Inovasi Peluang Bisnis di Era Pandemi

Infokekinian.com – Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai inovasi peluang bisnis di era pandemi, simak artikel ini.

Selama hampir satu tahun, pandemi Covid-19 telah mendatangkan malapetaka bagi orang-orang di seluruh dunia.

Kesehatan, industri, pariwisata, dan ekonomi semuanya terkena dampak buruk di negara-negara sekitar pandemi.

Sejak kemunculannya di Indonesia pada Maret 2020, Covid-19 telah menginfeksi lebih dari 1 juta orang Indonesia.

Daftar Peluang Bisnis Yang Lagi Populer

Di negara lain, situasinya tidak lebih baik dari Indonesia. Akibatnya, jutaan orang menjadi pengangguran karena sulit mendapatkan pekerjaan atau telah diberhentikan.

Beberapa orang beralih ke penjualan internet sebagai cara baru untuk menyelesaikan masalah uang mereka sebagai akibat dari krisis ini.

Ketika banyak toko dan mal ritel tutup sementara atau memiliki jam kerja terbatas karena pandemi, ini adalah solusi yang tepat.

Apalagi prospek bisnis online beberapa tahun terakhir memang tinggi. Ada berbagai pasar yang beroperasi baik di dalam negeri maupun di luar negeri yang menyediakan barang dan jasa yang bahkan tidak umum tersedia di toko dan pusat perbelanjaan.

Menurut laporan, pandemi Covid-19 telah memicu pembentukan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) baru di tanah air.

Menurut data Tokopedia, pada tahun 2020 jumlah seller meningkat cukup pesat.

“Tokopedia berkomitmen untuk memudahkan orang memenuhi kebutuhan mereka dan menciptakan kemungkinan melalui penggunaan teknologi,” kata Ekhel Chandra Wijaya selaku External Communications Senior Lead Tokopedia.

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa, bahkan di tengah pandemi, memahami pola pasar sangat penting untuk memulai dan menjalankan bisnis yang sukses.

Ekhel memberikan beberapa penemuan tren menarik yang dapat memotivasi orang yang ingin memulai bisnis.

Daftar Peluang Bisnis Yang Lagi Populer

Berikut adalah lampiran singkat yang telah Infokekinian kumpulkan:

1. Makanan dan Minuman

Pada tahun 2020, kategori F&B Tokopedia menjadi yang paling populer. Ekhel mengatakan, menjual makanan siap saji menjadi salah satu pilihan bisnis di masa pandemi.

Selain itu, makanan lain seperti madu, buah-buahan, telur, kopi lokal, keripik, dan nasi juga menunjukkan lonjakan transaksi yang cukup besar di masa pandemi.

2. Perawatan Kulit dan Perawatan Tubuh

Banyak orang menjadi lebih peduli dengan kesehatan kulit wajah dan tubuh mereka sebagai akibat dari pandemi.

Skincare lokal juga sering menghasilkan produk-produk terbaru yang tidak kalah bagusnya dengan produk luar.

3. Tanaman dan Alat Untuk Taman

Ekhel mengatakan berkebun merupakan salah satu kegiatan yang paling diminati di masa pandemi. Oleh karena itu, bisnis pabrik mengalami masa pertumbuhan.

4. Produk Olahraga

Selama pandemi, perusahaan UMKM mungkin menghasilkan uang dengan menjual peralatan olahraga.

Beberapa orang yang tidak dapat mengakses klub kebugaran mungkin merasa lebih nyaman untuk berolahraga di rumah.

Beberapa alat olahraga terpopuler sepanjang tahun 2020 ini adalah sepeda, alat olahraga, alat pancing, alat panjat tebing dan camping.

5. Kuas dan Alat Seni Lainnya

Di masa pandemi, orang akan berburu hobi baru yang mungkin bisa mengurangi stres untuk sementara waktu, salah satunya adalah melukis.

Pelanggan Tokopedia menyukai alat melukis seperti kanvas, cat, dan buku gambar lainnya.

Kesimpulan

Itulah 5 peluang bisnis populer menurut Ekhel Chandra Wijaya selaku External Communications Senior Lead Tokopedia, yang bisa kamu contoh untuk ide bisnis.

Demikianlah artikel mengenai Inovasi Peluang Bisnis di Era Pandemi dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */