Sejarah dan Tujuan Perayaan Hari Laut, Simak!

Infokekinian.com – Berikut ini akan kami jelaskan mengenai sejarah dan tujuan perayaan hari laut, bagi kalian yang belum mengtahui sejarahnya yukk simak penjelasannya ya!

Hari ini adalah Hari Laut Sedunia, yang diperingati pada tanggal 8 Juni (Hari Laut Sedunia). Hari Laut Sedunia merupakan acara tahunan yang diperingati di banyak negara di dunia, termasuk Indonesia.

Indonesia merupakan negara yang dikelilingi oleh lautan, dengan luas wilayah laut mencapai 96.079,15 kilometer persegi. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai wilayah kepulauan terbesar di dunia.

Sejarah dan Tujuan Perayaan Hari Laut, Simak!

Sejarah Perayaan Hari Laut

Sejak pengajuan pertama Kanada ke KTT Bumi di Rio de Janeiro, Brasil pada tahun 1992, 8 Juni telah ditetapkan sebagai Hari Laut Sedunia.

PBB kemudian mengesahkan hari peringatan ini pada akhir tahun 2008. (Wikipedia) Setiap tahun sejak tahun 2003, The Ocean Project telah menyelenggarakan hari peringatan ini dengan mempertemukan para peserta.

Perayaan Hari Laut Sedunia, yang dimulai di worldoceansday.org, adalah hari yang didedikasikan untuk menghormati lautan di dunia. Dengan merayakan manfaat yang diberikan lautan. Makanan laut dan kehidupan laut untuk akuarium dan hewan peliharaan, misalnya.

Peringatan juga membutuhkan waktu untuk mengenali nilai objek itu sendiri. Jalur pelayaran untuk perdagangan internasional juga disediakan melalui laut.

Populasi ikan telah menurun secara dramatis sebagai akibat dari polusi global dan penangkapan ikan yang berlebihan. Peringatan ini juga menghadirkan kesempatan unik untuk memobilisasi aksi komunitas dan individu untuk melindungi lautan dan konsekuensi yang diakibatkannya.

Tema Hari Laut Sedunia 2019 adalah ‘Gender and Oceans.’ Setiap tahun, untuk memperingati Hari Laut Sedunia, dipilih tema atau fokus aksi utama.

Membersihkan pantai dan konsisten tidak membuang sampah ke laut hanyalah beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk memperingati Hari Laut Sedunia. Berikut ini adalah tujuan umum dari Hari Laut Sedunia:

Untuk menekankan pentingnya lautan dalam kehidupan kita sehari-hari. Mereka adalah paru-paru planet kita, memasok sebagian besar oksigen yang kita hirup. Untuk meningkatkan kesadaran publik tentang dampak aktivitas manusia di laut. Menciptakan gerakan dunia-ke-laut global

Untuk memobilisasi dan menyatukan orang-orang di dunia di belakang sebuah proyek untuk mengelola lautan dunia secara berkelanjutan. Mereka adalah bagian penting dari biosfer dan sumber utama makanan dan obat-obatan. Untuk merayakan keindahan laut, kekayaan, dan masa depan bersama.

Tujuan Perayaan Hari Laut

Berikut ini akan kami jelaskan maksud dan tujuan dari perayaan hari laut, simak berikut in!

1. Di Brasil, Perayaan Hari Laut Sedunia yang pertama terjadi.

Hari Laut Sedunia pertama diadakan pada tahun 1992 di Konferensi Lingkungan dan Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa di Rio de Janeiro, Brasil. Saat itu, delegasi Kanada mengusulkan dibuatnya hari khusus untuk memperingati masalah kelautan. Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan tanggal 8 Juni sebagai Hari Laut Sedunia pada tahun 2008.

2. Gagasan Hari Laut ditunda menunggu persetujuan

Proposal delegasi Kanada tampaknya tidak segera disetujui. Baru kemudian, pada tahun 1998, Komisi Oseanografi Antar Pemerintah UNESCO mendorong agar Hari Laut diakui secara internasional.
Organisasi konservasi, seperti World Ocean Network dan The Ocean Project, serta kelompok lingkungan lainnya, telah berbicara tentang keberadaan gerakan yang kuat untuk mengamankan Hari Laut.

3. Tujuan dari Ocean Day adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya melestarikan lingkungan alam laut.

Menurut National Ocean Service, lautan menyediakan setidaknya 50% oksigen manusia. Selain itu, karena lautan menutupi 70% permukaan bumi, maka melestarikan dan melestarikan kehidupan laut sangat penting.
Tujuan dari kegiatan hari laut ini adalah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga sumber kehidupan laut. Selain itu, laut telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kebaikan yang kita gunakan sehari-hari.

4. Tema Hari Laut Sedunia 2022

Tema Hari Laut Sedunia 2022 telah ditetapkan sebagai ‘Revitalisasi: Aksi Kolektif untuk Laut’ oleh PBB. Tema dunia tahun ini adalah membuat kampanye global untuk meningkatkan kesadaran tentang kebersihan laut.

Kesimpulan

Nah itulah sejarah dan tujuan perayaan hari laut yang diadakan pada pada setiap 8 Juni, yuk kita sama – sama untuk melestarikan laut!