Pengertian Tax Lawyers dan Tugasnya

InfoKekinian.com – Kali ini Infokekinian ingin menjelaskan pengertian tax lawyers dan fungsinya, perlu diketahui bahwa perpajakan mempunyai sistem pengacaranya loh, nah daripada penasaran yuk simak penjelasannya dibawah ini!

Namun, profesi lain juga bisa menjadi Pengacara Pajak, tetapi setiap pengacara pajak harus bersertifikat. Sertifikat yang dimiliki menunjukkan bahwa pengacara pajak lebih kompeten di bidang perpajakan, terutama menangani masalah perpajakan. Sertifikat ini merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi jika ingin menjadi pengacara pajak.

Tidak hanya memiliki sertifikat, seorang Pengacara Pajak juga harus memiliki kompetensi di bidang perpajakan. Dengan melakukan ini, kemungkinan masalah pajak akan ditangani oleh individu yang tidak memiliki keahlian perpajakan berkurang. Untuk informasi lebih detail tentang pengertian tax lawyers dan fungsinya, silakan simak pembahasan berikut.

Pengertian Tax Lawyers dan Tugasnya (2)

Apa itu Tax Lawyers?

Sebelum mempelajari nuansa apa artinya menjadi Pengacara Pajak, penting untuk memahami bagaimana mereka berbeda dari jenis pengacara lainnya. Pengacara Pajak adalah seseorang yang mempunyai kekuasaan untuk membantu atau mewakili pihak-pihak yang bersengketa dalam masalah perpajakan di Pengadilan Pajak.

Untuk bisa mendapatkan surat kuasa ini, seorang pengacara pajak diharuskan memiliki Surat Ijin Penasehat Hukum (IKH) dari Pengadilan Pajak dan surat keputusan penunjukan agar ia dapat menjadi kuasa hukum kliennya di Pengadilan Pajak. Pengacara Pajak Bersertifikat adalah persyaratan tambahan untuk pengacara pajak.

Pengacara Pajak yang memiliki sertifikat menunjukkan bahwa pengacara tersebut memiliki pengetahuan perpajakan yang lebih mendalam. Selain itu, ia juga sangat kompeten untuk membantu klien menyelesaikan masalah perpajakan yang mereka hadapi.

Jumlah Pengacara Pajak Indonesia cukup banyak. Hal ini dikarenakan untuk menjadi pengacara pajak tidak harus berlatar belakang sarjana hukum, namun ekonom dan profesi lain juga bisa menjadi pengacara pajak. Asalkan memenuhi persyaratan untuk menjadi pengacara pajak.

Jika kamu menghadapi masalah pajak, kamu dapat meminta bantuan pengacara pajak. Wajib Pajak juga dapat memperoleh manfaat yang besar dari tersedianya Pengacara Pajak online untuk berkonsultasi dengan Pengacara Pajak. Kantor Pengacara Pajak atau Pengacara Pajak Cms memiliki staf pengacara pajak yang dapat menjawab pertanyaan apa pun yang kamu miliki.

Fungsi Tax Lawyers

Berikut ini adalah daftar fungsi dari tax lawyers yang akan kami ulas.

1. Mendampingi Klien – Pengertian Tax Lawyers

Ketika wajib pajak atau klien mereka sedang diperiksa oleh pemeriksa pajak, tugas pertama Pengacara Pajak adalah menemani mereka. Dalam melakukan pemeriksaan pajak, wajib pajak sangat membutuhkan bantuan dari pengacara pajak agar proses pemeriksaan dapat berjalan dengan baik.

Pengacara Pajak tidak hanya bertugas membantu klien saat dilakukan pemeriksaan pajak, tetapi juga harus mendampingi klien saat menerima hasil pemeriksaan pajak dan dalam pembahasan akhir pemeriksaan pajak dengan pemeriksa pajak.

2. Memberikan Keterangan saat Pemeriksaan Pajak Berlangsung

Terdapat indikasi bahwa orang pribadi atau organisasi telah melakukan kesalahan atau kecurangan dalam perpajakan yang berujung pada pemeriksaan pajak. Pengacara Pajak dapat menjawab pertanyaan pemeriksa pajak dan memberikan penjelasan selama pemeriksaan.

3. Memberikan Pendampingan Kewajiban Pajak Tahunan

Pengacara pajak juga memiliki kewajiban untuk dapat memberikan bantuan dengan kewajiban pajak tahunan. Pengacara akan memberikan jasa konsultasi untuk perhitungan pajak, penyetoran dan pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 29 bagi orang pribadi dan badan.

4. Memberikan Pendampingan Kewajiban Pajak Bulanan

Pengacara pajak juga akan memberikan bantuan dengan kewajiban pajak bulanan. Dalam tugas ini kuasa hukum akan melakukan konsultasi mengenai perpajakan bulanan atas penghitungan, penyetoran dan pelaporan bulanan seluruh SPT Masa PPh Pasal 21 sd Pasal 26, PPh Pasal 15, PPh Pasal 4 (2), dan SPT Masa PPN dan PPnBM.

5. Membantu Klien Mengajukan Pembatalan Ketetapan Utang Pajak

Pendampingan klien dalam mengajukan permohonan pembatalan surat ketetapan pajak
Penilaian utang pajak dapat ditentang oleh wajib pajak. Hak wajib pajak ini juga diatur dalam undang-undang.

Bahkan cara untuk membatalkannya juga sudah disediakan. Namun, proses permohonan pembatalan ini akan sulit diselesaikan jika kamu tidak menggunakan jasa Pengacara Pajak.

Hal ini disebabkan kewajiban Pengacara Pajak untuk membantu klien dalam usahanya agar surat ketetapan pajaknya dikosongkan atau dikurangi. Jika aplikasi ini berasal maka kamu tidak perlu membayar hutang pajak

6. Membantu Klien Menyelesaikan Persoalan Perpajakan

Untuk membantu klien atau pembayar pajak dengan masalah pajak mereka, pengacara pajak berutang tugas bantuan kepada mereka.

Permasalahan perpajakan yang dihadapi akan diselesaikan dengan menggunakan strategi atau cara yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan di bidang perpajakan.

Meskipun kasus atau masalah perpajakan yang dihadapi klien begitu berat, pengacara pajak harus tetap mendampingi klien sampai mendapatkan keadilan.

7. Memberikan Jalan Keluar Terbaik

Wajib pajak yang menghadapi masalah perpajakan sangat membutuhkan jasa pengacara pajak. Hal ini dikarenakan wajib pajak dapat meminta bantuan untuk mencari jalan keluar dari permasalahan yang dihadapi. Jika sudah menggunakan jasa pengacara pajak, pengacara akan memberikan solusi terbaik agar masalah bisa segera teratasi

Kesimpulan

Nah itulah penjelasan pengertian tax lawyers beserta fungsinya, sobat kekinian yang menyukai hukum bisa loh mengambil jurusan ini. Semoga bermanfaat!

/* */