Kumpulan Contoh Paragraf Persuasif: Pendidikan, Politik, Kesehatan, Lingkungan DLL

Ada banyak jenis teks atau bacaan. Setiap teks dan bacaan yang ditulis tentu memiliki tujuan yang berbeda. Salah satu contohnya adalah paragraf persuasi. Istilah “persuasi” digunakan untuk mempengaruhi dan mengajak pembaca agar mengikuti sesuai dengan apa yang dibacanya. Menulis teks persuasi juga bukan perkara yang mudah. Penulis harus memberikan contoh dan fakta yang relevan agar bisa diterima akal pembaca. Maka dari itu, diperlukan contoh paragraf persuasive bagi yang ingin mengajak atau mempengaruhi pembaca.

Pengertian paragraf persuasif

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, persuasi berarti ajakan kepada seseorang dengan memberikan fakta dan alasan yang meyakinkan. Bisa dikatakan persuasif adalah himbauan atau bujuk rayuan halus.

Dengan demikian, paragraf persuasi adalah teks yang ditulis dengan tujuan untuk mengajak, menghimbau dan mempengaruhi pembaca agar melakukan sesuatu sesuai yang diinginkan penulis.

Menurut Kafer, paragraf persuasi bertujuan untuk merubah pikiran pembaca agar mau menerima dan mengikuti sesuatu yang penulis inginkan tanpa adanya pemaksaan.

Namun, untuk bisa mempengaruhi pembaca, paragraf persuasi harus memiliki bukti – bukti konkrit. Kebanyakan, teks persuasi berupa himbauan, iklan dan peringatan.

Bentuk paragraf persuasi

Ada beragam bentuk paragraf persuasi yang disajikan, seperti berikut ini:

  1. Bentuk pidato, bisa berupa kampanye, propaganda dan para sales.
  2. Bentuk iklan, bisa berupa brosur, iklan dan selebaran
  3. Bentuk elektronik, contohnya iklan TV, radio dan internet.

Jenis dan tujuan paragraf persuasi

Dari beberapa bentuk paragraf persuasi diatas, bisa disimpulkan ada beberapa jenis teks persuasif, seperti berikut ini:

  1. Persuasi politik

Sama seperti namanya, persuasi politik memiliki kaitan yang erat dengan bidang politik dan kenegaran. Paragraf yang sering digunakan dalam bidang politik ini biasanya ditujukan untuk mempengaruhi pembaca agar mendukung salah satu wakil rakyat dan memilihnya. Bisa juga digunakan untuk mendukung atau menolak kebijakan pemerintah.

  1. Persuasi pendidikan

Paragraf persuasi pendidikan digunakan oleh orang yang masih erat hubungannya dengan dunia pendidikan. Tujuannya adalah pendidikan bisa lebih baik lagi. Salah satu contohnya digunakan oleh para guru agar muridnya bisa lebih giat belajar dan melakukan hal bermanfaat lainnya. Selain itu, terkadang juga digunakan oleh motivator untuk melaksanakan program pendidikan yang baru.

  1. Persuasi advertensi

Jenis teks persuasi yang ketiga adalah iklan atau persuasi advertensi. Kebanyakan teks ini digunakan oleh pelaku usaha untuk menjajakan barang atau jasa mereka. Teks persuasif yang ini harus bisa mempengaruhi pembaca untuk mau membeli dan menggunakan jasa yang sudah diiklankan.

  1. Persuasi propaganda

Persuasi propaganda bukan hanya menyampaikan informasi saja, melainkan juga menyadarkan pembaca. Sehingga pembaca mau dan ingin dengan sadar melakukan apa yang ditulis.

  1. Persuasi kesehatan

Sama halnya dengan paragraf persuasi pendidikan, persuasi kesehatan digunakan oleh orang yang berkaitan erat dengan dunia kesehatan. Biasanya, digunakan sebagai himbauan agar orang lain bisa mendapatkan kesehatan lebih baik lagi.

Ciri – ciri paragraf persuasi

Berbeda dengan jenis teks lainnya, paragraf persuasi juga memiliki ciri – cirinya sendiri, seperti berikut ini:

  1. Teks persuasi berisi fakta dan bukti sebagai cara untuk mempengaruhi dan membujuk para pembaca.
  2. Tulisannya memiliki tujuan untuk mempengaruhi dan mendorong akan sesuatu hal.
  3. Bahasa yang digunakan paragraf persuasi harus menarik, provokatif dan antusias. Hal ini dilakukan untuk lebih meyakinkan pembaca.
  4. Tulisannya harus membuat pembaca lebih percaya dengan penjelasan menarik.
  5. Tulisannya harus bisa menciptakan suatu kesepakatan antara pembaca dan penulis.
  6. Alangkah baiknya, teks persuasif yang dibuat terhindar dari konflik sehingga pembaca lebih yakin dan setuju.
  7. Menyajikan berbagai fakta dan data untuk menguatkan argumentasi.

Syarat penyusunan paragraf persuasi

Untuk bisa menyusun paragraf persuasi ada 3 syarat yang wajib dipenuhi. Berikut ini tiga syarat dalam penyusunan paragraf persuasi.

  1. Kredibilitas

Dalam hal ini penulis harus bisa memahami apa yang menjadi persoalan yang akan ditulis. Mulai dari pemilihan kata, struktur kalimat serta gaya bahasa. Selain itu, untuk bisa menambahkan kepercayaan pembaca kepadanya, penulis harus jujur pada pembaca.

  1. Mampu mengenali emosi

Dalam hal ini penulis harus bisa membakar emosi dan sentimen para pembaca. Dengan begitu, pembaca mau menuruti keinginan penulis tanpa adanya pemaksaan.

  1. Bukti – bukti

Dalam hal ini penulis harus bisa menyajikan bukti – bukti akan kebenaran. Hal ini agar lebih menyakinkan pembaca

Langkah penulisan paragraf persuasi

Membuat paragraf persuasi tidaklah sesulit yang Anda bayangkan, asalkan Anda mengerti langkah- langkahnya. Berikut ini langkah penulisan paragraf persuasi.

  1. Menentukan topik

Langkah pertama sebelum membuat sebuah paragraf atau essay sekalipun adalah topik. Topik menjadi kunci penting apa yang Anda tulis. Tidak perlu khawatir ada banyak topik yang bisa Anda gunakan, mulai dari pendidikan, global warming, politik dan masih banyak lagi.

Dengan menentukan topik juga membantu merumuskan tujuan paragraf yang ingin Anda tulis. Selain itu, juga membantu mengumpulkan data – data yang diperlukan nantinya.

  1. Menentukan tujuan

Tentu saja tujuan dari paragraf persuasi adalah untuk mengajak dan mempengaruhi pembaca. Dengan tujuan tersebut, Anda sudah tahu bagaimana gaya bahasa dan pemilihan kata yang harus digunakan agar pembaca benar – benar berpengaruh.

Dengan adanya tujuan ini, tentunya sudah sangat jelas bahwa tulisan Anda harus benar – benar masuk akal dan bisa dipercaya oleh pembaca.

  1. Menyusun kerangka karangan

Apabila topik dan tujuan sudah ditentukan, maka langkah selanjutnya adalah menyusun kerangka karangan. Kerangka karangan akan membantu Anda membuat paragraf persuasi. Pastinya, karangan Anda nantinya akan lebih sistematis, logis dan enak dibaca.

Untuk kerangka karangan paragraf persuasi sama seperti paragraf sebab dan akibat. Di mana Anda harus menyajikan permasalahan sebagai pembuka, kemudian statement, baru alasan beserta fakta – faktanya dan yang terakhir adalah kesimpulan.

  1. Mengumpulkan data – data

Seperti yang dikatakan, fakta dan bukti sangat diperlukan dalam paragraf persuasi untuk lebih menyakinkan pembaca. Setelah menyusun kerangka karangan, saatnya Anda mengumpulkan bukti – bukti untuk mendukung argumen Anda. Bukti bisa berupa hasil penelitian, survey dan masih banyak lagi.

Mencari bukti juga bisa dilakukan dengan mudah. Hal ini dikarenakan adanya perkembangan teknologi sehingga bukti bisa berasal dari internet.

  1. Mulai menulis

Langkah terakhir adalah mulai untuk menulis. Selalu ingat, saat menulis paragraf persuasi harus memiliki diksi dan gaya bahasa yang benar. Selain itu penulisan harus bersifat rasional dan logis. Bukan hanya itu saja, penulisan paragraf persuasi harus bisa mensugesti para pembaca.

Contoh teks persuasif

Contoh teks persuasif pendidikan

Membaca buku adalah kesenangan

Dalam beberapa tahun belakangan ini, penggunaan televisi dan internet semakin meningkat. Hal ini yang menyebabkan perubahan perilaku manusia dalam kehidupan sehari – hari, terutama menikmati waktu luang mereka. Dengan adanya televisi dan internet pula, kebiasaan membaca buku menjadi berkurang. Padahal, membaca buku adalah salah satu cara mengisi waktu luang yang bermanfaat.

Tidak hanya mengisi waktu luang, membaca membantu kamu memperluaskan pengetahuan dan juga budaya kamu. Seperti kata pepatah “membaca adalah jendela dunia”. Ada banyak genre buku yang bisa kamu baca, mulai dari sejarah, novel, tragedi, komedi dan berbagai jenis lainnya. Kebanyakan orang yang sering membaca buku memiliki pengetahuan yang luas. Bahkan, mereka memiliki perspektif yang berbeda untuk lingkungan mereka.

Selain itu, membaca buku mengembangkan imajinasi kamu. Seperti yang kita ketahui, anak anak selalu memiliki mimpi mimpi yang ingin dicapai. Dari situlah banyak orang tua yang membacakan buku cerita agar mereka bisa menggunakan imajinasi mereka. Mengapa tidak untuk orang dewasa? Dengan begitu, kita tidak lupa pentingnya mengembangkan imajinasi. Dengan adanya imajinasi, kamu bisa menciptakan cara cara kreatif untuk mengembangkan karir kamu.

Tidak peduli berapapun umur kamu, membaca menjadi ruang untuk menambah kosakata kamu. Kosakata tersebut bisa kamu gunakan untuk menyampaikan ide ide kamu dengan cara simple tapi juga benar. Dengan keseringan membaca kamu akan menemukan kesenangan tersendiri serta meningkatkan kemampuan membaca kamu.

Kebanyakan orang yang membaca semakin lama akan semakin memilih buku yang formal. Formal artinya sesuai dengan kaidah bahasa. Hal inilah yang membatu komunikasi mereka semakin kaya dan lancar.

Jadi, membaca memang cara terbaik untuk mengisi waktu luang. Dengan berbagai manfaat yang kamu dapatkan, mulai dari pengetahuan, meningkatkan imajinasi serta memperlancar komunikasi. Kita tahu bahwa kita tidak boleh ketinggalan dengan yang namanya teknologi. Tetapi, kita juga tidak boleh lupa akan membaca buku. Coba saja pilih salah genre buku yang kamu suka. Dijamin, lama kelamaan kamu tidak akan berhenti membaca.

Contoh teks persuasif propaganda

Tak seharusnya ada seragam sekolah

Di Indonesia seragam sekolah menjadi salah satu aturan yang wajib dipenuhi oleh seluruh siswa. Kita tahu seragam diberlakukan mulai dari tingkat Taman Kanak Kanak hingga SMA. Sebenarnya, peraturan mewajibkan menggunakan seragam sekolah terlalu berlebihan. Sudah saatnya, Indonesia tidak mewajibkan menggunakan seragam sekolah.

Alasannya cukup simple, penggunaan seragam sekolah membuat murid murid seperti kehilangan rasa individual mereka. Bayangkan, 30 murid duduk di dalam kelas dan setiap siswa menggunakan atasan dan bawahan yang sama. Ditambah dengan buku dan kertas di depan mereka menjadikan mereka tidak ada bedanya. Hal ini tidaklah benar, sebab setiap manusia unik dan beda satu sama lainnya. Tidak bisa mereka disamakan dengan cara seperti ini. Sudah sangat jelas, seragam sekolah menghilangkan rasa individual mereka.

Selain itu, seragam sekolah membatasi siswa untuk mengekspresikan diri mereka. Padahal, usia remaja adalah saatnya untuk membangun jati diri. Jadi, apakah pantas menghalangi mereka mengeksplor jati dirinya dengan adanya seragam sekolah. Dengan mewajibkan adanya seragam sekolah, artinya juga membatasi siswa untuk mengekspresikan diri. Salah satu contohnya, ada remaja perempuan yang tertarik menjadi fashion designer. Tentu, dirinya akan mencoba membuat bajunya sendiri. Keberhasilan pertama dirinya bisa membuat baju, pasti juga ingin dikenakannya ke sekolah. Hal ini untuk menunjukkan ke teman – teman akan keberhasilan dirinya dan respon orang lain bisa menjadi penyemangat dirinya untuk melangkah maju. Sayangnya, dirinya bersekolah di Indonesia yang mewajibkan adanya seragam sekolah, tentu saja dirinya tidak akan bisa mengekspresikan jati dirinya.

Namun, dengan adanya seragam sekolah bisa menghemat pengeluaran orang tua. Tidak sepenuhnya benar. Contoh saja, setelah pulang sekolah, tentu siswa harus berganti baju. Baju yang dipilih adalah baju yang sesuai dengan selera mereka. Belum lagi, perkembangan jaman, pasti trend juga berbeda. Artinya, orang tua harus menyediakan dua jenis baju yang berbeda, yakni satu set seragam untuk dikenakan di sekolah dan baju lain untuk dikenakan di rumah.

Jadi, sudah saatnya peraturan mewajibkan penggunaan seragam sekolah di Indonesia dihapuskan. Bukan hanya menghilangkan rasa individual siswa, tetapi juga menghalangi siswa mengekspresikan diri serta semakin menambah biaya sekolah untuk orang tua. Mungkin seragam sekolah pada awalnya bagus, tapi lama kelamaan hal ini lebih menyakitkan daripada memberikan kebaikan.

Contoh paragraf persuasif advertensi

Lulur Pemutih Alami dan Cepat

Kita sudah tahu kalau kulit orang Indonesia cenderung sawo matang. Namun, orang Indonesia berspekulasi bahwa kulit yang putih bersih akan membuat penampilan semakin menarik. Sehingga banyak cara yang dilakukan agar kulit bisa tampak lebih cerah. Mulai dari suntik vitamin C hingga mengonsumsi obat pemutih agar bisa putih lebih cepat.

Tahukah kamu? Cara – cara di atas cukup beresiko untuk kesehatan kamu. Cara terbaik tentunya menggunakan bahan alami. Tapi kadang kita ingin hasil yang cepat. Jangan khawatir sekarang ada yang namanya “EMO” lulur pemutih yang alami dan cepat hasilnya.

Lulur “EMO” terbuat dari bahan – bahan alami yang proses secara khusus menggunakan teknologi masa ini. Bahan yang digunakan adalah ekstrak bengkoang yang memang sudah dikenal bisa mencerahkan dan memutihkan kulit. Selain itu, ada ekstrak lidah buaya yang melembabkan kulit dan tidak membuatnya kering.

Lulur “EMO” juga kaya akan vitamin E di dalamnya yang membuat kulit semakin cerah, kenyal, halus dan lembab. Selain itu, kandungan antioksidan nya yang tinggi membuat kulit cepat beregenerasi. Kulit kamu pun akan semakin awet muda

Lulur “EMO” dilengkapi dengan butiran scrub yang halus sehingga tidak merusak permukaan kulit. Walaupun begitu, lulur ini mampu mengangkat sel kulit mati dengan baik. Hari demi hari kulit kamu akan semakin cerah, putih dan bersih.

Cara penggunaan juga sangat mudah. Cukup balurkan lulur “EMO” pada area kulit kamu yang masih kering. Gosok dengan perlahan agar scrubnya bisa mengangkat sel kulit mati. Lakukan pijatan dengan lembut agar nutrisi lulur meresap. Baru bilas hingga bersih. Sekali menggunakan, kulit kamu akan terasa halus. Gunakan, lulur “EMO” seminggu dua kali untuk hasil yang maksimal.

Jadi tunggu apa lagi? Dapatkan lulur “EMO” secepatnya untuk impian kamu mendapatkan kulit cerah bersih dan bersinar.

Contoh teks persuasi politik

Perlukah adanya demo di Bawaslu dan KPU?

Tidak terasa pesta demokrasi di Indonesia yang dilakukan setiap lima tahun sekali berakhir. Di mana, KPU juga sudah mengumumkan Joko Widodo dan K.H Ma’ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih. Namun ada segelintir orang yang tidak terima dengan keputusan KPU. Mereka beranggapan bahwa telah terjadi kecurangan yang masif, terstruktur dan sistematis. Gaungan people power dan kedaulatan rakyat terus disuarakan di depan kantor Bawaslu dan KPU. Lantas apakah memang demo itu perlu?

Sebagai negara demokrasi, demo bisa diartikan sebagai cara untuk menyalurkan pendapat. Memang tidak ada salahnya demo dilakukan. Tapi kita harus tahu tujuan dan tata cara demo yang baik. Namun, ternyata demo sudah salah diartikan, bukan lagi cara untuk menyalurkan pendapat, melainkan juga memaksakan kehendak.

Selain itu, perlu digaris bawahi bahwa negara Indonesia bukan hanya negara demokrasi, melainkan juga negara hukum. Artinya setiap tindakan dan perilaku masyarakat sudah di atur dalam undang – undang. Jadi, demo yang dilakukan juga harus sesuai dengan prosedur hukum. Namun apa yang kita lihat, tindakan anarki yang dilakukan telah mencoreng arti kata menyalurkan pendapat sekaligus nama Indonesia. Dengan adanya tindakan hukum, demo tidak seharusnya dilakukan. Apabila memang ada sesuatu yang salah dalam pesta demokrasi kemarin tempuh saja melalui jalur hukum. Tindakan tertinggi berada di tangan MK. MK akan memutuskan segalanya.

Jadi, bisa disimpulkan demo sah – sah saja dilakukan apabila memang sesuai dengan tujuan dan tidak memaksakan kehendak. Selain itu, perlu diingat hukum juga  berlaku di Indonesia. Jadi, marilah sebagai warga Indonesia yang baik rangkul segala golongan. Tidak perlu melakukan demo yang berlebihan. Tanpa paslon pilihan kita terpilih, kita bisa membantu memajukan Indonesia. Mari tetap kokoh sifat gotong royong untuk kemajuan Indonesia 5 tahun kedepannya.

Contoh paragraf persuasif kesehatan

Pentingnya sarapan sebelum sekolah

Masih banyak anak sekolahan yang berangkat sekolah tanpa menyantap sarapan mereka. Ada banyak alasan mengapa mereka melakukannya, mulai karena sarapan tidak penting hingga tidak ada waktu untuk sarapan karena bangun kesiangan. Padahal, sarapan sangat penting sebelum beraktivitas seharian.

Sarapan sangat dianjurkan sebelum berangkat sekolah karena memang untuk kesehatan kamu. Saat kamu tidak sarapan dan pergi ke sekolah, artinya kamu sedang mencari penyakit. Tidak baik, pergi sekolah dengan perut yang kosong. Walaupun hanya sepotong roti, jangan biarkan perut kamu bekerja tanpa terisi apa – apa. Kemungkinan penyakit dengan perut yang kosong adalah radang lambung. Dan masih banyak penyakit lainnya.

Alasan lain mengapa kamu perlu sarapan karena kamu membutuhkannya untuk belajar di kelas. Melewatkan sarapan, otak dan badan kamu tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya karena memang tidak adanya energi. Saat kamu akan belajar sesuatu, tetapi perut kamu kosong maka bukan keberhasilan yang kamu dapatkan melainkan kesusahan. Banyak anak sekolah yang melewatkan sarapan karena mereka takut ngantuk di kelas. Padahal hal tersebut tidaklah benar. Pasalnya, sarapan tidak seperti makan siang atau malam yang harus banyak, cukup dengan segelas susu atau sepotong roti saja. Sebaliknya tanpa sarapan kamu akan mudah lelah karena malamnya kamu tidak makan apapun.

Pastinya sarapan menjadi cara terbaik menghindarkan penyakit. Tanpa sarapan kamu akan mudah sakit dan penyakit karena perut kosong juga akan menyerang kamu. Pasalnya, asam lambung akan terus bekerja, bukan bekerja mengolah makanan melainkan apa yang ada di perut kamu. Hal inilah yang menjadikan radang lambung terjadi.

Jadi, anak sekolah harus menyadari bahwa sarapan sangat penting. Melewatkan sarapan bukan hanya berdampak pada kesehatan kamu saja, melainkan tenaga dan konsentrasi selama di sekolah. Maka dari itu, jangan telat bangun dan jangan lewatkan sarapan kamu. Sudah saatnya kamu melakukan sesuatu untuk kesehatan kamu dan sarapan menjadi langkah terbaik untuk kesehatan dan memulai hari kamu.

Contoh teks persuasi lingkungan

Stop menjadikan binatang langka sebagai hewan peliharaan!

Alam adalah rumah bagi ratusan hingga ribuan spesies binatang. Beberapa diantara adalah binatang langka dan terancam kepunahan. Beberapa tahun belakangan ini, memang manusia berusaha untuk mencegah agar kepunahan tidak terjadi. Mulai dari menjaga habitatnya hingga meminimalisir berbagai efek negatif karena kehadiran manusia. Namun ada satu hal yang juga harus dipermasalahkan, yakni menjadikan binatang langka sebagai hewan peliharaan. Mungkin, maksud mereka tulus dan tidak melakukan kekerasan pada binatang – binatang tersebut. Tapi, seharusnya hal ini tidak boleh dilakukan.

Pasalnya, setiap binatang memiliki kebutuhan yang berbeda – beda dan unik. Contohnya, harimau, singa dan macan membutuhkan area yang luas. Cobra yang mungkin bisa didapatkan dengan murah hanya $100 akan sangat berbahaya apabila sedang terancam. Kemudian ada simpanse dan primata lainnya yang membutuhkan area luas dan banyak pohon untuk memanjat. Bahkan, lumba – lumba juga membutuhkan kolam yang sangat besar agar berenang dengan bebas. Masih banyak contoh lainnya. Tentunya kalau bukan orang kaya raya, tidak akan bisa menyediakan segala kebutuhan semua binatang tersebut. Perlu kamu ketahui bahwa biaya memelihara macan di kandang saja mencapai $6000 per tahun. Belum lagi, memelihara bukan untuk setahun dua tahun saja, melainkan 25 hingga 50 tahun.

Selain itu, beberapa hewan endemik dan langka membawa sumber penyakit. Contohnya saja, satu di antara tiga reptil yang dijadikan sebagai hewan peliharaan, seperti iguana contohnya adalah hewan yang membawa bakteri salmonella dan shigella. Bahkan, persentasenya mencapai 90%. Menurut data yang dikemukakan oleh U.S. Fish and Wildlife Service, 90% iguana hijau membawa berbagai macam bakteri yang tidak dikenal. Selain itu, 25% iguana yang dikembang bialan secara lokal dan import dikabarkan membawa virus herpes B. Masih banyak penyakit yang dibawa dan disalurkan oleh binatang buas. Contohnya saja infeksi chlamydia, yaba virus hepatitis A, rabies dan masih banyak virus lainnya dan juga cacing.

Selain itu, namanya binatang liar tentu memiliki insting hewan liar bukan hewan peliharaan. Hal inilah yang banyak kejadian hewan peliharaan yang menyerang pemiliknya. Bahkan, sepuluh tahun belakang ini sudah banyak kasus pemilik yang serang oleh hewan peliharaan mereka, kebanyakan kasus berasal dari harimau dan singa. Salah satunya kejadian yang cukup tragis adalah harimau yang membunuh anak kecil berumur 3 tahun. Padahal, anak tersebut merupakan cucu dari pemilik harimau tersebut. Selain itu, ada juga macan bengal yang menggigit lengan bocah berumur empat tahun. Bahkan, di abad 21 ini sudah ada empat orang yang serang dan dibunuh oleh peranakan serigala. Tentu saja ini bukan kasus binatang liar menyerang hewan peliharaan, seperti anjing, kucing dan lainnya.

Hewan terancam punah memang menjadi masalah serius hingga sekarang. Faktor lingkungan, seperti lahan hutan yang berkurang dan dijadikan perumahan bukan hanya satu – satunya faktor. Menjadikan binatang liar sebagai hewan peliharaan juga menjadi salah sagi faktor yang harus dianggap serius. Tentu saja hal ini bukan sesuatu yang baik, mengingat setiap binatang liar memiliki kebutuhan yang berbeda, di mana rata – rata orang tidak bisa memenuhinya, kecuali kalau kamu anak sultan. Selain itu, hewan liar juga membawa penyakit yang bisa menular kepada pemiliknya. Kebanyakan kasus dengan binatang adalah binatang liar dengan pemiliknya dan keluarga pemilik. Tentu hal ini sudah menjadi cukup bukti kalau binatang liar tak seharusnya dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Itulah beberapa contoh paragraf persuasive yang bisa membantu Anda dalam penulisan.

Tinggalkan komentar