Daftar Beasiswa Kuliah Di Korea Selatan, Ditanggung Full!

Infokekinian.com – Saat ini sudah ada beberapa daftar beasiswa kuliah di Korea yang bisa kamu manfaatkan, untuk melanjutkan pendidikan di Negeri Gingseng tersebut secara gratis.

Ada beberapa jenis beasiswa yang bisa kamu coba dapatkan untuk bisa berkuliah di Korea Selatan, seperti beasiswa dari pemerinta Indonesia.

Atau bahkan kamu juga langsung memanfaatkan beasiswa yang telah disediakan oleh pemerintah maupun yayasan atau lembaga Korea.

Dan bahkan kamu juga bisa langsung mendaftar ke universitas yang ada di Korea, yang tentunya menyediakan beasiswa.

Apa Itu Beasiswa Kuliah
Tapi sebelum melanjutkan ke program beasiswa kuliah yang tersedia, yuk simak penjelasan beasiswa dan kenali jenis dari beasiswa.

Apa Itu Beasiswa Kuliah?

Pada dasarnya, beasiswa perguruan tinggi adalah tunjangan yang diberikan kepada siswa atau mahasiswa untuk membantu menutupi sebagian atau seluruh biaya pendidikan mereka.

Apakah biaya pendidikan yang satu-satunya ditanggung oleh beasiswa? Jawabannya berbeda-beda di setiap beasiswa.

Sementara ada beberapa beasiswa yang hanya membayar biaya pendidikan saja, tetapi ada juga yang mencakup biaya hidup, asuransi, dan pelatihan.

Jenis Beasiswa Kuliah

Kamu harus sangat berpengetahuan tentang berbagai jenis beasiswa sebelum mengajukan permohonan pendaftaran.

Agar kemudian, kamu dapat memutuskan apakah beasiswa tersebut sesuai dengan kebutuhan kamu atau tidak.

Ada banyak sekali jenis beasiswa, yang dapat dikategorikan menurut jumlah, jenis, dan sumber uangnya. Berikut adalah beberapa jenis beasiswa kuliah:

1. Berdasarkan Cakupan Pembiayaan

Berikut adalah jenis beasiswa berdasarkan cakupan biaya:

Beasiswa Parsial (sebagian)

Beasiswa ini mencakup sebagian tetapi tidak semua biaya kuliah. Penyedia beasiswa biasanya hanya membayar sebagian dari total biaya kuliah.

Beasiswa Penuh

Beasiswa penuh tentunya mencakup semua beasiswa kuliah. Beberapa beasiswa biasanya tidak hanya mencakup biaya kuliah tetapi juga biaya hidup, asuransi, dan tunjangan lain untuk membuat dan mendukung belajar agar lebih mudah.

2. Berdasarkan Sumber Pembiayaan

Berdasarkan Sumber Pembiayaan
Berikut adalah jenis beasiswa berdasarkan sumber pembiayaannya:

Beasiswa dari Perguruan Tinggi

Pemberi beasiswa ini tentunya adalah universitas. Tunjangan yang diberikan biasanya berbentuk bantuan keuangan untuk pendidikan.

Penerima dari beasiswa ini biasanya adalah mahasiswa dari perguruan tinggi itu sendiri. Namun, banyak universitas memberikan beasiswa untuk siswa internasional.

Beasiswa dari Pemerintah

Sesuai dengan namanya, beasiswa ini tentu ditawarkan oleh pemerintah. Ada beasiswa pemerintah tertentu yang hanya menawarkan beasiswa kepada karyawan mereka sendiri.

Tetapi ada juga beasiswa yang disponsori pemerintah yang terbuka untuk semua orang yang memenuhi persyaratan dan ketentuannya.

Beasiswa dari Pihak Swasta

Perusahaan besar biasanya memberikan beasiswa ini jenis ini. Biasanya, program Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap lingkungan dan masyarakat diwujudkan dalam bentuk beasiswa ini.

Beasiswa dari Organisasi, Komunitas, atau Yayasan

Selain itu, banyak komunitas, yayasan, dan organisasi yang menawarkan beasiswa kuliah, lho. Mereka biasanya mencari seseorang yang tentunya memenuhi serangkaian persyaratan yang ada.

Memiliki komitmen yang kuat terhadap lingkungan, pendidikan, agama, dan isu-isu lain yang sejalan dengan prinsip-prinsip yang dianut oleh kelompok, komunitas, atau yayasan, misalnya.

Beasiswa dari Negara Maju (Donor Internasional)

Jangan berasumsi bahwa hanya organisasi domestik yang menawarkan beasiswa. Pasalnya, ada ribuan beasiswa dari luar negeri yang diberikan oleh negara-negara industri.

Beasiswa biasanya ditawarkan oleh negara maju kepada warga negara terbelakang dengan tujuan mengembangkan pemimpin masa depan yang akan memajukan negara mereka sendiri.

3. Berdasarkan Bentuk Pembiayaan

Berikut adalah jenis beasiswa berdasarkan bentuk pembiayaan:

Beasiswa Bantuan

Pelajar atau mahasiswa dari latar belakang ekonomi yang kurang mampu biasanya menjadi target penerima beasiswa ini.

Pelajar atau mahasiswa berhak mendapatkan beasiswa jika mereka telah memiliki kemajuan akademik yang baik sehingga mereka dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Beasiswa Penghargaan

Beasiswa ini biasanya diberikan kepada siswa yang layak oleh pemberi beasiswa. Tergantung pada persyaratan sponsor beasiswa, prestasi yang dimaksud tidak terbatas pada prestasi akademik tetapi juga dapat mencakup prestasi non-akademik.

Beasiswa Pertukaran Pelajar

Ada beberapa perguruan tinggi yang memberikan beasiswa pertukaran pelajar. Namun, durasi penghargaan ini biasanya lebih pendek daripada beasiswa lainnya.

Misalnya, beberapa menyediakan hingga empat semester kursus selama liburan musim panas.

Beasiswa Penelitian

Tunjangan beasiswa ini digunakan untuk biaya terkait penelitian. Penyedia beasiswa penelitian bisa berupa universitas, lembaga penelitian, hingga perusahaan yang memiliki proyek penelitian.

5 Daftar Beasiswa Kuliah di Korea Selatan

Daftar Beasiswa Kuliah di Korea Selatan
Berikut adalah daftar beasiswa yang tersedia untuk kuliah ke Korea Selatan:

1. Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

Siapa yang belum pernah mendengar tentang beasiswa ini? Melalui beasiswa ini, kamu dapat melanjutkan studi PhD dan master kamu di Korea.

LPDP merupakan sebuah program beasiswa yang akan dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui Dana Pengembangan Pendidikan Nasional atau DPPN.

LPDP ini menawarkan beasiswa khusus untuk program magister atau doktoral di dalam maupun luar negeri.

Pada program ini, terdapat beberapa perguruan tinggi yang ada di Korea Selatan yang telah menjadi mintra BPI-LPDP ini.

Seperti Seoul National University, Pohang University of Science and Technology, Sungkyunkwan University, Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), Korea University, Ewha Womans University, Kyung Hee University, Yonsei University.

2. Beasiswa Global Korean Scholarship (GKS)

Apakah da yang familiar dengan beasiswa GKS atau yang dulu dikenal sebagai KGSP?

Global Korean Scholarship adalah beasiswa untuk studi di Korea, dimana beasiswa ini memungkinkan mahasiswa untuk mendaftar pada kategori program sarjana (S1), magister (S2), dan doktor (S3).

Ada dua jalur untuk mengajukan beasiswa ini, yaitu melalui embassy atau kedutaan dan melalui universitas.

Beasiswa GKS membayar biaya hidup yang bekisar 900.000 – 1.000.000 Won perbulan, biaya riset, perjalanan pulang-pergi, dan biaya kuliah gratis.

Bahkan kamu bisa mendapatkan biaya tambahan sebesar 100.000 Won, jika kamu telah menyelesaikan dan mendapat skor TOPIK level 5.

Jadi, untuk kamu yang ingin berkuliah ke Negeri Gingseng tapi terbatas dengan biaya. Tak perlu risau, kamu bisa memanfaatkan jenis beasiswa full yang satu ini.

3. Beasiswa Art Major Asian atau K’ARTS

Beasiswa Art Major Asian atau K'ARTS
Art Major Asian, juga disebut sebagai AMA, adalah program beasiswa untuk studi di Korea selanjutnya. Beasiswa ini tersedia untuk studi sarjana dan pascasarjana.

Seperti namanya, beasiswa AMA ini berupaya membantu siswa yang memiliki bakat seni dalam melanjutkan pendidikan di Korea University of Arts.

Beasiswa AMA ini mencakup uang pendidikan, belajar bahasa, asuransi, biaya hidup, transportasi pulang-pergi, dan biaya hidup hingga 350.000 KRW setiap bulan.

Apakah kamu masih ingin melewatkan kesempatan untuk mengajukan beasiswa belajar di Korea ini?

Untuk kamu yang memiliki bakat dalam seni, yuk persiapkan diri kalian karena pendaftaran beasiswa ini sering dimulai antara bulan Mei dan Juni.

4. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

Beasiswa Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), dirancang untuk mahasiswa yang ingin belajar di Korea dengan jurusan fisika, matematika, kimia, biologi, dan teknik.

Biaya kuliah, asuransi kesehatan, dan biaya hidup hingga 350.000 KRW/bulan, semuanya ditanggung oleh beasiswa ini.

5. Beasiswa dari Universitas Korea

Inilah yang paling menarik! Tahu gak sih, bahwa beasiswa juga tersedia langsung dari universitas Korea nya, lho.

Di bawah naungan Research Assistant Scholarship, beberapa universitas ternama di Korea menyediakan program beasiswa bagi mahasiswa asing.

Kamu bisa mendapatkan potongan biaya kuliah 30% hingga 100% jika kamu mendapatkan beasiswa ini, lho!

So, ingin berkuliah di Korea? Ya kenapa tidak? Yuk semangat, agar kamu bisa menjadi salah satu penerima antara beasiswa yang tersedia.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai daftar beasiswa kuliah di Korea yang bisa kamu manfaatkan untuk melanjutkan pendidikan di Korea secara gratis.

Dari artikel di atas dapat kita simpulkan, jika 5 jenis beasiswa di atas itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Ada beberapa beasiswa yang hanya ,membiayai uang pendidikannya saja dan ada pula beasiswa yang akan membayar penuh hingga uang bulanan kamu, seperti beasiswa GKS.

Menurut penulis, program beasiswa yang paling menguntungkan adalah program beasiswa Global Korean Socalarship.

Karena dengan beasiswa ini, selain membiayai uang pendidikan, kamu juga dapat uang saku bulanan dan biaya untuk sekolah bahasa selama 1 tahun.

Untuk mendaftar beasiswa di Korea Selatan, pastikan jika kamu memenuhi syarat dan kriteria dari masing-masing beasiswa tersebut ya.

Demikianlah artikel mengenai daftar beasiswa kuliah di Korea Selatan dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */