Cara Untuk Mengusir Nyamuk Dengan Mudah Tanpa Obat Nyamuk

Infokekinian.com – Ada beberapa cara untuk mengusir nyamuk dengan mudah tanpa obat nyamuk yang bisa kamu coba dirumah, maka dari itu simak artikel ini hingga selesai.

Siapa yang tidak pernah mendengar tentang serangga nyamuk? Serangga ini memang salah satu musuh banyak manusia karena hanya terbang di sekitar kita membuat kita betah dan tidak fokus. Terutama jika nyamuk hinggap di kaki, tangan, atau wajah kamu.

Tips Membasmi Nyamuk Dengan Cepat

Selain itu, ada banyak jenis nyamuk; berurusan dengan nyamuk demam berdarah saja akan sangat berbahaya karena nyawa dipertaruhkan.

Secara alami, ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh nyamuk ini membuat kita ingin membunuh atau mengusirnya.

Memang benar mengusir nyamuk itu sederhana, tetapi juga sulit. Nyamuk ini juga tergolong serangga pengganggu atau hama karena kehadirannya saja dapat menyebabkan penyakit pada manusia.

Bahkan jika kamu telah melakukan pemusnahan secara teratur, nyamuk akan terus muncul. Tentu saja, ini berperan dalam kemudahan nyamuk berkembang biak.

Tips Membasmi Nyamuk Dengan Cepat

Bukan rahasia lagi bahwa nyamuk adalah serangga yang berkembang biak dengan cepat, sehingga sering kita jumpai nyamuk.

Apalagi di lingkungan yang cukup kotor dan tidak pernah dianggap bersih, nyamuk akan membuat nyaman dan mudah berkembang biak dan hidup.

Selokan yang tersumbat adalah tempat nongkrong favorit nyamuk dan tempat berkembang biak utama bagi mereka.

Tak hanya itu, keberadaan sampah dan kurangnya perawatan kebersihan akan menjadikannya sebagai tempat favorit berkembang biaknya nyamuk.

Musim hujan ini, terutama di musim hujan, akan menyebabkan banyak air menggenang di sampah plastik yang berserakan, sehingga mempercepat proses perkembangbiakan nyamuk.

Tentu kamu ingin mengusir nyamuk secepat mungkin bukan? Ada banyak metode untuk menghilangkan dan menghilangkan nyamuk.

Apakah kamu ingin tahu bagaimana melakukannya? Berikut ini beberapa cara mengusir nyamuk dengan cepat dan mudah:

1. Membersihkan Lingkungan Sekitar

Cara pertama adalah rajin membersihkan lingkungan sekitar. Kebersihan merupakan faktor terpenting dalam upaya pemberantasan, sekaligus sebagai rantai mutasi dalam perkembangbiakan nyamuk.

Meski tidak bisa dihilangkan sama sekali, namun dipastikan mayoritas nyamuk akan diberantas. Jangan biarkan saluran air dari rumah kamu tersumbat atau tersumbat.

Tentunya hal ini akan sangat memudahkan perkembangbiakan nyamuk dengan sangat cepat. Kemudian bersihkan sampah yang sudah berserakan dimana-mana dan segera buang ke kuburan atau bakar.

Karena jika kita menyebarkan sampah, saat hujan, akan banyak genangan air di sampah plastik, mengundang nyamuk untuk datang dan bersarang di sana.

Untuk selanjutnya, ingatlah untuk membersihkan seluruh area rumah kamu secara rutin. Perhatikan juga area yang diketahui menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk, seperti gorden, kolong lemari, kolong meja, dan area lainnya.

Jika kamu memiliki taman di rumah, kamu harus selalu menjaga kebersihannya, mulai dari membersihkan daun-daun kering yang berguguran hingga memotong rumput yang tumbuh terlalu panjang. Karena tindakan seperti itu secara signifikan dapat mengurangi keberadaan nyamuk di rumah.

2. Memakai Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih umumnya digunakan sebagai obat topikal untuk meredakan gatal akibat gigitan nyamuk. Namun, ternyata minyak kayu putih juga bisa digunakan untuk membunuh nyamuk.

Memakai Minyak Kayu Putih

Hal ini disebabkan oleh aroma minyak kayu putih yang tidak disukai nyamuk sehingga dapat digunakan untuk mengusir nyamuk.

Untuk membuatnya, pertama-tama kumpulkan botol semprot yang tidak terpakai dan bersihkan hingga bersih.

Kemudian tambahkan air hanya setengah botol agar mudah dikocok. Kemudian, tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih sampai aroma yang diinginkan tercapai.

Jangan lupa mengocoknya untuk memasukkan minyak kayu putih ke dalam air. Jika sudah, cairan akan siap digunakan cukup semprotkan di beberapa sudut rumah kamu.

3. Minyak Lavender Dan Ragi Ampuh Usir Nyamuk

Lavender adalah bahan terkenal yang sering digunakan dalam formulasi berbagai obat nyamuk, mulai dari obat nyamuk semprot, luka bakar, dan lotion.

Tentunya bagi kamu yang ingin membuat minyak lavender sendiri akan merasa mudah. Dimana minyak lavender buatan sendiri dapat digunakan tidak hanya untuk mengusir nyamuk tetapi juga sebagai aromaterapi

Untuk memulai, kamu hanya membutuhkan minyak lavender dan ragi, dan jika kamu memiliki semua bahan, kamu dapat menuangkan air ke dalam toples kecil atau gelas kecil yang tidak akan digunakan. Kemudian tuangkan sekitar 10% air dari toples atau wadah kaca.

Kemudian tambahkan ragi dan minyak lavender yang sudah disiapkan sebelumnya, dan terus aduk sampai semua bahan tercampur rata.

Bisa digunakan jika sudah tercampur rata. Sebaiknya letakkan toples atau gelas di tempat yang sering menjadi tempat berkumpulnya nyamuk.

4. Menggunakan Warna Kuning dan Orange

Tentunya jika nyamuk menyukai warna kuning atau oranye, kamu sudah tahu bentuknya. Kamu juga bisa menggunakan kedua warna tersebut untuk mewakili demokrasi dalam berbagai dekorasi di sekitar rumah kamu. Tirai adalah tempat yang populer bagi nyamuk untuk bersembunyi.

Dengan begitu, kamu bisa menggunakan gorden dengan motif warna senada. Meskipun tidak akan sepenuhnya mengusir nyamuk, itu akan menjauhkan mereka dari tirai kamu.

5. Daun Serai yang Ampuh Usir Nyamuk

Daun Serai yang Ampuh Usir Nyamuk

Bahan selanjutnya adalah daun serai yang biasa digunakan sebagai bahan tambahan bumbu masakan. Namun, daun serai bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk.

Untuk membuatnya super sederhana, cukup giling semua serai sebelum memasukkannya ke dalam botol semprot kosong. Selanjutnya, semprotkan semua area rumah kamu yang sering didatangi nyamuk.

6. Kulit Jeruk Sebagai Pembasmi Nyamuk

Tak heran jika kulit jeruk sering dicampur dengan berbagai jenis obat nyamuk. kamu juga bisa membuat obat nyamuk alami dari jeruk.

Kamu harus menjemur kulit jeruk terlebih dahulu di bawah sinar matahari, dan setelah kering, kamu dapat menggunakannya dengan meletakkannya di berbagai sudut rumah kamu.

Kulit jeruk kering ini bisa digunakan sebagai pengharum ruangan sekaligus pengusir nyamuk.

7. Menggunakan Bunga

Langkah selanjutnya adalah memasukkan bunga. Nyamuk merupakan serangga yang tidak menyukai keberadaan jenis bunga tertentu yang mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Bunga rosemary, bunga Jerman, krisan, dan masih banyak lagi contohnya. Kamu bisa mencoba menanam bunga jenis ini di halaman rumah kamu untuk mengusir nyamuk dari rumah kamu dan membuat mereka takut untuk mendekati rumah kamu.

8. Buah Lemon untuk Mengusir Nyamuk

Buah lemon adalah antiseptik terkenal yang tidak disukai oleh banyak serangga, termasuk nyamuk. Alhasil, kamu bisa menggunakan lemon ini sebagai pengusir nyamuk di rumah kamu.

Langkah pertama adalah memeras lemon, lalu isi setengah botol semprotan dengan air. Jangan lupa untuk mengocoknya untuk menggabungkan air dan jus lemon. Untuk langkah terakhir, kamu bisa menyemprotkannya di berbagai area rumah kamu.

9. Menggunakan Bawang Putih

Menggunakan Bawang Putih

Langkah selanjutnya adalah menggunakan bawang putih. Bawang putih merupakan bumbu kuliner yang wajib digunakan dalam masakan.

Namun ternyata dapat digunakan untuk mengusir nyamuk karena memiliki bau yang menyengat yang tidak disukai nyamuk. Bawang putih dapat digunakan untuk membuat obat nyamuk.

Untuk memulai, rebus beberapa siung bawang putih lalu dinginkan bawang putih. Bawang putih kemudian ditempatkan dalam botol semprot dengan air dan dioleskan di rumah.

10. Bubuk Kopi untuk Membasmi Telur Nyamuk

Kebanyakan orang menyukai ampas kopi karena sering dijadikan sebagai minuman untuk menemani waktu luang kamu di rumah. Namun, ternyata ampas kopi juga bisa digunakan untuk mengusir nyamuk.

Kamu juga bisa membuatnya di rumah karena ampas kopi murah dan mudah didapat. Untuk memulai, taburkan bubuk kopi di area rumah kamu yang sering mengalami genangan air.

Telur nyamuk akan naik ke permukaan air akibat adanya interaksi antara air dan ampas kopi. Akibatnya, telur nyamuk bisa kekurangan oksigen dan membuat telur menetas.

11. Pengusiran Nyamuk dengan Kapur Barus

Kamper terkenal dengan baunya yang cukup menyengat, termasuk bahan yang tidak disukai nyamuk.

Kamper ini dapat digunakan dan dibuat di rumah juga. Pembuatannya juga tidak membutuhkan waktu yang lama.

Siapkan segelas air terlebih dahulu, tapi haluskan dulu kapur barusnya. Langkah selanjutnya adalah mengisi gelas dengan bubuk kapur barus dan meletakkannya di setiap sudut rumah kamu.

12. Menggunakan Raket Listrik untuk Pembasmi Nyamuk

Menggunakan Raket Listrik untuk Pembasmi Nyamuk

Raket yang digunakan sebagai pengusir nyamuk sudah terkenal di masyarakat, dan aplikasinya sederhana.

Yang harus kamu lakukan adalah memindahkan raket listrik di area yang dipenuhi nyamuk. Kamu dapat mengujinya di area bawah lemari, tempat tidur, meja, dan di sudut-sudut rumah kamu.

13. Memelihara Ikan di Kolam atau Akuarium

Ikan lebih menyukai keberadaan nyamuk karena nyamuk dapat dimakan oleh ikan. Jika kamu memelihara ikan, bisa dipastikan jumlah nyamuk di rumah kamu akan berkurang.

Nyamuk akan berkumpul di dekat air karena mereka menikmatinya. Jika kamu memelihara ikan, ikan akan memakan nyamuk yang masuk ke dalam air.

14. Memakai Plastik yang Diolesi Minyak Goreng

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan plastik yang sudah diolesi minyak goreng untuk mengusir nyamuk. Banyak orang menggunakan metode ini, yang efektif untuk mengusir nyamuk dan serangga lainnya.

Siapkan plastik bening seperti yang digunakan untuk membuat es batu, lalu tiup hingga mengembang.

Kemudian, dengan menggunakan karet gelang, kencangkan ujung tali ke bagian yang diikat sebelumnya.

Minyak goreng juga harus dioleskan ke seluruh permukaan plastik sebelum digantung di semua sudut rumah.

Dan kamu bisa melihat bagaimana ternyata keesokan harinya, di mana banyak nyamuk yang menempel.

15. Gula Merah yang Sudah Dicairkan

Langkah selanjutnya adalah menggunakan gula merah yang dilelehkan. Siapkan botol plastik bekas dan botol dipotong menjadi dua. Kemudian, secara terbalik, letakkan corong di bagian bawah botol berisi gula merah cair.

Kemudian, dengan menggunakan plastik hitam, bungkus di sekitar sisi botol dan letakkan di beberapa sudut rumah yang gelap.

Keesokan harinya, kamu akan menemukan segerombolan nyamuk yang terperangkap di dalam botol. Botol dilapisi dengan piring berisi air untuk mencegah semut.

16. Lilin Aroma Terapi

Lilin Aroma Terapi

Metode ini hampir pasti akan terlalu muda untuk digunakan di rumah kamu. kamu harus menyiapkan beberapa lilin dan geranium. Lilin kemudian harus direbus dalam wadah sampai meleleh.

Kemudian, di dalam gelas yang sudah tidak digunakan lagi, letakkan bunga yang sudah diperas atau yang masih utuh.

Kemudian, tuangkan cairan lilin ke dalam gelas dengan sumbu dan tunggu sampai lilin mengeras. Jika kamu memilikinya, kamu dapat menggunakannya untuk mengusir nyamuk.

17. Bunga Peppermint Bisa Usir Nyamuk

Bunga peppermint ini sangat tidak menarik bagi nyamuk. Alhasil, kamu bisa menggunakan bunga peppermint untuk mengusir nyamuk dengan membuat cairan penyemprot dengan bahan bunga peppermint.

Caranya adalah dengan merebus bunga peppermint selagi rebusan mendingin. Jika sudah siap, tuangkan ke dalam botol semprot dan kamu siap melakukannya.

18. Melakukan Pengasapan

Jika cara di atas belum efektif, kamu bisa menghubungi petugas fumigasi yang bisa melakukan pengasapan di rumah kamu. Fumigasi ini adalah metode yang sangat efektif untuk mengusir dan membunuh nyamuk.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai cara mengusir nyamuk dengan mudah tanpa obat nyamuk yang bisa kamu coba dengan menggunakan bahan yang ada diatas.

Demikianlah artikel mengenai Cara Untuk Mengusir Nyamuk Dengan Mudah Tanpa Obat Nyamuk dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */