18 Jenis Usaha Kuliner Rumahan Paling Laris

Infokekinian.com – Kamu sedang berencana untuk membuka sebuah bisnis kuliner, tetapi bingung untuk menentukan? Jangan khawatir, karena kami akan membagikan rekomendasi jenis usaha kuliner rumahan paling laris saat ini.

Jelas, setiap daerah memiliki masakan khasnya sendiri, yang menurut wisatawan lokal dan asing sangat menggugah selera.

Usaha Kuliner Rumahan (2)
Kuliner juga dijadikan sebagai sumber rezeki bagi setiap orang agar menghasilkan keuntungan yang besar.

Karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia, hampir setiap orang yang membuka usaha kuliner berpotensi untuk menjual pendapatan.

Namun, mereka harus mempertimbangkan target pasar, presentasi, dan pemasaran mereka untuk menciptakan bisnis kuliner yang paling sukses di daerah mereka.

Apalagi bisnis kuliner tidak perlu mengeluarkan modal yang besar karena bahan baku kuliner sudah banyak diminati. Bisnis kuliner ini semakin berkembang dan mudah ditemukan.

Hanya saja, banyak calon pengusaha yang tidak yakin dengan peluang kuliner mana yang menguntungkan.

Saya sebelumnya telah meninjau 18 usaha kuliner rumahan yang paling populer dan tentunya menjanjikan, jadi simak artikel ini hingga selesai ya.

Usaha Kuliner Rumahan

Jika kamu seorang calon wirausahawan yang tertarik untuk membuka usaha kuliner, simaklah jenis usaha kuliner rumahan yang bisa kamu coba dirumah:

Berikut ini adalah daftar 18 macam jenis usaha kuliner yang paling umum dan laris di Indonesia salah satunya di ibu kota. Ini ringkasannya!

1. Kuliner Seblak

Jenis usaha kuliner rumahan yang pertama adalah usaha seblak. Seblak merupakan kuliner tradisional Jawa Barat yang sudah ada sejak awal tahun 2000-an.

Awalnya, kerupuk pati atau aci direbus lalu ditumis dengan kencur, cabai rawit, dan bumbu lainnya untuk membuat sajian seblak ini.

Lambat laun, jenis seblak juga berbeda dalam topping dan tingkat kepedasannya, yang mendorong orang untuk mencoba lebih banyak. Selain di Jawa Barat, kuliner sambal juga ada di daerah lain.

Karena termasuk dalam jenis usaha kuliner paling populer di Indonesia, pertumbuhan seblak ini sangat besar sehingga kamu sekarang dapat menikmati berbagai seblak.

Di zaman yang maju ini juga ada seblak versi instan yang mirip dengan mie instan, karena bisa diolah sendiri dengan bumbu dan topping yang disediakan.

Bahan-bahan seblak kini bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional, yang biasanya menawarkan bumbu seblak dan berbagai topping seblak.

Satu porsi seblak dihargai antara Rp 5.000 hingga Rp 25.000, tergantung topping yang digunakan.

2. Kuliner Aneka Gorengan

Jenis usaha kuliner rumahan yang kedua, Indonesia terkenal dengan masakan tradisional yang paling populer adalah gorengan seperti bala-bala atau bakwan, tahu isi, pisang goreng, cireng, ubi goreng, dan tempe goreng.

Di daerah padat penduduk, pusat perbelanjaan, dan kompleks apartemen, gorengan berbagai jenis ada di mana-mana.

Hampir di setiap daerah, gorengan ini selalu diminati karena selain harganya yang terjangkau, rasanya yang tidak bisa ditandingi oleh kuliner lainnya. Padahal banyak jenis kuliner asing yang sudah populer di Indonesia.

Selain itu, gorengan ini sangat bermanfaat bagi lansia karena bisa disantap dengan nasi. Biasanya, gorengan dibandrol dengan harga antara Rp 500 hingga Rp 2.000.

Ada banyak pengusaha saat ini yang mengubah gorengan ini menjadi hidangan modern, mulai dari kemasan dan topping.

Sekarang ada banyak makanan gorengan yang tersedia di kafe dan restoran modern. Jelas, harga juga dipengaruhi oleh lokasi.

3. Kuliner Bakso

Kuliner Bakso
Jenis usaha kuliner rumahan yang ke tiga adalah Bakso, merupakan istilah yang cukup terkenal di kalangan pecinta kuliner.

Di Indonesia, bisnis kuliner yang paling digemari adalah makanan berbahan dasar tepung dan daging.

Sangat mudah untuk menemukan bakso ini di semua area, terutama kompleks apartemen dan pusat perbelanjaan.

Bakso sendiri berasal dari Cina, dan pedagang Cinalah yang memperkenalkan hidangan ini ke wilayah Indonesia.

Karena daging babi tidak sesuai dengan budaya Indonesia, maka daging sapi diganti dengan daging babi sebagai bahan utama bakso.

Harganya berkisar dari Rp 8.000 hingga Rp 25.000 untuk baksonya sendiri. Cara terbaik untuk mengkonsumsi bakso adalah dengan mie, bihun, bihun, sayuran, tahu, pangsit dengan saus, kecap, dan sambal.

Saat ini bisnis kuliner bakso masih banyak diminati, baik kalangan bawah maupun atas dapat menikmati bakso dengan berbagai lauknya.

Jika kamu ingin meluncurkan bisnis kuliner ini, kamu harus memperhatikan target pasar dan pemasaran kamu. Bakso ini sudah relatif sering dijual.

4. Kuliner Roti Bakar

Roti bakar merupakan jenis usaha kuliner rumahan terpopuler yang dijual di Indonesia. Bisnis ini tidak memerlukan keahlian khusus karena dapat dilayani oleh siapa saja.

Selain tidak memerlukan keahlian khusus, modal yang dikeluarkan juga tidak terlalu banyak dan bahan bakunya mudah didapat.

Anak-anak dan orang dewasa dari berbagai usia dan demografi juga dapat menghargai roti panggang.

Kuliner ini juga termasuk kuliner yang sedikit dimodifikasi dengan penambahan berbagai topping. Awalnya, topping standar untuk roti panggang adalah mentega, selai stroberi, dan meses cokelat.

Ada roti panggang dengan topping daging burger dan sayuran, serta roti panggang yang berisi keju, selai kacang, dan teh hijau.

Jelas, roti bakar ini paling cocok dengan minuman hangat seperti teh manis, teh tawar, susu coklat, dll.

Kisaran harga kuliner ini antara Rp 5.000 hingga Rp 25.000. Biasanya roti bakar ini dijual pada malam hari.

5. Kuliner Martabak

Kuliner martabak masuk dalam daftar jenis usaha kuliner rumahan tersukses di Indonesia. Pasalnya, martabak ini tetap diminati meski banyak bermunculan kuliner lain dari dalam dan luar negeri.

Martabak bukanlah masakan asli Indonesia karena diperkenalkan oleh pedagang asing yang tinggal di tanah air pada saat itu.

Seperti martabak manis dari Bangka Belitung yang pada abad ke-19 populer dengan sebutan Hok Lo Pan dan diciptakan oleh orang Hakka. Saat itu, topping martabak manis hanya gula dan wijen.

Seiring dengan penyebaran watu, martabak manis dengan berbagai topping seperti coklat, kitkat, keju, kacang-kacangan, pisang, dan lain sebagainya dapat ditemukan di banyak daerah di Indonesia.

Sementara itu, seorang saudagar India bernama Abdullah memperkenalkan martabak telur. Abdullah bertemu dengan Ahmad, pemuda asal Jawa Tengah, saat itu.

Mereka juga sangat akrab dengannya karena Abdullah mengajarinya cara membuat martabak telur dalam bahasa Indonesia.

Harga martabak manis dan telurnya sendiri berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 125.000.

6. Kuliner Pempek

Kuliner Pempek
Berikutnya adalah pempek, salah satu bisnis kuliner paling populer di Indonesia. Kuliner dari kota Palembang, Sumatera Selatan, sudah populer di pulau Jawa dan di daerah lain di Indonesia.

Pempek terdiri dari ikan dan tepung terigu. Pempek secara alami dilengkapi dengan cuka bumbu pedas, membuatnya sangat lezat.

Saking populernya pempek, banyak pengusaha Palembang yang membuka cabang di pulau Jawa. Tentunya hal ini untuk memudahkan penikmat pempek menikmati sajiannya.

Ada banyak jenis pempek, antara lain pempek lenjer, telur, kapal selam, adaan, kulit, dan lain-lain.

Meski banyak kuliner baru bermunculan di Indonesia, kuliner ini tetap digemari. Harga pempek sangat bervariasi, mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 50.000 per porsi.

7. Kuliner Keripik Singkong

Jenis usaha kuliner rumahan yang ke tujuh, Singkong merupakan makanan pokok di Indonesia yang dapat diolah dengan berbagai cara. Keripik singkong merupakan produk singkong yang laris manis di Indonesia.

Keripik singkong yang laris manis di Indonesia saat ini, seperti yang sudah menjadi rahasia umum, mengandung beragam bumbu dan rasa. Sehingga kuliner jadul bisa bersaing dengan kuliner yang lebih kekinian.

Banyak pengusaha muda Indonesia yang mengolah keripik singkong menjadi keripik singkong berbagai level pedas.

Wajar jika anak muda Indonesia menikmatinya, dan menjadi bisnis kuliner terpopuler di Indonesia.

Selain kemasannya yang unik, pemasaran keripik ini ke berbagai daerah di Indonesia melalui media sosial juga cukup menggiurkan.

8. Kuliner Ayam Goreng

Jenis usaha kuliner rumahan  selanjutnya yaitu ayam goreng adalah masakan paling populer di Indonesia. Bisnis ini dapat ditemukan di berbagai daerah di Indonesia.

Hampir di setiap kompleks di kota besar pasti ada yang menjual ayam goreng dari gerobak. Ayam goreng ini sangat diminati karena harganya yang murah dan popularitasnya yang meluas.

Ayam ini dapat dikonsumsi oleh individu dari semua lapisan masyarakat. Ayam goreng ini rasanya sebanding dengan ayam goreng yang disajikan di restoran.

Belakangan ini bisnis ayam goreng mulai berkembang dan disajikan dengan berbagai cara. Ada yang jual ayam goreng crispy, ayam penyet, ayam geprek, dll.

Penjual ayam goreng yang beraneka ragam ini biasanya dijalankan oleh pengusaha muda dan berlokasi di sekolah dan perguruan tinggi.

9. Kuliner Pecel Lele

Kuliner Pecel Lele
Pecel lele, makanan khas Indonesia, adalah yang paling populer di antara berbagai demografi.

Penggunaan warung tenda sederhana membuat pecel lele sangat mudah dijangkau, terutama di pinggir jalan.

Harganya yang murah menjadi alasan lain mengapa semua orang bisa memakannya. Selain pecel lele, penjual biasanya menawarkan menu lain seperti bebek goreng, ayam goreng, tahu dan tempe goreng, serta varian soto yang menggugah selera.

Meski bermunculan berbagai kuliner baru, pecel lele ini tetap digemari. Dan bumbu pecel yang selalu disajikan di sampingnya menjadi favorit para pecinta kuliner.

10. Kuliner Seafood

Selain itu, seafood menjadi salah satu bisnis kuliner paling populer di Indonesia. Banyak pedagang kaki lima yang menjualnya dari warung tenda pinggir jalan.

Karena aksesibilitasnya, masakan seafood akhir-akhir ini semakin diminati. Konsep seafood kilo yang sedang booming saat ini membuat masyarakat semakin menyukai seafood ini.

Selain bisa dikonsumsi di warung tenda, banyak pelaku kuliner yang berkolaborasi dengan delivery online.

Sehingga pengunjung yang tidak dapat mengunjungi tenda dapat melakukan pemesanan melalui aplikasi.

11. Dessert Box

Dessert box adalah salah satu makanan paling populer yang tersedia saat ini. Bagi penyuka dessert, dessert box ini adalah paket totalnya.

Dengan pilihan topping yang beragam, dessert box ini menjadi bisnis yang tidak akan pernah kehabisan inspirasi.

Dessert box ini biasanya berisi lapisan kue bolu atau kue mousse, serta topping seperti kerupuk, cokelat, atau kacang.

Selain itu, kemasan kotak makanan penutupnya sederhana dan fungsional. Dengan kotak berukuran kira-kira 10 x 10 cm, kamu dapat mengemas hidangan penutup yang lezat.

Keindahan dessert box akan dilengkapi dengan topping ganache, coklat, dan lotus pada dessertnya. Dessert yang tidak memerlukan oven ini tentunya bisa menjadi salah satu bisnis kamu.

12. Frozen Food

Jenis Usaha Frozen Food
Banyak orang lebih menyukai makanan beku, termasuk makanan beku bakso, dimsum, nugget, tempura, sosis, kentang, kue, daging, dll.

Frozen food ini adalah pilihan yang jelas bagi para ibu yang bingung harus menyiapkan apa di rumah.

Dari lauk sehari-hari hingga camilan buatan rumah untuk anak-anak. Dengan berbagai pilihan harga, ini bisa menjadi pilihan bisnis yang layak.

Hanya dengan freezer atau kotak kulkas, kamu bisa menjual makanan beku tanpa harus mengeluarkan modal yang besar.

Melalui promosi media sosial, bisnis ini bisa menjadi salah satu makanan yang paling digemari.

13. Coffee

Beberapa tahun yang lalu, kegemaran kopi susu es meledak, dan sekarang banyak bisnis kopi tersebar di seluruh negeri.

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa kopi ini sangat populer di kalangan anak muda, orang tua, anak perempuan, dan anak laki-laki.

Kopi kini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Banyaknya jenis kopi tidak membuat konsumen bosan. Perpaduan cokelat, gula merah, dan susu kedelai terdengar lezat.

Dengan kemasan cup yang menarik, bisnis ini bisa dibilang paling populer di bisnis modern. Sebagai salah satu ide bisnis kamu, kopi yang melengkapi aktivitas sehari-hari sangat disarankan.

14. Rice Bowl

Rice bowl ini menyediakan paket makan lengkap, mulai dari karbohidrat hingga protein. Rice bowl adalah salah satu bisnis yang banyak dipilih orang, mulai dari warga biasa hingga artis terkenal.

Rice bowl ini biasanya akan berisikan nasi dan berbagai lauk pauk, antara lain ayam, sapi, ikan, dan berbagai sayuran lainnya.

Misalnya, DailyBox berkolaborasi dengan koki Master Chef. DailyBox adalah rice bowl yang dikemas dalam box yang simpel untuk disajikan dan dipasarkan.

DailyBox ini juga bisa dipesan melalui Shopee Food.

15. Sandwich

Jenis Usaha Kuliner Sandwich
Roti panggang dan sandwich saat ini sedang viral. Roti sandwich ini tidak biasa karena bisa diisi dengan daging sapi, yang menjadi ciri khas roti panggang.

Selain itu diisi dengan ayam, daging sapi, ikan, dan bahkan kentang goreng. Selain itu, roti ini akan ditemani dengan saus teriyaki, saus mentai, dan saus barbekyu.

Dengan kemasan kotak saja, sandwich ini bisa dijual sebagai pendamping kopi atau teh. Karena kemasannya yang praktis dan kemudahan usahanya, sandwich yang mengandung protein dan karbohidrat lengkap ini dipilih sebagai pengganti makanan lainnya.

16. Cheese Tea

Tak kalah dengan minuman kopi, teh keju ini merupakan salah satu minuman baru yang bisa dibilang revolusioner.

Penambahan keju pada minuman ini menarik minat banyak orang, dan akibatnya, minuman ini menjadi viral.

Matcha kompatibel dengan kopi, jus, cokelat, dan bahkan teh. Rasa ini akan menjadi salah satu konsep bisnis kamu yang paling sukses.

17. Brown Sugar Boba

Siapa yang belum pernah mendengar tentang Boba yang terkenal? Minuman favorit anak muda ini merupakan salah satu ide bisnis yang harus dijalankan.

Modalnya juga tidak terlalu dibebani. Lalu, menu ini bisa disandingkan dengan minuman apa saja. Termasuk susu, kopi, teh, teh susu, talas, dan berbagai minuman lainnya.

Dengan kemasan cangkir yang dihias secara khas, ini akan menjadi salah satu ide bisnis paling sukses.

Tetapi kamu harus berhati-hati, karena kamu perlu analisa lapangan untuk membuka usaha ini.

Hal ini dikarenakan banyak pesaing yang menjual minuman boba ini, sehingga diperlukan strategi pemasaran yang tepat.

18. Snack Ringan

Snack Ringan
Jenis usaha kuliner rumahan yang terakhir adalah snack ringan, sejak jajanan di Indonesia hadir dalam berbagai rasa.

Masyarakat Indonesia tidak pernah bosan dengan istilah jajanan atau jajanan dari zaman dahulu hingga sekarang.

Camilan menemani kita dalam semua kegiatan kita. Bahkan dengan keuntungan kecil, camilan ini adalah pilihan bisnis yang baik.

Kamu sadar bahwa dengan investasi kecil dan strategi pemasaran yang tepat, itu akan menjadi salah satu bisnis kuliner yang sukses.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang biasa dipertanyakan para netizen:

Bisnis Apa yang Tidak Ada Matinya?

Hasil survey yang kami amati dari berbagai daerah berbeda, namun secara garis besar adalah sebagai berikut ini:

  1. Toko sembako
  2. Buka jasa katering
  3. Jual aneka camilan
  4. Laundry kiloan
  5. Coffee shop

Usaha Apa yang Dibutuhkan Orang Setiap Hari?

Usaha yang dibutuhkan orang setiap hari di antaranya yaitu:

  1. Warung Sembako
  2. Warung Nasi
  3. Pedagang sarapan kaki lima
  4. Jualan Pulsa atau Paket Data (counter pulsa)
  5. Pom Bensin Mini (bensin eceran)
  6. Jasa Ekspedisi
  7. Jualan Bakso
  8. Laundry Kiloan

Kesimpulan

Itulah sedikit rekomendasi mengenai jenis usaha kuliner rumahan paling laris yang bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi jika kamu ingin memulai bisnis kuliner.

Tetapi, untuk memulai usaha kuliner ini tentu bisa dikatakan sebagai usaha yang susah gampang untuk dilakukan.

Selain karena menjadi kebutuhan utama, usaha kuliner ini tentu tidak bisa dengan sekejap mata untuk dapat diterima.

Karena setiap orang yang membuka usaha kuliner tentu sudah memiliki pelanggan tersendiri yang memang rasa makanan tersebut cocok dengan lidahnya.

Tetapi, jangan jadikan alasan tersebut untuk mundur. Karena kamu bisa jadikan kondisi tersebut sebagai sebuah tantangan, dengan cara mengupayakan tehnik marketing yang baik serta kekinian.

Dan yang perlu kalian ingat adalah, “Dimana ada usaha, maka disitu akan ada jalan”. Jadi jangan menyerah, selamat mencoba dan sukses terus Sobat kekinian.

Demikianlah artikel mengenai Jenis Usaha Kuliner Rumahan Paling Laris dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

tag: usaha seblak, kuliner tradisional(ex), jenis seblak (daftar resep), kuliner bakso, martabak manis, martabak telur

/* */