk gaming yang bisa kamu pertimbangkan.

Karena wajib hukumnya untuk sesuaikan jenis cooler yang akan kamu ambil dengan prosesor yang kamu manfaatkan, berikut dengan jenis case.

Selain cooler, ada banyak sekali faktor-faktor luar yang pengaruhi seberapa panas yang dihasilkan oleh sebuah komputer.

Di antaranya jenis case, seberapa banyak ruang udara yang ada, bahkan cable management pun berimbas pada suhu sebuah komputer.

Namun satu hal yang pasti, kita harus sesuaikan jenis cooler yang akan kita manfaatkan agar bisa mendinginkan prosesor secara optimal.

Demikianlah artikel mengenai Rekomendasi Cpu Cooler Dibawah 1 Juta dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */