Cara Mengusir Lalat di Rumah Secara Alami

Infokekinian.com – Lalat merupakan hewan yang sering merugikan bagi manusia, selain karena mengganggu tentu hewan satu ini menimbulkan bakteri yang menyebabkan penyakit. Tetapi, dalam artikel ini kami akan membagikan cara mengusir lalat di rumah secara alami.

Lalat adalah salah satu jenis hewan dalam golongan arthropoda yang merupakan vektor mekanis bakteri pathogen, protozoa dan telur serta larva cacing yang tentunya melalui lalat ini dapat menimbulkan penularan penyakit.

Ada berbagai jenis lalat. Lalat rumah, lalat pasir, lalat tzetze, dan lalat hitam adalah beberapa di antaranya.

Cara Mengusir Lalat di Dalam Rumah

Di seluruh dunia, lalat rumah atau houseflies tinggal di dekat tempat tinggal manusia. Sulit untuk menentukan sejauh mana penularan penyakit yang disebabkan oleh lalat.

Lalat rumah dianggap sebagai vektor penyakit tifus perut, salmonellosis, kolera, disentri basiler dan muba, TBC, sampar, tularemia, antraks, frambusia, konjungtivitis, demam undulans, trypanosomiasis, dan spirochetes.

Lalat pasir, juga dikenal sebagai lalat pasir, adalah vektor leishmaniasis, demam papataci, dan batonellosis.

Lalat tzetze atau lalat tzetze merupakan vektor trypanosomiasis yang penting pada manusia dan hewan peliharaan. Di Afrika Selatan, lalat hitam merupakan vektor oncocersiasis.

Pada artikel ini, kita akan membahas cara mengusir lalat di lingkungan rumah. Karena kebanyakan orang merasa terganggu dengan keberadaan lalat.

Ini terutama benar jika lalat mendarat di piring makanan. Selain berbahaya, keberadaan lalat yang hinggap di piring makanan tampak menjijikan.

Lalat, seperti yang kita ketahui bersama, lebih suka hinggap di tempat-tempat yang kotor seperti tong sampah, makanan basi, kotoran hewan, atau kotoran manusia.

Bahaya lalat ini telah disebutkan oleh para ahli kesehatan, yang percaya bahwa lalat dapat menimbulkan risiko yang signifikan bagi kesehatan manusia.

Seekor lalat saja bisa membawa sekitar 200 jenis bakteri berbeda yang bisa berasal dari tempat kotor yang sebelumnya telah dihinggapi lalat.

Lalat membawa bakteri yang menempel pada rambut tipis di kaki mereka. Untuk menghindari sakit, hindari makan makanan yang telah dihinggapi lalat.

Karena dikhawatirkan terus mengkonsumsi makanan tersebut akan berdampak negatif pada sistem pencernaan kita, berpotensi menimbulkan penyakit.

Cara Mengusir Lalat di Dalam Rumah

Rumah sebagai tempat tinggal kita tentunya harus bersih dan nyaman. Apa jadinya jika rumah yang kita tempati rentan terhadap penyakit yang disebarkan oleh banyak lalat yang hinggap di rumah kita? Kita pastinya akan merasa risih bahkan jijik.

Penyebab utama hewan ini di rumah kita adalah kebersihan yang kurang. Lalat tertarik ke tempat-tempat yang terlihat kurang bersih.

Sebab, pada umumnya hewan ini lebih menyukai lingkungan yang kotor. Alhasil, kita harus menjaga kebersihan, khususnya kebersihan rumah kita sendiri.

Hewan seperti lalat tidak akan menempati lingkungan yang bersih. Kamu tidak perlu bingung bagaimana cara mengusir lalat.

Berikut adalah beberapa metode untuk mengusir lalat yang mengganggu di rumah kamu. Kamu dapat menggunakan metode berikut untuk mengusir lalat:

Membersihkan Lingkungan Rumah

Cobalah untuk menjalani gaya hidup bersih, terutama di lingkungan kamu. Karena gaya hidup sehat ini akan berdampak signifikan bagi kesehatan seluruh anggota keluarga.

Sediakan tempat sampah agar tidak membuang sampah sembarangan, dan jangan lupa untuk menutup tempat sampah.

Sebisa mungkin hindari membuang sampah di dalam rumah karena keberadaan tempat sampah di dalam rumah dapat menarik lalat.

Jika memang harus ada tempat sampah di dalam rumah, sebisa mungkin harus menampung sampah kering, seperti kertas kering atau sampah plastik. Jangan biarkan sampah menumpuk.

Untuk menghindari penumpukan, usahakan membuang sampah pada pagi dan sore hari. Juga, jangan malas membersihkan rumah dan dapur tempat makanan disiapkan, karena ini memungkinkan lalat menemukan tempat hinggap di dapur.

Menggunakan Insektisida

Salah satu cara yang lebih praktis adalah dengan menggunakan semprotan serangga. Semprotan serangga ini bisa kita dapatkan dengan mudah dengan mengunjungi toko atau minimarket terdekat.

Kami menggunakan semprotan serangga ini untuk mengusir tidak hanya lalat di rumah kami, tetapi juga serangga lain seperti nyamuk, yang dapat membahayakan kami jika digigit.

Namun, sebelum menggunakan obat nyamuk, kamu harus mewaspadai lingkungan sekitar kamu dan anggota keluarga lainnya. Karena mengandung racun yang berpotensi berbahaya bagi tubuh manusia.

Saat menyemprot, simpan makanan dan minuman di tempat yang aman untuk menghindari kontaminasi racun.

Gunakan Daun Kemangi

Gunakan Daun Kemangi

Aroma daun kemangi sangat khas. Jika pembaca tidak yakin seperti apa daun kemangi, mereka dapat ditemukan di toko penyetan. Daun ini dipasangkan dengan kubis dan kacang panjang karena biasa digunakan untuk lalapan.

Untuk menggunakan daun kemangi sebagai pengusir lalat, masukkan daun kemangi ke dalam kantong plastik berisi air.

Kamu dapat menggantungnya di mana saja yang kamu inginkan, asalkan banyak lalat yang datang. Susunlah dengan hati-hati, karena ini juga bisa digunakan sebagai nada dekorasi rumah.

Selain itu, karena daun kemangi memiliki aroma yang khas, daun kemangi dapat digunakan sebagai pewangi ruangan alami.

Nyalakan Kipas Angin

Jika kamu memiliki kipas angin, coba gunakan untuk mengusir lalat yang masuk ke rumah kamu. Caranya sederhana: nyalakan kipas angin dan arahkan ke serangga yang mendekat, terutama lalat.

Karena angin yang dihasilkan oleh kipas ini akan mendorong tubuh lalat ke depan. Jangan khawatir jika kamu tidak memiliki kipas angin di rumah; kamu dapat membelinya di toko elektronik di daerah kamu.

Namun, jika kamu ingin menggunakan kipas angin sebagai pengusir lalat, kamu harus sering menyalakannya saat lalat masuk, yang tidak pernah kamu ketahui kapan waktunya.

Menggunakan Daun Cengkih

Salah satu cara untuk mengusir lalat adalah dengan menggunakan daun cengkeh. Karena daun cengkeh ini juga memiliki aroma yang khas. Namun, untuk mendapatkan daun cengkeh itu sulit.

Namun, daun cengkeh biasanya dijual di pasar tradisional dekat tempat tinggal kamu. Menurut sebagian orang, lalat tidak menyukai aroma rempah-rempah yang harum.

Menggunakan Lilin

Saat listrik padam, salah satu benda yang bisa dijadikan penerangan tradisional adalah lilin. Tapi siapa yang tahu bahwa menyalakan lilin bisa membantu mengusir lalat?

Karena nyala lilin dan panasnya dapat menyebabkan lalat terganggu. Selanjutnya, lalat tidak menyukai bau yang berasal dari lilin.

Caranya cukup sederhana karena kamu hanya perlu menyalakan lilin dan meletakkannya di area yang mudah dihinggapi lalat. Misalnya, letakkan di meja makan untuk menjauhkan lalat dari makanan.

Menggunakan Sapu Lidi

Menggunakan Sapu Lidi

Untuk mengusir lalat, kibaskan sapu lidi ke sasaran, yaitu lalat. Cara ini biasanya digunakan bila lalat yang datang berukuran besar.

Namun, mengusir lalat dengan cara ini sepertinya melelahkan karena terkadang kita harus sedikit berlari untuk menangkap lalat tersebut.

Jika kamu ingin menggunakan cara ini untuk mengusir lalat, jangan lakukan sendiri. Ajak anggota keluarga yang ada agar tubuh tidak terlalu mengeluarkan energi.

Menggunakan Minyak Kayu Putih

Lalat, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, adalah hewan yang tidak menyukai aroma tertentu. Salah satunya adalah aroma minyak kayu putih.

Bau minyak kayu putih akan mengusir lalat. Isi minimal satu tutup botol dengan minyak kayu putih dan letakkan di sisi ruangan yang sering dihinggapi lalat.

Menggunakan Plastik Berisi Air

Menggunakan metode ini mungkin tampak aneh. Cukup gelembungkan air ke dalam plastik untuk mengisinya. Isi plastik dengan air jernih.

Air kemudian harus digantung di area yang rawan lalat. Plastik berisi air ini akan membiaskan cahaya, menyebabkan lalat terbang dengan sendirinya.

Menggunakan Daun Pandan

Menggunakan Daun Pandan

Lalat ternyata tidak menyukai aroma yang dihasilkan oleh daun pandang. Daun pandan memiliki aroma khas yang biasa digunakan sebagai pengharum nasi alami.

Potong daun pandan menjadi potongan-potongan kecil untuk melakukannya. Kemudian, letakkan potongan daun pandan tersebut di dalam baskom yang sudah berisi air dan letakkan di tempat yang sering didatangi lalat.

Selain dipotong, daun pandan bisa ditanam di rumah. Cara ini cukup efektif karena aroma pandan merasuki hampir seluruh ruangan saat menggunakan tanaman pandan.

Nyamuk, seperti lalat, dapat melarikan diri ketika mencium aroma yang dihasilkan oleh daun pandan.

Menggunakan Bunga Lavender

Aroma harum bunga lavender juga efektif mengusir kehadiran lalat. Prosedurnya cukup sederhana. Yang perlu kamu lakukan adalah menanam bunga lavender di rumah kamu.

Seperti halnya bunga pandan, kamu bisa memotongnya terlebih dahulu lalu meletakkannya di baskom berisi air. Lavender berfungsi sebagai penghias dan pengharum ruangan selain untuk mengusir lalat.

Menggunakan Raket Listrik Nyamuk

kamu bisa menggunakan raket yang biasa kamu gunakan untuk mengusir nyamuk sebagai alat untuk mengusir nyamuk. Caranya juga sama seperti saat kamu menggunakan raket untuk mengusir nyamuk.

Cara menggunakan raket nyamuk ini mirip dengan cara mengusir lalat dengan sapu lidi, namun bedanya kamu tidak perlu mengeluarkan tenaga yang banyak untuk menggunakannya.

Cukup ayunkan dengan santai ke sasaran. Namun, gunakan benda ini dengan hati-hati karena dapat menghantarkan energi listrik dan dapat menyetrum kita jika kita menyentuhnya.

Menggunakan Lem Lalat

Menempatkan lem lalat di area yang sering disentuh lalat akan menjebak lalat dan mencegahnya bergerak kembali.

Lem lalat ini biasanya dioleskan pada bagian atas tudung saji untuk menjaga kebersihan makanan di dalamnya.

Lem lalat ini banyak tersedia di pasaran atau di toko-toko, sehingga lebih mudah ditemukan. Selanjutnya, biaya lem nyamuk ini masuk akal.

Menggunakan Jeruk Lemon

Saat haus, lemon yang tampak segar untuk diminum juga bisa digunakan sebagai pengusir lalat. Prosedur tetap tidak berubah. Cukup iris lemon dan letakkan di baskom berisi air.

Lalu taruh di tempat yang disukai lalat. Lalat akan langsung kabur begitu mencium aroma segar lemon ini. Lemon juga bisa digunakan untuk membuat cairan pencuci piring.

Menggunakan Garam Dapur

Menggunakan Garam Dapur

Penggunaan garam dapur sebagai sumber makanan tambahan juga efektif sebagai pengusir lalat. Ini dilakukan dengan menaburkan garam di area di mana lalat dapat berkumpul.

Misalnya, kamu mungkin telah menaburkannya di rak penyimpanan makanan. Garam meja, selain untuk mengusir lalat, juga dapat mencegah semut muncul secara tiba-tiba bersama rombongannya.

Buang Sampah secara Teratur

Pembuangan sampah merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang. Sampah yang menumpuk di lingkungan kita dapat memberikan dampak yang signifikan, terlepas dari penampilannya.

Karena penumpukan sampah bisa menjadi sumber penyakit yang menyerang manusia secara tak terduga.

Lalat, seperti yang kita ketahui bersama, lebih menyukai lingkungan yang kotor, terutama yang basah seperti tempat sampah.

Alhasil, buanglah sampah secara rutin untuk menghindari kejadian yang tidak menyenangkan. Sampah harus dibuang minimal dua kali sehari, pagi dan sore.

Menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah dan menjaga anggota keluarga dari potensi penyakit yang disebabkan oleh lalat.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai cara mengusir lalat di rumah secara alami dengan menggunakan cara yang telah kami berikan di atas.

Sobat kekinian pun bisa melakukan semua cara yang telah kami bagikan secara sekaligus dan perlu di ingat, kalau lalat bisa membawa bakteri yang banyak dan tentunya dapat membahayakan kesehatan.

Demikianlah artikel mengenai Cara Mengusir Lalat di Rumah Secara Alami dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */