11 Ide Bisnis Online Menguntungkan

InfoKekinian.com – Seiring berkembangnya zaman serta teknologi, kini sudah ada begitu banyak ide bisnis online menguntungkan yang tentunya diminati oleh para pelaku bisnis pemula hingga profesional.

Ada beberapa ide bisnis online menguntungkan yang bahkan tidak memerlukan modal sedikitpun, sehingga akan sangat cocok untuk kamu yang baru ingin memulai merintis usaha online.

Pengertian Bisnis Online
Jadi, untuk mengetahui informasi ide bisnis online menguntungkan lebih lanjut, silakan simak artikel ini hingga selesai ya!

Pengertian Bisnis Online

Bisnis online adalah bisnis yang dijalankan melalui internet. Hal ini menandakan bahwa aktivitas bisnis seperti pembelian dan penjualan, dukungan pelanggan, dan pemasaran dilakukan secara online.

Menariknya, kamu bisa menjual berbagai macam barang menggunakan konsep bisnis online. Mulai dari barang dan jasa fisik hingga produk digital.

Sebenarnya tidak ada batasan asal calon konsumen untuk barang ini. Hal ini dikarenakan pembeli produk bisa datang dari seluruh Indonesia bahkan luar negeri.

Oleh karena itu, tidak perlu membangun etalase dengan bisnis online, seperti halnya dengan bisnis offline.

Yang perlu kamu lakukan untuk menjalankan bisnis adalah membuat situs web toko online menggunakan tutorial seperti media sosial, atau pasar.

Kamu dapat menjalankan bisnis dari mana saja, termasuk rumah kamu. Alhasil, kamu tidak membutuhkan banyak uang untuk meluncurkan bisnis online.

Sebenarnya, ada sejumlah bisnis online yang menguntungkan yang dapat dimulai tanpa pembiayaan.

Misalnya, bisnis online kamu dapat terdiri dari menjual barang orang lain (dropshipping), menghasilkan komisi dengan berafiliasi dengan afiliasi, dan banyak lagi pilihan lainnya.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak sekali orang yang memulai bisnis online.

Manfaat Bisnis Online

Setelah kita mengenal banyak ragamnya, mari kita telaah manfaat dari bisnis online.

1. Hemat Biaya

Pertama, bisnis online tidak mengharuskan kamu menyewa lokasi atau ruko, karena kamu dapat menyimpan barang-barang di rumah kamu sendiri.

Pada kenyataannya, ide bisnis online tertentu, seperti dropshipper, tidak memerlukan lokasi fisik. Selain itu, promosi bisnis online biasanya lebih murah.

Dengan bisnis online, kamu bisa mempromosikannya secara gratis dengan membuat artikel tentang produk kamu hingga memanfaatkan Google Adwords yang sistem pembayarannya dihitung per klik.

Jadi kamu tidak perlu lagi deh melakukan promosi di media cetak, baliho, ataupun televisi.

2. Fleksibel

Menjalankan bisnis online juga sangat mudah karena sangat begitu fleksibel. Selama kamu memiliki koneksi internet dan laptop, kamu dapat menjalankannya dari mana saja di dunia.

Selain itu, jam operasi perusahaan online fleksibel. Sehingga kamu dapat dengan bebas mengatur jam buka dan tutup toko kamu, bahkan selama 24 jam penuh.

3. Menjangkau Pasar yang Luas

Toko online kamu dapat diakses oleh semua orang yang memiliki akses bisnis karena tidak ada batasan geografis.

Sehingga hal ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan lebih banyak konsumen dari berbagai lokasi di Indonesia. Bahkan kamu dapat meningkatkan target pasar kamu secara internasional.

Kelebihan Bisnis Online

Kelebihan Bisnis Online
Dibandingkan dengan melakukan bisnis offline atau di dunia nyata, melakukan bisnis online menawarkan banyak keuntungan. Berikut adalah kelebihan dari bisnis online:

1. Bisa Dilakukan Dimana Saja

Kelebihan yang pertama ini memang paling menarik! Bisnis online bisa dijalankan dari mana saja dan kapan saja.

Baik saat kamu berada di rumah, kantor, atau bahkan disaat kamu sedang berada diluar rumah seperti cafe atau bahkan disaat kamu sedang keluar kota.

Dan kamu juga dapat melakukannya kapan saja, bahkan selama 24 jam penuh.

2. Tidak Perlu Tempat Khusus

Sebagian besar bisnis online tidak memerlukan lokasi tertentu, seperti kantor, gudang, atau ritel. Kecuali untuk individu yang menjalankan bisnis online dan bisnis offline.

Karena semua kegiatan bisnis dilakukan secara online, tidak diperlukan lokasi untuk mengadakan pertemuan atau transaksi penjualan.

Tetapi jika kamu menjalankan bisnis online di bidang jasa, kamu harus menyediakan lokasi untuk operasi layanan tersebut.

3. Bisa Dilakukan Siapapun

Tidak ada persyaratan untuk gelar pemasaran atau keahlian penjualan pasar dalam bisnis online. Karena siapa saja bisa menjalankan bisnis online ini, bahkan mahasiswa pun bisa melakukannya.

Platform Bisnis Online

Platform Bisnis Online
Ada tiga jenis bisnis online sesuai platform yang digunakan penjual, yaitu:

1. Bisnis Online di Website

Jenis bisnis online yang pertama adalah bisnis online berbasis website. Peluang bisnis online ini sangat bergantung pada website untuk penjualannya.

Ya, persis seperti toko, tapi ini adalah versi online. Artinya, pengguna dapat langsung membaca informasi produk di website, serta melakukan transaksi dan berkomunikasi dengan merchant.

Kamu tentu tahu bahwa bisnis online berbasis website adalah jagoan dunia bisnis yang tidak perlu diragukan lagi.

Karena website menawarkan keuntungan yang tidak dimiliki oleh bisnis online lainnya.

2. Bisnis Online di Media Sosial

Awalnya, media sosial hanya digunakan untuk tujuan sosial. Namun, kini kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk keperluan bisnis.

Kamu pasti sering menjumpai akun-akun yang mengiklankan produknya di feed kamu bukan?

Nah, alasan utama bisnis online berbasis media sosial begitu sukses adalah karena begitu mudahnya dalam memulai.

Kamu dapat menggunakan akun pribadi yang ada dan langsung mulai menjual. Namun, akun bisnis lebih disukai karena kemampuan yang ditawarkan untuk mendukung bisnis online kamu.

Fitur-fiturnya antara lain melacak kinerja bisnis dan melihat demografi pembeli. Pilih foto produk terbaik kamu, berikan deskripsi singkat yang menawan, tetapkan harga, dan publikasikan!

Jika calon pembeli tertarik, mereka cukup meninggalkan komentar atau mengirimkan pesan langsung (DM) kepada kamu.

Karena hal inilah, banyak yang memanfaatkan media sosial untuk memasarkan barang-barang buatan sendiri atau buatan tangan.

Sayangnya, dibalik segala kelebihannya, bisnis online berbasis media sosial masih memiliki kekurangan. Salah satunya adalah sedikit kendali yang kamu miliki atas desain.

Sehingga akun toko online kamu akan terlihat sama seperti akun pribadi lain. Maka dari itu, untuk akun sebuah bisnis kamu perlu mempunya stand out atau tampilan yang mencolok, terlebih jika kamu memiliki banyak pesaing.

3. Bisnis Online di Marketplace

Marketplace adalah platform yang memfasilitasi transaksi online antara penjual dan pembeli.

Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli adalah beberapa contoh marketplace online Indonesia yang sudah pasti kamu kenal.

Selain sederhana dan bebas biaya, memulai bisnis online di marketplace juga sangat populer.

Kamu hanya perlu memilih marketplace, membuat akun, memposting produk, kemudian menunggu pembeli datang dan melakukan transaksi.

Selain itu, kategori produk lain tersedia di marketplace. Dimulai dengan hal-hal yang berwujud seperti pakaian jadi, elektronik, makanan, dan minuman dan berlanjut ke produk layanan seperti agen perjalanan dan perencana pernikahan.

Namun, diperlukan lebih banyak kesabaran jika kamu memutuskan untuk memasuki bentuk bisnis online ini. Mengapa demikian?

Hal ini dikarenakan banyaknya persaingan yang ketat dan perang harga di pasar. Apalagi jika barang yang kamu jual sangat generik, seperti pakaian atau aksesoris handphone. Maka margin keuntungan kamu tidak akan memadai.

Contoh Bisnis Online

Contoh Bisnis Online
Berikut adalah contoh dari bisnis online:

Pengiklan

Menjadi pengiklan situs web adalah bisnis online rumahan yang tidak melibatkan investasi dana yang besar.

Bisnis ini dapat dijalankan dari kenyamanan rumah sendiri dan tidak memerlukan investasi di muka.

Di tengah pandemi Covid-19, banyak orang yang menjadi pengiklan karena dipandang sebagai bisnis yang mudah namun menggiurkan.

Membuat situs web dengan konten yang menarik dimungkinkan untuk melakukan bisnis ini. Namun, penting juga untuk mengidentifikasi audiens yang dituju sehingga informasinya relevan.

Iklan atau ads dapat dimasukkan ke situs web, yang dapat menghasilkan pendapatan yang cukup besar.

Para pelaku bisnis juga harus menjamin jika website mereka memiliki pengunjung yang cukup banyak.

Sehingga pihak yang produknya ingin mereka promosikan siap menempatkan bisnis di website yang digunakan untuk bisnis online.

Menjadi Pembangun

Bisnis online kedua yang mungkin dijalankan di masa pandemi Covid-19 adalah list building yang tidak membutuhkan modal bisnis yang besar.

Namun, para pebisnis ini harus sangat berhati-hati karena mereka akan memanipulasi fakta, dan para pebisnis ini umumnya dicari oleh para pebisnis.

Data yang dikumpulkan bersifat generik, seperti daftar nomor WhatsApp dan daftar yang dapat dikategorikan berdasarkan usia, jenis kelamin, dll.

Meski melibatkan informasi pribadi seseorang, bisnis ini bisa sangat menguntungkan jika dilakukan secara profesional dan dilakukan dengan baik. tidak melanggar ketentuan hukum yang berlaku.

Affiliate Marketer

Afiliasi pemasaran adalah bisnis online dengan modal rendah yang terkait erat dengan bisnis pembuatan daftar dan bisnis.

Bisnis yang satu ini harus bisa mengidentifikasi tujuan yang ditetapkan, dan sistem pendapatannya berdasarkan komisi.

Pelaku usaha ini misalnya menawarkan dan menjual barang-barang yang harganya kurang lebih Rp. 10.000 tetapi bisa dijual hingga Rp. 50.000, sehingga keuntungan yang di dapat adalah Rp. 40.000.

Online Shop

Online Shop
Toko online tidak diragukan lagi adalah contoh bisnis online tanpa modal terbaik yang pernah ada di era milenial.

Secara fisik, toko adalah bangunan yang berisi barang-barang yang ditempatkan dengan baik yang memenuhi semua kebutuhan primer dan sekunder.

Sedangkan semua produk bisa masuk ke halaman jual beli online untuk retailer online non fisik. Pelancong bisnis hanya membutuhkan smartphone dan akses interne.

Selain komoditas yang diperdagangkan, toko online juga mencantumkan deskripsi produk. Selain itu, pelaku bisnis harus menjaga bisnis yang positif agar konsumen memiliki kepercayaan pada mereka.

Untuk membangun reputasi yang kokoh untuk bisnis online ini, harus dipahami dengan benar, menghindari kesalahan seperti penipuan atau menjual produk yang tidak sesuai dengan deskripsi dan persyaratan yang dipublikasikan.

Masalah ini dapat menyebabkan ketidakpuasan dan penurunan kepercayaan konsumen dalam berbelanja online.

Content Writer

Contoh bisnis rumahan berikut yang tidak memerlukan modal awal adalah menulis atau content writing.

Modal yang dikeluarkan sebagai seorang penulis memang minim, tetapi seseorang harus teliti, berpengetahuan luas, dan mahir dalam menulis, atau setidaknya mematuhi kaidah penulisan.

Selain uang, keuntungan lain dari menjalankan bisnis ini adalah belajar tentang apa itu lokal dan global.

Seperti halnya menjalankan bisnis pada umumnya, jika bisnis konsisten dalam menjalankan tugas ini, maka akan memberikan hasil yang memuaskan.

Menjual Jasa

Saat ini, menjual jasa adalah peluang bisnis yang paling diminati karena para pengusaha ini dapat menawarkan apa saja dengan rangkaian bisnisnya yang beragam.

Hal ini bisa dilakukan secara tradisional atau berkaitan dengan teknologi, namun bagi orang yang bekerja di industri teknologi, menjual jasa seperti maintenance website, SEO, dan lainnya cukup menggiurkan.

Hanya pebisnis yang dapat menentukan kapan pekerjaan ini akan selesai, yang ditentukan oleh lamanya waktu yang dihabiskan seseorang untuk duduk di kursi bisnisnya tanpa tekanan dari luar.

Namun, untuk menjalankan bisnis ini, pemain harus memiliki akses ke sumber daya yang mahal, seperti laptop yang andal dan koneksi internet yang stabil.

Kursus Online

Kursus Online
Membuka kelas online juga menjadi tren umum di kalangan banyak orang. Kursus online adalah situs web yang berisi banyak jenis konten pendidikan.

Nanti pengunjung website bisa mendapatkan akses dengan melakukan prabayar, berlangganan, atau membeli sekali.

Para pebisnis ini tidak membutuhkan skill coding untuk membuat website, karena sekarang sudah banyak platform website yang membantu para pebisnis dalam membuat kursus online dengan sistem yang baik sehingga para pelaku hanya perlu fokus pada keterampilan yang ditawarkan.

PPD Melalui Android

Bisnis online ini cukup menggiurkan karena PPD adalah singkatan dari Pay Per Download, atau bisa dibilang bisnis ini mendapat kompensasi untuk setiap download.

Bisnis ini dapat dijalankan dengan menggunakan komputer atau smartphone Android.

Namun sebagai pemula, disarankan untuk menggunakan smartphone Android karena lebih mudah digunakan dan lebih produktif.

Pelaku bisa langsung mendaftar sebagai member baru yang gratis tanpa dipungut biaya.

Meskipun demikian, untuk mencegah bahaya yang terkait, sangat dianjurkan untuk sepenuhnya memahami undang-undang yang berlaku.

Membuka Jasa Copywriting

Copywriting bisa menjadi bisnis bisnis online yang menguntungkan bagi para pengusaha yang memiliki landasan kuat dalam menjual produk.

Karena copywriting adalah taktik penjualan produk yang umum digunakan baik di media cetak maupun digital, seperti website.

Bagi seseorang yang telah menguasai metode copywriting, sangat mungkin untuk memulai bisnis ini secara instan.

Namun, modal yang dibutuhkan cukup tinggi, karena bisnis ini tidak bergantung pada sumber keuangan tetapi pada kemampuan membujuk konsumen untuk membeli barang-barangnya.

Pemula harus memahami strategi copywriting yang tepat sebelum menerapkannya untuk menghindari kesalahan.

Menjadi YouTuber

Menjadi YouTuber
Di masa pandemi seperti ini, popularitas YouTube seakan tidak ada habisnya. Banyak orang yang bekerja dari rumah secara online menonton video YouTube di waktu luang mereka.

YouTube, sebagai platform paling populer yang dapat digunakan untuk menghasilkan pendapatan sebanyak mungkin.

Dengan lebih dari dua miliar pengguna, ada banyak segmen bisnis yang bisa dijajaki lebih jauh.

Contohnya termasuk membuat vlog, streaming video game, dan membawakan lagu atau instrumen.

Kuantitas pendapatan yang dihasilkan bergantung pada strategi bisnis dan pemasaran yang diterapkan melalui saluran yang dimiliki.

Mayoritas YouTuber mendapatkan penghasilan melalui pemasaran afiliasi, sponsor, merchandising, dan Google AdSense.

Lainnya menawarkan kelas online, seperti yang ditampilkan di saluran Jay Shetty. Kemampuan berbicara tidak bisa menjadi satu-satunya syarat untuk menjadi seorang YouTuber.

Kamu juga harus dapat mengedit video dan memiliki akses ke peralatan dan alat berkualitas untuk produksi video.

Jadi jalinlah komunikasi kamu dengan subscriber dan bangunlah fanbase yang solid, karena kerja sama terkadang tercipta dari subscriber yang loyal.

Menjadi Podcaster

Tahukah kamu bahwa saat ini menjadi podcast terus meningkat? Ya! Banyak orang yang lebih memilih menjadi podcaster karena bisnis ini cukup menggiurkan.

Lebih dari 140 juta orang di Amerika Serikat saja mendengarkan podcast. Perusahaan dan pebisnis yang ingin mengiklankan produknya melalui jasa podcaster kemudian mengenali kemungkinan ini.

Jika kamu ingin mengembangkan podcast dengan subjek yang sama, kamu harus memastikan bahwa konten yang kamu bagikan memiliki keunikan tersendiri agar dapat bersaing dengan podcaster lainnya.

Alternatifnya, kamu dapat membuat podcast yang menyertakan berita terkini namun spesifik. Misalnya, menganalisis berita dan informasi terkait jarak sosial dan virus COVID-19.

Lalu, bagaimana podcaster menghasilkan pendapatan? Biasanya, mereka berpartisipasi dalam pemasaran afiliasi dan menghasilkan konten bersponsor.

Jika podcast kamu sudah memiliki banyak audiens, kamu dapat bergabung dengan jaringan periklanan podcast seperti Midroll.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang biasa dipertanyakan seputar ide bisnis online menguntungkan:

Jualan Online Apa yang Paling Laku?

Berikut adalah beberapa jualan online yang paling laku:

  1. Kuliner
  2. Fashion
  3. Dropshipping
  4. Produk kecantikan
  5. Perlengkapan bayi
  6. Alat masak dan dapur
  7. Gadget
  8. Peralatan olahraga.

Usaha Apa yang Tidak Pernah Sepi?

Berikut adalah beberapa jenis usaha yang tidak pernah sepi:

  1. Usaha laundry
  2. Bisnis fashion
  3. Perlengkapan bayi
  4. Kosmetik
  5. Sembako
  6. Camilan
  7. Minuman
  8. Toko sembako atau kelontong.

Usaha Apa yang Unik?

Berikut adalah beberapa jenis usaha yang unik:

  1. Bisnis camilan
  2. Agen frozen food
  3. Menjual aksesori smartphone
  4. Bisnis souvenir
  5. Menjual voucher game.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai ide bisnis online menguntungkan yang bisa menjadi bahan referensi untuk kamu yang ingin memulai bisnis, tapi secara online agar bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Kamu bisa memilih dari beberapa ide yang telah kami jelaskan diatas yang tentunya harus melihat kemampuan kamu juga.

Misalkan, kamu merupakan seorang guru ataupun pengajar, maka kamu bisa membuka kursus online untuk menambah penghasilan kamu.

/* */