Rekomendasi Usaha Sampingan Yang Menjanjikan Tanpa Modal Besar

Infokekinian.com – Kamu yang sedang bernecana membuat usaha sampingan, yuk lihat dan simak rekomendasi usaha sampingan yang menjanjikan tanpa modal besar.

Jika kamu perhatikan dengan seksama, kamu akan menemukan bahwa seorang karyawan atau pekerja kantoran biasanya memiliki gaji yang kecil. Namun sebenarnya mereka memiliki banyak waktu luang yang bisa mereka manfaatkan.

Sayangnya, banyak dari mereka ragu-ragu untuk memanfaatkan waktu luang mereka sepenuhnya dan mengubah peluang ini menjadi uang. Padahal, ada banyak peluang untuk menjalankan bisnis sampingan.

Alasan Mengapa Harus Membuka Usaha Sampingan

Bisnis sampingan ini bisa digunakan untuk menambah penghasilan atau untuk perencanaan keuangan jangka panjang.

Sayangnya, banyak orang menggunakan jam kerja sebagai alasan untuk tidak memulai bisnis sampingan.

Bahkan dengan banyaknya jam kerja yang harus diselesaikan dalam satu hari, masih ada banyak waktu untuk menjalankan bisnis atau bisnis sampingan. Tentu saja hal ini tidak dilarang oleh perusahaan yang bersangkutan.

Alasan Mengapa Harus Membuka Usaha Sampingan

Sebenarnya, salah satu bisnis yang paling menarik dan menjanjikan untuk dijalankan adalah bisnis sampingan.

Dan tentunya bisnis sampingan jenis ini tidak ada yang gagal karena tujuannya hanya untuk menghasilkan pendapatan tambahan.

Jadi, inilah beberapa alasan kuat mengapa kamu harus memulai bisnis sampingan selain pekerjaan utama yang kamu geluti selama ini:

1. Diawali dari Ide yang Bagus dan Juga Kemampuan yang Unik

Tahukah kamu bahwa banyak perusahaan paling terkenal di dunia dimulai sebagai bisnis sampingan?

Yang menarik adalah bisnis sampingan ini bagus. Dalam hubungannya dengan berbagai keterampilan dan kemampuan dalam melaksanakan gagasan.

Selain itu, ini dimotivasi oleh tingkat kompetensi yang relatif rendah, yang meningkatkan peluang kamu untuk sukses.

Terutama jika kamu memiliki ide unik yang hanya diperhatikan oleh sedikit orang. Maka kamu hanya perlu menyusun strategi unik untuk merancang atau mengeksekusinya agar bisa terwujud.

2. Masih terbukanya peluang pasar yang luas

Untuk memulai bisnis sampingan, kamu tidak perlu bingung. Jika kamu memiliki banyak kreativitas, kamu bisa mengubah apa saja menjadi ladang bisnis untuk usaha sampingan ini.

Alhasil, kamu harus mulai memutuskan jenis usaha sampingan apa yang akan kamu mulai, apakah itu barang atau jasa.

Tentu saja, kamu harus terlebih dahulu memastikan bahwa bisnis kamu akan dibeli atau dibutuhkan.

Untuk memastikan bisnis kamu berjalan dengan lancar, kamu juga harus mempertimbangkan tingkat persaingan yang akan kamu hadapi nantinya.

Dalam hal ini, penting bagi kamu untuk melakukan survei kecil-kecilan untuk mempelajari apa yang dipikirkan masyarakat umum tentang produk kamu.

3. Membutuhkan uang tambahan

Adanya pekerja kantoran berarti penghasilan mereka pas-pasan. Namun, mereka memiliki waktu luang.

Membuat bisnis sampingan kini menjadi tren baru dan berkembang. Memiliki usaha atau usaha sampingan dapat mendongkrak rejeki atau pendapatan kamu.

Dan tidak dapat dipungkiri bahwa dibutuhkan uang ekstra untuk memenuhi kebutuhan hidup. Selain memenuhi kebutuhan dasar kamu, kamu dapat menyimpan uang ekstra untuk masa pensiun kamu.

4. Persiapan pensiun

Persiapan pensiun

Karyawan dan pekerja swasta sama-sama harus berpikir tentang memiliki rencana pensiun. Dengan kamu memiliki usaha sampingan, rencana tersebut juga akan lebih mudah karena akan dapat membantu perekonomian kamu ketika kamu mencapai usia tua.

Tentu saja, kesibukan sampingan ini bisa menjadi penyelamat di tahun-tahun mendatang kamu.

5. Aktualisasi diri

Ketika karir kamu terhenti dan kamu telah mencapai jalan buntu profesional. Atau kamu mulai merasa bahwa pekerjaan kamu tidak sesuai dengan minat kamu.

Kemudian kamu dapat memulai bisnis sampingan, yang kemungkinan besar akan mengajarkan kamu keterampilan yang tidak akan kamu pelajari sebagai karyawan kantoran.

Inilah yang disebut dengan proses aktualisasi diri. Namun, perlu diingat bahwa meskipun kegagalan dapat memberi kamu pelajaran berharga, kamu tidak perlu takut merasa gagal karena itu adalah langkah awal menuju kesuksesan.

Alasan Banyak Usaha Mengalami Kegagalan

Meski hanya usaha sampingan, yang disebut bisnis tetaplah bisnis. Bahkan dalam skala kecil, bisnis tersebut menghadapi risiko kegagalan yang sama dengan bisnis yang telah beroperasi selama bertahun-tahun.

Banyak orang yang penasaran dengan apa yang menyebabkan sebuah bisnis gagal. Berikut adalah beberapa faktor yang berkontribusi terhadap kegagalan seseorang dalam usahanya:

1. Kesalahan menentukan prioritas

Bisnis sampingan menyiratkan bahwa itu bukan prioritas atau pekerjaan utama hanya dengan namanya.

Namun, jika kamu mengerjakan pekerjaan utama kamu saat memulai bisnis kecil ini, kamu harus sangat berhati-hati. Banyak dari bisnis sampingan ini yang gagal akibat keinginan seseorang untuk cepat sukses.

Alhasil, kontribusinya dalam menjalankan bisnis sampingan sebanding dengan pekerjaan utama mereka.

Ada banyak orang yang memaksakan diri untuk menerima pesanan dalam jumlah besar untuk bisnis. Dan dia benar-benar lupa bahwa dia adalah seorang karyawan.

Hal ini menyebabkan seseorang kehilangan fokus dan bahkan melakukan pekerjaan di bawah standar, sehingga tidak heran jika banyak sekali komplain pelanggan.

Sebaiknya kamu memulai bisnis sampingan agar tidak terlalu fokus. Yang paling penting adalah menyesuaikan bisnis dengan kemampuan kamu saat ini.

2. Penentuan Kebutuhan yang Salah

Ketika seseorang memulai bisnis sampingan, mereka sering disesatkan oleh detail yang tidak penting.

Banyak dari mereka yang melakukan kesalahan yang sama dalam menentukan kebutuhannya seperti orang yang sudah memiliki bisnis besar.

Misalnya membuat logo bisnis, membuat kartu nama, membeli software pembukuan yang mahal, dan lain sebagainya.

Semua hal ini diakui atau tidak terlalu penting, tetapi untuk bisnis kecil yang baru memulai, itu tidak perlu.

Nah, sebaiknya kamu memulai bisnis sampingan terlebih dahulu, meningkatkan promosi, perizinan, pasokan bahan baku dan bahan, dan sebagainya. kamu juga harus membangun konsep bisnis yang kokoh.

3. Pola pikir yang salah

Pola pikir yang salah

Kegagalan dalam bisnis seringkali disebabkan oleh pola pikir yang salah. Salah satu contoh pola pikir yang salah adalah keyakinan bahwa apa pun yang kamu jual, seseorang akan membelinya.

Pola pikir ini terkesan meremehkan aspek pemasaran dan pengembangan produk hingga seseorang menjadi sewenang-wenang dalam membelanjakan uang untuk aspek bisnis yang kurang penting di awal kariernya, yang justru dapat menyebabkan bisnis kamu gagal.

4. Perencanaan Bisnis yang Tidak Memadai

Perencanaan hampir selalu diperlukan dalam bisnis apa pun, sekecil apa pun. Rencana bisnis ini dapat berupa rencana sederhana yang tidak detail, seperti rencana bisnis jangka pendek dan jangka panjang.

Juga termasuk visi dan misi perusahaan kamu, serta kontak dari jaringan potensial yang dapat kamu ajak berkolaborasi.

Hal ini sangat penting ketika seorang pemilik bisnis menjalankan bisnisnya. Karena perencanaan yang tidak matang bisa menyebabkan bisnis kamu gagal di tengah jalan.

5. Tidak mampu membangun jaringan

Padahal, jaringan adalah aset terbesar perusahaan. Bahkan jika kamu sudah memiliki perusahaan besar, sangat penting bagi kamu untuk memperluas jaringan kamu.

Pelanggan, teman, kerabat, dan sebagainya semua dapat menjadi bagian dari jaringan. Memiliki relasi bisnis merupakan salah satu cara untuk membentuk dan juga membangun jaringan.

Dimungkinkan untuk mendapatkan teman baru dengan berpartisipasi dalam kegiatan atau agenda baru.

Akibatnya, dapat disimpulkan bahwa jika seseorang tidak ingin membangun jaringan, bisnis dapat kalah dari pesaing.

Rekomendasi Usaha Sampingan Modal Kecil

Bisnis skala kecil disebut sebagai bisnis sampingan. Namun jika dijalankan dengan serius maka akan berkembang dari yang disebut skala kecil dan awalnya hanya iseng-iseng menjadi bisnis besar bahkan dalam skala global.

Kamu tentu tidak percaya bahwa bisnis sederhana dapat menghasilkan banyak uang pada awalnya. Namun, banyak orang yang tidak yakin dengan jenis bisnis apa yang akan dimulai.

Padahal, ada banyak peluang bisnis yang bisa digali. Untuk mempermudah kamu, berikut beberapa usaha sampingan modal kecil yang bisa kamu jadikan referensi atau alternatif pilihan kamu:

1. Jasa Laundry Kiloan

Semuanya praktis di dunia saat ini. Bahkan beberapa orang dengan pemikiran pragmatis, misalnya, percaya bahwa daripada kehabisan waktu untuk mencuci pakaian, lebih baik pergi ke binatu saja.

Jasa Laundry Kiloan

Karena banyak orang yang mempercayai hal ini, maka peluang bisnis atau bisnis laundry semakin populer. Memang, banyak orang sudah melakukan bisnis di bidang khusus ini.

Kebanyakan orang memulai bisnis ini di dekat kampus, perkantoran, perumahan, sekolah, dan daerah padat penduduk lainnya.

Dengan begitu banyak orang di bisnis ini, persaingan di antara mereka pasti akan sengit. Membuka usaha laundry bukanlah tugas yang sulit.

Untuk menjadi sukses dan sukses di bidang ini, kamu harus terlebih dahulu dapat menemukan celah. Nah, di antara faktor-faktor yang ada, pangsa pasar adalah yang paling penting.

Karena banyak orang yang sibuk dan jarang punya waktu untuk mencuci pakaian, sebaiknya buka usaha ini di dekat kampus atau tempat kerja.

Apalagi modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis yang satu ini tidak mahal. Hanya 7,5 juta yang dibutuhkan. Kamu dapat menghabiskan setengah dari uang itu untuk mesin cuci dan pengering.

Sisanya akan digunakan untuk membeli perangkat pendukung tambahan seperti wewangian, gantungan baju, deterjen, dan sebagainya. Jangan lupa untuk membeli timbangan dan menyiapkan gaji karyawan.

2. Cuci Mobil dan Motor

Rekomendasi usaha sampingan yang menjanjikan selanjutnya adalah cuci mobil dan motor. Upaya ini tampaknya tidak pernah tinggal diam. Tak heran jika seseorang rela mengantre berjam-jam untuk mendapatkan giliran.

Jika dibandingkan dengan mencuci mobil dan motor sendiri, banyak orang yang lebih tertarik menggunakan jasa cuci mobil dan motor karena daya, kualitas, dan harga cuci mobil dan motor.

Kamu yang ingin memulai usaha sampingan ini tidak perlu khawatir karena biaya atau modal yang dibutuhkan tidak mahal.

Namun, dalam hal ini sebaiknya kamu memulai dengan membuka usaha cuci motor karena persyaratan yang harus kamu penuhi cukup sederhana.

Bisnis yang satu ini membutuhkan setidaknya 2 juta untuk memulainya. Namun, jika kamu ingin segera memulai bisnis cuci mobil dan motor profesional, kamu membutuhkan setidaknya 10 juta.

3. Jasa Desain Grafis

Jasa Desain Grafis

Jasa desain grafis adalah rekomendasi usaha sampingan yang menjanjikan berikutnya yang hanya membutuhkan investasi kecil. Layanan ini sangat cocok bagi kamu yang bekerja di perusahaan desain grafis.

Kamu bisa menawarkan jasa kamu kepada teman secara langsung atau melalui marketplace di sela-sela pekerjaan kantor kamu.

Jasa desain grafis sangat diminati, terutama bagi mereka yang membutuhkan untuk membuat kartu nama, pakaian, maskot, logo, poster, booth, interior, dan barang lainnya.

Kamu dapat menggunakan Canva atau Adobe untuk alat ini. kamu tidak perlu lagi pusing mencari marketplace untuk alat promosi karena ada beberapa marketplace yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan layanan tersebut, seperti sribu.com dan upwork.com.

Dan menariknya, bisnis yang satu ini tidak membutuhkan investasi yang besar. Kamu hanya perlu terkoneksi dengan internet dan meningkatkan kemampuan desain grafis kamu agar pelanggan mempertimbangkan kualitas layanan kamu dan tidak mencari pilihan lain. Agar benar-benar berhasil dalam layanan ini, kamu harus kreatif dan tepat waktu.

4. Les Privat

Pelajaran privat untuk berbagai mata pelajaran sekolah sangat diminati. Alhasil, tak heran banyak mahasiswa yang menjadikan bisnis ini sebagai usaha sampingan untuk menambah penghasilan. Selain les sekolah, ada les privat untuk belajar bahasa asing atau musik.

Ini adalah medan yang energinya masih dicari hingga saat ini. Ini adalah peluang bisnis sampingan yang sangat baik.

Dan jika kamu memiliki banyak siswa, kamu dapat membuka les privat atau les yang lebih besar nantinya.

kamu tidak membutuhkan modal yang begitu besar untuk modal sendiri. Jika kamu perlu berkeliling, yang benar-benar kamu butuhkan adalah transportasi.

Jika kamu mengajar pelajaran di rumah, yang kamu butuhkan hanyalah peralatan menulis dan ruang belajar. Itu bisa menghabiskan biaya kurang dari satu juta dolar.

5. Menjahit Pakaian

Menjahit Pakaian

Kamu yang ahli dalam menjahit bisa menjadikan ini sebagai modal awal untuk usaha sampingan. Bisnis menjahit di sini terdengar kurang menarik, tetapi tujuannya adalah untuk membuat waktu luang kamu lebih bermanfaat sekaligus menghasilkan uang tambahan.

Namun, perlu diingat bahwa kamu tidak terburu-buru untuk membuka toko jahit sendiri di sini. Untuk tahap awal, kamu bisa memanfaatkan apa yang sudah diuntungkan dengan modal kecil.

Mesin jahit bekas dapat dibeli di toko. Kamu bisa menggunakan dana minimal yang kamu sisihkan untuk membeli mesin jahit dan aksesoris lainnya. Langkah selanjutnya adalah mencari pelanggan.

Sebisa mungkin, batasi jumlah pelanggan yang menjahit pakaian di lokasi kamu. Namun, jika layanan menjahit kamu terkenal dan banyak diminati, kamu dapat menyewa seseorang untuk membantu kamu dalam proses menjahit.

6. Penerjemahan

Kamu sudah menguasai bidang bahasa asing, kan? Skill yang satu ini bisa kamu gunakan untuk memberikan layanan terjemahan kepada orang lain.

Penerjemah sendiri diklasifikasikan menjadi dua kategori: penerjemah profesional dan penerjemah pemula.

Tarif penerjemah profesional biasanya lebih tinggi. Penerjemah pemula masih standar untuk memulai dengan proses menerjemahkan tesis, makalah, dan dokumen kecil lainnya.

Sebenarnya bisnis penerjemahan ini memiliki potensi untuk menghasilkan hasil yang sangat menjanjikan. Misalnya, kamu mungkin mengenakan biaya sekitar 50/katanya.

Jika kamu memiliki 500 kata dalam satu halaman, kamu bisa mendapatkan hingga 25 ribu hasil. Jika kamu dapat menerjemahkan 10 halaman dalam satu hari, kamu dapat memperoleh sekitar 250.000.

Dan, sekali lagi, bisnis sampingan ini memiliki modal yang sangat kecil dan mudah dikelola. kamu hanya perlu laptop dan koneksi internet untuk memulai.

Namun, jika kamu memerlukan hasil fisik, kamu memerlukan printer, yang tidak terlalu mahal. Dalam hal ini, hal terpenting yang kamu perlukan adalah internet.

Dari segi lokasi, kamu bisa melakukan pekerjaan ini dari rumah, kafe, tempat wisata, kamar, dan lain sebagainya. Layanan ini dapat diberikan melalui sribulancer atau freelancer.co.id.

7. Pengetikan

Pengetikan

Rekomendasi usaha sampingan yang menjanjikan ini banyak diminati dan banyak terdapat di lingkungan kampus. Banyak siswa membutuhkan layanan ini untuk kursus mereka dan bahkan tesis mereka.

Karena sangat sederhana, sangat ideal untuk digunakan sebagai pekerjaan sampingan. kamu hanya perlu mengetik untuk mulai menghasilkan uang.

Layanan pengetikan ini biasanya dikenakan biaya per kata atau per halaman. Yang terbaik adalah bahwa layanan ini relatif murah.

Yang kamu butuhkan hanyalah komputer atau laptop, printer, scanner, kertas HVS, dan berbagai barang lainnya.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk memulai bisnis sampingan ini, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

8. Pilih Lokasi yang Strategis

Tips pertama untuk mengoperasikan layanan pengetikan adalah memilih lokasi yang strategis. Lokasi strategis dekat dengan kamus atau area perkantoran.

Hal ini dikarenakan banyak mahasiswa dan pekerja kantoran yang membutuhkan layanan ini. Nah, dengan kemajuan teknologi, bisnis jasa pengetikan kini bisa dilakukan secara online. Alhasil, kamu bisa melakukan promosi besar-besaran melalui blog atau marketplace khusus.

9. Promosi

Promosi

Rekomendasi usaha sampingan yang menjanjikan berupa jasa pengetikan selanjutnya adalah dengan melakukan promosi.

Dalam hal ini, kamu dapat membuat pamflet atau selebaran khusus yang mempromosikan layanan kamu.

Selanjutnya, kamu dapat mempromosikan diri kamu melalui internet dengan terlibat dalam pemasaran internet.

Kamu juga dapat memasang berbagai spanduk di sekitar rumah kamu agar orang-orang segera mengetahui layanan kamu.

10. Makelar Properti

Tahukah kamu bahwa properti adalah aset yang waktunya terus bertambah? Orang yang memiliki uang ekstra cenderung menginvestasikannya di real estat.

Ketika para investor ini ingin menjual propertinya, pasti mereka akan membutuhkan jasa broker properti yang bisa menjual produknya dengan harga yang disepakati.

Ini bisa menjadi peluang bagi kamu untuk memasuki dunia broker properti. Ini sebenarnya cukup sederhana. Itu dilakukan dengan melihat sekeliling rumah kamu, apakah itu rumah baru atau apartemen.

Kemudian, pastikan kamu sudah siap menjadi broker dengan mengecek ulang sistem dan komisinya. Usaha sampingan ini tidak memerlukan investasi yang besar.

Kamu hanya perlu mendapatkan kepercayaan orang. Dan jangan pernah takut untuk memperluas pengetahuan kamu tentang dunia properti untuk memajukan karir kamu di bidang ini. Nah, bagi kamu yang ingin menjadi agen penjual, berikut beberapa tips dan triknya.

11. Blog Marketing

Blog Marketing

Ini adalah cara paling umum untuk menulis lirik di era ini. Mereka sengaja mendesain website yang sudah dioptimasi dengan teknik SEO agar pengunjungnya bisa memenuhi target.

Ini sangat ideal untuk kamu karena pemasaran blog telah terbukti menjadi media periklanan yang sangat efektif.

Namun, kamu harus terampil dalam mengoptimalkan dan cukup berani untuk bersaing dengan situs web lain.

12. Display marketing

Jika kamu tidak ingin repot dengan optimasi website agar bisa bersaing, ada satu pilihan. Rekomendasi usaha sampingan yang menjanjikan selanjutnya adalah jenis pemasaran online yang melibatkan penempatan iklan atau spanduk kamu di berbagai situs dengan banyak pengunjung. Tentu saja, kamu harus mengeluarkan uang untuk iklan yang satu ini.

13. Email marketing

Pemasaran email adalah metode pemasaran online yang cukup tradisional. Ini akan menjadi lebih mudah karena banyak orang akan secara sukarela memberikan alamat email mereka untuk mendapatkan berbagai informasi dari kamu.

Tawaran properti disertakan. Dan meskipun metode ini relatif sederhana, kamu harus sangat sabar saat menawarkan produk kamu.

14. Membuka Usaha Warung Kopi Malam Hari

Membuka Usaha Warung Kopi Malam Hari

Kedai kopi adalah versi kafe yang disederhanakan. Namun, jika kamu memiliki anggaran dan dana yang terbatas, kamu hanya dapat menjalankan inisiatif ini pada malam hari.

Hal ini dikarenakan kebanyakan orang bekerja dari pagi hingga sore hari. Oleh karena itu sangat tepat jika kamu membuka kedai kopi di masa lalu.

Karena toko kamu akan dikunjungi oleh banyak orang. Selanjutnya, kamu dapat menggunakannya untuk keperluan lain di siang hari. Artinya, kedai atau bisnis kopi ini hanya sambilan.

Lokasi terbaik untuk bisnis yang satu ini adalah di dekat kampus atau di kawasan industri. Dari segi modal, tidak perlu banyak; antara 5 dan 20 juta sudah dapat digunakan untuk membuka toko ini dan membeli peralatan yang diperlukan.

Kamu juga dapat menambah penghasilan kamu dengan menjual gorengan dan barang-barang lainnya.

15. Menjual Aneka Kue

Bagi kamu yang hobi membuat kue kering, ini adalah peluang bisnis sampingan yang layak. Setelah kamu bekerja selama setengah hari, kamu dapat menggunakan sore hari untuk mengejar hobi kamu dan mendapatkan uang.

Jenis kue yang dijual bisa bermacam-macam mulai dari jenis kue basah hingga jenis kue kering. Bisnis ini juga tidak membutuhkan investasi yang besar.

Kamu hanya membutuhkan modal sekitar 10 juta, tetapi jika bisnis ini besar, akan memiliki prospek masa depan yang luar biasa. Jadi mulailah dari yang kecil dengan menitipkan produk kue kamu ke toko-toko.

Kamu kemudian dapat membuat brosur promosi dan menerima pesanan berbagai jenis kue. Ini akan membantu kamu tumbuh dan berkembang.

16. Membuat Blog

Membuat Blog

Bisnis sampingan selanjutnya yang bisa kamu pertimbangkan adalah menjadi seorang blogger. Karena blogger bisa menghasilkan uang, ini bisa menjadi kombinasi yang sangat menarik antara pekerjaan dan hobi.

Namun, penting untuk dipahami bahwa jumlah pengunjung ke situs web adalah faktor terpenting dalam keberhasilannya. Dan menarik pengunjung ke situs web kamu bukanlah tugas yang mudah.

Banyak orang ingin menarik pengunjung secara cepat dengan memanfaatkan layanan lalu lintas. Namun, ini adalah metode yang salah. Karena tidak memberikan keuntungan bagi pengunjung.

kamu yang ingin memulai bisnis sampingan berupa website atau blog bisa memilih jenis tema yang paling sesuai dengan passion atau minat kamu.

Baik itu musik, elektronik, kesehatan, atau kecantikan. Konten tersebut kemudian dapat diisi dengan berbagai jenis artikel yang menarik dan banyak dibutuhkan oleh masyarakat.

Nah, jika konten kamu berkualitas tinggi, secara bertahap kamu akan menarik banyak pengunjung ke situs web kamu.

Lalu lintas akan meningkat dengan sendirinya. Jika lalu lintas atau pengunjung blog kamu meningkat, yang perlu kamu lakukan hanyalah menghasilkan uang darinya.

Ada banyak pilihan dalam hal ini, dimulai dengan membuka ruang iklan untuk iklan, seperti menggunakan Google AdSense. Dan kamu hanya membutuhkan sekitar satu juta rupiah untuk memulai bisnis sampingan ini.

17. Membuka Toko Online

Transaksi online telah menjadi sangat umum di dunia sekarang ini. Alhasil, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk meluncurkan toko online.

Pakaian, kosmetik, buku, aksesoris, dan berbagai barang lainnya banyak tersedia di toko online. Untuk membuka toko online tidak perlu bingung karena modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar.

Kamu hanya perlu membeli hingga 300.000 template. kamu bahkan dapat mendesainnya sendiri jika kamu tidak punya uang.

Bagi kamu yang masih bingung mau menjual apa, kamu bisa menggunakan sistem yang dikenal dengan istilah dropshipping untuk menjual barang tanpa harus menyediakan stok terlebih dahulu.

Jika kamu sudah memiliki pelanggan yang ingin membeli produk kamu, kamu tinggal meminta pemasok untuk mengirimkan barang yang bersangkutan.

18. Menjual Pakaian Murah

Menjual Pakaian Murah

Jika kamu ingin memulai bisnis sampingan yang sederhana, kamu harus menjual produk yang tidak mudah basi dan tahan lama. Jenis pakaian adalah salah satu contohnya.

Apalagi sandang merupakan kebutuhan pokok yang banyak dicari orang, sehingga membuka usaha yang satu ini menjadi peluang yang menjanjikan. Bahkan jika itu berarti berurusan dengan ratusan penjual lainnya.

kamu hanya membutuhkan sedikit uang untuk memulai bisnis yang satu ini. Namun, sekali lagi ditentukan oleh berapa banyak stok yang kamu ambil.

Misalnya, dengan uang tunai satu juta dolar, kamu dapat membeli pakaian dari toko atau pemasok grosir dan menjualnya kembali.

Dan salah satu strategi untuk bersaing dengan penjual lain adalah dengan menawarkan harga yang lebih murah.

Masyarakat kelas menengah ke bawah menjadi target atau pangsa pasar. Jika kamu kesulitan mencari supplier, kamu bisa mencarinya di grosir baju murah.

19. Jual Beli Motor Bekas

Bisnis sampingan yang menggiurkan berikut ini adalah penjualan sepeda motor bekas. Menurut survei, dealer mengeluarkan setidaknya 50 hingga 100 sepeda motor per minggu di tingkat kabupaten.

Bayangkan menjadi broker jual beli sepeda motor bekas; itu pasti bisnis yang menggiurkan, kan? Sebenarnya tidak diperlukan modal untuk memulai bisnis broker ini.

Yang harus kamu miliki dalam diri kamu adalah iman. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menjadi broker sepeda motor bekas.

Tidak perlu langsung membuka toko karena membutuhkan banyak uang. Baru kemudian, seiring dengan berkembangnya jaringan kamu, kamu dapat membeli dan menjual sepeda motor kamu sendiri.

Ini adalah pilihan yang sangat baik untuk bisnis sampingan dengan hasil yang menjanjikan. Bahkan jika dilakukan dengan benar, itu bisa menjadi bisnis yang sangat menguntungkan.

20. Bisnis Reseller

Bisnis Reseller

Selain yang sudah disebutkan di atas, masih banyak lagi usaha sampingan modal kecil lainnya yang bisa dijadikan pilihan

Salah satunya dengan menjadi atau mendaftarkan reseller kamu yang ingin berjualan tapi kekurangan produk atau stok, jadi bisa buka yang ini. bisnis.

Reseller diklasifikasikan menjadi dua jenis: reseller online dan reseller offline. Nah, untuk bisnis yang satu ini tentunya sangat cocok bagi kamu yang senang berkomunikasi dan memiliki jaringan yang luas.

Bisnis ini juga memiliki pilihan produk yang relatif banyak. Kamu dapat memilih produk mana yang populer dan diminati untuk memperluas peluang bisnis kamu.

Dan, tentu saja, kamu harus dapat menemukan pemasok terbaik dan paling dapat diandalkan. Salah satunya bisa memanfaatkan marketplace besar yang bermunculan belakangan ini.

21. Usaha Ikan Hias

Harga ikan hias terkadang diakui atau tidak. Misalnya ikan hias Lohan yang kerap memiliki daya jual tinggi.

Daya tarik ikan hias yang tinggi seringkali dijadikan sebagai bisnis sampingan yang menjanjikan oleh seseorang.

kamu yang ingin memulai bisnis sampingan adalah kandidat ideal untuk peluang yang satu ini. Namun, ada beberapa cara yang perlu diperhatikan saat memulai bisnis yang satu ini, yaitu:

  1. Carilah ikan yang terkenal dengan harga jual yang tinggi, lalu berkonsentrasilah padanya
  2. Pahami teknik budidaya ikan agar bisnis sampingan kamu bisa berkembang
  3. Bergabunglah dengan komunikasi pecinta ikan hias untuk menemukan target pasar yang puas
  4. kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis-jenis ikan hias air laut maupun jenis-jenis ikan hias air tawar.

22. Memulai Perusahaan Produk Kuliner

Memulai Perusahaan Produk Kuliner

Bisnis produk kuliner tertentu merupakan inisiatif bisnis sampingan berikutnya yang cocok untuk dipilih.

Bisnis ini sangat cocok bagi Ana yang tinggal di lingkungan dekat kompleks karyawan atau kampus, serta lokasi lain yang banyak digeluti oleh banyak orang.

Biasanya, masyarakat di daerah tersebut tidak punya waktu untuk memasak dan jarang berada di rumah, sehingga mereka lebih memilih untuk membeli makanan atau kuliner daripada memasak sendiri.

Ada banyak sekali jenis produk kuliner yang bisa dipilih, seperti berbagai jenis kue, makanan ringan, makanan khas, dan lain sebagainya.

Jadi, sebelum memutuskan suatu produk untuk dijual, pertimbangkan situasinya. Pastikan menu yang kamu sediakan memang diinginkan dan dibutuhkan oleh orang-orang.

Kemudian, pastikan tidak ada orang lain yang menjual makanan yang sama. Bahkan jika ada, kamu harus mempertimbangkan untuk membuat celah untuk membuat produk kamu lebih menarik dan terjual dengan baik.

23. Usaha Kerajinan Tangan

Bisnis kerajinan tangan adalah kemungkinan lain untuk bisnis sampingan. Bisnis ini sangat ideal bagi kamu jika kamu kreatif dan memiliki kemampuan artistik yang kuat.

Selain sederhana dan bermanfaat untuk mengisi waktu luang, bisnis ini juga bisa digunakan untuk mewujudkan hobi.

Bisnis kerajinan adalah jenis lain dari bisnis bermodal kecil. Itu semua tergantung pada produk yang kamu cari. Ada banyak sekali jenis kerajinan tangan yang bisa dijadikan alternatif.

Misalnya, ikat kepala kain flanel, gantungan kunci, tas, mainan, dan berbagai kerajinan tangan lainnya. Kamu bisa membangun bisnis besar di bidang ini dengan memilih produk terbaik dan terunik.

Namun, selain kreatif, bisnis kerajinan tangan ini membutuhkan strategi pemasaran yang efektif. Kemudian kamu dapat menggunakan jaringan dan media sosial kamu untuk meningkatkan pangsa pasar kamu.

24. Budidaya jangkrik

Budidaya jangkrik

Budidaya jangkrik semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Cocok juga untuk dijadikan sebagai usaha sampingan di rumah.

Namun, penting bagi kamu untuk melakukan survei terlebih dahulu di toko ikan atau burung. Selanjutnya akan ditentukan harga setiap kg jangkrik.

Jangan lupa untuk menanyakan apakah toko bersedia berlangganan untuk menampung jangkrik kamu.

Jika kamu telah menemukan perusahaan hosting yang tepat. kamu bisa melakukan ini sebagai usaha sampingan.

25. Jasa Foto Copy

Jasa fotokopi adalah pilihan lain untuk usaha sampingan. Layanan ini biasanya digunakan oleh mahasiswa dan karyawan.

Layanan ini kini telah tersedia di lokasi-lokasi strategis seperti sekolah, kampus, perkantoran, dan instansi pemerintah.

Lokasi ini sangat ideal untuk memulai bisnis fotokopi. kamu dapat membuka berbagai layanan lainnya seperti laminating, binding, stationery, dan berbagai kebutuhan lainnya untuk memajukan layanan kamu.

Kamu juga dapat mengatur layanan jaringan internet agar pelanggan dapat memperoleh informasi yang mereka butuhkan.

Karena mereka biasanya dituntut untuk menyelesaikan tugas-tugas seperti surat, makalah, skripsi, dan sebagainya.

26. Menjual Aneka Gorengan

Menjual Aneka Gorengan

Rekomendasi usaha sampingan yang menjanjikan berikut yang bisa kamu mulai adalah menjual berbagai jenis gorengan.

Gorengan ini tidak boleh kamu abaikan karena dapat membantu kamu menghasilkan lebih banyak uang.

Banyak orang kaya karena menjual gorengan. Ada juga yang memulai bisnis waralaba. Gorengan pada umumnya merupakan jenis makanan yang populer di masyarakat.

Mulai dari kelas pekerja hingga kelas menengah. Karena rasanya yang khas, makanan ini digemari hampir semua orang bahkan sudah menyebar ke luar negeri.

Makanan gorengan hadir dalam berbagai rasa. Kamu bisa menyajikan berbagai macam gorengan yang digemari masyarakat.

Ada jenis goreng manis serta jenis goreng asin dan gurih. Jika kamu memulai dan menekuni bisnis ini dengan berbagai ide kreatif kamu, maka akan menjadi bisnis yang berkualitas.

27. Menjual Berbagai Produk Siap Saji

Kamu yang tinggal di daerah padat penduduk merupakan rekomendasi usaha sampingan yang menjanjikan untuk memulai bisnis yang satu ini. Bisa di kantor, di kampus, atau di sekolah, di antara tempat-tempat lain.

Sebagai usaha sampingan, kamu bisa menjual aneka makanan atau produk siap saji. Misalnya makanan sarapan pagi, pempek, tahu bulat, cireng, dan katering.

Namun, penting bagi kamu untuk memperhatikan kamu agar dapat menawarkan berbagai produk yang disukai semua orang sehingga dapat menjadi prospek di masa depan.

Membuka usaha sampingan ini juga tidak sulit karena modal yang dibutuhkan kecil. Aspek terpenting dalam menjalankan bisnis sampingan menjual berbagai produk siap saji adalah mendapatkan kepercayaan masyarakat.

Usahakan untuk menjual produk yang sama-sama enak dan dijamin sehat agar orang mau berlangganan kamu.

Jika sudah begini, akan lebih mudah bagi kamu untuk mengembangkan usaha dengan membuka toko sendiri.

28. Jual Kerupuk Rumahan

Jual Kerupuk Rumahan

Rekomendasi usaha sampingan yang menjanjikan selanjutnya adalah menjual kerupuk buatan sendiri. kamu bisa melakukan ini sebagai pekerjaan sampingan.

Pernah ada cerita tentang sepasang suami istri yang berhasil membiayai hajinya hanya dengan berjualan kerupuk.

Akibatnya, kamu tidak boleh mengabaikannya. Sebab, jika dilakukan dengan benar, bisnis kerupuk memiliki potensi besar untuk berkembang di masa depan. Dan ini adalah pilihan yang sangat baik untuk bisnis sampingan.

Hal terpenting yang harus diperhatikan saat memulai bisnis kerupuk ini adalah strategi pemasaran kamu.

Seberapa jauh kamu memasarkan kerupuk yang kamu jual menentukan seberapa baik mereka menjual.

Jadi, cobalah untuk merencanakan dengan matang untuk produksi dan pemasaran bisnis sampingan ini.

Sebab, meski berupa usaha sampingan, akan matang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Ada banyak sekali jenis kerupuk yang bisa dipilih.

Mulai dari jenis kerupuk ada jengkol, kerupuk ikan, kerupuk udang, kerupuk pisang, dan masih banyak pilihan lainnya.

Usaha sampingan ini tidak memerlukan investasi yang besar, sehingga kamu tidak akan terbebani secara finansial.

Jadi, agar tidak tertipu dengan bisnis sampingan jual kerupuk ini, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu untuk menguji produk kamu.

Membuat aneka kerupuk dengan rasa yang berbeda. Kemudian kamu meninggalkannya di toko yang berbeda atau menawarkannya terlebih dahulu di media sosial.

Kemudian, coba cari produk mana yang paling laris dan dicari. Hanya dengan begitu kamu dapat membuat cracker berbeda yang dapat diproduksi dan dijual kepada masyarakat umum.

29. Jasa Foto Editor

Meskipun kamera ponsel sekarang ada di mana-mana, menjadi editor foto masih bisa menjadi karier yang menggiurkan.

Apalagi buat kamu yang jago desain dan punya banyak kontak fotografer. Tentu saja, kamu bisa membantu mereka mempersiapkan agenda resepsi pernikahan.

Untuk mulai belajar, ambil foto berbagai pemandangan dengan kamera kamu sendiri, lalu edit. Cobalah untuk melakukan proses editing yang terbaik dan semenarik mungkin agar kamu bisa menjual diri kamu sendiri. Kamu dapat mendaftar di Shutterstock untuk penjualan.

30. Usaha Souvenir dan Undangan Pernikahan

Usaha Souvenir dan Undangan Pernikahan

Selain yang disebutkan di atas, rekomendasi usaha sampingan yang menjanjikan terakhir adalah bisnis souvenir dan undangan pernikahan.

Setiap pasangan yang akan menikah pasti ingin membuat undangan terbaik dan souvenir yang berkesan di hati para tamu undangannya. Ini kemudian dapat digunakan sebagai peluang untuk meluncurkan bisnis.

Jenis bisnis ini sangat menjanjikan dalam hal profitabilitas. kamu bisa memulainya dengan mencari ide desain undangan dan model souvenir di internet.

Dan tidak butuh banyak uang untuk menjalankan bisnis ini. Sebagai permulaan, kamu dapat menyiapkan kamar di rumah kamu sebelumnya; tidak perlu membuka toko atau tempat kerja.

Siapkan berbagai jenis komputer dan juga printer. Selain berbagai pernak-pernik lain yang dibutuhkan. Kamu dapat menggunakan internet sebagai keuntungan promosi.

Untuk menarik pelanggan besar, pastikan kamu mempromosikan layanan pembuatan undangan dan suvenir kamu secara rutin.

Nah, itulah beberapa ide untuk memulai bisnis yang satu ini. Selanjutnya, kamu harus selektif dan matang dalam menjalankan bisnis yang satu ini:

  1. Cari oleh-oleh yang mewah tapi murah dengan bentuk yang unik
  2. Banyak pertanyaan dan cerminan kepada orang-orang yang sudah sukses di bidang itu
  3. Jadikan jenis oleh-oleh yang paling bermanfaat karena banyak dicari.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai rekomendasi usaha sampingan yang menjanjikan tanpa modal besar yang bisa menjadi pilihan alternatif ketika kamu ingin membuka usaha sampingan untuk membantu perekonomian kamu.

Demikianlah artikel mengenai Rekomendasi Usaha Sampingan Yang Menjanjikan Tanpa Modal Besar dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */