Cek Pajak Kendaraan Provinsi DKI Jakarta


Infokekinian.com – Kami harap ulasan tentang cek pajak kendaraan provinsi DKI Jakarta ini bermanfaat bagi kamu, jadi simak artikel ini sampai selesai.

Pemilik kendaraan pribadi harus membayar surat-surat kendaraan dan pajak yang terkini dan akurat selain melakukan kendaraan mesin rutin.

Untuk menghindari ketinggalan dan gagal membayar pajak kendaraan kamu, sangat penting bagi kamu untuk melacak semua kendaraan kamu, tidak peduli berapa banyak roda yang mereka miliki.

Advertisements

Memiliki kendaraan pribadi sama halnya dengan selalu siap membayar pajak secara berkesinambungan setiap saat karena ini merupakan kewajiban warga negara Indonesia dimanapun berada.

Cek Pajak Kendaraan Melalui Situs Samsat

Sedangkan untuk pajak kendaraan roda dua atau roda empat sendiri mengalami perubahan yang sangat besar berdasarkan jenis, tahun produksi dan juga harga beli kendaraan tersebut.

Lantas, bagaimana sebenarnya cara cek pajak kendaraan bermotor daerah DKI Jakarta secara online? Yuk simak ulasan selengkapnya sebagai berikut!

Cek Pajak Kendaraan Melalui Situs Samsat

Cara pertama dan termudah adalah dengan mengunjungi laman Samsat. Di situs ini, kita akan mendapatkan informasi tentang jumlah pajak yang harus dibayar dan tanggal jatuh tempo.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kini memberikan pelayanan pajak kendaraan bermotor untuk sepeda motor dan mobil, berikut tahapannya:

  1. Buka situs Samsat DKI Jakarta, DI SINI
  2. Isikan data nomor polisi dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada kolom yang tersedia
  3. Klik Cari
  4. Hasilnya akan memberikan informasi tentang jumlah pajak yang harus dibayar. Tapi ingat, jumlah ini belum termasuk denda keterlambatan, juga belum termasuk pajak progresif.

Masuk Ke Aplikasi Samsat DKI Jakarta

Cara cek pajak kendaraan online provinsi DKI Jakarta yang kedua yang lebih mudah adalah dengan masuk ke aplikasi samsat DKI Jakarta.

Kini, bagi kamu yang ingin mengurus atau mengecek pajak kendaraan untuk daerah secara mudah bisa memanfaatkan laman Samsat DKI Jakarta melalui ponsel pribadi kamu.

Caranya mudah sekali, pastikan bahwa ponsel atau gadget yang kamu miliki sudah terkoneksi ke internet sehingga bisa terhubung ke laman Samsat DKI Jakarta yang dimaksud

Download Aplikasi E-Samsat DKI Jakarta

Advertisements

Kamu bisa masuk ke aplikasi yang tertera di atas untuk bisa mengecek data harga pajak yang harus dibayarkan.

Kamu tidak perlu khawatir karena laman Samsat DKI Jakarta tersebut sudah terintegrasi dengan pemerintah pusat dan aman untuk di akses.

Pastikan setelah masuk ke laman samsat tersebut, kamu bisa mengikuti langkah selanjutnya.

Masukan Plat Nomor dan NIK

Cara cek pajak online selanjutnya di aplikasi Samsat DKI Jakarta sendiri adalah dengan memasukan nomor plat kendaraan serta NIK.

Pastikan bahwa nomor yang kamu masukan sudah benar dan sesuai karena jika tidak maka itu akan menghambat pemprosesan data terkait.

Jangan khawatir ketika kamu melakukan input data maka ada kemungkinan data bobol, karena laman Samsat DKI ini sangat terjaga.

Perhatikan Nomor Konversi Polisi dan Lakukan Pembayaran

Nomor konversi polisi menjadi data yang harus ada ketika akan membayar pajak, agar dana yang disetorkan bisa terdaftar ke pemerintah.

Jika tagihan pembayaran sudah sesuai dan terdapat nomor konversi-nya, maka kamu bisa segera melakukan pembayaran melalui beberapa cara.

Mulai dari melalui aplikasi E-Samsat, Bank konvensional atau M-Banking dengan memasukan nomor Samsat 60110.

Kesimpulan

Nah, itulah di atas adalah cara cek pajak kendaraan online provinsi DKI Jakarta dengan mudah dan super cepat yang bisa kamu coba lakukan.

Meski tengah berada di luar kota namun kendaraan masuk dalam wilayah DKI Jakarta maka bisa lho kamu coba cek pajaknya secara online.

Mengecek pajak secara berkala tentu saja bisa memudahkan kamu dalam menyiapkan besaran dana pajak yang harus dikeluarkan setiap tahunnya, yuk jangan lupa bayar pajaknya!

Demikianlah artikel mengenai Cek Pajak Kendaraan Provinsi DKI Jakarta dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */