Kumpulan Contoh Pidato Singkat Menarik Bahasa Indonesia

Pidato adalah suatu ucapan atau ujaran yang disusun sedemikian rupa untuk disampaikan kepada orang banyak. Tujuan pidato bisa bermacam-macam, ada yang hanya sebagai memberikan informasi, ada pula pidato digunakan untuk mengajak orang lain agar sesuai dengan kemauan kita. Mungkin Anda selalu memperhatikan setiap kali orang berpidato selalu membawa teks pidato. Teks pidato tersebutlah yang berisi akan gagasan pendapat dan pengetahuan akan suatu hal yang nantinya disampaikan di depan umum.

kumpulan contoh pidato singkat Bahasa Indonesia.

Teks pidato persuasif tentang pentingnya pendidikan moral

Bissmillahirahmaanirrohim

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam Sejahtera buat kita semua, Shalom, Om Swastyastu, Namo Buddhaya.

Yang terhormat seluruh para hadirin.

Pada hari ini, mari kita panjatkan puji syukur akan kehadirat Tuhan YME, karena atas rahmat-Nya kita semua bisa berkumpul di sini dan memahami arti penting sebuah pendidikan moral. Pertemuan kali ini, diharapkan bisa lebih membangun moral dan karakter generasi muda sekarang. Seperti yang sudah diketahui di berbagai media, banyak terjadi tindakan anarki, seperti perampokan, pencurian, tawuran antar pelajar hingga pembunuhan. Sebagai generasi muda, kalian seharusnya ikut turut serta mengurangi tindakan kriminalitas tersebut.

Caranya dengan semakin memperkokoh dan menggalakkan pendidikan moral kepada anak cucu bangsa ini. Sebab, merubah generasi yang lebih muda masih lebih mudah dibandingkan merubah mindset generasi yang sudah terlanjur tua.

Jadi, Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu sekalian, pendidikan moral harus diajarkan sejak dini. Anak-anak Anda adalah harapan masa depan bangsa ini. Orang tua memiliki tanggung jawab besar dalam memberikan pendidikan moral.

Cara paling mudah dimulai dari diri Anda. Berikan contoh suatu keteladanan dan kedisiplinan. Anak akan selalu menirukan apa yang mereka lihat. Cara lainnya dengan menceritakan berbagai cerita yang memiliki moral. Contohnya, cerita Maling Kundang, yang didalamnya berisikan bahwa menghormati orang tua sangat penting dilakukan. Anda juga bisa menggunakan cerita luar negeri juga, seperti Tikus dan Burung Hantu yang memiliki pesan jangan pernah mengambil sesuatu yang bukan hak kita. Dengan melakukan berbagai kegiatan di atas, anak-anak akan mendapatkan banyak sekali pendidikan moral.

Itulah sedikitnya pidato dengan tema pendidikan dari saya mengenai arti penting pendidikan moral. Apabila ada kesalahan dalam berucap dan tingkah laku, saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh teks pidato singkat tentang pandangan teknologi menurut islam

teknologi menurut islam

Bissmillahirahmaanirrohim

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat seluruh para hadirin.

Pada hari ini, mari kita panjatkan puji syukur akan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat-Nya kita semua bisa berkumpul di sini. Kemudian mari kita panjatkan shalawat serta salam kepada Nabi Muhammad SAW yang membimbing kita menuju jalan Islam yang penuh dengan cahaya keimanan.

Sebagai seorang muslim, menuntut ilmu mutlak hukumnya. Bahkan, Baginda Rasul saja menyarankan kita untuk menuntut ilmu hingga ke negeri China. Hal ini membuktikan bahwa ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh Allah SWT sangatlah luas. Bahkan, menuntut ilmu adalah ibadah dan sudah tertuang di dalam Al-Quran.

Salah satu ayat yang mengharukan umat islam untuk menuntut ilmu adalah Qs Al Mujadalah Ayat 11, di mana Allah akan meninggikan orang-orang berilmu dan beriman.

Dengan adanya ilmu pengetahuan itulah, lahirlah teknologi yang kita kenal saat ini. Teknologi ada untuk mempermudah pekerjaan manusia. Dan hal tersebut halal serta diperbolehkan dalam islam.

Contohnya saja, teknologi nano yang sudah bisa digunakan untuk mengobati orang akan suatu penyakit tertentu. Teknologi macam itulah yang diharapkan untuk dikembangan untuk kebaikan orang banyak. Kemudian ada juga robot yang merupakan teknologi modern untuk merawat orang lansia.

Satu hal yang pasti, perkembangan teknologi sedang berkembang pesat saat ini. Apabila, kita sebagai umat muslim berhenti menuntut ilmu, maka celakalah kita karena kita bisa tertinggal dengan negara lain. Negara ini akan sangat rentan dijajah. Bukan dijajah dengan senjata api seperti dahulu, tetapi dijajah dalam bentuk baru dengan menggunakan peralatan modern.

Demikian pidato bahasa indonesia yang singkat tentang teknologi menurut islam. Apabila ada suatu hal yang kurang berkenan, saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh pidato persuasif tentang menumbuhkan cinta budaya Indonesia

cinta budaya Indonesia

Bissmillahirahmaanirrohim

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam Sejahtera buat kita semua, Shalom, Om Swastyastu, Namo Buddhaya.

Yang terhormat seluruh para hadirin.

Pada hari ini, mari kita panjatkan puji syukur akan kehadirat Tuhan YME, karena atas rejeki dan rahmat-Nya kita semua bisa berkumpul di tempat yang indah ini. Pertemuan kali ini, diharapkan bisa lebih menumbuhkan rasa cinta kita pada kebudayaan Indonesia. Seperti yang diketahui bahwa generasi muda Indonesia saat ini jiwa nasionalisme semakin luntur. Maka, sebagai generasi muda kita harus tetap menumbuhkan jiwa nasionalisme ini. Caranya mudah, cukup cintai kebudayaan Indonesia.

Hal tersebut menunjukan jiwa nasionalisme Anda akan budaya di Indonesia. Cara mudah menerapkan rasa cinta akan kebudayaan Indonesia hanya sering menggunakan pakaian batik. Selain itu, Anda juga bisa memperkenalkan budaya Indonesia ke negara lain. Caranya sangat mudah, menulis blog, menjual berbagai souvenir khas Indonesia di marketplace global.

Souvenir yang diberikan bisa berupa alat musik, seperti angklung. Anda juga bisa memperkenalkan snack dan kuliner khas Indonesia. Dijamin, orang luar negeri akan penasaran dan merasa senang.

Cara lainnya untuk menerapkan rasa cinta budaya Indonesia adalah jangan meninggalkan seni kebudayaan kita, seperti tarian dan gamelan. Mempelajari keduanya tentu akan membuat kita sadar bahwa siapa lagi yang akan menjaga kebudayaan Indonesia kalau bukan kita. Lagipula, seni tradisional bisa dipadukan dengan seni modern. Bahkan, hal tersebut menghasilkan kombinasi yang unik dan menarik.

Ingatlah sebagai bangsa Indonesia yang baik harus saling mencintai budaya kita sendiri. Jangan sampai budaya kita diambil negara lain. Tidak ada negara seperti Indonesia yang memiliki berbagai ragam budaya. Jadi banggalah akan Indonesia dengan berbagai macam suku di dalamnya.

Dari beragam suku tersebut, maka Indonesia kaya akan budaya. Perlu kamu ketahui bahwa bahasa daerah di Indonesia juga sangat beragam. Indonesia sendiri memiliki lebih dari 600 bahasa. Angka yang tidak sedikit, bukan?

Itu masih dalam segi bahasa saja. Belum lagi kalau digabungkan dengan berbagai macam budaya lainnya di dalamnya. Dari keberagam suku di Indonesia itulah tercipta berbagai jenis kuliner khas, alat musik, senjata tradisional, rumah adat, pakaian adat, lagu daerah dan tradisi.

Kekayaan budaya Indonesia adalah warisan para leluhur kita, sudah sepatutnya sebagai generasi muda, kita harus menjaga dan melestarikannya. Melestarikan kebudayaan Indonesia akan berdampak pada anak cucu kita kelak agar tidak lupa siapa nenek moyang kita. Selain itu, kebudayaan Indonesia juga dapat meningkatkan devisa negara.

Sekian materi pidato singkat dari saya, semoga sebagai penduduk Indonesia kita tidak melupakan budaya kita dimanapun berada. Semoga dengan pidato saya kali ini, semakin menyadarkan kita akan budaya Indonesia.

Sekian dari saya, apabila ada kesalahan ucapan, saya minta maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Teks pidato yang singkat tentang memerangi narkoba

pidato singkat memerangi narkoba

Bissmillahirahmaanirrohim

Assalamualaikum Wr. Wb

Yang saya hormati para hadirin sekalian.

Pertama – tama, marilah kita panjatkan puji syukur akan kehadiran Allah SWT yang telah memberikan limpahan nikmat-Nya sehingga kita bisa berkumpul di waktu yang berbahagia ini. Kemudian, mari kita panjatkan shalawat serta salam kepada junjungan besar kita Nabi Muhammad SAW. Dialah yang membawa keindahan islam dalam diri kita. Dengan ajarannya, kita bisa terbebaskan dari kekufuran, kejahiliyahan dan kehinaan.

Jangan lupa, kita panjatkan shalawat dan salam pada keluarga-Nya, para sahabat serta pengikut-Nya hingga akhir jaman.

Seperti yang kita ketahui bahwa jumlah pengguna narkoba di Indonesia setiap tahunnya mengalami peningkatan. Hal ini dikarenakan adanya penegakan hukum yang lemah. Bahkan pengedar narkoba dari luar negeri juga bekerjasama dengan warga negara Indonesia sehingga mendapatkan keuntungan berlimpah.

Padahal seperti yang diketahui, penyalahgunaan narkotika dan obat – obatan terlarang lainnya memiliki dampak yang buruk. Imbasnya bukan hanya masalah kesehatan, tapi juga perubahan tingkah laku, menurunya produktivitas kerja secara drastis. Bahkan tindakan menyimpang, seperti kekerasan, kriminalitas dan lagi sebagainya.

Penyalahgunaan obat – obatan terlarang bisa dicegah melalui program – program yang baik dan bermanfaatkan, mulai dari mengikuti kegiatan sosial, menjauhi para pengguna, hingga tidak terpengaruh ajakan atau rayuan teman untuk menggunakan narkoba.

Mirisnya lagi, pengguna narkoba di Indonesia terbesar dilakukan oleh para remaja dan anak sekolah. Oleh karena itu, sekolah juga harus senantiasa memberikan penyuluhan kepada muridnya akan bahaya dan dampak penggunaan narkoba.

Penyuluhan tersebut bisa melalui Guru BP atau mengadakan diskusi bersama yang mengikutsertakan para siswa untuk mencegah narkoba bisa masuk ke dalam lingkup sekolah. Dengan menyertakan para siswa dalam perencanaan tersebut, mereka akan lebih mengerti dan hasilnya juga lebih memuaskan.

Program lainnya untuk memerangi narkoba adalah waspada akan narkoba. Sekolah bisa mengadakan razia dadakan. Namun hal terpenting adalah selalu waspada akan tamu tak dikenal dan serta identifikasi ciri – ciri siswa yang menggunakan narkoba.

Pasalnya, seringkali para pengedar dan pengguna obat – obatan terlarang tahu akan berbagai program memerangi narkoba yang ada di sekolah. Tentu saja, dengan mudahnya mereka bisa mengatasinya dengan sebaik mungkin.

Namun berbagai cara yang mereka lakukan, kita juga harus optimis bahwa narkoba bisa dicegah. Kalau bisa diminimalisir apapun caranya. Adapun cara – cara yang bisa kita terapkan adalah memberikan fasilitas terbaik untuk siswa, menumbuhkan moral dan paling penting buat siswa nyaman selama belajar di sekolah.

Sekian pidato singkat yang bisa saya sampaikan. Apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya minta maaf sebesar-besarnya. Untuk perhatiannya, saya haturkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh teks ceramah Bahasa Indonesia singkat tentang sabar menghadapi ujian

sabar menghadapi ujian

Bissmillahirahmaanirrohim

Assalamualaikum Wr. Wb.

Para jamaah yang berbahagia

Pertama – tama yang harus kita lakukan adalah mengucapkan segala rasa syukur yang mendalam akan nikmat yang telah dilimpahkan Allah SWT kepada kita. Selanjutnya, sholawat serta salam untuk Baginda besar Nabi Muhamad SAW, nabi yang telah membawa islam sehingga kita bisa menikmati indahnya islam saat ini.

Para jamaah sekalian, pada kesempatan kali ini, tema ceramah adalah kesabaran, lebih tepatnya adalah sabar dalam menghadapi berbagai jenis ujian.

Secara bahasa, pengertian sabar berasal dari bahasa Arab, yakni shabaro yang berarti menahan diri. Sedangkan secara istilah, sabar berarti menahan diri dari berbagai jenis masalah serta bisa menahan diri untuk tidak melakukan perbuatan tidak terpuji dan dilarang oleh Allah SWT.

Landasan sabar adalah menahan diri untuk melakukan sesuatu dengan menggunakan akal dan syariat. Maka dari itu, sabar bukanlah teori, melainkan suatu ilmu yang didapatkan dari tindakan secara langsung.

Oleh karena itu, seseorang yang menerangkan akan pengertian sabar, bukan berarti dirinya juga telah memiliki ilmu sabar. Hal ini seperti diibaratkan seorang guru yang menerangkan suatu negara, belum tentu dirinya pernah ke negara tersebut.

Dalam islam sabar dibagi menjadi beberapa bagian:

  1. Sabar dalam menjalankan ketentuan dan perintah Allah, di mana Allah akan menjanjikan surga bagi yang menjalaninya.
  2. Sabar dalam menahan diri tidak melakukan sesuatu yang dilarang oleh Allah dan menjauhi segala larangan Allah SWT.
  3. Sabar dalam segala ketentuan yang telah ditetapkan oleh Allah.

Sabar juga termasuk ke dalam bagian rukun iman yang terakhir. Oleh karena itu, sebagai umat islam diwajibkan untuk bisa bersabar akan segala ketentuan Allah, walaupun itu buruk sekalipun. Karena Allah pasti memiliki rencananya sendiri.

Dalam Qs Al Baqarah ayat 153, Allah SWT berfirman akan keutamaan sabar dan sholat dalam hidup manusia. Dalam ayat tersebut mengatakan bahwa Allah SWT selalu bersama dengan orang – orang yang menjaga sholat dan menjadikan sabar sebagai penolong mereka. Tentunya, nikmat yang mana lagi yang bisa didapatkan selain bisa dijaga oleh Allah SWT sendiri. Sebagai manusia yang hidup di dunia ini, Allah adalah tujuan hidup kita.

Selain itu, Allah SWT juga telah menjanjikan surga serta kedudukan tinggi bagi hamba-Nya yang senantiasa bersabar. Seperti yang dijelaskan dalam Qs Al Furqaan, Allah berfirman orang – orang bersabar akan mendapatkan balasan dudukan tertinggi di surga.

Begitulah sekilas ceramah singkat islam tentang sabar yang bisa menjadi pelajaran hidup kita saat ini. Apabila ada kesalahan mohon maaf.

Walaikumsalam Wr. Wb.

Contoh pidato pendidikan serta arti pentingnya

Contoh pidato pendidikan

Bissmillahirahmaanirrohim

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam Sejahtera buat kita semua, Shalom, Om Swastyastu, Namo Buddhaya.

Yang terhormat seluruh para hadirin.

Pada hari ini, mari kita panjatkan puji syukur akan kehadirat Tuhan YME, karena atas rahmat-Nya kita semua bisa berkumpul di sini dan memahami arti penting sebuah pendidikan.

Seperti yang diketahui, Indonesia membebaskan warga negaranya menempuh pendidikan. Alhasil, seluruh rakyat Indonesia bisa mendapatkan pendidikan formal dengan mudah melalui berbagai lembaga pendidikan yang diakui oleh pemerintah. Sedangkan untuk pendidikan non-formal bisa diperoleh dari luar lingkup sekolah.

Bahkan, pemerintah mewajibkan warga negaranya untuk menempuh pendidikan formal. Pasalnya, pendidikan formal bisa mempengaruhi pola pikir, kemampuan membaca, menulis serta berhitung dan meningkatkan keahlian. Kesemuanya itu akan sangat berguna untuk kehidupan masa depan setiap warga negara nantinya.

Pendidikan juga akan berdampak langsung pada kesejahteraan warga negara Indonesia. Semakin tinggi jenjang pendidikan yang ditempuh, maka akan semakin maju pula pola pikir yang dimilikinya. Oleh karena itu, akan banyak generasi penerus yang berwawasan luas. Hal tersebut menjadi tonggak negara yang kuat.

Di Indonesia sendiri, pemerintah mewajibkan warga Indonesia menempuh pendidikan formal selama 12 tahun. Dengan, pendidikan selama itu diharapkan para generasi penerus bangsa bisa berkontribusi pada era globalisasi sekarang.

Pasalnya, persaingan sudah semakin ketat akhir-akhir ini. Apabila tidak up to date akan ilmu pengetahuan, maka kita bisa mudah dijajah oleh negara lainnya yang lebih modern.

Demikianlah pidato yang saya sampaikan dan semoga bisa menjadi renungan untuk kita semua. Apabila ada kesalahan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Walaikumsalam Wr. Wb.

Contoh pidato kesehatan

Contoh pidato kesehatan

Bissmillahirahmaanirrohim

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam Sejahtera buat kita semua, Shalom, Om Swastyastu, Namo Buddhaya.

Yang terhormat seluruh para hadirin.

Pada hari ini, mari kita panjatkan puji syukur akan kehadirat Tuhan YME, karena atas rejeki dan rahmat-Nya kita semua bisa berkumpul di tempat yang indah ini dalam keadaan sehat wal afiyah.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin menyampaikan pidato singkat tentang kesehatan yang berjudul “Pentingnya kesadaran membuang sampah di tempat sampah”

Seperti diketahui, Indonesia memiliki kesadaran membuang sampah di tempat sampah yang masih sangat minim. Alhasil, banyak pemandangan tidak sedap karena tumpukan sampah dan sampah yang berserakan di mana – mana.

Padahal, sampah menjadi masalah akan kesehatan lingkungan saat ini. Tumpukan sampah menjadi sarang penyakit. Maka dari itu, sebagai manusia yang modern, membuang sampah pada tempatnya harus digalakan.

Tetapi tidak hanya langsung membuang sampah saja, hal penting lainnya adalah pemisahan berdasarkan jenis sampah, apakah sampah organik atau sampah daur ulang. Memisahkan kedua jenis sampah tersebut akan memudahkan pemerintah dalam mengelola sampah nantinya.

Jadinya, sampah yang bersifat mudah hancur karena penguraian bakteri dan berbau busuk adalah sampah organik. Sedangkan, sampah anorganik atau daur ulang adalah sampah yang tidak bisa hancur dengan mudah, contohnya plastik.

Memisahkan sampah dan membuang pada tempatnya menjadi salah satu cara untuk pencegahan resiko terjadinya banjir dan bau tidak sedap. Walaupun, masih banjir sekalipun, air yang menggenang tidaklah berbau karena bercampur dengan sampah.

Selain itu, dengan memisahkan sampah pemerintah menjadi lebih terbantu akan uang, tenaga dan waktu dalam menangani limbah rumah tangga ini. Jadinya akan sangat banyak manfaat nantinya dengan melakukan hal tersebut. Selain itu, Anda yang sudah memiliki anak, dianjurkan untuk mengajarkan kepada anak-anak akan pentingnya membuang sampah di tempat sampah. Selalu ingat bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.

Sekian pidato paling singkat saya, semoga menjadi ajakan untuk kita sebagai warga negara yang baik. Apabila ada kesalahan akan perilaku dan tutur kata, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Walaikumsalam Wr. Wb.

Contoh pidato tentang kesehatan akan pentingnya imunisasi

Contoh pidato tentang kesehatan

Bissmillahirahmaanirrohim

Assalamualaikum Wr. Wb.

Terima kasih kepada ibu – ibu yang telah hadir, saya ucapan terima kasih.

Ibu – ibu sekalian

Saya ingin sedikit memberikan informasi tentang imunisasi bagi bayi Anda dan manfaatnya. Imunisasi yang legal harus sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh IDAI, Ikatan Dokter Anak Indonesia. Saat bayi baru pertama kali lahir ke dunia, penting sekali memberikan imunisasi hepatitis B.

Bahkan sangat dianjurkan, imunisasi tersebut diberikan setidaknya 12 jam pertama setelah bayi dilahirkan. Imunisasi hepatitis B berguna untuk mencegah terjadinya kanker liver atau hati pada bayi. Kemudian setelah bayi beranjak ke usia 1 bulan, maka ada dua jenis imunisasi yang harus diberikan, yakni BCG dan vaksin polio.

Vaksin polio akan diberikan kepada bayi dengan cara diteteskan. Sedangkan untuk BCG baru disuntikan ke dalam tubuh bayi. Vaksin BCG berguna untuk mencegah agar bayi tidak terkena penyakit Tuberkulosis (TBC). Baru setelah umur 2 bulan, bayi diberikan vaksin lagi, yakni vaksin DPT yang berguna untuk pencegahan akan terkena virus yang menyebabkan penyakit difteri, tetanus, dan pertusis. Pastinya, setiap jenis vaksin yang diberikan memiliki harga yang berbeda – beda.

Vaksin yang diberikan untuk bayi bisa ibu-ibu pilih sendiri, apakah vaksin lokal atau vaksin yang diproduksi di luar negeri, seperti Perancis dan Belgia. Kebanyakan, vaksin yang impor akan memiliki harga lebih mahal 2 kali lipat dibandingkan vaksin lokal. Hanya saja, vaksin impor tidak akan menimbulkan efek demam seperti vaksin yang diproduksi lokal.

Walaupun begitu, fakta kalau semua bayi yang mendapatkan vaksin lokal masih hidup dengan sehat hingga sekarang. Yang pasti bahwa imunisasi untuk bayi sangat penting dilakukan. Sebagai orang tua, Anda harus peduli akan hal ini.

Sekian pidato tentang kesehatan singkat yang saya sampaikan, bila ada kurangnya, saya mohon maaf.

Walaikumsalam Wr. Wb

Contoh pidato perpisahan kelas 12

pidato perpisahan kelas

Bissmillahirahmaanirrohim

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam Sejahtera buat kita semua, Shalom, Om Swastyastu, Namo Buddhaya.

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah

Yang terhormat Wakil Kepala Sekolah

Yang terhormat para guru dan staff di SMA Negeri 1 Malang

Yang terhormat Bapak/Ibu wali murid

Dan seluruh teman – teman yang kucintai

Marilah pertama – tama kita panjatkan puja dan syukur akan kehadirat Tuhan YME. Dengan rahmad dan izin-Nya kita bisa berkumpul di sini di acara pelepasan kelas 13 SMA Negeri 1 Malang.

Pada kesempatan yang berbahagia kali ini, saya sebagai perwakilan dari kelas 13 SMA Negeri 1 Malang mengucapkan selama kepada teman – teman sekalian kelas 12 yang sudah menyelesaikan ujian akhir serta bisa mendapatkan hasil kelulusan yang baik dan seperti apa yang diharapkan.

Tidak lupa, saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak sekolah yang sudah memberikan fasilitas guna menunjang kenyamanan kami belajar sehingga kami berhasil lulus.

Hadirin yang berbahagia,

Tidak terasa 3 tahun sudah kita belajar di SMA Negeri 1 Malang ini. Banyak sekali kenangan yang tak bisa diungkapkan dengan kata – kata. Sudah banyak suka dan duka yang kita lalui bersama, tetapi setiap kali ada pertemuan tentu akan ada yang namanya perpisahan.

Kini sudah tiba saatnya, kita, kami harus melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dalam hidup kami, yakni perguruan tinggi.

Pada tempat yang indah ini, saya mewakili teman – teman sekalian mengucapkan banyak terima kasih kepada para guru yang telah membimbing dan mendidik kami dengan mengorbankan seluruh waktu. Semoga Allah membalas semua jasa – jasa kalian. Tidak lupa juga, saya dan teman – teman meminta maaf apabila ada kelakukan kami yang nakal selama di sini.

Untuk teman – teman seperjuangan yang akan menempuh pendidikan ke perguruan tinggi, mari kita lanjutkan perjuangan kita dan semoga kita bisa mendapatkan keberhasilan dan kesuksesan seperti yang kita impikan. Semoga kita juga bisa menggapai cita – cita yang kita inginkan.

Demikian pidato yang singkat dari saya, mohon maaf apabila ada salah. Dan terima kasih atas perhatiannya.

Walaikumsalam Wr. Wb

Itulah sedikitnya kumpulan contoh pidato singkat dengan tema menarik berbahasa Indonesia. Semoga bisa membantu.

Tinggalkan komentar