Aplikasi Kompres Video Di Android

Infokekinian.com – Berikut adalah informasi mengenai aplikasi kompres video di Android, jadi simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasinya lebih lengkap dan jelas.

Pekerjaan seperti pembuatan konten, khususnya produksi video, menjadi lebih umum di masa pandemi. Hal ini disebabkan semakin banyaknya orang yang ingin menekuni pekerjaan atau hobi.

Pembuatan konten adalah pekerjaan kreatif yang dapat dilakukan untuk mendapatkan uang atau hanya untuk bersenang-senang.

Mengambil video dan kemudian mengunggahnya ke platform media sosial favorit kamu, seperti YouTube, adalah praktik umum.

Aplikasi Kompres Video Android

Saya tidak yakin apa konteksnya, tetapi selama pembuatnya senang, mereka tidak dapat dihentikan.

Namun, ada tantangan yang sepertinya tidak bisa diatasi saat mengunggah video, yaitu bandwidth, atau kuota internet.

Ukuran video bisa sekecil 1-2MB, tetapi juga bisa mencapai ratusan MB dan bahkan GB. Kendala ini seringkali membuat para kreator menjadi malas, memakan kuota atau bandwidth.

Kami memiliki beberapa rekomendasi untuk aplikasi kompresi video untuk membantu mengatasi masalah ini.

Video yang berukuran ratusan MB dapat dikompresi atau diperkecil untuk memudahkan aktivitas pembuatan konten.

Aplikasi Kompres Video Android

Sebagian besar aplikasi-aplikasi yang akan kalian baca di bawah ini mendukung untuk ponsel Android.

Jika kalian ada yang menggunakan iOS, cobalah cari saja di App Store. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa aplikasi tersebut:

1. Handbrake

Kamu yang ingin mencoba mengecilkan ukuran video untuk pertama kalinya harus mencoba Handbrake.

Handbrake

Meski bersifat open source, aplikasi ini tidak boleh dianggap remeh karena mampu menghasilkan kompresi berkualitas tinggi sekaligus berukuran lebih kecil.

2. Format Factory

Format Factory adalah aplikasi kompresi video lama yang mungkin kamu kenal. Aplikasi ini tidak hanya menawarkan kompresi video, tetapi juga memiliki beberapa fitur untuk mengecilkan berbagai jenis file.

3. Video Lan

Meskipun merupakan pemutar video, Video Lan menyediakan fitur yang dibutuhkan pembuat konten, yaitu kompresi file.

Aplikasi ini juga sangat mudah digunakan, sehingga sangat serbaguna – dapat digunakan untuk menonton video atau mengecilkan video.

4. FFMPEG

Merupakan sebuah aplikasi open-source tak menjadikan FFMPEG kalah secara performa. Hal ini dibuktikan dengan fitur yang dibawanya, yaitu dapat merekam, konversi, bahkan mengecilkan ukuran video ke beberapa format.

5. FreeMake

Sebagai salah satu aplikasi kompres video, FreeMake mengklaim dirinya sendiri sebagai aplikasi video converter terbaik, setidaknya di situsnya.

FreeMake

Berdasarkan informasi yang ada di situsnya ini pun, FreeMake tawarkan berbagai macam fitur yang cukup menarik bila dilewatkan content creator.

6. StaxRIP

Merupakan salah satu aplikasi yang mampu kecilkan ukuran video, StaxRIP tawarkan beberapa keunikannya tersendiri.

Selain menawarkan hal tersebut, tak lupa bahwa aplikasi ini merupakan open-source, dan harus kamu coba terlebih dahulu.

7. File Converter

Berbeda dibandingkan dengan aplikasi sejenisnya, File Converter akan langsung tertanam di sistem operasi begitu kamu selesai meng-install-nya.

Bila tidak terbiasa, para pengguna tetap dapat menggunakan tampilan pada aplikasi untuk mengecilkan ukuran video yang telah dibuat sebelumnya.

8. VidCoder

Sekilas tampilan yang ditawarkan aplikasi ini cukup mirip dengan aplikasi sebelumnya di rekomendasi ini, yaitu Handbrake.

Hal ini cukup wajar, mengingat VidCoder menggunakan engine dari Handbrake untuk memperkuat fitur yang sudah ada.

9. Smart Video Compressor

Aplikasi yang bernama Smart Video Compressor ini merupakan produk hasil pengembangan dari Clogica.

Smart Video Compressor

Untuk masalah kualitas dan penggunaannya cukup bagus sekali. Karena penilaian di Play Store mendapatkan skor cukup tinggi

Jadi kalian bisa memilih aplikasi Smart Video Compressor ini sebagai salah satu referensi. Kalian bisa menikmati aplikasi ini secara gratis tanpa ada biaya apa pun.

Walaupun di dalamnya juga akan ditampilkan beberapa iklan komersial sebagai sumber pendapatan pihak pengembang.

Aplikasi ini bisa mengkompres atau mengecilkan ukuran video sampai 80% dari ukuran aslinya.

Saat artikel ini dibuat, kualitas video yang bisa kalian kompres adalah 720p saja. Untuk kualitas di bawahnya masih bisa seperti VGA dan kualitas lainnya.

10. Video Compressor Panda: Resize & Compress Video

Berikutnya ada aplikasi yang memiliki nama Panda Video Compressor. Kelebihan aplikasi ini adalah akan mampu tetap menjaga video kalian dari risiko penurunan resolusi yang sangat mungkin terjadi.

Karena pengurangan ukurannya bisa mencapai 80% dari ukuran awal. Memang biasanya pengurangan ukuran akan menurunkan kualitas video kalian.

Tapi aplikasi ini akan menjaganya agar lebih baik dan tetap enak untuk ditonton. Di dalamnya juga terdapat fitur pengiriman langsung ke media sosial.

Ukuran video yang menjadi lebih kecil akan menghemat ruang penyimpanan dan menghemat kuota internet kalian.

Karena saat mengupload dengan ukuran besar, maka kebutuhan kuota internet juga bisa membengkak.

11. Video Transcoder

Aplikasi Video Transcoder ini tampaknya bisa menjadi referensi kalian yang ingin mencari aplikasi kompres video.

Sebab aplikasi ini memiliki jumlah iklan yang cukup sedikit dan tidak begitu mengganggu selama dioperasikan. Bahkan pada beberapa aplikasi sudah tidak tersedia iklan di dalamnya.

Mengingat pihak pengembang membuat aplikasi ini bersifat open source dan bisa dikembangkan oleh siapa saja yang ingin meningkatkan kemampuan aplikasi.

Aplikasi Video Transcoder ini bisa memberikan banyak parameter yang bisa disesuaikan dengan selera kalian.

Sehingga pengurangan ukuran video bisa dimaksimalkan dan menjadi sesuai apa yang kalian inginkan.

12. Video Dieter 2 – trim & edit

Video Dieter 2 menjadi aplikasi kompres video yang memiliki ukuran sangat kecil. Kalian bisa mendownloadnya di Play Store hanya dengan ukuran 2,2 MB saja.

Tentu ini membuat penyimpanan internal Android kalian menjadi lebih hemat dan tidak memakan banyak tempat.

Kemudian yang harus kalian tahu, aplikasi ini meski ukurannya relatif kecil untuk masalah fiturnya sangat lengkap sekali.

Tentu fitur utama yang dimiliki aplikasi ini adalah pengeditan video dan pengurangan ukuran atau kompres.

Selain itu Video Dieter 2 juga memungkinkan kalian untuk melihat video secara langsung dan telah mendukung konversi video resolusi 4K.

Kalian bisa menerapkan banyak pilihan filter di dalam aplikasi ini. Sehingga tidak butuh aplikasi edit video yang lainnya lagi.

13. VidCompact

Aplikasi VidCompact akan membantu kalian mengubah format dan mengecilkan ukuran video sesuai dengan keinginan.

Ketika proses pengecilan ukuran kalian lakukan, maka ukuran hasil akhir akan sangat jauh lebih kecil dari ukuran awal.

Selain itu aplikasi ini juga disarankan bagi kalian yang mencari alat pengubah format video menjadi MP4.

Jika ingin menggunakan fitur kompres video, kamu bisa memilih menu di dalam aplikasi bernama Batch Compression.

Untuk menu lainnya seperti Trim and Compress berfungsi memangkas durasi dan mengecilkan ukuran video. Lalu penggantian format bisa kalian lakukan dengan memilih menu Convert to MP4.

VidCompact dikenal memiliki tampilan yang sangat bersahabat bagi semua orang. Kalian yang sering bingung saat menggunakan aplikasi bisa dipastikan langsung paham saat mengoperasikan VidCompact ini.

13. Video Compress

Aplikasi Video Compress yang bisa kalian download gratis di Play Store, akan memungkinkan pemilihan tingkat resolusi akhir video.

Kalian bisa memilih yang rendah, normal atau kualitas resolusi setelah kompresi yang paling tinggi.

Video Compress

Video Compress ini juga memiliki tampilan menu yang sangat bersahabat sekali. Jadi kalian tidak akan kesulitan menggunakannya untuk mengecilkan ukuran video.

Uniknya lagi, kalian bisa memilih format video setelah kompres dilakukan. Ada banyak pilihan seperti mengonversi ke format MP4 bahkan bisa mengubah video menjadi suara saja atau MP3.

14. YouCut

Sebenarnya aplikasi YouCut ini dikenal para pengguna Android sebagai alat pengeditan video. Namun di dalamnya juga terdapat fitur melakukan kompresi ukuran video menjadi lebih kecil. Bahkan pemangkasan ukurannya bisa mencapai 80%.

Tapi tenang saja, karena untuk kualitas videonya akan tetap dijaga agar tidak pecah-pecah karena ukuran yang diturunkan.

Aplikasi YouCut ini membuat kalian memiliki banyak alat dan fitur hanya dalam satu aplikasi saja. Ada banyak sekali fitur pengeditan video yang bisa kalian gunakan seperti Video Speed Control, Cutter and Trimmer dan masih ada banyak sekali fitur lainnya.

15. Video Compressor By Sunshine

Kalau kalian mencari aplikasi kompres video Android yang mampu mengurangi ukuran dengan ekstrim, gunakan saja Video Compressor by Sunshine ini.

Sebab aplikasi ini diklaim memiliki kemampuan pengurangan ukuran mencapai 90% dari ukuran asli. Dengan cara ini, kalian akan sangat hemat ruang penyimpanan ponsel Android.

Apalagi jika kalian suka menyimpan banyak video, tampaknya aplikasi ini sangat direkomendasikan sekali. Kemudian di dalamnya ada fitur The Patty Squeeze.

Fungsi fitur tersebut adalah menjaga agar video yang telah melalui proses kompresi tidak rusak. Mengingat banyak aplikasi untuk mengecilkan ukuran video tapi juga menyebabkan hasilnya jadi rusak dan tidak enak ditonton.

Kalian juga bisa mengubah video ke beberapa format sesuai keinginan.

16. Video Compressor – Fast Compress Video & Photo

Aplikasi hasil pengembangan dari Mobile Idea Studio ini menjadi referensi aplikasi kompres video berikutnya.

Hampir semua kualitas video bisa diproses untuk dikecilkan ukurannya dengan menggunakan aplikasi ini. Ada fitur yang menarik dan sangat membantu sekali yaitu Batch Compressor.

Jadi fitur ini akan membantu kalian mengurangi ukuran sampai beberapa video dalam sekali proses. Sehingga tidak perlu memproses satu per satu lagi.

Dengan cara ini kalian bisa menghemat banyak waktu dan tenaga untuk mengurangi ukuran video yang berjumlah lebih dari satu.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai aplikasi kompres video yang akan sangat membantu bagi kamu yang ingin hemapt penyimpanan HP, namun harus disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Beberapa ada yang menawarkan fitur ekstra untuk makin menambah efisiensi ketika mengecilkan file. Sebagian lain bahkan ada yang mampu mengecilkan berbagai macam jenis file.

Demikianlah artikel mengenai Aplikasi Kompres Video Di Android dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */